Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Membuat Biji Salak Ubi Kuning yang Enak

Dipos pada September 26, 2018

Biji Salak Ubi Kuning

Menu praktis dan gampang yaitu membuat Biji Salak Ubi Kuning yang gampang Dijamin ga bakalan terlalu repot untuk membuatnya. Pengerjaan harus hati-hati dan perlahan agar rasanya nikmat. Biasanya Biji Salak Ubi Kuning yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Biasanya setiap masakan akan ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi cita rasa dari Biji Salak Ubi Kuning, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Biji Salak Ubi Kuning di dapur dan menggunakan peralatan yang baik untuk penyajian.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Biji Salak Ubi Kuning sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Biji Salak Ubi Kuning memakai 11 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Ubi kuning atau masyarakat sini biasa menyebutnya muntul. Karena di rumah lagi banyak muntul, aku bosen kalo cuma dikukus aja akhirnya aku mencoba mengolahnya menjadi biji salak ini. Kira-kira aja bikinnya, dibuat penuh rasa cinta. haha Sebelumnya aku juga buka resep di cookpad, ada macem-macem versi. Karena kalau masak ga pernah liat resep, yang penting pas saat dirasa dan jangan lupa pake perasaan cinta. Silahkan mencoba resep sederhana ini :)

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Biji Salak Ubi Kuning:

  1. Bahan A :
  2. 500 gram ubi kuning
  3. 3 sdm tepung ketan putih
  4. secukupnya tepung tapioka
  5. 3 bh gula merah ukuran kecil (rasa manis selera)
  6. 1 liter air putih (bisa ditambah)
  7. Bahan B :
  8. 1 bgks santan (aku pake santan kara)
  9. 2 gelas belimbing air putih
  10. secukupnya garam
  11. 1 lembar daun pandan

Langkah-langkah untuk membuat Biji Salak Ubi Kuning

1
Kukus ubi terlebih dahulu sampai matang. Tiriskan, lalu haluskan.
2
Campurkan tepung ketan putih dan tapioka sedikit-sedikit ke dalam wadah berisi ubi yang telah dihaluskan. Ulenin sampai kalis. Kemudian bentuk adonan bulat-bulat kecil (selera).
3
Sementara itu, didihkan air di panci. Tambahkan gula merah. Biarkan sampai larut, masukkan bulatan adonan ubi tadi ke dalam rebusan air gula ini. Biarkan sampai mengapung, itu tandanya sudah matang. (jika ingin agak kental, tambahkan larutan tepung tapioka sedikit)
4
Rebus bahan B, hingga santan mendidih.
5
Biji salak siap disajikan. (selera, mau yang hangat atau bisa juga dinikmati saat dingin)

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Biji salak / bubur cendil

Biji salak / bubur cendil

Wahh ini enak banget. Aslii.. Aku bukan pecinta biji salak. Tadinya emang aku gak begitu suka. Tapi entah kenapa kepengen bikin. Wkwkwk.. Dan ini hasilnya enak, kenyel dan rasanya sesuai lah sama lidah aku. Kuah gula merah hasilnya banyak yaa. Aku beli sekilo ubi baru kepake untuk 1 resep ini 270 gr. Akhirnya aku bikin lagi biji salaknya karena kuahnya masih banyak. Jadi resep ini kalo buat aku bisa buat 1 kg ubi kuning. Mantap lah pokoknya. Yuk cobain bikin.

Bubur Biji Salak

Bubur Biji Salak

Resep dari Majalah Sedap Pemula . Karena jumlah ubinya 300 gram-an, akhirnya saya modif lagi jumlah kanjinya, supaya kepakai semua.. Eman toh... 😁 . Kalau kurang manis, boleh kasih gula pasir, Tp menurut aku, ini udah manis banget... . Saya modif juga di kuah santan nya dgn menambahkan tepung beras biar agak kental aja kok... Di skip juga ga pp... . Selamat beraktifitas dan berakhir pekan tuk semua Sahabat Cookpad ❤

5 orang
Jenang Grendul

Jenang Grendul

Bakpia clover, Senin kemarin membahas si manis gula kelapa bersama mbak @olive1994 Seru banget. Kita jadi nambah ilmu bagaimana proses bikin gula kelapa dan apa itu gula kelapa, juga jenis gula kelapa. Membahas juga perbedaan harganya kenapa gula semut lebih mahal dsbnya. Ada gula merah / gula jawa yg proses bikinnya ada yg memberi tambahan gula pasir dan hasilnya jadi lebih keras dibanding gula kelapa hasil buatan keluarga mbak Olive. Terimakasih mbak Olive atas sharing ilmunya 😀👍 Kali ini saya bikin jenang grendul atau ada yang menyebutnya bubur candil / bubur biji salak. Ini salah satu bubur kesukaan saya karena ada sensasi waktu mengunyahnya 😀 #BakpiaClover #BakpiaSiManisGulaKelapa #BelajarWithOlive #TidakSekedarMemasak #CloversCookingLovers #CookingWithHeartEatingWithLove #CookpadCommunity_Surabaya

1 mangkok
Bubur Candil Ubi Jalar

Bubur Candil Ubi Jalar

Udah masuk musim hujan. Kayaknya enak kalo sore" bikin yg anget". Mumpung ada persediaan ubi, cuss bikin 😋

3 orang
1 jam 30 menit
Biji salak, bubur kacang hijau dan mutiara ala ma2sero

Biji salak, bubur kacang hijau dan mutiara ala ma2sero

Critanya pengen mbancak'i dek syila kalau kata orang jawa bilang, syukuran kecil2an berbagi ke tetangga kanan kiri jum'at mubarak semoga dek syila sehat selalu cepet bisa jalan aamiin. Bikin biji salak/jenang grendul sama bubur kacang hijau dan mutiara pakek kuah santan. Bubur kacang hijaunya pakek takaran kira2 ya dan mutiaranya ikutin caranya di kemasan. Kalau rasanya menurut yang udah makan sie enak kayak biasa di jual2 alhamdulilah.

21 porsi
Kolak Biji Salak

Kolak Biji Salak

Di Malang susah nemuin kolak biji salak kalo g pas puasa. Jadinya pas kepingin gini bikin aja deh. Kebetulan di kulkas ada sisa labu kuning. Jadi di manfaatkan yang ada saja ;)

Bubur Biji Salak

Bubur Biji Salak

Aku lebih senang membuat nya menjadi bubur ketimbang bagian dari kolak. Membuatnya laksana bubur candil namun menggunakan ubi laksana biji salak.

6 porsi
1 menit
Jenang Grendul/Bubur biji salak

Jenang Grendul/Bubur biji salak

Salah satu jajanan pasar favorite, comfort food sejak kecil ini. Karena ibu saya dulu sesekali bikin untuk kudapan sore. Enak banget rasanya, komplit gurih manis kenyal alami dari ubi. Saya lebih suka yang Dari ubi daripada full pake Tepung tapioka.

Biji Salak Ubi Ungu

Biji Salak Ubi Ungu

Ini sih rutinitas kesukaan suami, meski g ramadhan sering juga bikin

8 porsi
Bubur biji salak

Bubur biji salak

Buka puasa kepengen makan biji salak, dl nyokap suka bgt bikinin ini untuk cemilan, ini agak dimodif sedikit soalnya ad bubur sumsum sisa buka puasa kemarin (kl dibuang kan sayang hehe lagian masih bagus jd diakaliin untuk jd menu buka yg baru), aq buat air gulanya diberi bubur sumsum jd kuahnya kentel gitu, kl yg biasa nyokap buat hanya biji salak dgn air gula merah dan santan, ini resepnya..

Kolak biji salak/Candil Labu

Kolak biji salak/Candil Labu

#PejjangGoldenApron2

59).Candil (Biji Salak) Ubi Ungu Unyuu~ :) (Recook)

59).Candil (Biji Salak) Ubi Ungu Unyuu~ :) (Recook)

Recook kak @Windri Aries dan @Nana Hanif. Monggo dinikmati..anget-anget dengan udara kota Malang. Candilnya uda can'tik, rasanya pas. Air santannya nggapapa lah kapan2 bikin lagi hohoho. Keliru karena santannya direbus pakai api besar. Overall aman :)) #TanggaResepTerpopuler #DiRumahAja #KeDapurAja #CookpadIndonesia #MasakItuSaya #cookpadcommunity_malang #AremaKangenKampung #PejuangGoldenApron3 #cookpadcommunity_surabaya #GlutenFree #Vegan #Paleo #DairyFree #MisiRahasiaSiapaTakut #Leeminho #cookpadcommunity_jakarta

4 orang
1 jam
Bubur / jenang Candil (biji salak) ubi madu

Bubur / jenang Candil (biji salak) ubi madu

Namanya jenang candil, ada yang nyebut jenang grendul, tapi saya suka nyebut jenang boba 😂. Kebetulan tetangga jual ubi madu. Tiap beli selalu manis, good condition dan nggak mengecewakan 😍. Banyak waktu luang dan penasaran sama bubur candil ini. Langsung eksekusi ya moms 😆. Karena rasanya manis dan gurih, cocok banget dinikmati pagi hari. Tapi dinikmati siang dan sore juga nggak kalah nikmat lho. Dalam resep ini hanya pakai 3 isian aja, menyesuaikan bahan yang ada di rumah 😂, yaitu biji salak, sumsum putih dan sagu mutiara.

8 porsi
1 jam
Kolak biji salak(candil)

Kolak biji salak(candil)

Kalau di kampung saya namanya bukan kolak biji salak tapi kolak candil

Biji salak ungu❤

Biji salak ungu❤

Nyoba2 ternyata jadi juga biji salaknya♡dan orang rumah bilang enak terutama suami♡♡hehee

#2.GBA. Bubur Candil

#2.GBA. Bubur Candil

Permisiiiiii......Yg manis manis legit mau lewat 😁🥰. Source👉 anisatur raehan #PejuangGoldenBatikApron