Bagaimana Membuat Gulai daun singkong yang Sempurna

Dipos pada May 8, 2023

Gulai daun singkong

Menu praktis dan gampang yaitu membuat Gulai daun singkong yang lezat Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Usahakan relax dan santai membuatnya ya, agar rasa yang dihasilkan menjadi nikmat dan sempurna. Umumnya Gulai daun singkong yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Biasanya setiap masakan akan ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi cita rasa dari Gulai daun singkong, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Gulai daun singkong bisa dirumah atau rumah keluarga, karena lebih menguasai situasi penyajian dan dapat lebih maksimal.

Kalau mau lebih kreative boleh kok dibuat variasi Gulai daun singkong oleh krasi mommy. Cukup dengan bahan yang sederhana, hidangan ini pastinya akan sangat nikmat jika dinikmati bersama keluarga. Mommy bisa menyajikan Gulai daun singkong memakai 11 jenis bahan dan 9 langkah pembuatan. Ikuti langkah-langkah dibawah ini ya.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Gulai daun singkong:

  1. Daun singkong jepang
  2. 1 bungkus Santan kara
  3. 3 siung bawang putih
  4. 4 siung bawang merah
  5. secukupnya Kunyit bubuk
  6. 1 batang sereh
  7. 2 lembar daun jeruk
  8. 2 lembar daun salam
  9. 1 ruas laos
  10. secukupnya Gula merah dan garam
  11. Bawang goreng untuk taburan

Langkah-langkah untuk membuat Gulai daun singkong

1
Rebus daun singkong jepang sampai empuk, kemudian tiriskan
2
Tips untuk daun ttp hijau didihkan air sampai matang tambahkan garam sedikit kemudian masukan daun singkong jepang.
3
Haluskan bawang putih, bawang merah, geprek laos dan sereh kemudian tambahkan kunyit bubuk
4
Tumis bumbu halus tambahkan daun salam, tunggu hingga harum.
5
Tambahkan air secukupnya tunggu hingga mendidih kemudian masukan daun singkong rebus.
6
Tambahkan gula garam secukupnya,
7
Tambahkam santan kara
8
Koreksi rasa, tunggu hingga matang sempurna
9
Taburi dgn bawang goreng
Gulai daun singkong - Step 9

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Gulai Bandeng Daun Singkong

Gulai Bandeng Daun Singkong

Bismillah....... #SemuaTentangIbu #SayurKesukaanIbu #OneRecipeOneTree Biar Manja, tapi tetap dipuja. Selalu aja kangen sama masakan ibu yang satu ini, Gulai Bandeng Daun Singkong. Awalnya dapat resepnya dari tetangga yg waktu itu ngirimi masakan kerumah. Suatu hari ibuku mencoba masak sendiri dan menurut saya gulai bandeng daun singkong bikinan ibu jauh lebih enak dan mantab.

Gulai Udang Telur puyuh

Gulai Udang Telur puyuh

Gulai yg ramah di lidah balita. Karena ga pake cabe. Dan ini gurih nya bikin anak lahap.. Dr resep nya, Bunda Kania Khansa

3-4porsi
Gulai ayam tahu

Gulai ayam tahu

Akhirnya aku ingat lagi cara bikin gulai ayam enak, setelah amnesia gara2 lama nginap rumah mama, g ada masak2..hahaha

Bebek Masak Gulai

Bebek Masak Gulai

Hayok kita jajal masak bebek Takut amis? Ungkep sebentar bebek dan pake bumbu ngejedeg, insya allah harum deh

Gulai kari ikan kembung

Gulai kari ikan kembung

Gulai kari tanggal tua 😅😂😂 Lumayan bs makan seharian kemarin sore beli ikan kembung ½kg 20.000 dapet 5 ekor ukuran sedang. 2 nya sy dan suami udah di goreng makan pake sambal kecap joss ala saya (resep sebelumnya). Ini lebih enak dengan ikan tongkol sih menurutku. Sayangnya saya dan suami alergi sm ikan tongkol jd yaa di akalin sm ikan kembung aja soalnya kalau maksain makan jg besokan barulah terasa. Digoreng dulu supaya ga cepat hancur tahan lama dan ga pucet tp kl mau langsung celup ke gule stlh dilumuri asam dan garam jg tetap enak ko, tergantung selera masing²..

2-3 porsi
Gule Sengkel Praktis Nikmat

Gule Sengkel Praktis Nikmat

Requestan suami pingin gule, kalo besok masih ada dia request tambahin kol ama tomat biar jadi tongseng, sebenarnya jarang-jarang saya pakai bumbu kemasan, iseng beli bumbu gulai indof**d jadi praktis deh mom, ini gulenya bukan gule kuning ya mom cenderung merah kecoklatan, cocok juga lo dibuat gule daging kacang ijo aromanya lebih ke masakan Arab2 gitulah. #PejuangGoldenApron2

Gulai Kepala Ikan

Gulai Kepala Ikan

29 Juli 2019 #Minggu30 #BerburuCelemekEmas #Resolusi2019 . . . Bismillah, menu sedap tapi lumayan berat diperut. Selera keluarga besar suami. Ikannya pake apa aja boleh. Disini saya pake kepala ikan gurame.

Gulai nangka sederhana ala mom'sAL

Gulai nangka sederhana ala mom'sAL

Hari kamis persiapan masak buat nanti sore buka puasa supaya lebih menyerap sayur nangkanya... 👩‍🍳 #pejuanggoldenapron2

Gulai Kepala Ikan Kakap

Gulai Kepala Ikan Kakap

Ceritanya beli ikan kakap yg besar, buat di fillet, digoreng tepung.. menu tuk si krucils... Menu emak babeh yaa di gulai... Source : Syahara Kitchen oia, udah lama ga buka aplikasi, ingat pernah upgrade.. tau tau skr ga fimiliar... ga ngerti cara recook.. bingung cari yg udah di mark buat dimasak.... heeeeeeelp!

Gulai Sayur Campur 🥘

Gulai Sayur Campur 🥘

Jum'at,13.Desember 2019 #SemuaTentangIbu #SayurKesukaanIbu #TeamTrees #SatuResepSatuPohon #PejuangGoldenApron2 #Berburucelemekemas #Resolusi2019 #GoldenApronChallenge #Basidoncek #CookpadCommunity_Sumbar #CookpadCommunity_Padang #GulaiSayurCampur Sayur kesukaan almarhumah mami aku adalah lontong sayur khas Padang udah pernah aku share bila ingin melihat resepnya klik aja # MasakanPadangHeni 😀Mami tuh suka banget dengan lontong sayur sampai -sampai nenek pernah bilang "Hantunya Lontong" ha... ha.... ha....😂🤣abis nggak bosen-bosen makan lontong sayur melulu maklum dulu nenek jualan lontong sayur di kampung. Waktu merantau ke Bandung juga nenek jualan lontong sayur & aneka bubur karena rumah kami di depannya ada sekolahan SD. Jualannya laris banget bikin sayurnya aja satu panci besar 😀Tapi kali ini aku bikin resep kuahnya dengan versi berbeda aku dapet di goegle tapi aku lupa di mana 🤔Ini enak juga di makan dengan lontong/nasi😉😋Seandainya mami & nenek masih hidup pasti mereka juga menyukainya 😢😭Silahkan di coba sobat cookpad jangan lupa kirim foto recooknya ya.... Aku tunggu 🙏

Gulai Ayam mini

Gulai Ayam mini

Assalamu'alaikum,, Ikutan Goyang dapur dengan Menu Gulai, saya bikin "Gulai Ayam Mini" kok mini? Hehe ini karna ayamnya potong kecil2, jadi saya sebut dengan ayam mini.. -Ide dari @wellyherlina yang diadakan oleh @komunitaspaders @cookpad.id #goda_gulailundro #goda_paders #komunitaspaders #cookpad_paders #cookpadindonesia

Gulai Telur puyuh & Tahu

Gulai Telur puyuh & Tahu

Enak banget cocok disajikan untuk berbuka puasa dibulan Rajab ini dan Menu yang cocok dimasak saat tanggal tua begini😁 Alhamdulillah tetap nikmat dimakan bersama nasi hangat😙 #cookpadLamongan #RabuCeria

#38. Gulai Telur Tahu

#38. Gulai Telur Tahu

Tinggal di kota yang jauh dari mama, jadi kangeeeeen banget. Teringat masakan mama yang lezat dan selalu bikin saya gagal diet... hihihi. Kali ini, saya pingin buat gulai telur tahu yang menjadi salah satu hidangan favorit mama kala hari raya. Saya dan cucu-cucu mama, bisa nambah kalo dimasakan menu ini. Untuk cabainya, boleh pakai cabai merah keriting dihaluskan ya, tapi untuk kali ini saya pakai cabai rawit merah yang di belah dua yang di campur di kuah gulai untuk rasa pedasnya. #PejuangGoldenApron2 #MakananFavoritIbu #SemuaTentangIbu #SatuResepSatuPohon

Gulai daun ubi keriting🍒🍒🍒

Gulai daun ubi keriting🍒🍒🍒

Karna tinggal diperkotaan tapi bukan diperumahan yg pasti lahannya terbatas namun jiwa menanamnya yg dari kampung tetap keluar .klo ada sisa sayur dari belanjaan pasti diselipkan antara sempit nya lahan .alhasil mendapatkan segenggam daun ubi keriting segar.alhamdulilah panen juga.

2 mangkok
Gulai ikan sale asap

Gulai ikan sale asap

Makan malam hari ini, wuih wangi dan sedap. sampe mertua lewat gak nampak sangkin enak nya heheheh.

Gulai Ati Ampela

Gulai Ati Ampela

#PejuangGoldenApron2

Gulai Jering

Gulai Jering

#MasakAsyik #GenkGadoGado #MenuFavoritmu #sekarraduhin #cookpadcommunity_bengkulu #SatuResepSatuPohon #PejuangGoldenApron2 #TeamTress #Cookpad_Id #cookpadcommunity #Cookpad Kali ini saya mau keluarin resep Menu Favoritku .. kurasa bukan hanya favorit ku saja, pasti bnyak yg suka. Beberapa Manfaat memakan jengkol : Sumber protein Mencegah penyakit maag Menagkal radikal bebas Pembentukan jaringan tubuh Mencegah anemia Mencegah tulang rapuh dan memperkuat tulang dan gigi Mengatasi jantung koroner Merampingkan perut Mencegah diabetes Mengatasi penyempitan gula darah Dokter dan ilmuwan Belanda AG Vorderman, memberikan keterangan tentang jengkol: “Bijinya disamping banyak karbohidrat (Zetmeel) mengandung juga minyak atsiri, kalau orang makan biji ini dapat menyebabkan keracunan, menyebabkan hyperaemie ginjal atau pendarahan ginjal dan pengurangan atau penghentian keluarnya air kencing serta kejang kandung kencing (Blaaskrampen).” Jadi jangan kebanyakan ya makannya.