Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Menyiapkan Opor ayam kuning yang Lezat

Dipos pada February 19, 2022

Opor ayam kuning

Penasaran dengan rasa yang diwarung tempo hari, yuk kita berkreasi membuat Opor ayam kuning yang praktis Proses dan cara membuatnya pasti simple dan menyenangkan. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Umumnya Opor ayam kuning yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Beberapa faktur yang bisa mempengaruhi rasa dari Opor ayam kuning, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Opor ayam kuning sebaiknya di rumah sendiri terlebih dahulu agar lebih percaya diri dan yakin.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Opor ayam kuning sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Opor ayam kuning memakai 21 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

#5resepterbaruku Ini pertama saya bagi resep disini... Dan yg pertama saya tulis resepnya adalah salah satu makanan favorit aku...hehe... Yux langsung aja bun simak bahan" nya..

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Opor ayam kuning:

  1. 1/2 ayam (me dada ayam)
  2. 1 btg sereh geprek
  3. 3 lembar daun salam
  4. 4 sdm minyak goreng
  5. 300 ml air
  6. 1 bks santan kara
  7. secukupnya Kaldu ayam
  8. secukupnya Garam
  9. secukupnya Sasa
  10. secukupnya Gula
  11. Bawang goreng secukupnya untuk taburan
  12. bumbu halus
  13. 5 siung bawang merah
  14. 3 siung bawang putih
  15. 1 bks bumbu opor
  16. 3 cm jahe
  17. 3 cm lengkuas
  18. 2 btr kemiri
  19. note
  20. 1 bks bumbu opor bisa di skip tinggal tambahkan saja
  21. Ketumbar dan merica

Langkah-langkah untuk membuat Opor ayam kuning

1
Haluskan semua bumbu halus
2
Panaskan minyak goreng lalu tumis bumbu halus, tambahkan air 100 ml, masukan sereh dan daun salam, diamkan sebentar sampai bumbu mendidih
3
Setelah bumbu mendidih masukan ayam kedalam bumbu, ungkep ayam sampai air menyusut
4
Setelah air menyusut tambahkan santan kara lalu tuangkan air 200 ml
5
Masak sampai air agak kental jangan terlalu kental (selera) mau banyakin airnya gpp
6
Lalu masukan garam, kaldu ayam, sasa, dan gula. Koreksi rasanya angkat sajikan.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Opor Ayam

Opor Ayam

8 porsi
Opor ayam mama ela

Opor ayam mama ela

#5resepterbaruku

Opor Ayam Simpel

Opor Ayam Simpel

Ngopor dulu... yang simpel aja pake kara... kalo bikin santen pasti bocil ikutan rujit serumah πŸ˜…

Opor Ayam Bumbu Kuning ala #dapurnyaumminyaaisyah

Opor Ayam Bumbu Kuning ala #dapurnyaumminyaaisyah

Request anak sulung pengen opor kaya kmrn beli. Harganya mayan jg dua potong hihi ya dah manfaatin stok ayam yg ada aja. Pulang uas langsung diicip. Diikuti ade2nya. Masya Allaah 😍😍😍

Opor Ayam

Opor Ayam

Opor ayam selalu mengingatkan lebaran di kampung halaman. Opor ayam, sambal goreng & ketupat/lontong udh menjadi menu wajib lebaran di kampung halaman sy, hampir setiap rmh pasti memasak menu ini. Ahh begitu rindu dgn suasana lebaran disana. Rindu kebersamaan saat masak bareng ibu, kebersamaan saat mkn bersama di hari lebaran bersama kel disana. Rindu krn lebaran thn ini blm bs plg kampung. Kangen ibu & kel tercinta.

Opor Ayam

Opor Ayam

Bismillahirrahmanirrahim Edisi kepengen lontong opor πŸ˜‚ Lontongnya beli, opornya bikin aja. Lebih banyak dapetnya lebih sedikit cost nya wkwk Yuk moms check it out

7 porsi
35 menit
Opor Ayam simpel

Opor Ayam simpel

#BikinRamadhanBerkesan

Opor Ayam tahu

Opor Ayam tahu

Ini resep opor ayam yang sering aku masak, terinspirasi dari resep dari buku Masakan Indonesia terbitan Yasa Boga tapi dengan modif sesuai seleraku... pokoke simpel gurih enak😍

Opor ayam

Opor ayam

2porsi
35.Ayam opor nenas

35.Ayam opor nenas

Gurih, manis opor dah biasa tapi kalau di kasih irisan nenas apa rasanya ya.. asam dari nenas melengkapi sensasi rasa tak tak biasa dari opor.

Terik Ayam

Terik Ayam

-9.maret.18- Bikin terik untuk sarapan pagi ini😊. Untuk teman campuran nya bebas aja.. Saya tambahin tahu kuning plus telur rebus πŸ˜‰. Lezattt,, karna saya suka bumbu yg "medhok", jadi bumbu terasa meresap sampe dalam daging & tahu nya.

Opor Ayam#Bikin Ramadhan Berkesan

Opor Ayam#Bikin Ramadhan Berkesan

Selama bulan puasa saat berbuka ataupun sahur keluarga saya lebih suka makanan yang berkuah dari pada tumis2an. Dan blm bosan dengan opor ayam maupun soto ayam. Lebih enak lagi jika opor ayam ini disajikan dengan lontong dan telor balado kentang. Opor ayam jg bisa ditambahkan dg kentang dan telor rebus.

10 porsi
Opor Ayam

Opor Ayam

Unutk pemula apalagi klo manten baru colek @deviretnosaridhevretzs πŸ€—πŸ€—. Bund say, ini opor ayam tpi orang bugis bilang ini nasu alikku (masak dg lengkuas/laos). Tpi, kebetulan resep ini saya g make laos sm daun salam. Kenapa??? Karena habis πŸ€£πŸ€£πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚, minta sama tetangga juga g ada (wong tetangganya masih bujang 😁😁. G apa2lh namanya usaha). Jadi, lebih mantep make daun salam sam lengkuas/laos yh bun say. Yuksss, intiip resepnya yh bund say. Hussss ini aku buat PERDANA 😁😁. SELAMAT MENCOBA. #GOODLUCKMOM'S πŸ€—πŸ€—