Cara Gampang Menyiapkan Samcan Masak Asinan Lobak (Jaipo) yang Lezat

Dipos pada September 19, 2023

Samcan Masak Asinan Lobak (Jaipo)

Menu praktis dan gampang yaitu membuat Samcan Masak Asinan Lobak (Jaipo) yang lezat Dijamin tidak bakalan repot membuatnya. Harap diperhatikan langkah-langkanya dan waktu pembuatannya agar rasa yang dihasilkan sempurna. Pada umumnya Samcan Masak Asinan Lobak (Jaipo) yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Kemungkinan ada beberapa sebab yang biasanya bisa mempengaruki kenikmatan dari Samcan Masak Asinan Lobak (Jaipo), antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Lakukanlah hal gampang dalam penyajian Samcan Masak Asinan Lobak (Jaipo) bisa dirumah atau rumah keluarga, karena lebih menguasai situasi penyajian dan dapat lebih maksimal.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Samcan Masak Asinan Lobak (Jaipo) yaitu 6 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Kalau mau lebih enak boleh kok dikreasikan Samcan Masak Asinan Lobak (Jaipo) oleh krasi mommy. Dengan bahan-bahan yang simpel, hidangan ini pastinya akan sangat nikmat jika dinikmati bersama keluarga. Kalau kamu mau, masakan Samcan Masak Asinan Lobak (Jaipo) memakai 8 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Begini cara pembuatannya.

Saya baru tahu ada yang namanya asinan lobak (jaipo) setelah tinggal bersama mertua.. maklum mama saya bukan tipe yang suka masak, jadi kalaupun masak pasti makanannya super simple dengan bahan2 yang sering ditemui saja. Jaipo ini teksturnya renyah dan rasanya condong ke manis. Resep ini boleh dimodifikasikan dengan tambahan tahu ya teman2.. samcan pun boleh diganti dengan daging sapi bagian iga untuk teman2 muslim.. silahkan dicoba πŸ˜‰

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Samcan Masak Asinan Lobak (Jaipo):

  1. 250 gram samcan babi
  2. 1 bungkus asinan lobak (jaipo)
  3. 3 siung bawang putih
  4. Air matang
  5. Minyak untuk goreng
  6. Tahu putih (optional tambahan, di resep x ini saya tidak pakai)
  7. Kecap asin
  8. Garam, gula, penyedap rasa

Langkah-langkah untuk membuat Samcan Masak Asinan Lobak (Jaipo)

1
Rebus samcan dengan air mendidih (airnya menutupi samcan) hingga matang. Kurang lebih 30 menit dengan api kecil
2
Potong2 samcan panjang2, setebal 1cm. (Tahu juga dipotong kotak setebal 1 cm)
3
Panaskan wajan dan minyak goreng agak banyak untuk menggoreng samcan (dan tahu) hingga setengah kering.
4
Masukkan kembali samcan yg sudah digoreng tadi ke kaldu rebusan, rebus kembali dengan api kecil (tahu juga ikut dimasukkan)
5
Pindahkan minyak goreng ke wadah lain, sisakan sedikit untuk menumis bawang putih dan jaipo. Bila aromanya sudah keluar, tambahkan kecap asin dan sedikit air. Masak jaipo kurang lebih 15 menit.
6
Setelah 15 menit, tuangkan jaipo ke dalam air rebusan tadi. Beri bumbu garam, sedikit gula dan penyedap rasa. Cek rasa! Setelah itu rebus kembali sampai samcan menjadi empuk sepenuhnya.
7
Sajikan! πŸ˜‰

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Oseng sosis babi saus kecap enak tenanπŸ˜˜πŸ˜˜πŸ˜˜πŸ‘πŸΌπŸ‘πŸΌπŸ‘πŸ‘πŸ˜

Oseng sosis babi saus kecap enak tenanπŸ˜˜πŸ˜˜πŸ˜˜πŸ‘πŸΌπŸ‘πŸΌπŸ‘πŸ‘πŸ˜

#dinaSQUAD #AksiDutaRecook #DutaRecookPontianak #CookpadCommunity_Pontianak #CookpadCommunity_Borneo #kedapuraja

10 orang
20 menit
Babi kecap

Babi kecap

Resep andalan keluarga. Dijamin pasti makan banyak kalau udah masak ini. #PejuangGoldenApron2

Ayam/sapi/babi lada hitam

Ayam/sapi/babi lada hitam

Masakan yg pernah kami makan di restaurant terkenal, sy coba2 sendiri di dapur rumah hasilnya memuaskan. Anak & suami suka, mommy ikut senang✌🏼

Babi Kecap

Babi Kecap

Dapet resep otentik dari mama, beda dari bicap yg lain. Bumbunya praktis, tapi rasanya juaraaa. Manisnya pas, ada rasa asem sedikit dari pekak plus ada mericanya juga yg bikin rasanya nyatuuu banget. Enaaak gilaaa 😭 Ga perlu pakai bumbu ribet, karena rasa daging babi sendiri sudah teramat nikmat, sehingga kalau dimasak dengan bumbu yg bermacam-macam, menurut saya rasanya membuat eneg 😁🀭 Tips : -Tumis daging babi hingga mengeluarkan minyaknya, baru setelah itu tambahkan air untuk proses mengempukkan dagingnya. -Jangan menambahkan air sebelum daging babi ditumis hingga mengeluarkan minyak, supaya dagingnya tidak 'gembur' saat disantap #PejuangGoldenApron3 #Week25

Bacon Pasta Carbonara

Bacon Pasta Carbonara

#Italianfood #PejuangGoldenApron2 #Cookpadcommunity_jakarta makanan simple untuk anak supaya betah di rumah

1 porsi
Babi Cincang masak Kentang Kecap

Babi Cincang masak Kentang Kecap

8 - 10 porsi

50 menit
Dumpling Pork & Shrimp (mandu / hakau)

Dumpling Pork & Shrimp (mandu / hakau)

Terinspirasi dr girlband kpop Blackpink yang membuat dumpling atau mandu kuah. Jadi tertarik ingin membuatnya ❣

31 pcs dumpling
Penne Bacon Carbonara dengan putih telur sisa, no wasteπŸ‘

Penne Bacon Carbonara dengan putih telur sisa, no wasteπŸ‘

Ada #leftover putih telur dr baking td pagi, dibikin carbonara aja. Cara bikin dr resep mba Nova Rilandari karena aku blm pernah bikin. Bener2 enak dan anti gagal. Ini juga request suami, ia habis assemble crib buat baby, jd pasti lapar πŸ˜† #EkitchenRecycleRecipe

Sop lobak wortel

Sop lobak wortel

kebetulan ada sisa babi sayur asin dikit jd aku iseng campur di dalemnya biar tambah sedep aja kuahnya..eh pas uda jadi trnyta bener tambah sedep kuah sop nya..jadi mau nambah terus makan nya hehehe

Shallot and Garlic Caramelized Garlic Butter Shrimp ala Beatus

Shallot and Garlic Caramelized Garlic Butter Shrimp ala Beatus

Kangen pulang kampung ke Surabaya.. Kangen makan di Beatus.. Setelah research recipe, akhirnya berhasil masak dengan enak dan suami suka banget juga..

2 orang
1 jam
Dendeng char siu-lada hitam ala Singapore

Dendeng char siu-lada hitam ala Singapore

Kebayang kan kalo dendeng singapore yang dijual di mall2.... mahal bingits πŸ˜₯.... Mendingan coba bikin sendiri deh...ngintip cara bikin n resep sana sini+ modifikasi dikit....tengtenggg....jd deh dendeng ala' kyu ini πŸ˜πŸ˜‹πŸ˜Š..krn sedikit lemak jdnya kurang mengkilap deh 😞

3 porsi
60 menit
Bacon Wrapped  Chicken with Herb Butter filling/Dada Ayam Isi Bungkus Bacon

Bacon Wrapped Chicken with Herb Butter filling/Dada Ayam Isi Bungkus Bacon

Bagi yang lagi menjalani ketogenic diet (pola makan tanpa karbohidrat,tinggi lemak&protein) karena lagi berusaha nambah massa otot dan menghilangkan lemak, this one is for you :)

2 porsi
30 menit
English Breakfast at Balthazar

English Breakfast at Balthazar

Comment : Sarapan ala Inggris di Amerika,.. Saat putri sy masih SD, dia suka banget sama brand β€œBathing Ape” yang saat itu hanya ada di New York, jadi tiap kami kesana pasti menyempatkan mampir ke butik nyadi Soho dan antrinya nggak main main jam 12 siang antrian sdh distop. Saat itu Snow sedang turun tipis”, sy dan suami yang jam 11 ada rapat di UN menyempatkan pagi” ke BA dan krn snow turun akhirnya kami breakfast dulu di Balthazar, tak jauh di daerah Soho juga. Balthazar dikenal sbg classic French Brasserie dengan makanan” yang lezat Pagi itu pilihan saya English breakfast sementara suami hnya makan Croissant dan Cream Soup.. #PostingBareng

Portion
30 menit
Meatloaf

Meatloaf

Resep adaptasi dari primarasa dengan penyesuaian bahan yang ada di kulkas .

Simply Delicious Mashed Potato

Simply Delicious Mashed Potato

Sejujur-jujurnya ini rencananya mau bikin potato cream soup tapi ternyata tida butuh kentang giling sebanyak itu untuk buatnya...jadilah dibuat jadi mashed potato saja, ah tapi tida menyesal karena bahkan ini terasa lebih maknyos daripada cream soupnya! Jadilah ini saja dulu yg dipublish di cookpad☺️

1 porsi seperti foto
20 menit
Spageti Aglio e Olio paket hemat

Spageti Aglio e Olio paket hemat

Spageti aglio e olio ini jadi andalan saya ketika saya harus menyiapkan bekal makan siang tapi waktu yang dipunya sangat terbatas. Resep ini cukup simpel dan praktis namun tetap berusaha mencukupi kebutuhan empat sehat lima sempurna yang dicanangkan pemerintah dengan menggunakan sayuran dan protein dalam satu porsi makanan. So, here is my recipe, happy to share it :)

3 porsi
Sticky Ribs

Sticky Ribs

Makanan yg bisa memenangkan hati si dia, mertua, atau siapa saja deh pokoknya. Karena penampilannya begitu menggiurkan dan rasanya selangit. Anak-anak juga suka karena empuk dan bisa dipegang seperti snack (finger food).Karena prosesnya agak repot, sebaiknya masak sekaligus banyak, kemudian disimpan (bisa dibekukan). Cooking time 2 hari!!

10 porsi
120 menit
Fettuccine Carbonara

Fettuccine Carbonara

Cara membuat carbonara, tanpa krim ataupun susu.

1 - 2 Porsi
20 menit
Caesar salad

Caesar salad

4 porsi
15 menit
Iga saus lada hitam + rempah

Iga saus lada hitam + rempah

Disini saya pakai iga babi, bagi yg mau halal boleh menggunakan iga sapi, dan untuk cabe nya bisa disesuaikan dengan isi kulkas masing2 ya. Disinu saya menggunakan banyak jeni cabe karena menambah kelezatan rasa bumbu menurut saya.