Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Menyiapkan Es Loder Bogor yang Lezat

Dipos pada September 26, 2018

Es Loder Bogor

Bagaimana membuat Es Loder Bogor yang simple Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Harap diperhatikan langkah-langkanya dan waktu pembuatannya agar rasa yang dihasilkan sempurna. Biasanya Es Loder Bogor yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Es Loder Bogor, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Lakukanlah hal gampang dalam penyajian Es Loder Bogor enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Es Loder Bogor sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Es Loder Bogor memakai 25 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Pot berbisik bulan Juni ini mengajak kita jalan-jalan ke kota hujan Bogor. Wah banyak kuliner disana. Bahagia banget kan kalau jalan-jalan terus jajan-jajan. Pulang-pulang kantong bolong deh kehabisan uang jajan πŸ˜‚ Tapi masa pandemi gini masa iya mo pergi jauh-jauh. Jangan ah.. si covid masih merajalela. Kita harus jaga kesehatan kita. Jangan sampai terpapar virus yg aneh-aneh. iih amit-amit dah. Makanya kita buat sendiri aja yuk jajanan khas Bogor. Source: @devalesha #PotBerbisik_Bogor #CookpadCommunity_Bekasi

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Es Loder Bogor:

  1. Puding Hunkwe:
  2. 100 gr tp Hunkwe
  3. 1 bks santan kara (65ml)
  4. 700 ml air
  5. 1 sdt pasta pandan
  6. 1/4 sdt garam
  7. Candil / Biji Salak:
  8. 150 gr tp ketan
  9. 25 gr tp sagu
  10. 150 ml air
  11. Sejumput garam
  12. 2 sdm to maizena, larutkan dg air
  13. Bubur Mutiara:
  14. 100 gr sagu mutiara
  15. 750 ml air
  16. Saus Kinca Gula Merah:
  17. 150 gr gula merah
  18. 750 ml air
  19. 2 lbr daun pandan
  20. Kuah Santan:
  21. 2 bks santan kara
  22. 1 lbr daun pandan
  23. 1/4 sdt garam
  24. Pelengkap:
  25. Es batu

Langkah-langkah untuk membuat Es Loder Bogor

1
Membuat Puding Hunkwe: didihkan 500 ml air bersama santan, garam, dan pasta pandan. Setelah mendidih masukkan tp hunkwe yg sudah diaduk rata bersama 200 ml air, aduk-aduk sampai meletup-letup. Angkat. Masukkan dalam wadah. Dinginkan.
Es Loder Bogor - Step 1
Es Loder Bogor - Step 1
2
Membuat Saus Kinca: Rebus air, gula merah, dan daun pandan hingga mendidih. Ambil ΒΌ pisahkan dalam wadah lain utk saus kinca. Sisanya utk merebus biji salak.
3
Membuat Candil/ Biji Salak: Campur tepung ketan, tepung sagu, dan garam masukkan air sedikit demi sedikit sampai adonan bisa dipulung. Lalu masukkan ke dalam rebusan gula tadi. Masak hingga mengapung. Lalu masukkan larutan tp maizena, aduk cepat hingga mengental. Angkat, sisihkan dalam wadah.
4
Membuat Bubur Mutiara: Didihkan air lalu masukkan sagu mutiara. Masak dg api kecil sampai mutiaranya mekar. Sisihkan dalam wadah.
Es Loder Bogor - Step 4
5
Membuat Santan: Rebus semua bahan hingga mendidih. Dinginkan.
6
Saran penyajian : Siapkan mangkuk saji. Masukkan 2-3 sdm setiap bahan isian atau sesuai keperluan. Siram dengan santan lalu beri saus kinca. Terakhir masukkan es batu. Selamat menikmati.
Es Loder Bogor - Step 6
Es Loder Bogor - Step 6

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Kolak biji salak Nenot

Kolak biji salak Nenot

Adik saya sangat menyukai kudapan kolak biji salak. Lalu dia bilang ke saya untuk mencoba membuatnya. Akhirnya aku mencoba dari resep yang aku baca dengan sedikit perubahan takaran, dan hasilnya.. yummy... momolagi.

Snow White Kolak ala anak inaq bapak

Snow White Kolak ala anak inaq bapak

#puasaday4 Eksperimen lagi😁, pertama bikin rasanya endelitaaaaaπŸ˜‹

Biji Salak

Biji Salak

Si bulat yg kenyal ini , makanan yg ngak bikin bosen , apa lagi di makanya untuk buka puasa , pas banget

Biji Salak

Biji Salak

enjoooyyyy :)

10 porsi
30 menit
Kolak Biji Salak

Kolak Biji Salak

udah lama banget pengen bikin ini tapi ga sempet2. akhirnya hari ini eksekusi untuk #takjil hari ini. rasanya pas ga terlalu manis seperti kolak lainnya. selamat mencoba bu ibu 😘😘😘

2 porsi
30 menit
Kolak Biji Salak

Kolak Biji Salak

Ini mah Bela2in Bikin Kolek, Buat #kontescookpad πŸ˜‚ Kali Ajah Dapet Celemek Atau Dapet Mobil Mungkin..? Hahahaha ( Ngayal di Siang Bolong ) πŸ˜‚ Aku Bikin Kolek Ini Penuh Perjuangan looh...Jiaahahaha Lebeeyy 😝 Ya Iyaalaahh Betapa Tidak..Orang Seisi Rumah Ga Suka Sama Durian...Mabok Durian, Cium Aroma nya sajah Bikin Mereka Pusing Pala beerbiii...πŸ˜‚ Satu Hari Loooh Aku Bikin Ini Kolek...Bayangkaan Pemiirsaaahh...wkwkwkk πŸ˜‚πŸ˜ Mohon Maaff...Kang Dadan Lagi Kumat...wkwkwk πŸ˜‚ Udah Ah Lagian Ga penting jga di Ceritain..wkwkwk πŸ˜‚ Kembali Ke Laptop sajah...😊 Kolek Ini Aku Buat Dengan Kuah Plus Santan Rasa Durian...Ga Pake Durian Asli Siiih...Kebetulan Nyari2 Durian Di Pasar Tak ada yg Jualan...hihihi 😊 Suuueerr Lagi Ngiler Durian ini mah...πŸ˜„ Tau2 Malah Dapet Esens Durian...Ya Sudaahlah..Tak Pa2...Yg penting Ada Aroma Durian nya...hehe 😊

Kolak biji salak

Kolak biji salak

Biji salak..mudah dan enak

Singkong Thailand Biji Salak Ungu

Singkong Thailand Biji Salak Ungu

Bosen sama singkong thailand (alias kolak singkong) akhirnya di modif dengan tambahan biji salak ubi ungu.. Hasilnya better than singkong thailand biasa.. Happy cooking, moms!

Bubur Sumsum Dingin

Bubur Sumsum Dingin

Sebenernya tdnya mau buat bubur sumsum yg anget , tp berhubung sumsumnya dmasukin kulkas trus santannya jg dimasukin kulkas ,jdnya dingin deh πŸ˜…

Bubur Candil ubi kayu

Bubur Candil ubi kayu

Bubur Candil Ubi Kayu

Kolak Biji Salak (Candil) Ubi UnguπŸ’œ

Kolak Biji Salak (Candil) Ubi UnguπŸ’œ

Ini dia resep yang tempo hari bikin penasaran, sebenarnya pas buatnya ga tega πŸ˜ƒwarna ungunya bikin jatuh cinta 😍 terus pas buletinnya kayak slime aja πŸ˜†. Keren bangetlah Tuhan yg ciptainnya 😚, cemilan ini pas juga buat jualan di hari puasa πŸ˜‚πŸ˜œ #bisamungkin Cekidottt!!!

Biji salak

Biji salak

Dapat oleh2 dari kakak ubi banyak sekali, kebetulan sudah lama juga pengen banget biji salak, lihat foto-foto di google bikin ngiler 😍😍🀭 #PejuangGoldenApron2 #OneRecipeOneTree #TeamTrees

8 cup
60 menit
Biji Salak

Biji Salak

Cemilan yang manis-manis banyak kita jumpai pada saat bulan puasa, salah satunya biji salak. Jadi teringat masa waktu kerja kantor dulu, kalau lagi bulan puasa, sore-sore kita sering banget beli jajanan & ta'jil dekat kantor. Ada : gorengan, kolak, biji salak, dll. Serruuu banget nyemil sama-sama dan makan bersama. Tahun ini buat sendiri deh untuk mengobati kerinduanku dengan teman-teman dan ta'jil biji salak siap dibuat.(01/06/17)

3-4 porsi
Bubur Candil Ubi Putih

Bubur Candil Ubi Putih

Pas banget untuk mengawali berbuka puasa sunah. Thanx resepnya Mba @lidia_lestari

Kolak Biji Salak

Kolak Biji Salak

Ini adalah salah satu makanan favorit suami (apalagi kalo bulan puasa, gak bulan puasa aja doyan πŸ˜‚), karna jarang nemu yg cocok di luar akhirnya selalu bikin sendiri haha

40Menit
Kolak Candil, Pisang dan Ubi Kuning

Kolak Candil, Pisang dan Ubi Kuning

Bismillah, masih ada candil ubi ungu sisa kemarin yg disimpan rapi dikulkas, lalu vla nya habis. Ada pisang dan ubi kuning juga nih dirumah, cus dibikin kolak saja. Rasanya mantappppp alhamdulillah🌻 #ComboNgabibita_KreasiUmbi #CookpadCommunity_Bogor