Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Menyiapkan Nasi Kebuli (Memanfaatkan Kuah Opor) yang Bikin Ngiler

Dipos pada March 1, 2022

Nasi Kebuli (Memanfaatkan Kuah Opor)

Menu praktis dan gampang yaitu membuat Nasi Kebuli (Memanfaatkan Kuah Opor) yang simple Proses dan cara membuatnya pasti simple dan menyenangkan. Usahakan relax dan santai membuatnya ya, agar rasa yang dihasilkan menjadi nikmat dan sempurna. Pada umumnya Nasi Kebuli (Memanfaatkan Kuah Opor) yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Beberapa faktur yang bisa mempengaruhi rasa dari Nasi Kebuli (Memanfaatkan Kuah Opor), seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Nasi Kebuli (Memanfaatkan Kuah Opor) di dapur dan menggunakan peralatan yang baik untuk penyajian.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Nasi Kebuli (Memanfaatkan Kuah Opor) adalah 4 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Sekedar tambahan, waktu yang diperlukan dalam memasak Nasi Kebuli (Memanfaatkan Kuah Opor) diperkirakan sekitar 30 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Nasi Kebuli (Memanfaatkan Kuah Opor) sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Nasi Kebuli (Memanfaatkan Kuah Opor) memakai 10 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Sedih banget kalo ada makanan sisa, di rumah lagi musim kenduri juga. Sayang kalo lihat kuah opor atau gulai terbuang begitu saja. Ini salah satu cara memanfaatkannya......

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Nasi Kebuli (Memanfaatkan Kuah Opor):

  1. 3 cup beras (pilih yang cenderung pera kalau dimasak)
  2. 5 cup kuah opor atau gulai
  3. 1 butir pekak
  4. 2 butir kapulaga (geprek)
  5. 1/8 sdt kayu manis bubuk
  6. 5 lembar daun gulai (bisa diskip)
  7. secukupnya gula pasir dan garam
  8. Pelengkap :
  9. bawang merah dan bawang putih goreng
  10. acar mentah

Langkah-langkah untuk membuat Nasi Kebuli (Memanfaatkan Kuah Opor)

1
Cuci bersih beras, masukkan dalam panci magic com. Sisihkan.
2
Panaskan kuah yang akan digunakan, gunakan api kecil. Masukkan pekak, kapulaga, daun gulai dan bubuk kayu manis. Tambahkan gula dan garam. Tes rasa. Matikan api.
3
Ambil 4 cup kuah masukkan ke dalam panci magic com. Taburi dengan sedikit bawang putih goreng. Tekan tombol cook.
4
Setelah matang sajikan dengan bahan pelengkap. Jika sekiranya masih ada daging ayam atau kambing, bisa turut disajikan. Selamat mencoba.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Opor terong ala keluarga Nisa Abdina

Opor terong ala keluarga Nisa Abdina

Makanan kesukaan keluarga. Nyaam.. ๐Ÿ˜‹๐Ÿ˜‹

4 porsi
30 menit
Opor ayam

Opor ayam

Rasanya gurih, dimakan sama sambel dan kerupuk udang. Cuma sayang ga bikin ketupat/lontong. Jd pake nasi aja. Dan si bocil juga doyan,itu yg penting.

4 porsi
45 menit
Opor Ayam Sahabat Rafa

Opor Ayam Sahabat Rafa

opor ayam..alhasil nikmat n nyummi dihidangkan tuk keluarga ๐Ÿ˜

Opor ayam ala ala bujang

Opor ayam ala ala bujang

Punya bumbu jadi opor merk bamboe, diolah dan ditambah supaya lebih enak

Opor ayam ala mama

Opor ayam ala mama

Aku ibu muda yang gak terlalu jago masak. Ceritanya suami request opor ayam. Tanya resep sama mama dan hasilnya not bad lah untuk percobaan pertama ๐Ÿ˜

Opor Tahu Tempe ala2

Opor Tahu Tempe ala2

Kenapa disebut ala2? Karena minus kunyit, sereh dan ketumbar... Bumbu dapur memang ga pernah lengkap sih hahaha. Tapi akhirnya tetep buat jg, simpel dan gampang bgt pokoknya ๐Ÿ‘

Opor Ayam

Opor Ayam

Judulnya siih opor ayam. Tapi isinya lebih rame, ada tahu, wortel sama telur. Ini karena saya lagi pengen masak praktis, pakek bumbu jadi opor ๐Ÿ˜† Tapi d tambahin bumbunya biar makin mantap.

5-6 porsi
20 menit
Opor Sayap Ayam

Opor Sayap Ayam

Ini opor yang biasa aq masak sehari-hari di rumah, isinya pasti ada 3 macam... Ayam, telur dan tahu... Resep opor ini ga pake kunyit samasekali, tp warna kuahnya pasti jadi kuning, itu karena tahu yang aq pake tahu kuning... Jadi kuahnya kelunturan dari tahu he...he... Untuk telur biasanya aq pake telur ayam, karena di kulkas ada stok telur puyuh yang nganggur udah hampir seminggu, daripada keburu busuk di pake ajaa...๐Ÿ˜Š

Opor Ikan Mas

Opor Ikan Mas

Dikasih ikan mas dari big boss, beliau memang hobby mancing. Rejeki nomplok, ikannya masih segar dan besar banget. Enak juga lho dibikin opor. Yukk cobain.

3 porsi
45 menit
Ketupat Kuah Opor Kuning

Ketupat Kuah Opor Kuning

Sebelum berangkat upacara hari kesaktian pancasila td pagi ada yg ngodeee...pulang upacara enak kali yaa mih makan ketupat pke opor...hahhhhaa...niat hati weekend kali ini mau nyantaiii, istirahat dr dunia masak memasak tp apalah dayaku klo bapak negara udh ngodeee...g berani nolak takut g dikasih duit bulanan๐Ÿ˜œ๐Ÿ˜œ๐Ÿ˜œakhirnya plng upacara di polres langsung ngacirrr ke pasar...nyampe pasar udh siang ๐Ÿ˜ค๐Ÿ˜ค๐Ÿ˜ค g kebayang ntr mateng jam berapa, yowes akhirnya aku putuskan kuah ketupatnya pake kuah opor aja, g usah pke sayur2 ketupat segala...kelamaan nti masaknya...๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚kuah opornya aku buat agak encer klo kekentelan yg ada nti malah enek sama santan...

Opor Ayam Spesial

Opor Ayam Spesial

bermula dari resep yang ada , namun saya kreasikan sesuai selera keluarga ,, kuah yang begitu legit dan gurih ,

5 porsi
35 menit
MPASI 11m+ Bubur Terik

MPASI 11m+ Bubur Terik

Di daerah asal saya, bubur terik menjadi menu sarapan pagi anak2, termasuk waktu saya kecil dulu. Sayurnya biasanya kol atau sawi putih, tapi karena adanya stok jamur kancing saja, yaa sutra lah.. yang penting habis hanya dalam waktu 15 menit..

1 porsi
25 menit
Terik tahu telur

Terik tahu telur

Seandainya ada lontong.. behhhhh manteppp๐Ÿ˜‚

Opor Ayam

Opor Ayam

Suka bosen dengan olahan ayam, tapi anak-anak paling suka ya ayam. Ini salah satu menu yg disukai asal ayamnya harus sampai copot-copot alias empuuk... Repotnya mantan pacar malah kurang suka, jadi harus dikombain buat ayah ayam digoreng biar kesat ga lembek dan anak-anak harus lembek. Kebayangkan... kalau makan opor harus dua type ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚. Alhamdulillah... mari masak Mom. (Yang ada di Foto yg versi buat anak- anak ๐Ÿ˜๐Ÿ˜)

Kacang Panjang Ungu masak Opor

Kacang Panjang Ungu masak Opor

Awalnya aq dikasih iparku si Vera Kacang panjang ungu sempet bingung sih mau digimanain akhirnya asal2an aja masaknya dannn taraaa... Rasanya seperti opor ayam mantabbbss๐Ÿ‘

kurleb 4 orang
10 menit
Opor Balungan

Opor Balungan

Di rumah gak terlalu sering masak ayam. Paling kalo masak yaa ayam kampung, dan justru sukanya yg ada tulangnya. Kalo yg terlalu berdaging itu kurang greget menurutku. Di rumah sering dapet hantaran nasi dari orang punya hajat tapi pasti nggak pernah diolah dan berujung di freezer berhari2 baru diolah kasih ke tetangga. Kalo hantaran kan pasti udah digoreng kering jadi mau diolah gak banyak variasi juga gak dimakan pasti. Mumpung tadi ada ayam kampung jadi pengen opor deh. Yuk cek resepnya!

Kare rasa campursari opor Ayam+ceker๐Ÿ˜„No MSG

Kare rasa campursari opor Ayam+ceker๐Ÿ˜„No MSG

Recook dr cookpad mba Anna Takita... Makasih banyak mba Anna resepnya.. wenaknya nampol๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜‰๐Ÿ˜‰ Ada bbrp yg sy skip sesuai bahan yang ada๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š Sy pakai santan instan yg 80ml.. jd agak kebanyakan santan.. tapi jd gurih-gurih nikmat๐Ÿ˜ Pertama kali buat kare ayam.. hasilnya alhamdulillah enak... alhasil rasanya mirip opor.. hihihii๐Ÿ˜‚ Yuk disimak cara buatnya

4 porsi
2 jam