Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Menyiapkan Soto Sapi Kuah Kuning Khas Wonosobo yang Bisa Manjain Lidah

Dipos pada March 26, 2022

Soto Sapi Kuah Kuning Khas Wonosobo

Hari ini saya akan berbagi resep Soto Sapi Kuah Kuning Khas Wonosobo yang unik? Dijamin tidak bakalan repot membuatnya. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Pada umumnya Soto Sapi Kuah Kuning Khas Wonosobo yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Biasanya setiap masakan akan ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi cita rasa dari Soto Sapi Kuah Kuning Khas Wonosobo, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Lakukanlah hal gampang dalam penyajian Soto Sapi Kuah Kuning Khas Wonosobo sebaiknya di rumah sendiri terlebih dahulu agar lebih percaya diri dan yakin.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Soto Sapi Kuah Kuning Khas Wonosobo sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Soto Sapi Kuah Kuning Khas Wonosobo memakai 27 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Recommended buat yang kurang suka dengan soto kuah bening,akhirnya buat soto daging & tetelan sapi bumbu kuning kuah kental dan gurih,silahkan mencoba.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Soto Sapi Kuah Kuning Khas Wonosobo:

  1. 1 kg daging sapi campuran (daging dan tetelan)
  2. 3 batang daun bawang
  3. 2 liter air
  4. 2 batang sereh
  5. ukuran ibu jari Lengkuas
  6. 2 buah Kapulaga
  7. 2 cm kayu manis
  8. 2 buah bunga lawang/pekak
  9. 1 sdt jinten
  10. 1 sdt teh merica hitam (bisa diskip)
  11. Minyak
  12. Gula Pasir
  13. Garam
  14. Penyedap Rasa
  15. Bumbu Halus
  16. 10 buah bawang putih
  17. 6 buah bawang merah
  18. Jahe ukuran jempol bakar biar wangi
  19. Kunyit (lebih enak jika dibakar dulu)
  20. 5 buah kemiri
  21. 1 sdt Ketumbar
  22. 1 sdt Mrica
  23. Bahan Tambahan
  24. Bawang Goreng
  25. Taoge Rebus
  26. Seledri
  27. Ketupat atau Nasi Hangat

Langkah-langkah untuk membuat Soto Sapi Kuah Kuning Khas Wonosobo

1
Rebus Daging sapi dan tetelan yang belum dipotong hingga setengah matang,kaldu sapi jangan dibuang
2
Jika sudah setengah matang potong daging sapi menjadi kecil-kecil.
3
Haluskan bumbu lalu tumis hingga harum tambahkan sereh,bunga pekak,jinten,kapulaga,merica hitam.
4
Goreng daun bawang agak layu.
5
Setelah semua siap masukan bumbu yang ditumis,daun bawang goreng,dan daging yang sudah dipotong dalam kuah kaldu. Tambahkan sisa bumbu.
6
Masakan Hingga Matang lalu sajikan dengan ketupat atau Nasi,Daun Seledri,Bawang Goreng.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Soto Banyumas

Soto Banyumas

Pertama kali makan soto ini waktu jamannya kuliah. Ceritanya liburan dengan teman-teman kuliah jalan-jalan ke Purwokerto. Langsung jatuh hati begitu mencicipi ini soto. yang bikin unik di sambal kacangnya. Baru pertama kali juga buat ini soto. Bumbunya sama seperti soto biasa cuma ditambahkan sambal kacang. #PekanPosbarSoto #CookpadCommunity_Jakarta

207. Soto Banjar Non MSG

207. Soto Banjar Non MSG

Sebenarnya mo di share minggu depan buat setoran PGA, tp berhubung Minggu ini tema nya tentang #PekanRayaSoto dan #PekanPosbarSoto akhirnya "dikeluarin" lah Minggu ini🀭. Bikinnya sdh 2 Minggu lalu, tp belum sempet nulisnya. Resep ini dapat dr live tiktok akun mbak Angella Dumais. Saya bikinnya cuma separuh resep, tp yg saya tulis dibawah sesuai resep asli ya.

Soto Banjar

Soto Banjar

Source : ceu Opi_bun Menu paporite pae ma anak2, terutama anak tengah yg doyan bgt masakan berkuah... Kukmak dr lama.. Kepo2 dr lama.. Tp malah ga masak2.. Pas kebetulan py telor bebek direbus pd ga suka kuning nya kepikiran dibikin soto Banjar ajah... Jadinya dikumpulin jadi deh buat kuah soto banjar yg sedap mantap... Cuss resepnya....

Kupat Tahu Jogja / Tahu Guling Jogja

Kupat Tahu Jogja / Tahu Guling Jogja

Yang asli jogja atau yang pernah merantau di Jogja mungkin ada yang sudah pernah merasakan segar & pedasnya kupat tahu ini ya. Membuatnya sendiri dirumah ternyta cukup mudah lho. Apabila anda punya stock baceman, cobalah sekali2 diolah menjadi kupat tahu ini. Bahan & proses membutanya sangadh simpel, in syaa Allaah.

4 porsi
Lontong mie surabaya

Lontong mie surabaya

Ini menu wajib yang selalu diulang untuk dimasak oleh umiku, jadi ini bisa dibilang resep turunan dari mamak😁😁

2-4porsi
Kupat Tahu solo

Kupat Tahu solo

Sumber resep http://amalkitchen.blogspot.jp/…/ketupat-kilat-kupat-tahu-s… Sebenarnya saya pakai lontong untuk pelengkapnya, karena di Jepang mustahil membuat atau membuat ketupat dengan bahan daun kelapa seperti di Indonesia, h3.

2 porsi
30 menit
Gudeg Komplit dan Simple (Menu Lebaran 1442H) khas jogja

Gudeg Komplit dan Simple (Menu Lebaran 1442H) khas jogja

Assalamu'alaikum @cookpad @clover Selamat hari Raya Idul Fitri , Mohon Maaf Lahir dan Batin...πŸ™πŸ™ Dalam rangka menyambut datangnya hari kemenangan *Idul Fitri 1442 H*, kali ini Bu @⁨Yeni Mulyani Clover⁩ ingin memeriahkan momen spesial Lebaran dengan Clovers semua 😍😍 Untuk tema Semarak minggu ini beliau menantang kita untuk membuat aneka kreasi makanan spesial *Menu Lebaran* 🍽🍽 Untuk keluarga ibu @Yeni Mulyani Kami sekeluarga mengucapkan : *Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 H* *Mohon maaf lahir dan batin* Semoga keluarga ini @Yeni Mulyani,tetap diberi kesehatan dan keselatan. Untuk lebaran hari 1 , keluarga kami biasanya menunya Gudeg. Ini sebenernya tradisi dari keluarga suami, dan skrg saya jadi ikut - ikutan juga. πŸ₯°πŸ₯° Semoga berkenan dengan Hidangan Lebaran Kami ...πŸ™πŸ™ Source gudeg : stefani dorotea #GADimulaiDariNol #Semarak_GADimulaiDariNol #CloverCookingLovers #TidakSekedarMemasak #CookingWithHeartEatingWithLove #CookpadCommunity_Yogyakarta #PejuangGoldenApron3 #KopiJos #SelaluIstimewa #LihaiRecook12_Yogyakarta

6 orang
3-4 jam
Soto Ayam Sokaraja

Soto Ayam Sokaraja

Masih punya ayam kampung. Bikin soto kayanya segeeerrrr. Tadinya mau bikin soto ayam biasa.. tapiiii, suami mintanya soto yang seperti sering dia makan jaman kuliah dulu di Purwokerto. Apa lagi kalau bukan Soto/Sroto Sokaraja. Menurutku yang awam ini sih,, perbedaan utamanya di sambal kacang. hhe CMIIW Yuk ah mengobati kangen dan #BikinRamadhanBerkesan dengan kuliner yummy ini.

Tahu Kupat Solo

Tahu Kupat Solo

Makan solo yang mudah dibuat dan nikmat disantap, siapa aja pasti sukaaaak πŸ€—

Prepare 3 porsi
Sate Padang

Sate Padang

Nyobain resepnya mbak icha irawan yang hits banget di ig, ini versi kuah yang nggak pedas, jadi cocok buat yang punya anak kecil.

Kupat tahu Magelang

Kupat tahu Magelang

Bismillah,..Bismillah,.. Senin 22 Februari 2021 Pekan ke 39 Selamat sore... Makan sore kita,.. biasa beli klo pengen makan kupat tahu, kebetulan beberapa hari yang lalu liar bunda Diah Didi share resep kupat tahu Magelang, resep yang saya tulis ini versi 1/2 resep aja ya... Alhamdulillah ga perlu lagi jajan di luar . #CookpadCommunity_Palangkaraya #CookpadCommunity_Borneo #CookpadCommunity_Kalteng #PejuangGoldenApron3 #TimGulaJawa

Soto Ayam Jawa

Soto Ayam Jawa

Menu Idul Fitri kali ini adlh Soto Ayam ... Karena memang gk begitu suka makan opor hehe 😬😬😬 Selamat hari Raya Idul Fitri 1439 H. Mohon maaf lahir & batin πŸ™πŸ» #BikinRamadhanBerkesan

Sate 🍒🍒 padang bekal untuk maksi

Sate 🍒🍒 padang bekal untuk maksi

Di kulkas msh ada lidah sapi dan kikil sapi yg sdh direbus sebelumnya. Sayang kalau tdk dimasak. Akhirnya saya masak sate padang untuk bekal makan di kantor. Sayangnya saya blm sempat masak lontong nasinya. Alhamdulillah dpt testimoni dr teman2 kantor. Enak kata teman saya. Sumber: ibu Malka.terima kasih ibu.

4 porsi
95 menit
Ketoprak Jakarta (Asli)

Ketoprak Jakarta (Asli)

Anakku yg mbarep doyan banget makan nih ketoprak. Dari pd beli bikin sendiri bunsay. Berhubung hbs sakit si abang mamanya mau kasih naik selera makannya kembali. Suami dan anak ku bilang enak pake banget πŸ˜‚πŸ˜‚..jd pede emaknya tuk upload di Cookpad. Yuk...mariiii Recook πŸ™

Kupat tahu / tahu magelang

Kupat tahu / tahu magelang

Anak mess ada yg mau ke ujung indonesia tugas buat 3 minggu. Sebelum pergi, si vegetarian ku masakin ini dulu deh #resepnusantara jangan lupa bawang goreng dan seledrinya. Improve resep dari bunda @aniraharjo pengguna cookpad juga

5 porsi
1 jam
Tahu Kupat Solo

Tahu Kupat Solo

Kalo di Solo tinggal beli tapi kalo di Jakarta belum tahu yg jualan tahu kupat dimana. Makanya masak sendiri aja dan alhamdulillah rasanya lumayan 😁

Ketoprak

Ketoprak

#BikinRamadanBerkesan

1 porsi
Kupat Tahu Bandung

Kupat Tahu Bandung

#Berburucelemekemas #Resolusi2019 Ketupat lebaran masih bersisa, tapi sudah eneg makan pakai lauk yang ada, serba daging dan ayam. Bikin kupat tahu bandung saja untuk sarapan.