Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Menyiapkan Lontong mie surabaya yang Sempurna

Dipos pada March 25, 2022

Lontong mie surabaya

Bagaimana membuat Lontong mie surabaya yang simple Cara membuatnya tidak terlalu susah. jangan terburu-buru ya, kalau salah proses dan bahan rasanya nanti tidak enak. Umumnya Lontong mie surabaya yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Beberapa faktur yang bisa mempengaruhi rasa dari Lontong mie surabaya, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Lakukanlah hal gampang dalam penyajian Lontong mie surabaya sebaiknya di rumah sendiri terlebih dahulu agar lebih percaya diri dan yakin.

Kira-kira porsi penyajian Lontong mie surabaya biasanya untuk 2-4porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Lontong mie surabaya sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Lontong mie surabaya memakai 23 jenis bahan dan 8 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Ini menu wajib yang selalu diulang untuk dimasak oleh umiku, jadi ini bisa dibilang resep turunan dari mamak😁😁

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Lontong mie surabaya:

  1. 5 buah ketupat/lontong. Aku pakai lontong instan beli di allfresh
  2. 500 gram tauge, bersihkan, cuci sisihkan
  3. 200 gram mie kuning yg berminyak biasa di tkg sayur/pasar
  4. 100 gram udang ukuran kecil goreng kering, sebagai topping (sisihkan kepala udang)
  5. 10 buah Tahu putih goreng kering
  6. Bahan kuah
  7. 8 siung bawang merah (haluskan)
  8. 4 siung bawang putih (haluskan)
  9. 1/2 ruas jari jahe (haluskan)
  10. Sejumput merica butiran (haluskan)
  11. Garam
  12. 1 sdt kaldu jamur totole
  13. secukupnya Minyak untuk menumis
  14. 3 sdm kecap manis
  15. 1300 ml air
  16. Daun bawang rajang kasar
  17. Daun seledri rajang kasar
  18. Pelengkap
  19. Kerupuk puli/putih
  20. Petis udang
  21. sesuai selera Cabe rawit
  22. Bawang putih goreng
  23. Bawang merah goreng

Langkah-langkah untuk membuat Lontong mie surabaya

1
Masak ketupat/lontong, sisihkan.
Lontong mie surabaya - Step 1
2
Bersihkan udang, pisah kepalanya dan sisihkan. Cuci bersih semua kasih jeruk nipis & garam.
Lontong mie surabaya - Step 2
3
Goreng tahu hingga kecokelatan, sisihkan. Kemudian goreng udang hingga kering, sisihkan.
Lontong mie surabaya - Step 3
4
Goreng sebentar mie kuning, kasih kecap kurleb 1 sdm kecap manis. Sisihkan.
5
Siapkan panci untuk kuah. Masukkan kepala udang, tunggu hingga mendidih dan berubah warna kepala udang. Kemudian saring.
Lontong mie surabaya - Step 5
6
Haluskan bumbu, tumis bumbu dan masukkan ke dlm kuah, diamkan hingga mendidih lagi. Beri kecap manis,lalu tambahkan garam/penyedap rasa ayam bila suka, gula pasir, cicipi rasa. Kemudian masukan toge, terakhir masukan irisan daun bawang & seledri, setelah semua masuk langsung matikan api kompor.
7
Cara penyajian•
Lontong mie surabaya - Step 7
Lontong mie surabaya - Step 7
8
Siapkan piring, beri cabe rawit potong2, bawang putih goreng, petis udang 1/2 sdm. Aduk merata sampe cabe agak sedikit hancur, beri potongan lontong, sirami kuah, lalu beri mie kuning, udang, potongan tahu & bawang goreng. Siap disantap😋
Lontong mie surabaya - Step 8
Lontong mie surabaya - Step 8
Lontong mie surabaya - Step 8

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Lontong sayur

Lontong sayur

Lontong ini resep mama ku, klo lebaran pasti langsung abs cpt smpe di bukus plng sma kakaknya mamah ku, katanya si lebaran makan yg di tunggu lontong mama ku, akhir na coba minta resep. Meskipun ku bikin blm mirip bgt rasanya tp ttp enak

Gado gado simple

Gado gado simple

Awal saya buat gado2 saya susah mendptkan rasa bumbu yang enak di luar negeri di setiap resto, bumbu yang pas di lidah saya dan saya penyuka pedas Jadi saya mencoba memasak sendiri. Di kampung saya suka memasak masakan rumah. Selamat mencoba ya sahabat2 ku dimana aja. Dengan berbagi resep masakan kita saling terinspirasi yuk mulai memasak di rumah. #Gado2 Rumahan #Perth #Australia #Cooking Lover

1 -2 orang
30 menit
Doclang Bogor #selasabisa

Doclang Bogor #selasabisa

Masakan apa yang dikangenin dari kampung halaman? Saya harus berpikir keras.. kayanya ngga ada. Kampung halaman saya cuma berjarak jengkal dari kota saya tinggal sekarang. Walaupun begitu, jarang pulang 😕 Doclang adalah salah satu makanan khas Bogor, kota kelahiran saya, yang belum pernah saya temukan di Depok, kota tempat saya tinggal sekarang. Jadi kalau ke Bogor pasti pengen banget mampir nge-doclang. Abis itu minum es cingcau ijo. Haduh beneran ya kok jadi pengen ke mudik. Apa bedanya sama Kupat Tahu Bandung? Ngga tauuuu hahaa. Tapi buat saya doclang punya bumbu yang lebih haluuus teksturnya daripada kupat tahu. Kayanya.. kok saya lupa ya😥 Resep ningali ti ceu @Opibun. Enjoy kuliner Bogor! #bikinramadanberkesan #resepramadanhes2

2 porsi
30 menit
Lengko Ayam Tasik

Lengko Ayam Tasik

Iseng iseng coba bikin lengko tasik kesukaan keluarga. Biasanya beli untuk sarapan, tp kan lmyn ya kalo bikin sndri bs hemaaat bgt hehe.. Slamat mencoba ya, lengko tasik ini rasanya gurih, sedikit ada rasa manis dan pedas juga..

untuk 8 porsi
1 jam
Tahu Kupat

Tahu Kupat

Edisi lebaran bosan makan opor. Ketupat masih ada, putar otak dibuatkah tahu kupat ala Sragen. Atau disebut Kupat tahu di daerah lain.

Cotto Makassar

Cotto Makassar

#Latepost Pengen makan cotto udah dari lebran iedul adha, tapi baru sekarang tereksekusi, alhasil daging nya jadi tinggal sedikit. Ya sudahlah, uprek uprek didapur sambil direcokin sama bayi 4bulan dan kakak2nya, jadilah ini. Terinspirasi dari bunda Hanhany (mohon maaf yg sebesar besarnya kalo salah dalam penulisan dan penyebutan nama ya bun...) dan baru pertama kali eksekusi cotto, akhirnya nyontek lah resep beliau, ya walaupun ada beberapa bahan yg gak ada, but so far so good lah, dari pak suami dapat angka 8, iyeeesss alhamdulillah. Terima kasih bunda...

Soto Banjar

Soto Banjar

Tantangan cookpad Jakarta untuk posbar dari Kalimantan Selatan. Kesempatan untuk mencoba masakan khas Kalimantan Selatan. Tertarik dengan Soto Banjar. Ketemulah resep dari Mba @meldayanti ternyata nikmat ....berasa rempahnya. Sayang cari yang namanya bumbu kas - kas tak nemu. Tapi tetap nikmat. #GowesBecak_KeKalsel #Rekreasi_Kalsel #CookpadCommunity_Jakarta Resep Asli: https://cookpad.com/id/resep/13922964-soto-banjar?

Kupat Tahu Magelang

Kupat Tahu Magelang

Yuhuuu.. Uda memasuki 10 hari terakhir bulan Ramadhan nih buibuu, yuk ibadahnya dikencengin lagii.. Jangan kasih kendoorr ❤️. Uda segala menu dicobain, kebanyakan kalo saya sih yang pedes2 dan yang santen2. Segala perdagingan sudah eksis rasa2nya mulai bosen yaah.. Pengen cari menu yang simple, light dan menyehatkan deh ya.. Langsung kebayang makan kupat tahu magelang, cari2 resepnya nemulah punya mbak Firly Laily Nuzlia ini, tapi saya modif dikit pake ebi biar lebih gurih ya. #audisidutarecook #cookpadcommunity_sangasanga #lidiasquad #TiketMasukGoldenApron3

3 porsi
Sate Padang Ala Venny

Sate Padang Ala Venny

Akhirnya bisa membuat sate padang ini di negeri orang yang bisa di rasakan keluarga di galway ini, Alhamdulillah. (Mohon maaf sebelumnya Gambar tampilannya saya ganti dengan hasil akhir karena kalau dalam banyak foto dalam 1 frame tidak dimasukkan ke dalam daftar cookpad, terimakasih atas perhatiannya).

Sate Padang #PR_recookrancakbana

Sate Padang #PR_recookrancakbana

Suka banget ama salah satu masakan padang ini , enak bumbunya kaya rasa rempah Source : Shirley Wijaya

Sate Padang

Sate Padang

Source : Sajian Sedap Lama tak icip sate padang, karena kepingin, akhirnya nyari resep, buat sendiri. Lumayanlah, ngobatin kangen sama kuliner khas Sumatra Barat ini. Anak-anak juga sangat suka sate padang. Masak sendiri, puas karena bisa makan satu rumah. Resep saya dapat dari website Sajian Sedap.

Tahu Kupat Solo

Tahu Kupat Solo

Kangen masakan kampung halaman 😆

Tahu guling khas jogya

Tahu guling khas jogya

Pas jalan liat ada kaki lima tulisannya jual tahu guling khas Jogya.Langsung aja terpikir pengen bikin.

4 porsi
60 menit
Kupat Tahu Bumbu Kacang

Kupat Tahu Bumbu Kacang

Memanfaatkan sisa kupat lebaran

8 org
1½ jam
Soto Banjar

Soto Banjar

Soto banjar ini salah satu favorit sy 😊..

Kupat Tahu

Kupat Tahu

Pengin banget makan kupat tahu Bu Lastri ..tpi tempatnya agak jauh..tak ada yg bisa disuruh beli..Bikin sendiri saja lah...rasanya ga kalah jauh sama kupat tahu Bu Lastri...Pedes, manis asin...Kalau punyaku pedesnya pool...cabenya ga q hitung kira2 saja yaah...resep ketupatnya sudah pernah q share yaa #berburucelemekemas #resolusi2019 #week9

3 porsi