Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Menyiapkan Tahu Kupat Solo yang Bisa Manjain Lidah

Dipos pada March 24, 2022

Tahu Kupat Solo

Hi Mommy, yuk praktek untuk buat Tahu Kupat Solo yang mudah Proses dan cara membuatnya pasti simple dan menyenangkan. Usahakan relax dan santai membuatnya ya, agar rasa yang dihasilkan menjadi nikmat dan sempurna. Pada umumnya Tahu Kupat Solo yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi kulitas dari Tahu Kupat Solo, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Lakukanlah hal gampang dalam penyajian Tahu Kupat Solo enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Bahan-bahan dibawah akan sangat pas untuk porsi penyajian Tahu Kupat Solo yaitu Prepare 3 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Tahu Kupat Solo sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Tahu Kupat Solo memakai 16 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Makan solo yang mudah dibuat dan nikmat disantap, siapa aja pasti sukaaaak πŸ€—

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Tahu Kupat Solo:

  1. Siapkan Lontong ukuran sedang kira2 cukup untuk 3 porsi
  2. 100 gr Tauge segar rebus hingga layu
  3. 6 buah Tahu goreng iris kotak
  4. 100 gr kol segar iris halus, rebus setengah matang (saya gunakan kol yg tidak direbus)
  5. 3 buah Timun segar
  6. 6 potong Bakwan sayur
  7. 3 sdm Bawang goreng
  8. Seledri untuk topping
  9. Irisan Cabe rawit (bila suka pedas)
  10. Bumbu Kuah :
  11. 2 gelas Air
  12. 150 gr Gula merah sisir halus, sisihkan
  13. 1/2 sdt Asam jawa
  14. 2 Siung Bawang Putih
  15. Sejumput Garam halus
  16. 1 sdm Kecap manis (atau sesuaikan dengan selera anda)

Langkah-langkah untuk membuat Tahu Kupat Solo

1
Siapkan Wadah dan rebus semua bumbu kuah hingga mendidih, tes rasa hingga sesuai selera anda. Sisihkan
2
Siapkan Lontong yang sudah tersedia, potong sesuai selera.
3
Beri toping Sayuran rebus; tauge, kol,dan timun segar
4
Beri potongan Tahu dan Bakwan sayur, lalu bubuhkan seledri dan Bawang goreng untuk menambah gurih sajian anda.
5
Tuangkan Bumbu Kuah yang sudah didinginkan, jangan lupa taburkan cabe rawit iris halus untuk menambah selera makan anda.
6
Selamat Mencoba jang lupa share hasil re-cook mu disiniπŸ’—πŸ€© πŸ’—πŸ’—

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Semur Telur Betawi

Semur Telur Betawi

Duet sama ketupat emang paling pas 😊 Source : Emak (Nenek) #BhirasKitchen #CookpadCommunity #CookpadCommunity_Depok #MasakItuSaya

Kupat Tahu Solo

Kupat Tahu Solo

Hampir setiap daerah punya kuliner kupat tahu ya. Nah, kali ini saya bikin Kupat Tahu Solo yang sedikit berbeda dari kupat tahu lain. Kalau kupat tahu biasanya menggunakan bumbu kacang, kupat tahu ini kuahnya terasa manis dan gurih dari gula jawa, kecap, dan ebi. Ditambah air perasan jeruk nipis jadi makin seger. Untuk isiannya pun lebih beragam, ada ketupat, tahu, taoge, kubis, mie kuning, dan bakwan sayur, lalu disiram dengan kuahnya yang haruuum, perpaduan dari aroma daun salam, laos, dan ebinya. Untuk rasa pedasnya bisa didapat dari cabe rawitnya yang dipenyet yaa πŸ˜‹. Source: @iwuLan_14044039 #ResepTahu #PekanCooksnap #KopiJos_TahuIstimewa #KopiJos #CookpadCommunity_Yogyakarta #SelaluIstimewa

2 porsi
Soto banjar

Soto banjar

Dikasih ketupat tapi ga ada temennya. Ya udah deh bikin soto banjar... biar abis ketupatnya

45 menit
Sate Padang

Sate Padang

Never been expected bisa masak ini karena kok beberapa hari ini ada postingan di IG tentang sate padang. Awalnya sih emang lagi pengen sate padang entah kenapa ga jadi beli malah mending bikin aja sekaligus uji nyali bisa atau gaπŸ˜„πŸ˜„πŸ˜„. Coba inget inget rasa sate padang yg biasa dijual lalu disempurnakan rasanya dan yang terpenting kualitas si daging karena buat sendiri harus lebih oke dong ya.

3porsi
180menit
Sate Padang Ala Venny

Sate Padang Ala Venny

Akhirnya bisa membuat sate padang ini di negeri orang yang bisa di rasakan keluarga di galway ini, Alhamdulillah. (Mohon maaf sebelumnya Gambar tampilannya saya ganti dengan hasil akhir karena kalau dalam banyak foto dalam 1 frame tidak dimasukkan ke dalam daftar cookpad, terimakasih atas perhatiannya).

Coto Makassar

Coto Makassar

Sebagai orang yg tumbuh besar di balikpapan, coto makassar adalah menu yg sering dijumpai. Tp sekarang agak sulit jika rindu ingin menyantap masakan ini. Jadilah kita masaak ajaah.. Puass deh..😍 Yukk cusss resepnya..

Cold Appetizer from Asinan Sayur

Cold Appetizer from Asinan Sayur

Menu ini, saya dapatkan dari kelas boga yang saya ikuti. Penyajian untuk Appetizer dingin sebesar 75 gr.. Happy cooking πŸ’žπŸ’•

Tahu guling ala mamagie

Tahu guling ala mamagie

Tahu guling ini menu sehat, cepat, enaaakkkkk. Saya katakan ala mamagie karna agak bingung berkiblat kemana. Bedanya Kl tahu blabakan magelang kuahnya lebih kental dan memggunakan taburan kacang tanah goreng dan tahunya digoreng dadakan setengah matang, kalau jogja tahu tempenya menggunakan bacem. Saya kurang suka manis jadi saya gunakan tahu gurih, berhubung saya pecinta tempe saya beri tempe juga. Tapi yang pasti kuahnya sama segernya. Kalau mau bikin banyak bumbunya bisa diblender dan gulanya dimasak jadi lebih cepat ya.

Tahu Kupat Mudah

Tahu Kupat Mudah

Dari pada beli, mending bikin sendiri. Yuk ah

Kupat tahu ndomplang mblabak (magelang)

Kupat tahu ndomplang mblabak (magelang)

Recook dari naaads kitchen, ak modif dikit 😬 anw, karna nggk suka sayuran, jadi no toge dan sgala macem nya yak

Untuk 2 porsi
Ketoprak Betawi

Ketoprak Betawi

2 porsi
Kupat Tahu Biasa Aja

Kupat Tahu Biasa Aja

Tak bisa mudik (Don't worry!!) Tak bisa pulang kampung (No problem), Ciptakan sesuatu yang berasa seperti di kampung halaman untuk makan sahur/buka puasa. #FestivalRamadhanCookpad #RamadhanPenuhIdeMasakan #stayathome #dirumahaja

2 Porsi
512. Lotek Jogja

512. Lotek Jogja

Namanya sama-sama lotek, tapi lotek Jogja ini berbeda dengan lotek yang saya kenal di daerah asal saya (sebuah kota kecil di pantura Jawa). Bumbu lotek Jogja pakai kacang tanah goreng juga. Sayuran yang biasa dipakai untuk lotek Jogja ini antara lain bayam, kacang panjang, tauge, kubis, timun, serta tomat. Lotek Jogja juga dicampur protein berupa tempe dan tahu goreng. Penjual lotek sering juga menambahkan lontong/ ketupat, potongan bakwan, dan tidak ketinggalan adalah kerupuk. Makan satu porsi lotek Jogja ini awet kenyangnya πŸ‘ŒπŸ˜ Punya stok bayam, tetiba ingat pernah cookmark resep lotek @DapurUmmaYusuf. Sayuran yang saya pakai ini ga se-komplit lotek yang dijual orang-orang karena pas ga punya stok kubis dan tauge. Tapi rasanya 11.12 lah dengan lotek yang dibeli di luar, yang pasti lebih hiegenis yah πŸ‘πŸ˜‹ Source: DapurUmmaYusuf #PejuangGoldenApron3 #Week39 #CookpadCommunity_Yogyakarta #SelaluIstimewa #LihaiRecook6_Yogyakarta #KulinerNusantaraKayana #AOPKayana

1 porsi
Tahu Kupat Solo

Tahu Kupat Solo

Salah satu makanan favorit suami. Ribet sih bikinnya, tapi seneng lihat suami bahagia.

Soto Banjar

Soto Banjar

Masih stok resep. Masaknya minggu lalu.. Tidak seperti kebanyakan soto di Jawa, Soto Banjar ini bumbunya menggunakan rempah2 seperti kapulaga, bunga lawang dan cengkeh. Sementara soto di Jawa kebanyakan memakai bumbu dapur seperti lengkuas, sereh, daun salam dan kunyit. Warna kekuningan dari Soto Banjar ini di dapat dari kentang dan kuning telur bebek yang sudah direbus kemudian di haluskan. Lalu dimasukan ke dalam kuah soto. Unik dan sangat enakkkπŸ‘πŸ‘Œ. Buat penggemar soto seperti saya wajib coba deh. Moal rugeul. Resep asli pakai 1 kg ayam. Saya hanya buat 1/2 resep saja, 250 gram fillet ayam dan 250 gram punggung ayam untuk kaldunya. Cukup untuk 5 porsi soto. Di bawah ini resep untuk 500 gram ayam (ayam dengan tulang). Bumbu sudah saya sesuaikan. Untuk ketupatnya bisa liat reseo saya Lontong Magic Com ya, buatnya mudah banhet dan cepet kokπŸ˜„ Source: Trixie Gayatri

5 porsi