Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Membuat Ketupat Bungkus Plastik yang Lezat

Dipos pada March 12, 2022

Ketupat Bungkus Plastik

Menu praktis dan gampang yaitu membuat Ketupat Bungkus Plastik yang praktis Dijamin tidak bakalan repot membuatnya. Harap diperhatikan langkah-langkanya dan waktu pembuatannya agar rasa yang dihasilkan sempurna. Pada umumnya Ketupat Bungkus Plastik yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Beberapa faktur yang bisa mempengaruhi rasa dari Ketupat Bungkus Plastik, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Ketupat Bungkus Plastik ada baiknya dilakukan ditempat yang bersih dan higienis.

Kira-kira porsi penyajian Ketupat Bungkus Plastik yaitu 18 ketupat. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Sebagai perhatian, perkiraan waktu untuk memasak Ketupat Bungkus Plastik diperkirakan sekitar 90 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Ketupat Bungkus Plastik sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Ketupat Bungkus Plastik memakai 4 jenis bahan dan 9 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Untuk bisa menikmati ketupat di hari Raya Idul Fitri ini, harus mau coba-coba buat sendiri. Karena yang jualpun susah ditemui. Kalau adapun itu ketupat frozen yang kurang nikmat meski sudah dipanasi. Meski ga ada daun janur, plastikpun jadi alternatif. Pastikan plastiknya aman jika dipanaskan yaa... Happy Eid Mubarak 1439 AH. Hiroshima, Jepang.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Ketupat Bungkus Plastik:

  1. 1 kg beras (12 cup)
  2. Air
  3. Plastik
  4. Lilin dan api

Langkah-langkah untuk membuat Ketupat Bungkus Plastik

1
Cuci beras hingga bersih. Rendam selama 10 menit dengan sedikit air.
Ketupat Bungkus Plastik - Step 1
2
Masukkan beras plastik tahan panas 1/2 bagian. Saya pakai plastik kecil ukuran 8 x 15 cm. 1 cup beras bisa jadi 3 ketupat.
Ketupat Bungkus Plastik - Step 2
3
Tutup menggunakan lilin atau api. Pastikan rapat dan tidak ada lubang. Bisa juga menggunakan mesin press.
Ketupat Bungkus Plastik - Step 3
4
Ulangi hingga beras habis. 1 kg beras bisa jadi 18 ketupat. Pengisian beras juga disesuaikan dengan jenis berasnya ya, jika terlalu lembek bisa diisi lebih dari 1/2 bagiannya.
Ketupat Bungkus Plastik - Step 4
5
Beri lubang di beberapa titik agar air dapat masuk saat direbus.
Ketupat Bungkus Plastik - Step 5
6
Siapkan air dalam panci dan rebus selama 1 jam. Gunakan panci besar agar bisa merebus banyak sekaligus. Pastikan ketupat tenggelam dalam air.
Ketupat Bungkus Plastik - Step 6
7
Karena saya menggunakan panci kecil yang muat maksimal 8 ketupat, setiap 15 menit harus di cek, dibalik agar tidak gosong karena menempel permukaan panci dan ditambah air agar terus tercelup.
Ketupat Bungkus Plastik - Step 7
8
Setelah tidak terlihat butiran beras/ nasi pada permukaan ketupat. Angkat dan tiriskan.
Ketupat Bungkus Plastik - Step 8
9
Diamkan hingga dingin agar mudah dipotong. Selamat mencoba.
Ketupat Bungkus Plastik - Step 9

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Tahu Tek Surabaya

Tahu Tek Surabaya

Rindu kuliner Surabaya membuat aku bergegas ke tukang sayur setelah sholat Shubuh 😀 Biar gak telat masuk kerja juga dan gak telat siapin bekal suami. Saya selalu stok petis di kulkas. Jika pulang ke Surabaya, selalu restok petisnya jika sudah menipis. Yuk intip cara buatnya yang simple ini #IdeMasak #PejuangGoldenBatikApron

3 orang
30 menit
Ketupat sayur

Ketupat sayur

Biasanya kalo lagi pulang ke depok pasti sarapan ini, beli di abang abang yang lewat depan rumah. Coba coba buat sendiri dengan bahan yang disesuaikan persediaan di kotak ajaib aka kulkas. Note : resep ini untuk kulep 8 porsi ya

8 porsi
Opor Ayam Presto

Opor Ayam Presto

Opor ini dibuat karena pengin cepet jadi tak presto, awalnya sya takut kalo santannya pecah tapi alhasil berhasil tidak pecah dan pelengkapnya ada lontong serta sambel kacang klo dari daerah saya kebumen.

3 porsi
30 menit
Ketupat

Ketupat

Ketika pak suami minta dimasakin ketupat, padahal kita gak merayakan lebaran loh😂😂 Dimasak satu hari sebelum lebaran ni, Krn banyak yg jual daun ketupatnya.

13 buah ketupat
Ketupat Mie

Ketupat Mie

Menu favorit yang slalu ada tiap lebaran kalo dirumah mertua ga pernah ketinggalan pasti bikin ini.

Sayur Ketupat

Sayur Ketupat

A k.a sayur labu buat lonsay. Sesimple itu lho bikinnya dan sering banget saya buat untuk ibu mertua sebagai menu buka puasa beliau atau untuk sarapan. Lontongnya saya bikin sendiri juga (bisa dilihat resep lontong rice cooker). Cuma pakai 1 labu tapi bisa untuk 2 kali makan. Seperti biasa resep ini gak pedes karena ibu mertua dan anak saya gak bisa makan pedas jadi biasanya saya sajikan dengan sambal bawang, sambal goreng Pete, atau sambal tempe telur balado yang akan saya upload resepnya nanti. So, bikin kuy! #SemuaTentangIbu #SayurKesukaanIbu #SatuResepSatuPohon

4-5 porsi
25 menit
OPor Ayam ala Bu Rinni

OPor Ayam ala Bu Rinni

Menu buka puasa hari pertama, opor ayam ala kadarnya dengan bumbu yang seadanya :)

Ketupat ketan beras merah

Ketupat ketan beras merah

Cocok untk yg diabet/aman

Ketupat presto

Ketupat presto

Hai bunda.. Ini postingan pertama saya di cookpad, Saya sudah lama punya panci presto, tapi belum pernah nyoba bikin ketupat pakai panci presto. Nah pas momen idul adha kali ini pengen buat ketupat tapi ga mau nunggu lama, jadi pakai panci presto deh. Alhamdulillah sukses dan enak sekali. Semoga postingan ini mengispirasi ya..

10 porsi
2jam
Opor Ayam Spesial

Opor Ayam Spesial

Ayam adalah lauk favorit anak-anak. Kali ini mereka request opor ayam yang memang jarang saya hidangkan.

4 porsi
30 menit
Sayur ketupat simple

Sayur ketupat simple

Menu lebaran ketupat sayur endeees enak dan sedap, simple juga

Kupat Glabet Brebes

Kupat Glabet Brebes

Rindu kos di Semarang, ada penjual bubur ayam dan kupat glabet, asli orang Brebes. Okay coba buat di rumah..

Nastar Ketupat Lumer Dimulut (Kue Lebaran)

Nastar Ketupat Lumer Dimulut (Kue Lebaran)

🍍My very first Nastar Source 🔸IG cc @erlina.lim_ ⬇️ Foto rebake di posting di 🔸IG @lins.cookingjourney ⬇️ 🔸Resep asli ga dikasi olesan kuning telur krn konsepnya nastar karakter. 🔸Tapi selama proses berlangsung aku takut retak jd ku oles kuning telur tipis2. 🔸Alhasil matangnya ga cantik krn ada warna lain dr olesan kutelnya. 🔸Untuk rebake lagi disarankan jgn dioles kuning telur ya moms. 🔸Untuk rasa menurut aku udah oke bgt chrunchy plus lembut dr wijsman nya. Selamat mencoba🥰 #nastarketupat #nastarkarakter #nastar #kuekering #posbar_ramadan #KampoengRamadan #AkuManis #CookpadCommunity_Semarang

2 Jam
Ketupat lebaran versi tradisional jadul #kitaberbagi

Ketupat lebaran versi tradisional jadul #kitaberbagi

Belajar bikin ketupat buat hari raya idul adha besok,bikin cangkang ketupatnya tahun lalu sbnrnya udah bisa tp tnyta lupa lagi heee (tenang ada imih yg telaten bantuin saya bljr).Lama nih masaknya karna saya pake tungku biasa,sabar z sxn nunggu waktu buka puasa.

8 pcs
2 jam
Sayur Ketupat

Sayur Ketupat

Setelah nikah, kalo lebaran mau ga mau bikin sayur buat ketupat, pdhal sebelum nikah belum prnah bikin sama sekali. Tp krn suami yg minta n nyuruh aku msk sndiri, yowis lah jadinya kalo idul fitri bikin sayur ketupat. Tp bru kali ini baru bs nge post. Mudah2 an bermanfaat ya moms....

Sayur ketupat 🍲

Sayur ketupat 🍲

Ditempat saya sekarng lagi ada acara rebo wakasan bagaimana ditmpt bunda" semua apa ada acara yg sama sperti saya... 😊seneng klo rebo wakasan gini pda bikin kupat sayur jdi saling antr nyoba icip" msakn tetangga dn sanak saudara sperti lbarn hihi yuk kita masak...

Kukis ketupat

Kukis ketupat

Agak gosong2 dikit. Tp tdk mengurangi rasanya tetep enk. Cocok buat kue lebaran. Enk ga terlalu manis.

Ketupat tetelan sapi kuah Soto Betawi #KitaBerbagi

Ketupat tetelan sapi kuah Soto Betawi #KitaBerbagi

Resep Soto Betawi yang dipakai yaitu bumbu inti putih ditambah daun jeruk, salam, sereh, lengkuas, jahe, susu cair, tanpa santan. #KitaBerbagi resep ini adalah postingan ke 2 saya dari serial memasak daging dgn bumbu inti putih atau merah homemade.

4 porsi
30 menit
Ketupat Santan

Ketupat Santan

Lebaran sebentar lagi,,,coba" bikin ketupat Lemak,,,sangat suka sama lemaknya gurih" bikin nagih Resep by Febrianty Ika P Ayo cek resep ini: Ketupat Ketan Santan https://cookpad.com/id/resep/5624771-ketupat-ketan-santan?token=mXGFfC5SHnxYo11XYR6zg3Dw #PejuangGoldenApron2 #AksiDutarecook #DutarecookTanahBumbu #cookpadcommunity_TanahBumbu