Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Menyiapkan Kolak biji salak yang Anti Gagal

Dipos pada September 25, 2018

Kolak biji salak

Hi Mommy, yuk praktek untuk buat Kolak biji salak yang gampang Cara membuatnya sedikit repot. jangan terburu-buru ya, kalau salah proses dan bahan rasanya nanti tidak enak. Padahal Kolak biji salak yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Kolak biji salak, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Lakukanlah hal gampang dalam penyajian Kolak biji salak di dapur dan menggunakan peralatan yang baik untuk penyajian.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Kolak biji salak sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Kolak biji salak memakai 6 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Kolak biji salak:

  1. 1/2 kg ubi jalar
  2. 6 sdm tepung sagu
  3. 1 sdm gula halus
  4. 200 gr gula merah
  5. 2 sachet santan k*ra (encerkan dengan air secukupnya)
  6. secukupnya daun pandan

Langkah-langkah untuk membuat Kolak biji salak

1
Cuci bersih ubi,lalu kukus dan haluskan
Kolak biji salak - Step 1
2
Campurkan dengan tepung sagu dan gula halus,uleni sampai bisa dibentuk bulat2 seperti biji salak
Kolak biji salak - Step 2
3
Masukkan dalam air mendidih. Bila sudah mengapung,angkat
Kolak biji salak - Step 3
4
Didihkan air (kira-kira 2 gelas) dan gula merah sampai larut, lalu masukkan adonan biji salak. Koreksi rasa. Hidangkan bersama dengan santan yg sudah dimasak dengan daun pandan.
Kolak biji salak - Step 4

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Biji Salak Ubi Kuning

Biji Salak Ubi Kuning

Ubi kuning atau masyarakat sini biasa menyebutnya muntul. Karena di rumah lagi banyak muntul, aku bosen kalo cuma dikukus aja akhirnya aku mencoba mengolahnya menjadi biji salak ini. Kira-kira aja bikinnya, dibuat penuh rasa cinta. haha Sebelumnya aku juga buka resep di cookpad, ada macem-macem versi. Karena kalau masak ga pernah liat resep, yang penting pas saat dirasa dan jangan lupa pake perasaan cinta. Silahkan mencoba resep sederhana ini :)

Kolak biji salak ubi

Kolak biji salak ubi

Awalnya bosen dengan olahan ubi goreng.. kini saya olah dengan warna menarik.. hehe enak ya kalau istri bisa masak.. apapun yg di masak pasti suami suka

Bubur Sumsum Candil Mutiara Nangka

Bubur Sumsum Candil Mutiara Nangka

Dapat kiriman nangka dr kawan.. Aku coba resep ini untuk kemudian aku tambah nangka biar lebih wangi.. Yuks cuuuss.. 😃

6 orang
3 jam
Kolak Biji Salak ala"Dapur Mayang"

Kolak Biji Salak ala"Dapur Mayang"

#CABEKU, #MasakItuSaya,#PakKetipakTepung,#PejuangGoldenApron2,#PejuangGoldenApron3 😋😋 Sejak kemaren sore, sampai pagi ini hujan turun. Rasanya perut lapar lapar trus.... Liat sisa ubi jalar rebus td malam dan ada tepung tapioka maunya buat kolak saja....😊😊😊

8 0rang
45 menit
Kolak biji salak

Kolak biji salak

masak nya baru habisnya juga baru aja mau beli takut soalnya lagi marak pewarna dan pemanis buatan jadi buat sendiri aja dan my balita unyu2 suka pake banget and she say mami besok bikin lagi ya dan dengan manis kujawab balita unyu2 aku ia sayang.....

5 porsi
30 menit
Bubur Biji Salak Ubi Merah

Bubur Biji Salak Ubi Merah

Masih edisi menu-menu takjil untuk buka puasa, nyoba bikin bubur biji salak dari ubi merah...

4 porsi
60 menit
Kolak Candil Ubi Ungu

Kolak Candil Ubi Ungu

Arisan Genk Peda dimenangkan oleh @ikha_thea1 saya pilih bikin Kolak Candil Ubi Ungu kebetulan ada stock ubi ungu. Rasanya enak dan ga alot #GenkPejuangDapur #RememberGenkPeda_IkaSulistianingsih #Cookpad_id #CookpadCommunity_id #CookpadIndonesia

Kolak Biji Salak

Kolak Biji Salak

#PejuangGoldenApron2 , kali ini setor resepnya bukan sayur atau lauk, tp kolak yg cocok bgt dengan cuaca kalo sore hari sering hujan, pengennya ngemil terus.

Kolak Biji Salak

Kolak Biji Salak

Sebentar lagi bulan puasa,tidak ada salahnya mulai menyimpan resep aneka takjil untuk buka puasa nanti

5 porsi
40 menit
Candil ubi

Candil ubi

Kudapan yg mengenyangkan, dan cocok sekali utk bukaan puasa. Enak juga dimakan setelah dimasukkan ke dalam kulkas.

2 orang
45 menit
Kolak biji salak labu kuning

Kolak biji salak labu kuning

Menu takjil lagii ya teman2.. Rencana nya kemaren mau cari ubi ungu di pasar tradisional di tempatku ini, tp yaa kok ndak nemu ubi nya,, eehh pas sore malah dikasih labu kuning sama makwo (tante) ku.. Ya udah langsung cuss eksekusi, hahah.. Tapi pas dirasa2 kok sama enak nya aja meurutku sih.. Mau ubi atau labu yaa 2 2 nya enakk.. Selamat mencoba yaa..

6 orang
30 menit
Kolak ubi biji salak

Kolak ubi biji salak

Menu takjil kali ini bikin yang agak ribet,, hehehe

Kolak biji salak kenyel kenyel

Kolak biji salak kenyel kenyel

Ada sisa ubi madu,sayang kalo nggak diolah.Kepingin dibuat kolak saja,tapi bukan kolak biasa,ya uda buat kolak biji salak aja.

Biji Salak Tepung Singkong

Biji Salak Tepung Singkong

Di kampung kebetulan ortu punya lahan dikit buat berkebun ditanemi macam-macam tanaman salah satunya singkong yang umbinya super gede-gede. Karena kebanyakan biar singkongnya awet dikeringkan. Karena singkong kan gampang rusak kalo disimpan kelamaan. Jadi singkong dikupas trus dicuci lalu diparut kasar trus dijemur hingga kering. Setelah kering bisa diolah jadi macam-macam penganan atau bisa juga dimasak dicampur dengan beras menjadi nasi yang jauh lebih sehat karena lebih kaya serat dan vitamin. Untuk membuat biji salak ini singkong yang sudah kering ditumbuk dulu sampai halus seperti tepung atau boleh juga diblender.

Es Loder Bogor

Es Loder Bogor

Pot berbisik bulan Juni ini mengajak kita jalan-jalan ke kota hujan Bogor. Wah banyak kuliner disana. Bahagia banget kan kalau jalan-jalan terus jajan-jajan. Pulang-pulang kantong bolong deh kehabisan uang jajan 😂 Tapi masa pandemi gini masa iya mo pergi jauh-jauh. Jangan ah.. si covid masih merajalela. Kita harus jaga kesehatan kita. Jangan sampai terpapar virus yg aneh-aneh. iih amit-amit dah. Makanya kita buat sendiri aja yuk jajanan khas Bogor. Source: @devalesha #PotBerbisik_Bogor #CookpadCommunity_Bekasi