Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Membuat Opor Ikan Mas yang Lezat Sekali

Dipos pada February 28, 2022

Opor Ikan Mas

Ada ide oke hari ini, kita akan membuat Opor Ikan Mas yang mudah Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Harap diperhatikan langkah-langkanya dan waktu pembuatannya agar rasa yang dihasilkan sempurna. Padahal Opor Ikan Mas yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Biasanya setiap masakan akan ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi cita rasa dari Opor Ikan Mas, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Opor Ikan Mas enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Bahan-bahan dibawah akan sangat pas untuk porsi penyajian Opor Ikan Mas kira-kira 3 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Perlu diingat, perkiraan waktu untuk memasak Opor Ikan Mas diperkirakan sekitar 45 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Opor Ikan Mas sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Opor Ikan Mas memakai 19 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Dikasih ikan mas dari big boss, beliau memang hobby mancing. Rejeki nomplok, ikannya masih segar dan besar banget. Enak juga lho dibikin opor. Yukk cobain.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Opor Ikan Mas:

  1. 1 ekor ikan mas besar (sekitar 1kg), bersihkan kemudian lumuri dg garam dan jeruk nipis
  2. 5 siung bawang merah
  3. 5 siung bawang putih
  4. 1 sdt ketumbar
  5. 2 butir kemiri
  6. 5 butir merica
  7. 1 cm kunyit
  8. 3 lembar daun salam
  9. 3 lembar daun jeruk
  10. 2 buah serai, geprek
  11. 1 ruas lengkuas, iris tipis
  12. 1 ruas jahe, iris tipis
  13. 1 buah tomat
  14. 15 butir cabe rawit hijau
  15. 1 ikat kecil daun kemanggi
  16. 1 sdt garam
  17. 1 sdm gula pasir
  18. 1 pack santan kara (65ml)
  19. 2 sdm minyak utk menumis

Langkah-langkah untuk membuat Opor Ikan Mas

1
Cuci lagi ikan yg telah dilumuri dg jeruk nipis dan garam sehingga lendirnya hilang dan ikan kesat. Bikin guratan di badan, kemudian goreng setengah kering. Goreng pakai teflon saja biar gak lengket, dan sekali balik biar badan ikan gak ancur.
2
Haluskan bumbu bawang merah, bawang putih, ketumbar, merica, kunyit dan kemiri. Tumis bumbu halus hingga harum. Tambahkan daun salam, lengkuas, jahe, daun jeruk, serai dan air.
3
Setelah mendidih, masukkan santan. Tambahkan garam dan gula. Koreksi rasa. Jika sudah pas masukkan ikan, tambahkan irisan tomat, cabai rawit dan daun kemanggi. Kecilkan api, masak hingga bumbu meresap.
Opor Ikan Mas - Step 3
4
Ikan tidak perlu dibalik ya, cukup disiram2 saja atasnya agar badannya tidak hancur. Setelah bumbu meresap dan air menyusut, matikan api. Sajikan.
Opor Ikan Mas - Step 4

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Terik Daging Gurih

Terik Daging Gurih

Pengen bikin olahan daging yang anak juga bisa ikutan makanz ga pedes tapi nyamii,,akhirnya diputuskan bikin terik daging gurih ini

5 porsi
20 menit
MPASI 1+: Opor Daging Susu UHT

MPASI 1+: Opor Daging Susu UHT

Mulai bingung bikinin maem buat Mbak kecil. Yang pasti harus berkuah, karena kalo seret, langsung hoek. Cobain bikin opor aja tapi santannya diganti UHT. Alhamdulillah tandas! ๐ŸŽ‰

20 menit
Opor Ayam Kampung

Opor Ayam Kampung

pertama kali masak opor ayam, dan pas jadi alhamdulillah rasanya enak, masak itu kuncinya di bumbunya ya, kalo bumbunya banyak insya Allah enak deh.

1 panci
1 jam
Opor Ayam Telur

Opor Ayam Telur

Mau lebaran haji ceritanya, jadi kita masak opor yu

40 menit
Opor nangka muda

Opor nangka muda

simple aja ,,, buat pesenan temen sekolah anak ku minta di bikinin opor nangka muda

Opor ayam lezatoz

Opor ayam lezatoz

Udah lama bgt ga makan opor, kepinginnya kebangetan.. jadilah opor simpel yg lezat ini..

4 porsi
30 menit
Opor Ayam

Opor Ayam

Please .... Ini Permintaan si bungsu... Tapi bumbu ini , adalah resep almh ibunda tercinta , yg katanya "pake kan adas manis dikit ya nak...." ( Selalu inget) ๐Ÿ’•๐Ÿ’—๐Ÿ’•

15 menit
Opor Ayam

Opor Ayam

Assalaamu'alaykum warahmatullaah wabarakaatuh ummahaat~ Bikin opor ayam yukkk ๐Ÿ˜ ud mulai kangen suasana lebaran hehe opor ayam ini ummu modif dr resep mbak @jennynovembria dan mbak @xanderskitchen ya umm~ Note 1. Kreasikan isian opor dg kentang, tahu, tempe, telur, dll untuk hasil yg lebih banyak. Jd bisa kasih tetangga deh ๐Ÿค— in syaa Allaah 2. Ayam bisa lsg di masak atau di goreng terlebih dahulu ya umm Foto nyusul ya umm in syaa Allaah ๐Ÿคญ opor nya masih on going di kompor Note 1. Biarkan kuah opor mendidih beberapa kali sebelum dimasukkan ayam. Kuah akan semakin enak, dan bumbu akan semakin padu bila banyak mendidih. Sekaligus utk menghilangkan bau langu dan rasa getir dari kemiri&kunyit. Cara lain, sangrai kemiri&bakar kunyit sebelum di olah. 2. Menurut selera ummu, opor ini lebih enak kalau kepekatan kuah santannya sedang cenderung encer. Karena taste nya jd lebih light dan segar. Ummu biasa bikin masakan berkuah gini kuahnya banyaaak biar bisa banjir banjir di piring ๐Ÿคญ kalau biasa buat kuah sedikit. Takaran santan instannya bs dirubah sesuai selera ya ummahat. Bismillaah OPOR AYAM by @qiyamskitchen

MPASI Opor Ayam

MPASI Opor Ayam

Ceritanya anak sempet GTM, terus mikir makanan apa yang enak, tinggi kalori dan tentunya komposisinya lengkap, ada karbohidrat, protein, lemak dan sayur. Dan Alhamdulillah anak suka #mpasi11bulan #mpasioporayam #mpasiantigtm

3 kali makan
1 jam
Opor ayam ibu

Opor ayam ibu

Resepnya dari ibu ... dan klo kangen rumah selalu masak ini ...

6 porsi
30 menit
Opor ayam susu kedelai

Opor ayam susu kedelai

Bosan dengan ayam goreng, anak-anak minta dibuatkan opor. Susu kedelai bubuk saya gunakan sebagai pengganti santan.

5 porsi
Opor ayam kampung

Opor ayam kampung

Ga harus ayam kampung jg bisa lho bund pake ayam pedaging . Hehe Tp berhubung misua ga doyan ayam pedaging jd saya pake ayam kampung..

Terik Daging Sapi

Terik Daging Sapi

Menu ini merupakan menu favorit buat lebaran. Selain mudah, bisa dinikmati siapa saja termasuk anak kecil. Karena rasa dr terik ini cenderung manis ya.

Opor ayam spesial Oma Daeng

Opor ayam spesial Oma Daeng

Resep ini merupakan resep warisan keluarga kami, yg diajarkan secara turun temurun, sangat mudah dibuat dan memiliki rasa istimewa yg khas. Opor ayam yg gurih nikmat dan menjadi favorit anak anak di rumah.

5 porsi
60 menit
Opor Balungan

Opor Balungan

Di rumah gak terlalu sering masak ayam. Paling kalo masak yaa ayam kampung, dan justru sukanya yg ada tulangnya. Kalo yg terlalu berdaging itu kurang greget menurutku. Di rumah sering dapet hantaran nasi dari orang punya hajat tapi pasti nggak pernah diolah dan berujung di freezer berhari2 baru diolah kasih ke tetangga. Kalo hantaran kan pasti udah digoreng kering jadi mau diolah gak banyak variasi juga gak dimakan pasti. Mumpung tadi ada ayam kampung jadi pengen opor deh. Yuk cek resepnya!

Opor Ayam

Opor Ayam

Tetiba pengen bgt opor ayam tapi pengennya bikin sendiri biar rasanya pas sama lidah ku yang bawel๐Ÿ˜‚ dapet resep dari cookpad juga tp sedikit banyaknya aku tambahin sendiri ๐Ÿ˜Š