Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Membuat Soto Banjar yang Enak

Dipos pada March 24, 2022

Soto Banjar

Sore-sore begini enaknya membuat Soto Banjar yang gampang Dijamin tidak bakalan repot membuatnya. jangan terburu-buru ya, kalau salah proses dan bahan rasanya nanti tidak enak. Biasanya Soto Banjar yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi kulitas dari Soto Banjar, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Soto Banjar sebaiknya di rumah sendiri terlebih dahulu agar lebih percaya diri dan yakin.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Soto Banjar sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Soto Banjar memakai 24 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Source : ceu Opi_bun Menu paporite pae ma anak2, terutama anak tengah yg doyan bgt masakan berkuah... Kukmak dr lama.. Kepo2 dr lama.. Tp malah ga masak2.. Pas kebetulan py telor bebek direbus pd ga suka kuning nya kepikiran dibikin soto Banjar ajah... Jadinya dikumpulin jadi deh buat kuah soto banjar yg sedap mantap... Cuss resepnya....

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Soto Banjar:

  1. 1 kg ayam (mimi: dada ayam ples tulangnya)
  2. jeruk nipis dan garam
  3. 2 liter air
  4. 2 bh kentang (300gr) kupas, rebus, haluskan
  5. 4 butir kuning telur bebek rebus, haluskan
  6. 2 bh kapulaga, tekan jari smp pecah
  7. 10 cm kayu manis batang
  8. 1 bh pekak/bunga lawang
  9. 5 bh cengkeh
  10. secukupnya garam, gula dan kaldu bubuk
  11. >> bumbu halus :
  12. 8 bh bawang merah
  13. 5 siung bawang putih
  14. 1 cm jahe
  15. 1/2 sdt lada bubuk
  16. 1/4 sdt pala bubuk
  17. >> pelengkap :
  18. ketupat/lontong
  19. bihun diseduh air panas smp empuk
  20. irisan daun bawang dan seledri
  21. bawang merah goreng
  22. sambel cabe rawit
  23. kecap manis
  24. jeruk nipis

Langkah-langkah untuk membuat Soto Banjar

1
Bersihkan ayam dgn jeruk nipis dan gosok dgn garam. Bilas bersih dan sisihkan. Bisa dipotong2 atau utuh.
2
Panaskan minyak, tumis bumbu halus smp harum dan matang. Masuk ayam dan masak smp ayam berubah warna.
3
Masukkan tumisan ayam ke air yg uda dididihkan. Tambahkan rempah2 (pekak, ky manis, kapulaga dan cengkeh). Beri sedikit garam, gula dan kaldu bubuk. Masak smp ayam empuk. Tiriskan ayam, dinginkan dan suwir2.
4
Tambahkan kentang dan kuning telur halus ke kuah. Koreksi rasa. Masak smp mendidih.
5
Penyajian : tata ketupat/lontong di mangkuk. Beri bihun dan pelengkap lain nya. Guyur kuah panas. Sajikan.
Soto Banjar - Step 5

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

512. Lotek Jogja

512. Lotek Jogja

Namanya sama-sama lotek, tapi lotek Jogja ini berbeda dengan lotek yang saya kenal di daerah asal saya (sebuah kota kecil di pantura Jawa). Bumbu lotek Jogja pakai kacang tanah goreng juga. Sayuran yang biasa dipakai untuk lotek Jogja ini antara lain bayam, kacang panjang, tauge, kubis, timun, serta tomat. Lotek Jogja juga dicampur protein berupa tempe dan tahu goreng. Penjual lotek sering juga menambahkan lontong/ ketupat, potongan bakwan, dan tidak ketinggalan adalah kerupuk. Makan satu porsi lotek Jogja ini awet kenyangnya ๐Ÿ‘Œ๐Ÿ˜ Punya stok bayam, tetiba ingat pernah cookmark resep lotek @DapurUmmaYusuf. Sayuran yang saya pakai ini ga se-komplit lotek yang dijual orang-orang karena pas ga punya stok kubis dan tauge. Tapi rasanya 11.12 lah dengan lotek yang dibeli di luar, yang pasti lebih hiegenis yah ๐Ÿ‘๐Ÿ˜‹ Source: DapurUmmaYusuf #PejuangGoldenApron3 #Week39 #CookpadCommunity_Yogyakarta #SelaluIstimewa #LihaiRecook6_Yogyakarta #KulinerNusantaraKayana #AOPKayana

1 porsi
Nasi dadar

Nasi dadar

Krn bgg cuma ada kupat 1 n telur ,jd dicampurin aja ,,alhmdulillah anak" suka๐Ÿ˜Š

1 orang
5 menit
Lontong Goreng.

Lontong Goreng.

Pernah makan lontong sayur? Pasti pernah kan. Klo lontong goreng pernah tak? Pasti ada yg pernah dong. Kali ini sy mau share resep lontong gorengnya.๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š

Sayur godog labu siam

Sayur godog labu siam

Setiap hari sabtu dan minggu pasti berusaha masak sarapan yg agak berbeda di hari kerja. Krn klo weekend pasti pak suami punya waktu bnyk di rumah dan bisa sarapan dgn waktu yg lama. Ini salah satu makanan favorit pak suami. Tp utk ketupat saya selalu beli.

Ketupat Sayur Betawi

Ketupat Sayur Betawi

Menu sarapan asal Jakarta ini banyak digemari oleh banyak orang karena rasanya yang gurih dan kuah sayur bersantan berisi labu siam dan pilihan lauk pauk yang cukup beragam.

4 porsi
1 jam
Soto sokaraja

Soto sokaraja

Merindukan soto atau sroto sokaraja.. Kemarin pas mudik ga sempet makan soto sokaraja.. Jd nya buat sendiri ala ala mbak amy. Ternyata lumayan juga.. Yang penting si suami suka.

4-5 porsi
30-45 menit
Tahu guling khas jogya

Tahu guling khas jogya

Pas jalan liat ada kaki lima tulisannya jual tahu guling khas Jogya.Langsung aja terpikir pengen bikin.

4 porsi
60 menit
Sate Padang

Sate Padang

Bikin beberapa waktu yg lalu. Bumbu dan cara masaknya simple. Rasanya lumayan mirip dg yg dijual ๐Ÿ˜ Layak dicoba

Soto Banjar๐Ÿ‘ฉโ€๐Ÿณ

Soto Banjar๐Ÿ‘ฉโ€๐Ÿณ

09.09.21...Weekend kali ini kita plesiraan lagi yuuk, tujuan kotanya Banjarmasin,Kalimantan Selatan. Waaah di kota ini banyak sekali kuliner yang siaap menggoyang lidah wisatawannya loh, nih salah satunya Soto Banjar yang menawarkan sejuta rasa, gurih kaldu dari ayam kampung, dipadukan dengan kesegaran perasan jeruk cui dan manis pedas yang sulit untuk dilupakan๐Ÿ˜‹pas sekali di santap bersama pergedel dan telur.Soto ga harus pake santan yaa moms, #KuahBening dari kaldu ayam kampung ini jauh lebih nikmat, kayak nutrisi lagi๐Ÿ˜๐Ÿ‘Cocok buat hidangan keluarga tercinta di saat pandemi gini, dan cuaca yang sedang mendung2nya. yuuk moms cobain buat๐Ÿ‘ฉโ€๐Ÿณ๐Ÿ’– Sumber resep: @meldayanti https://cookpad.com/id/resep/13922964-soto-banjar?invite_token=316nuXB9Zr4p5DfTLRX7KaV5&shared_at=1631168331 #CookpadIndonesia #CookpadCommunity_Tangerang #CookiesPlesiran_Kalsel #PekanPosbar #KuahBening #MasakItuSaya

6 porsi
60 menit
Kupat Tahu/Tahu Guling

Kupat Tahu/Tahu Guling

Di rumah gak suka sama sekali makan kupat tahu. Tapi waktu tinggal di pedalaman tiba2 pengen makan. Alhasil bikin dengan bahan seadanya aja berhubung sayur dan bumbu2 lain gak semuanya ada. Karena gak ada kecambah jadi diganti kol aja yang ada

8 porsi
60 menit
Toge Goreng

Toge Goreng

Pernah delapan tahun tinggal di Bogor, bikin lidah terbiasa dengan masakan Sunda. Pas kangen dengan makanan satu ini. Keliling Pekanbaru tidak ada oncom, jadi saya ganti dengan tahu gembos. Ternyata tidak kalah enak dari Toge Goreng di Gang Aut, Surya Kencana.. :)) Sumber resep: internet nyampur2, setelah 2 kali masak baru dapat yg pas di lidah :))

4 porsi
30 menit
Tahu Kupat Mudah

Tahu Kupat Mudah

Dari pada beli, mending bikin sendiri. Yuk ah

Coto Makassar "Praktis"

Coto Makassar "Praktis"

Semalam dianter daging qurban ama komandan Pomal ternyata bukan daging aja tapi ada otak,hati,tulang..hari ini anak2 juga mommynya pd gk enak body semua..pengen nya makan yg panas2..kmrn kan udah soup ayam..jadi hari ini mommy bikin Coto Makassar berhubung anak2 doyan ama Coto Makassar kalo makan pesan Otak ama dagingnya...Coto ini bikinnya simpel dan gk ribet ya...

10 porsi
30 menit
Ketoprak Ala Rumahan #bikinramadhanberkesan

Ketoprak Ala Rumahan #bikinramadhanberkesan

Ceritanya punya ketupat yang dibeli mama di pasar, tetiba terlintas pengen bikin ini. Sebenarnya ada beberapa orang yang lebih suka bawang putihnya mentah, tapi saya lebih suka digoreng.

2 porsi
Lontong Balap Surabaya

Lontong Balap Surabaya

Sebenarnya lg rindu sm kuliner suroboyo...kali ini eksekusi Lontong balap...hanya sj ini gak pake "lento" yg jd ciri khas toppingnya lontong balap suroboyo...barangkali ini bisa menginspirasi bunda2 dimusim hujan ini..yuk masak!!

4orang
1 jam
Tahu kupat magelang

Tahu kupat magelang

Untuk 2 porsi