Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Menyiapkan Rendang Asli Padang yang Sempurna

Dipos pada February 17, 2020

Rendang Asli Padang

Menu praktis dan gampang yaitu membuat Rendang Asli Padang yang lezat Cara membuatnya memang susah-susah gampang. jangan terburu-buru ya, kalau salah proses dan bahan rasanya nanti tidak enak. Umumnya Rendang Asli Padang yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi kulitas dari Rendang Asli Padang, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Jangan terlalu repot dalam penyajian Rendang Asli Padang ada baiknya dilakukan ditempat yang bersih dan higienis.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Rendang Asli Padang kira-kira 1kg daging. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Jangan lupa ya, waktu yang dibutuhkan untuk membuat Rendang Asli Padang diperkirakan sekitar 4 jam.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Rendang Asli Padang sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Rendang Asli Padang memakai 21 jenis bahan dan 9 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Alhamdulillah berkesempatan belajar masak rendang ke ibu mertua yang asli Pariaman. Kata beliau ini rendang khas Pariaman (ada perbedaan dengan rendang Bukittinggi). Resep di bawah ini sengaja dibikin nggak pedas, kalau Pariaman asli lebih pedas. Waktunya lama, bumbunya banyak, tp hasilnya luar biasaaa. Happy cooking :))

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Rendang Asli Padang:

  1. Bahan utama
  2. 1 kg daging sapi (tanpa lemak)
  3. Bahan bumbu dihaluskan
  4. 1/4 cabe merah keriting
  5. 25 siung bawang merah
  6. 10 siung bawang putih
  7. 3 cm ruas jahe
  8. 3 cm ruas laos
  9. 1/2 biji pala
  10. sedikit cengkeh
  11. 1 ruas kecil kayu manis
  12. 1 bungkus kecil ketumbar
  13. 1 batang sereh
  14. 2 lembar daun jeruk
  15. 5 sdm asam jawa cair (dicairkan dari seujung jempol asam jawa)
  16. 1,5 liter santan kental
  17. Bahan bumbu tidak dihaluskan
  18. 2 lembar daun jeruk
  19. 1 lembar daun kunyit
  20. 1 batang sereh (geprek)
  21. secukupnya garam

Langkah-langkah untuk membuat Rendang Asli Padang

1
Potong cuci bersih daging
Rendang Asli Padang - Step 1
2
Blender halus bumbu - bumbu dari "bahan bumbu dihaluskan".
3
Campurkan daging dengan semua bumbu2 dalam kuali. Aduk rata lalu diamkan 30 menit.
Rendang Asli Padang - Step 3
4
Nyalakan kompor dengan api sedang, sambil diaduk. Tunggu sampai bumbu2 harum dan meletup - letup.
Rendang Asli Padang - Step 4
5
Tambahkan 1,5 liter santan kental
Rendang Asli Padang - Step 5
6
Aduk terus sampai kuahnya menyusut. Jika sudah agak menyusut api dikecilkan. Proses ini yang paling bikin tangan pegel. Hehe. Hati-hati santan bisa meletup muncrat kemana - mana.
7
Tambahkan sedikit garam
8
Aduk teruuusss (ngaduknya sampai dasar kuali ya biar nggak gosong) sampai keluar minyak dan rendang berwarna coklat kehitaman. Koreksi rasa.
Rendang Asli Padang - Step 8
9
Selemat menikmati dgn org tersayang :)
Rendang Asli Padang - Step 9

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Rendang ayam simple

Rendang ayam simple

Masih dgn cara yg simple2..

Rendang Daging

Rendang Daging

pengen banget masak rendang, ini perdana bgt aq masak rendang. jadi lg masak deg degkan jg ya, kaya mau ujian..hhahaa. tp Alhamdulillah yg aq suruh tes misua langsung jd. pede jg jg gitu klo hasilnya oke lah..😁😁😁

4 orang
Resep rendang anti gagal #BikinRamadanBerkesan

Resep rendang anti gagal #BikinRamadanBerkesan

,,,https://youtu.be/NmR0bicGRus Itu versi videonya Ga kerasa bentar lagi dah mau lebaran, tiap rumah biasanya ada menu rendang buat sajiannya, jadi kayanya ini waktu yang pas buat sharing resep Rendang Anti Gagal alias lezat, dijamin ketagihan 😘😘😘😘 Kita langsung aja.....

32 porsi
2 jam
Rendang Sapi Pedas Manis

Rendang Sapi Pedas Manis

Hi, selalu suka banget weekend gini. Me time versi aku ya masak memasak :) Sengaja posting setelah dapet komen dari mas pacar yang jadi testernya. Soalnya doi kalo komen itu ga pake basa basi. Yes or no. And guess what.. dia suka banget! Yeay rasanya terbayar ya ribet dan capek2nya kalo dipuji gitu. Hehe. So, yang mau bikin pacar apa suaminya makin cinta, yuk disimak!

4 porsi
2 jam
Rendang Jengkol

Rendang Jengkol

Hehehehe .... yg sedikit bau πŸ˜„πŸ˜„ tapi asli enak banget (kalau menurut saya yaaa...) tak ada daging jengkolpun jadi, gak kalah nikmat juga sama daging πŸ˜€πŸ˜€ (dan ini juga masih menurut saya). So jangan tunggu terlalu lama let's cooking now 😊😊 bumbu rendangnya versi saya niiihh... πŸ˜‹πŸ˜† Difoto gak keliatan keping2 jengkolnya yaahh.. Si jengkol malu selimutan bumbu rendang..

Rendang kentang,telur puyuh bumbu instant#SeninSemangat

Rendang kentang,telur puyuh bumbu instant#SeninSemangat

Bisa buat menu sahur simple tp enk,,biar gampang dan tinggal angetin aja.jd bs hemat wktu!!

Rendang Kering Extra Hot#BikinRamadhanBerkesan

Rendang Kering Extra Hot#BikinRamadhanBerkesan

Bikin rendang kering gini bisa berhari2. Endooll bgt.

Rendang Jengkol versi Jawa πŸ₯³

Rendang Jengkol versi Jawa πŸ₯³

Tema makan siang rame-rame keluarga dan pekerja hari ini adalah makanan padangπŸ˜ƒ berhubung banyak pesta nikahan di desa menyuguhkan rendang sapi, kali ini lauknya kami pilih gulai tunjang kikil sapi (liat resep saya sebelumnya) dan rendang jengkolπŸ₯³

16 orang
Rendang Jengkol

Rendang Jengkol

Kemaren pas temen sekantor balik ke Indonesia untuk nikahan, nitip beliin jengkol pas dia akan balik lagi ke Tokyo. Trus di bawain lah 1.5 kilo. Pas lagi murah pula sekilo nya cuma Rp. 30.000. Trus setelah mateng di jualin ke pekerja Indonesia yg lagi ada disini 500 gr 1500円 atau sekitar Rp 180.000 an, hehe lumayan yah... Tips agar jengkol berkurang bau nya bisa di rendam dengan air sisa cucian beras selama 2 malam, dan di ganti setiap hari airnya. Setelah itu rebus Jengkol bersama daun salam, serai dan daun jeruk selama 1 jam dengan di ganti2 airnya per 3o menit.

Rendang Ayam

Rendang Ayam

Rendang adalah masakan khas Indonesia ( Padang) yg terkenal di International. Kali ini Saya memasak nya sesuai bumbu yang Ada. Rasanya ga Kalah enaknya Sama yg di Resto Padang.. Yuummmmy... Selamat mencoba... .

Rendang daging simple

Rendang daging simple

Pengen masakan padang, daripada beli kemahalan mending buat sendiri puas makannya

Rendang Padang #BikinRamadanBerkesan

Rendang Padang #BikinRamadanBerkesan

Ada tips cara memasak didalamnya, cekidot yuk. #BikinRamadanBerkesan #Day16

4,5 jam
Rendang ayam pedas

Rendang ayam pedas

Karena dimasak lama ayamnya jadi sangat empuk..

Rendang Basah (bumbu sederhana dg santan sedang)

Rendang Basah (bumbu sederhana dg santan sedang)

Lagi pengen banget makan rendang tapi yang basah, jadi masih ada bumbu-bumbu basahnya bukan rendang kering. Tadinya bingung mau buat rendang basah atau kalio daging sapi ya. Akhirnya diputuskan sekalian aja bikin rendang basah tapi dagingnya dipotong kecil-kecil biar bisa sekali lahap. Hehehe. Bumbu-bumbu yg saya pakai jg sederhana dan santannya santan cair/sedang. Soal rasa jangan ditanya tetap enak dan gak kalah sama rendang pd umumnya. Alasan saya pakai santan sedang cenderung cair karena lagi gak punya santan kental dan biasanya kami di sini suka mules kalau makan makanan dg santan kental. Produk santan di sini santan kalengan atau bubuk jadi sepertinya perut menolak kalau makanannya terlalu banyak pakai santan kental. Tapi ini selera ya buibu, umumnya rendang paling enak dibuat dg santan kental. Saya PD untuk share resepnya karena kata suami yg orang Minang rasanya approved. Enak gak kalah dg rendang mertua yg biasa buat rendang kering ala Minang. Hehehe. Alhamdulillah. Yuk diintip resepnya! :)

Rendang jengkol

Rendang jengkol

Acara kumpul2 bareng temen2 kerja & ada reques disuruh bikin rendang jengkol..........karena keasyikan jd lupa foto hasil akhirnya..........jadi cuma ada foto yg masih byk kuahnya gini deh😊#5resepterbaruku