Langkah Mudah untuk Membuat Bacian Ba-Cian Babi Kentang Kecap yang Bikin Ngiler

Dipos pada November 7, 2023

Bacian Ba-Cian Babi Kentang Kecap

Hari ini saya akan berbagi resep Bacian Ba-Cian Babi Kentang Kecap yang praktis Cara membuatnya sedikit repot. jangan terburu-buru ya, kalau salah proses dan bahan rasanya nanti tidak enak. Padahal Bacian Ba-Cian Babi Kentang Kecap yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Kemungkinan ada beberapa sebab yang biasanya bisa mempengaruki kenikmatan dari Bacian Ba-Cian Babi Kentang Kecap, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Lakukanlah hal gampang dalam penyajian Bacian Ba-Cian Babi Kentang Kecap di dapur dan menggunakan peralatan yang baik untuk penyajian.

Kalau mau lebih kreative boleh kok dibuat variasi Bacian Ba-Cian Babi Kentang Kecap oleh krasi mommy. Tetap dengan bahan yang sederhana, kreasi masakan ini cukup enak dan bisa menyenangkan lidah dan hati. Mommy bisa menyajikan Bacian Ba-Cian Babi Kentang Kecap memakai 7 jenis bahan dan 3 langkah pembuatan. Begini cara pembuatannya.

Resep mamaku juga dari kecil suka bgt dimasakin ini. Apalagi kalau ada pete, beuh nambah terus akutu. Resep simple nan nikmat. #PejuangGoldenApron3

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bacian Ba-Cian Babi Kentang Kecap:

  1. 250 gram daging babi giling
  2. 300 gram kentang, kupas dan iris tipis2
  3. 6 siung bawang putih
  4. 1/2 buah bawang bombay
  5. 1 buah tomat
  6. secukupnya Kecap, lada dan garam
  7. Pete (opsional), sy gak pakai karena lagi mahal 🀣

Langkah-langkah untuk membuat Bacian Ba-Cian Babi Kentang Kecap

1
Goreng kentang sampai kuning kecoklatan (sebelumnya kentang setelah dikupas, direndam air cuka supaya garing)
Bacian Ba-Cian Babi Kentang Kecap - Step 1
Bacian Ba-Cian Babi Kentang Kecap - Step 1
2
Tumis bawang putih sampai harum baru masukan tomat sampai layu disusul daging babi gilingnya.
Bacian Ba-Cian Babi Kentang Kecap - Step 2
3
Masukan lada, garam dan kecap ke masakan setelah daging sudah tidak merah2 lagi. Berikan air secukupnya sampai keluar kaldunya baru masukan kentang goreng tadi. Aduk2 sebentar dan sajikan.
Bacian Ba-Cian Babi Kentang Kecap - Step 3

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Babi Crispy Chili Oil (Non-Halal)

Babi Crispy Chili Oil (Non-Halal)

Karena hobi banget makan pedes dan apapun yg crispy, terinspirasi dari menu kak @putrihabibie dari ayam diganti ke babi deh ❀️ sedikit ku rubah menambah rasa yg lebih umami πŸ˜‹πŸ˜‹ Rasa gak main main guys!

2 porsi
45 menit
"kaki babi masak kecap"πŸ‘πŸ˜˜β€οΈ

"kaki babi masak kecap"πŸ‘πŸ˜˜β€οΈ

#MenuKakibabi #DutaRecookPontianak #CookpadCommunity_Pontianak #CookpadCommunity_Kalbar #CookpadCommunity_Borneo #CookpadIndonesia

1 panci kecil
1 jam
Babi kecap rempah

Babi kecap rempah

Karna tak ingin kehilangan kenangan bersama alm.mama, maka hari ini tuk mengobati rindu dengan mama, maka saya masak masakan non halal yang dulu selalu memasaknya bersama alm.mama, semua bumbu sdh pas sama seperti yang mama ajarkan, hanya ini lebih berani dan lebih menyengat bumbunya. Kepoin yukz siapa tau bisa jadi inspirasi masak bunda. Salam...

6 orang
1,5 jam
Hash Browns With Beef Bacon & Egg

Hash Browns With Beef Bacon & Egg

Awalny menu coba-coba cari alternatif sarapan kalau weekend. Ternyata enak dan jadi kesukaan. Sejujurnya saya ga tau nama yg tepat utk menu ini.. tp krn terbuat dr kentang yowes.. kita namain saja sesuai dengan judul yg saya buat.hahhaha....ga penting bgt yak🀭 Pokonya.. yang penting dari menu ini, simple nya dapet dan sehatnya udh pasti. #ResepTelurkuMendunia #CookpadIndonesia #CookpadCommunity_Tangerang #CocomtangPost_paketelur #JelajahResep #JelajahResepSehat

3 porsi
30 menit
Mac & Cheese ala Jul's

Mac & Cheese ala Jul's

Mac & Cheese ini merupakan salah satu resep paling simpel & paling gampang dimasak buat aq klo lagi males masak. Buat anak-anak yang suka cheese ini pas banget deh pokoknya. Selamat mencoba 😁 #5resepterbaruku

1 porsi
20 menit
Sop lobak wortel

Sop lobak wortel

kebetulan ada sisa babi sayur asin dikit jd aku iseng campur di dalemnya biar tambah sedep aja kuahnya..eh pas uda jadi trnyta bener tambah sedep kuah sop nya..jadi mau nambah terus makan nya hehehe

65. Babi Kecap buat isian Roti / Pao

65. Babi Kecap buat isian Roti / Pao

Punya sisa daging babi, bingung mo masak apa. Jadi mo dicoba buat isian sourdough bakpao aja buat besok. Daging bebas ganti sesuai selera. Untuk bumbu juga sesuaikan selera masing". Ad yg suka manis, banyakin kecap manisnya. Klo suka yg asin, kecap asin nya banyakin aja.

Bibimbap ala baskom

Bibimbap ala baskom

Sering lihat di Korean Drama, satu keluarga makan Bibimbap di satu baskom besar rame2, trus semua pada nyendok nasi campur/bibimbapnya langsung dr baskom, keliatan enakk dan akrab banget ya πŸ˜ŠπŸ˜€πŸ˜€ Ini bukan pake Dolsot (mangkuk pemanas) yang bikin nasinya berkerak, tapi hanya nasi panas yang dicampur dengan saus ala Korean Bibimbap, trus dimakan rame2 dari satu baskom gituu.. Sayur yg saya pakai juga seadanya di kulkas. Kalau mau mantap, pakai juga bayam jepang (horenzo) atau zuchinni tumis wijen n garam, dan tauge rebus yg dibikin side dish yah.. Jadi saya coba2 kemarin itu, pakai resepnya Seonkyoung Longest krn tertarik pd campuran resep sausnya. Plus saya tambahin sedikit mayones, seperti yang dilakukan oleh Jung Bong, Jung Hwan dan papanya di Drama Reply1988 wkt mamanya (mama Cheetah) gak ada di rumah....πŸ˜‚πŸ˜‚ Ternyata uenakk lhoo... Note: 1. makanan seperti ini wajib harus sekali habis, jangan disisa or disimpan yah.. 2. Krn ini nasi yang dicampur aduk, isiannya bebas ya, bisa tambah kimchi sawi, kimchi lobak, acar lokio, dan side dish korean lainnya 3. Pd dasarnya minyak wijen pegang peranan sangat besar dlm masakan korea. Dan minyak wijen korea wanginya memang beda dgn minyak wijen biasa (wanginya lebih kuat drpd minyak wijen pd umumnya) 4. Krn masak bahannya satu2, jadi keliatannya langkahnya agak panjang, dibaca aja pelan2 ya.. πŸ˜€

4-5 orang
30 menit
Fettucini Carbonara

Fettucini Carbonara

Pagi, Berbikin sarapan kesukaan krucil 😘 #fettucinicarbonara #spaghetticarbonara #berbagiresep #anekaresepmasakan #cookpadcommunity_jakarta #tiketgoldenbatikapron #adjeng_mw

3 orang
Jukut nangka isi balung

Jukut nangka isi balung

Tetangga cookpad ada yg request resep sayur nangka balung ini, kebetulan bgt masi ada nangka, tinggal di belikan balung. Sebenarnya bingung juga sisa nangka dibuat apa ya selain gudeg, eh pas bgt Mba Soraya minta dibagikan resepnya dan langsung kepikiran bikin jukut nangka isi balung. Semoga resepnya membantu ya mom.

Babi Kecap Simple

Babi Kecap Simple

simple bumbu nya. mudah cara membuatnya dan rasanya gak berlebihan (eneg). fotonya kurang menarik ya tapi rasanya πŸ‘πŸ»

4-6 orang
1.30 jam
Babi kecap

Babi kecap

haiiii dah lama nggak upload2 masakan..(huahhhaha lagi males pooool).. mumpung lagi gak males, tadi abis dari pasmod pak bojo pengen bikin babi kecap (tadi sih katanya mau dia sendiri yg masak, sampe seaching2 resep🀣 tp nyampe rumah mendadak alesan mau benerin motorπŸ€ͺπŸ˜–) baeklah.. saya yg eksekusi jadinya..

4-5 orang
Kuah/ sop lobak bening

Kuah/ sop lobak bening

Bisa untuk yang sedang sakit atau panas dalam, & jadi menu harian. Di resep" yg saya masak, saya selalu meminimalkan penggunaam mecin. Jika ingin kuah lobak yg agak manis, kalian boleh menambahkan wortel lebih banyak dri yg tertulis. Wortel punya perasa manis alami yg enak untuk masakan. Silahkan mencoba.

Mushroom Risotto (Risotto Jamur)

Mushroom Risotto (Risotto Jamur)

Risotto pake jamur, potongan dan truffle oil. Berasnya bisa pake jasmine rice alias beras biasa (adanya itu).

2 porsi
30 menit
Daging Babi Kecap

Daging Babi Kecap

Ini dagingnya bisa diganti ya untuk teman" yg muslim mis. Sapi atau Ayam cocok dan enak juga, keluarga pasti suka :) masak dan bumbumnya gak ribet jd semua pasti bisa masak nya.

Iga saus lada hitam + rempah

Iga saus lada hitam + rempah

Disini saya pakai iga babi, bagi yg mau halal boleh menggunakan iga sapi, dan untuk cabe nya bisa disesuaikan dengan isi kulkas masing2 ya. Disinu saya menggunakan banyak jeni cabe karena menambah kelezatan rasa bumbu menurut saya.