Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Membuat Opor Ayam yang Enak

Dipos pada February 21, 2022

Opor Ayam

Bagaimana membuat Opor Ayam yang unik? Cara membuatnya sedikit repot. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Umumnya Opor Ayam yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Beberapa faktur yang bisa mempengaruhi rasa dari Opor Ayam, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Opor Ayam sebaiknya di rumah sendiri terlebih dahulu agar lebih percaya diri dan yakin.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Opor Ayam sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Opor Ayam memakai 28 jenis bahan dan 8 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Opor ayam selalu mengingatkan lebaran di kampung halaman. Opor ayam, sambal goreng & ketupat/lontong udh menjadi menu wajib lebaran di kampung halaman sy, hampir setiap rmh pasti memasak menu ini. Ahh begitu rindu dgn suasana lebaran disana. Rindu kebersamaan saat masak bareng ibu, kebersamaan saat mkn bersama di hari lebaran bersama kel disana. Rindu krn lebaran thn ini blm bs plg kampung. Kangen ibu & kel tercinta.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Opor Ayam:

  1. 1 ekor ayam kampung (± 1,3 kg)
  2. 500 ml santan kental (dr 1 butir kelapa)
  3. 1,5 L santan encer (sisa perasan santan kental)
  4. 1 sdm air jeruk nipis
  5. 2 sdm air asam jawa (dr 3 mata asam)
  6. 2 sdt garam (sesuai selera)
  7. 1 sdt gula pasir (pengganti penyedap)
  8. secukupnya minyak goreng & air
  9. 25 gr gula merah (sesuai selera)
  10. bumbu halus:
  11. 8 siung bawang merah
  12. 4 siung bawang putih
  13. 1 sdm ketumbar giling/butiran
  14. 1/2 sdt merica giling/bubuk
  15. 1/4 sdm kunyit giling (1 ruas jari)
  16. 3 butir kemiri
  17. 1/4 sdt jintan
  18. 1 ruas jari jahe
  19. bumbu rempah/lainnya:
  20. 3 buah kapulaga
  21. 3 buah cengkeh
  22. 1 bunga lawang/pekak/pk
  23. 2 ruas jari kayu manis
  24. 3 lembar daun jeruk, sobek2
  25. 2 batang serai, memarkan
  26. 1 jempol lengkuas, memarkan
  27. 2 lembar daun salam
  28. secukupnya bawang goreng (2-3 sdm)

Langkah-langkah untuk membuat Opor Ayam

1
Potong2 ayam, kmdn cuci bersih & tiriskan. Beri garam + air jeruk nipis + air asam jawa, aduk rata dan diamkan beberapa saat. Tujuannya agar ayam lebih berasa & mengurangi amis. Selanjutnya siapkan bumbu2 yg diperlukan. Note: sy pake ayam yg setelah dibersihkan bulunya, dibakar sebentar utk menghilangkan bulu halusnya, baru dipotong2. Dgn dibakar sebentar, aroma masakannya lebih enak.
Opor Ayam - Step 1
2
Panaskan minyak goreng, tumis bumbu halus + serai, lengkuas, daun salam, daun jeruk, kapulaga, bunga lawang/pekak, cengkeh & kayu manis sampai harum.
Opor Ayam - Step 2
3
Setelah bumbu harum, mskkan ayam, aduk rata & tmbhkan sdkt air (± 100 ml). Biarkan mendidih & bumbu meresap ke dlm ayam.
Opor Ayam - Step 3
4
Selanjutnya mskkan santan encer (bs 1,5-2 L santan tergantung keempukan daging), tmbhkan gula pasir & gula merah. Masak sampai kuah menyusut dan ayam empuk. Jgn lupa sesekali diaduk & gunakan api sedang.
Opor Ayam - Step 4
5
Kalo ayam sdh empuk, masukkan santan kental. Masak sambil diaduk2 spy santan tdk pecah. Cek rasa & keempukan ayam, klo sdh pas, matikan api dan taburi dgn bawang goreng.
Opor Ayam - Step 5
6
Siap disajikan utk menu lebaran.
Opor Ayam - Step 6
7
Ini opor ayam yg sy masak utk Lebaran 1438 H,, opor + rendang daging + kering tempe, dimkn dgn lontong. Lebaran kali ini sy ga masak sambel goreng. Resep kering tempenya sy share nanti ya. Note: ayam kampung diopor sy lebih suka pake ayam yg betina.
Opor Ayam - Step 7
8
Enak,, harum rempah.
Opor Ayam - Step 8

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Ayam opor

Ayam opor

Pas hari raya kurban suami dines😂tiba tiba bbm dan bilang pengen makan opor ayam katanya biada pas lebaran makan opor ayam😝berhubung di kampung saya gak ada tradisi masak opor ayam adanya (Lodoh) masakan tradisional kampung saya jadi berbekal aplikasi cookpad langsung eksekusi😁pas suami datang pas selesai masak😍

3 porsi
Opor Ayam

Opor Ayam

opor ayam kuah kuning

Koya lontong opor

Koya lontong opor

Coba buat bumbu tabur lontong cap gomeh ,minta resep sm tante Christin di bandung . Iseng dan penasaran ...ini belum jadi krn harus ditumbuk dulu ...jadi nya seperti srundeng tapi rasa ...sudah mantab .yuk coba buat..

Opor ayam putih minimalis

Opor ayam putih minimalis

Cara masak opor ayam dengan bumbu yg simpel.cocok untuk yang baru belajar masak.happy cooking

Opor Telur

Opor Telur

Opor telur ini enak banget loh rasa bumbunya seger.. bikin nagih ampe lupa dah brp kali nambah

Opor telur

Opor telur

Lagi pengen masak yang santan santan.. Yaaa bikin opor lagi deh tapi kali ini pake telur.. Tentunya resep dari ibu saya.. Suami kalo dimasakin ini super lahap 😀 #BikinRamadanBerkesan

Opor ayam

Opor ayam

Buat mkan saat buka puasa pun enak😋😘

1porsi
Opor Ayam#Bikin Ramadhan Berkesan

Opor Ayam#Bikin Ramadhan Berkesan

Selama bulan puasa saat berbuka ataupun sahur keluarga saya lebih suka makanan yang berkuah dari pada tumis2an. Dan blm bosan dengan opor ayam maupun soto ayam. Lebih enak lagi jika opor ayam ini disajikan dengan lontong dan telor balado kentang. Opor ayam jg bisa ditambahkan dg kentang dan telor rebus.

10 porsi
Opor Telor Kentang #bikinramadhanberkesan

Opor Telor Kentang #bikinramadhanberkesan

#bikinramadhanberkesan, hari ini mau masak opor, berhubung ayamnya lagi kosong dikulkas, akhirnya diolah pake telor Dan Kentang 😘😘

Opor ayam putih

Opor ayam putih

Hasil recook xander’skitchen nih~ dan (seperti biasa) hasilnya nggak pernah mengecewakan. Bumbunya medhok, sedap. Dimakan sama lontong enak banget hahaha oh ya, cara masaknya seperti masak rendang ya. Jadi bumbunya nggak usah ditumis, tapi langsung dicampur santan. Nanti minyaknya akan keluar sendiri dari santannya. Lebih sehat juga karena nggak banyak minyak

Opor ayam🐓

Opor ayam🐓

10 porsi
50 menit
Opor ayam bumbu instan

Opor ayam bumbu instan

Lebaran pertama tinggal cuma berdua sama suami. Mau ga mau mesti masak buat lebaran. Karna gamau ribet dan lebih tepatnya ga tau bumbu2 masak akhirnya melabuhkan pilihan ke bumbu instan. Tapi rasanya sama kaya buatan mamah kalo pake pake bumbu biasa..

Opor Ayam #BikinRamadanBerkesan

Opor Ayam #BikinRamadanBerkesan

#MenuBukaPuasa #BikinRamadanBerkesan

Opor bligo+tahu

Opor bligo+tahu

baru pertama kali tau sayur yang namanya bligo, bingung mau di masak apa, di opor aja, soalnya anak suka sayur opor biarpun tanpa ayam 😂

Opor tahu tempe kacang

Opor tahu tempe kacang

Ada sisa bumbu opor dari mbuat isi lemper...di kulkas ada tahu tempe dan kacang...ya nyobak itu aja..selama ini belum pernah buat opor..ternyataa..nikmat bingit..serasa ada ayamnya..mungkin aroma bumbu nya...pokoknya siipp dah..kpn kpn nyobak telur pa daging ...hemh...

1panci
20 menit
Opor Kuning Tahu dan Telur

Opor Kuning Tahu dan Telur

[07-06-2018] Source: Diah Didi

Opor ayam resep versi ibuku 😄

Opor ayam resep versi ibuku 😄

Kemarin siang ada tukang sayur lwt rmh masih bawa 2 ekor ayam pejantan, kubeli aja daripada kasihan kalau gak laku. Nyoba bikin opor ayam pakai resep yg biasa ibuku bikin. Tapi masaknya tetep pakai rice cooker mito r5, lebih praktis 😄