Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Menyiapkan Rendang Daging yang Menggugah Selera

Dipos pada February 10, 2020

Rendang Daging

Anda sedang mencari inspirasi resep Rendang Daging yang lezat Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Pengerjaan harus hati-hati dan perlahan agar rasanya nikmat. Padahal Rendang Daging yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Biasanya setiap masakan akan ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi cita rasa dari Rendang Daging, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Rendang Daging sebaiknya di rumah sendiri terlebih dahulu agar lebih percaya diri dan yakin.

Bahan-bahan dibawah akan sangat pas untuk porsi penyajian Rendang Daging biasanya untuk 4 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Rendang Daging sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Rendang Daging memakai 19 jenis bahan dan 10 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Rendang spesial buat keluarga, rasanya nendang, tapi tidak terlalu pedas, enak dipadukan dengan ketupat, dan kuah santan, selamat lebaran.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Rendang Daging:

  1. 250 gram atau secukupnya daging sapi tanpa lemak
  2. 2 liter santan dari 2 buah kelapa tua yang sudah diparut
  3. Bumbu halus I :
  4. 100 gram cabe keriting merah
  5. 15 buah cabe rawit setan ukuran besar
  6. 2 sdm ketumbar
  7. Bumbu halus II :
  8. 1 bongol bawang putih ukuran sedang
  9. 2 cm jahe
  10. 100 gram lengkuas muda (sesuai selera)
  11. Bumbu lain-lain :
  12. 100 gram bawang merah iris
  13. 2 batang serai ukuran besar
  14. 5 lembar daun jeruk
  15. 3 lembar daun salam
  16. 1 lembar daun kunyit ukuran besar
  17. Secukupnya garam
  18. Secukupnya gula (1/3 dari garam)
  19. Secukupnya minyak

Langkah-langkah untuk membuat Rendang Daging

1
Siapkan bahan yang diperlukan cuci bersih.
2
Potong-potong daging sapi tanpa lemak ukuran ketebalan 1 cm, kemudian lumuri dengan perasan jeruk nipis, diamkan sebentar, cuci dengan air matang, untuk menghilangkan rasa asam dari jeruk nipis.
3
Haluskan bumbu sampai benar-benar halus, campurkan kedua bumbu halus, aduk rata, ambil secukupnya bumbu untuk melumuri daging sapi, diamkan sebentar.
4
Kemudian 2 liter santan dipanaskan, ketika sudah mulai panas, masukkan bumbu halus, dan bahan-bahan lainnya, tunggu sampai mendidih, sambil diaduk-aduk.
5
Setelah mendidih masukkan daging dan terus diaduk agar santan tidak pecah.
6
Proses pengadukan berlangsung lama bisa sampai 3 sampai 4 jam, bisa sambil duduk mengaduknya agar tidak terlalu lelah, dan menggunakan api yang paling besar.
7
Setelah agak mengering masukkan garam dan sedikit gula (1/3 dari garam), boleh ditambahkan sedikit penyedap, nanti akan muncul minyak alami dari santan, dan terus diaduk agar tidak gosong, boleh ditambahkan sedikit minyak agar tidak lengket diwajan, pada proses ini kecilkan api.
8
Setelah kuah santan berubah mengering, dan kemudian berubah kecoklatan, dan mengering, matikan api.
9
Rendang yang dibuat adalah rendang kering, apabila ingin berminyak, bisa ditambahkan minyak setiap ingin disantap, dengan cara dipanaskan, minyak membuat rasa rendang lebih gurih.
10
Selamat menikmati, dan menyantap disaat hari raya lebaran, dan mohon maaf lahir bathin.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Rendang kuah ayam kentang #5resepterbaruku

Rendang kuah ayam kentang #5resepterbaruku

Ini resep kedua,dan pertama dalam #5resepterbarukuπŸ™πŸ™

1-6 porsi
Rendang Sapi Simpel

Rendang Sapi Simpel

Udah lama banget rencanain masak rendang. Baru tercapai sekarang

Rendang sapi

Rendang sapi

4 porsi
3 jam
Rendang Ampela ayam dan ceker

Rendang Ampela ayam dan ceker

Pengen makan ceker dan ampela ayam .

Rendang

Rendang

Rendang ini salah satu bakulan saya.. #cookpadcommunity_garut

Rendang padang resep asli

Rendang padang resep asli

Karena ada banyak versi resep rendang padang, ini merupakan salah satu dari sekian banyak versi resep asli turun temurun

up to 10 porsi
2 - 3 jam
Rendang basah daging sapi dan baby potato

Rendang basah daging sapi dan baby potato

Besok sudah mulai puasa dan menu ini enak banget untuk sahur. Sengaja dibuat basah karena porsinya gede (sisanya simpen di freezer) n ntar dipanas2in jadi rendang kering juga πŸ˜„ #siapramadan #antiribet #porsibesar

30 pieces
3 jam
# 129 rendang ayam kampung ala me

# 129 rendang ayam kampung ala me

Kaka saya bilang ini rendang sunda karna yang bikin nya orang sundaπŸ˜…πŸ˜‚ dan karna ada ras khas rendang yg kurang..ya memang kurang karna saya ga pake kapulaga dan bunga lawang...kebetulan stok di rumah abis...tapi woles bunda ga ngurangin rasa endess nya kok... #AhlinyaAyam #BerburuCelemekEmas #CookpadComunity_Garut

48. Rendang Sapi & telur simple plus bonus tips hemat gas

48. Rendang Sapi & telur simple plus bonus tips hemat gas

Rendang adalah masakan khas Minangkabau, Sumatera barat. Di Jakarta sering kita temui di rumah makan Padang. Rasanya wuueenaak tenaann... Apalagi kalau nasinya masih ngebul-ngebul anget gituu... Wuuiihhh ngileerrr...πŸ˜‹ Maaf...maaf...puasa...astagfirulloh...πŸ™ Biasanya kalau masak yg berjenis daging-daging gitu suka lama ya Bun. Kita suka sayang ama gas kita πŸ˜„. Tapi kini tak usah lagi kuatir Bun. Saya sdh dapat tips nya agar daging yg kita masak cepat empuk tanpa menunggu lama nangkringin daging diatas kompor. Tips ini saya dpt dr ig nya cooking with sheila. Sekarang tugas saya utk membagi tips irit ini. Selain pilih daging yg berkualitas, warna daging jg pilih yg warna merah muda. Lalu cara potong daging jg perlu diperhatikan yaitu dg cara potong berlawanan serat daging. Setelah dicuci bersih rendam daging dg sedikit soda kue. Secukupnya saja Bun. Kalau saya daging 350gr saya rendam dg Β½ sdm soda kue. Rendam kurang lebih 30 menit - 1 jam saja. Lalu cuci bersih lagi & daging siap diolah. Berlaku jg utk ayam kampung. Biasanya lama jg kan Bun.. Sambil menunggu daging empuk, kita bisa racik-racik bumbu dulu. Nah, jadi pengen lama nangkringin wajan diatas kompor atau lama direndam soda kue Bun? πŸ˜ŠπŸ˜‹ yuk ah dicoba Bun tips nya. Pasti puas dan bahagia bisa irit gas πŸ˜‰πŸ˜ save duit belanjaaa Utk resepnya saya comot dari mba @decin.desinta25 #WarisanKulinerNusantara #PekanInspirasi #SiapRamadan #Resolusi2019 #BerebutCelemekEmas Minggu IV

Rendang ayam

Rendang ayam

Niat bikin ayam bakar, tp yg jadi malah ayam d rendang

Rendang daging jengkol simple

Rendang daging jengkol simple

Ini makanan kesukaan suami, suka banget rendang jengkol, pas banget kemaren dapet daging kurban, ywdh langsung aja deh buat di masak rendang campur jengkol.

Rendang Daging Sapi

Rendang Daging Sapi

terinpsirasi IG @dhiny_gallery , baru kali ini bikin rendang dan rasanya bener2 persis rendang di RM Padang πŸ˜†

Rendang entog

Rendang entog

#siapramadan dihari pertama menunya spesial,nyoba rendang entog untuk first time nya πŸ˜„,request dari zawjiy 😍,alhamdulillah menu buka puasanya jam segini sudah siyap πŸ˜ƒ

Rendang

Rendang

Resep ini cocok untuk menu di bulan ramadhan.. bisa untuk sahur dan berbuka puasa 😊 selamat mencoba #SiapRamadan

Rendang Daging Simpel

Rendang Daging Simpel

Puasa hari pertama, suami pingin buka puasa sama rendang. Pumpung dikasih rebusan daging sapi sama Bunda, yuk lah bikin. Resepnya juga dikasih bunda sih, rasanya enak & lumayan simpel. #SiapRamadan #CookpadIndonesia #AntiRibet #MasakItuSaya

Rendang daging sapi

Rendang daging sapi

#Warisankuliner #pekaninspirasi #pekanmadura Semoga suka dengan resep ini pasti ny kudu ada pas hari hari spesial seperti labaran /Acara besar lain ny

2.jam