Langkah Mudah untuk Menyiapkan Lontong Gulai Tauco yang Anti Gagal

Dipos pada March 8, 2023

Lontong Gulai Tauco

Menu praktis dan gampang yaitu membuat Lontong Gulai Tauco yang praktis Cara membuatnya sedikit repot. Harap diperhatikan langkah-langkanya dan waktu pembuatannya agar rasa yang dihasilkan sempurna. Pada umumnya Lontong Gulai Tauco yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Kemungkinan ada beberapa sebab yang biasanya bisa mempengaruki kenikmatan dari Lontong Gulai Tauco, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Lontong Gulai Tauco sebaiknya di rumah sendiri terlebih dahulu agar lebih percaya diri dan yakin.

Ga mesti ikut bahan-bahannya, boleh kok ditambah variasinya sesuai selera untuk resep Lontong Gulai Tauco dengan kreasi dan ide kreative kamu sendiri. Cukup dengan bahan yang sederhana, masakan ini mungkin akan menambah kehangatan dan kenikmatan dirumah. Kalau kamu mau, masakan Lontong Gulai Tauco memakai 28 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut adalah langkah-langkah membuatnya.

Menu wajib tiap lebaran di Padang 😋

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Lontong Gulai Tauco:

  1. 500 gr buncis, iris serong
  2. 125 gr daging sapi
  3. 1 papan tempe, potong dadu
  4. 1 papan tahu, potong dadu
  5. 500 ml santan instan
  6. Secukupnya air untuk mengencerkan santan
  7. 1 sdm tauco, saya pakai merek kokita
  8. 1 sdm garam
  9. 1 sdm kaldu ayam
  10. Secukupnya kerupuk merah
  11. Bumbu merebus daging (haluskan)
  12. 2 siung bawang putih
  13. 1 ruas jahe
  14. 1/2 sdt ketumbar
  15. 1/2 sdt garam
  16. Bumbu Halus
  17. 1 ruas jahe
  18. 6 siung bawang putih
  19. 1/2 sdt kunyit bubuk
  20. 1 sdt ketumbar bubuk
  21. Bumbu tumis
  22. 2 lbr daun salam (ukuran besar)
  23. 2 lbr daun jeruk
  24. 1 batang serai, geprek
  25. 8 siung bawang merah, iris tipis
  26. 1 ruas lengkuas, geprek
  27. 1 papan petai, ambil bijinya
  28. 3-5 buah cabe hijau keriting

Langkah-langkah untuk membuat Lontong Gulai Tauco

1
Siapkan bumbu halus, bumbu rebusan daging, dan bumbu tumis
Lontong Gulai Tauco - Step 1
Lontong Gulai Tauco - Step 1
2
Potong-potong agak besar daging, lalu oleskan dengan bumbu rebusan. Rebus daging dengan metode 5:30:7
3
Potong dadu tahu, tempe, dan daging yang sudah direbus. Lalu goreng hingga matang.
Lontong Gulai Tauco - Step 3
4
Tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan bawang merah, lengkuas, serai dan daun daunan. Tumis hingga harum, masukkan petai dan cabe hijau lalu tumis hingga matang. Masukkan buncis lalu tumis sebentar, masukkan daging.
5
Masukkan santan dan air hingga kekentalan yang diinginkan. Tambahkan garam dan kaldu ayam. Masak sebentar lalu tambahkan tauco. Masak hingga mendidih sambil terus diaduk.
Lontong Gulai Tauco - Step 5
6
Ketika sudah mendidih masukkan tahu dan tempe yang sudah digoreng. Koreksi rasa, masak sebentar, lalu sajikan dengan lontong atau ketupat dan kerupuk merah. Dimakan dengan rendang lebih enak :)

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Gulai telur pucuk ubi / daun singkong

Gulai telur pucuk ubi / daun singkong

Pucuk ubi itu = daun singkong. Dipadang namanya pucuk ubi. Dengan modal 13.000 udh bisa makan enak. Telur 5 butir = 6500 Daun singkong = 1500 Santan = 5000 Total = 13.000 #WeekendChallenge

Gulai Ayam

Gulai Ayam

Suami request menu lontong atau ketupat. Tapi karena lebaran kemaren sudah pake opor ayam sama kare ayam, jadi beralih ke gulai ayam. Baru pertama kali ini masak gulai, sebenernya aku ga doyan gulai, bagiku gulai identik sama bau kambing meskipun banyak varian gulai dari ikan atau sapi. Hehe Adaptasu resep dari mbak @put3sya_kitchen Rasanya endes meskipun buat eksekusi akhir harus nanya ayah sama mama mertua dulu gimana rasanya gulai 🤭😁 Selamat mencoba bun 🙂 #cookpadcommunity_semarang

4 porsi
45 menit
Gulai Pucuk Ubi Udang Rebon

Gulai Pucuk Ubi Udang Rebon

Bayangiinn... Nasi putih panas + gulai pucuk ubi udang rebon + ikan asin goreng kering + sambal terasi ada didalam piring kita...🤩🤩 Yakinnnnlahhh mertua lewat pun dah tak nampak...😆😆

6 orang
30 menit
Gulai Ikan Kelantan

Gulai Ikan Kelantan

#PejuangGoldenApron2 #SatuResepSatuPohon #DekatdiHati #MasakItuSaya #cookpadcommunity_ID #cookpadcommunity_Bekasi Negeri Kelantan, Malaysia terkenal dengan masakannya yang lezat. Masa saya tinggal di sana, senang sekali dengan gulai ikan ini yang rasanya otentik sekali melayu karena menggunakan cabai hijau (lada muda mereka sebut) dan asam gelugur. Ikan yang digunakan adalah ikan tongkol, biasanya jenis tongkol putih yang gemuk. Karna di pasar hanya ada ikan mas, yaaah saya gunakan saja yang ada. Rasanya tetap nikmat hanya beda kekenyalan saja. Yang unik dari Negeri Kelantan adalah, Gulai ikan ini disajikan untuk sarapan pagi. Awal datang, saya sempat kaget karena biasanya kalau pagi hanya sarapan kue dan kopi. Jadi sempat shock waktu disuguhkan gulai ikan yang gemuk plus nasi. Tapi karena rasanya sangat nikmat, tak terasa habis sepiring hahaha. Oh iya, kalau berkesempatan mengunjungi Negeri Kelantan, jangan cari nasi lemak untuk sarapan ya. Orang Kelantan taruh menu itu di deretan terakhir dalam daftar sarapan 😁

Gulai Udang Tempe Kacang Panjang

Gulai Udang Tempe Kacang Panjang

Menu ke-100 Edisi bersi2 kulkas

Gulai tunjang padang

Gulai tunjang padang

By : Bu Nuri

Gulai Pakis

Gulai Pakis

Makan yg sehat dan alami sangat membantu proses penyembuhan bagi saudaraku yg terkena kangker ,kontrol nya tepat waktu y....biar cepat sembuh😍💪 #temanberjuang

Gulai Ikan Kakap Anti Kecewa

Gulai Ikan Kakap Anti Kecewa

Stok ikan kakap ada di freezer. Nemu resep yang bahan-bahannya ada dan gak ribet. Top ini gulainya. Gak perlu beli di luar. Mari masak di rumah.

4 porsi
Gulai Kepala Kakap

Gulai Kepala Kakap

Kangen masakan mama #CABEKU , #KelapaSeribuManfaat

3 - 4 porsi
45 menit
Gulai Pedas Kepiting Presto

Gulai Pedas Kepiting Presto

Mas bojo pengen kepiting yg berkuah utk buka puasa akhirnya pilihan digulai aja biar tetep bisa diisep2 jg n dipresto dulu biar ga terlalu keras kulit kepitingnya..berhubung lupa n telat mau foto hasilnya jadi tinggal sisa yg difoto itu aja krn udah ludes duluan🤭 #festivalramadancookpad #ramadanpenuhidemasakan

Gulai Ikan

Gulai Ikan

Menu makan siang hari ini. Dinikmati dengan sepiring nasi hangat, sayur rebus dan sambalado

Gulai ayam pedas gurih mantuulll

Gulai ayam pedas gurih mantuulll

berhubung anak dn suami suka pedas jd g perlu ribet bikin brbagai rasa klo masak..padahal ankku yg kecil baru usia 2 th tp dy udh suka bgt sm msakan pedas..

4 orang
30 menit
Gulai sapi

Gulai sapi

#cabeku. #kelapaseribumanfaat. Hari2 akhir2 ini selalu hujan. Cocoknya makan masakan yang bersantan supaya tidak hambar. Dingin2 makan yang pedas gurih kental ehmmmm cocok sekali... Supaya serumah bisa makan semua maka Kita masak gulai sapi bukan gulai kambing. Karena kita yang sudah tua2 pantangan makan daging kambing.

🌱gulai pakis🌱

🌱gulai pakis🌱

mumpung dapet kiriman pakis dan buah pala dari padang . hmmm langsung eksekusi . mungkin sama ma gulai lain . yang istimewanya asam nya menggunakan asam buah pala (kulit pala segar , ada d foto)

Gulai Nila Kemangi

Gulai Nila Kemangi

Pokoknya ini menu andalan di keluarga. Cara makan ikan biar gak bosen digoreng ato pindang melulu. Coba skuy!