Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Membuat Ketupat tetelan sapi kuah Soto Betawi #KitaBerbagi yang Menggugah Selera

Dipos pada March 8, 2022

Ketupat tetelan sapi kuah Soto Betawi #KitaBerbagi

Penasaran dengan rasa yang diwarung tempo hari, yuk kita berkreasi membuat Ketupat tetelan sapi kuah Soto Betawi #KitaBerbagi yang lezat Dijamin tidak bakalan repot membuatnya. Pengerjaan harus hati-hati dan perlahan agar rasanya nikmat. Biasanya Ketupat tetelan sapi kuah Soto Betawi #KitaBerbagi yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi kulitas dari Ketupat tetelan sapi kuah Soto Betawi #KitaBerbagi, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Lakukanlah hal gampang dalam penyajian Ketupat tetelan sapi kuah Soto Betawi #KitaBerbagi enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Perkiraan porsi dari bahan dibawah untuk membuat Ketupat tetelan sapi kuah Soto Betawi #KitaBerbagi kira-kira 4 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Sebagai perhatian, perkiraan waktu untuk memasak Ketupat tetelan sapi kuah Soto Betawi #KitaBerbagi diperkirakan sekitar 30 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Ketupat tetelan sapi kuah Soto Betawi #KitaBerbagi sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Ketupat tetelan sapi kuah Soto Betawi #KitaBerbagi memakai 13 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Resep Soto Betawi yang dipakai yaitu bumbu inti putih ditambah daun jeruk, salam, sereh, lengkuas, jahe, susu cair, tanpa santan. #KitaBerbagi resep ini adalah postingan ke 2 saya dari serial memasak daging dgn bumbu inti putih atau merah homemade.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Ketupat tetelan sapi kuah Soto Betawi #KitaBerbagi:

  1. Secukupnya daging tetelan sapi
  2. secukupnya air
  3. 1 sdm bumbu inti putih
  4. secukupnya garam, gula pasir, merica, penyedap
  5. 2 lbr daun jeruk
  6. 2 batang sereh
  7. 2 lbr daun salam
  8. 1 jempol jahe
  9. 1 jempol lengkuas
  10. 1 biji tomat merah
  11. 1 batang daun bawang
  12. secukupnya susu cair UHT
  13. tambahan bawang merah goreng dan emping

Langkah-langkah untuk membuat Ketupat tetelan sapi kuah Soto Betawi #KitaBerbagi

1
Tumis bumbu inti putih dengan 1 sdm minyak goreng, hingga wangi. Bumbu putih terdiri dari bawang merah, bawang putih, jahe, kemiri, ketumbar, lengkuas, sereh.
2
Masak daging hingga berubah warna, tambahkan air lalu rebus daging hingga empuk.
3
Masukan salam, sereh, daun jeruk, jahe, lengkuas, garam, gula pasir, merica, penyedap rasa.
4
Masukan susu cair, kecilkan api, rebus jangan sampai susu pecah. Tambahkan irisan tomat, dan daun bawang.
5
Hidangkan dengan ketupat, taburan bawang merah, tambahkan acar bila perlu.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Soto Banjar lezat.. komplit ketupat perkedel n sambal

Soto Banjar lezat.. komplit ketupat perkedel n sambal

Resep ini sharing dari Umi Nila.. hasil tinggal bareng satu apart. Beliau memamg org Banjar dan pernah bisnis soto banjar di jkt.. Rasanya memang top...

15-20 porsi
Opor Telur dan Tahu

Opor Telur dan Tahu

6 porsi
30 menit
Ketupat simpel 5-30-7 😊

Ketupat simpel 5-30-7 😊

Mengingat lebaran ini gak bisa mudik krn wabah covid19, akhirnya cari ide utk tetap bisa merasakan masakan rumah, dan diputuskan utk bikin ketupat opor sendiri. Karena di daerah sy tinggal, ketupat yg biasa dijual itu selalu dicampur gendar, dan sy gak suka, makanya browsing di cookpad dan ternyata ada cara yg gampang, dan InsyaAllah anti gagal. Simpel bgt bwt sy yg gmw repot. Repotnya cm nyari janur ketupatnya di tengah wabah dan harus #stayathome jg #jagajarak. Hehehe. Selamat mencobaaa....

Ketupat Sayur

Ketupat Sayur

Alhamdulillah.. Dapat rejeki dari Allah berupa ketupat yg dititipkan tetangga sebelah rumah yang jualan Lotek. Kemudian berpikir, mau disandingkan dengan apa ya ketupatnya? Ahhhhaaaa.. Lalu muncullah ide untuk melampiaskan rasa rinduku akan lonsay alias lontong sayur yang pertama kali saya makan saat kelas 6 SD, saat berlibur di rumah Tante di Tangerang. Karena dikasihnya ketupat, jadi namanya Ketupat Sayur deehhh.. Dengan memanfaatkan teknologi, kemudian saya searching resep si sayur ini di Instagram.. Dengan berbagai referensi, terraciklah bumbu-bumbunya..

8 porsi
Ketupat Ketan Santan

Ketupat Ketan Santan

Buat pecinta beras ketan ini, makanan ini benar2 patut dicoba.

6 ketupat
Ketupat Janur

Ketupat Janur

Bismillah, alhamdulillah ketupatnya ndak keras ndak lembek banget jg. Dan awet sudah 4 hari tanpa dikukus kembali. Tp saran saya tetap dikukus kalau sudah 2-3hr biar lebih yakin dgn kebersihannya. Krn kan ketupat suka di hhinggapi lalat kecil.

Ketupat Darurat dari Nasi

Ketupat Darurat dari Nasi

Mau bikin ketupat atau nasi soto tapi anak selalu ngintilin terus, akhirnya cek cp ketemu resep daruratnya mba priska koes dan langsung lah cepet" kedapur bikin (asli ini bikinnya gampang dan jadi) Source : priska koes #cookpadcommunity_Kalsel #cookpadcommunity_Borneo #RecookOfTheWeek #MasakItuSaya

Ketupat Magic Com

Ketupat Magic Com

Minggu, 27.06.21 .. Bismillah, siapa nich yg paling malas bikin ketupat sendiri karena masaknya lama pakai banget. Selain itu harus ada selongsong ketupatnya yg kalau di daerah saya ga ada yg jual. Nyari yg jual ketupatnya aja ga ada, apalagi selongsongnya. Kalau di kota asal saya, Yogya, saat mau lebaran bertebaran di sepanjang jalan dekat pasar yg jual selongsong ketupat. Kalau hari biasa bisa kita beli ketupat yg sudah jadi di pasar. Nahhh ini ada cara mudah dan praktis bikin ketupat dgn magic com. Walaupun rasanya ga seenak kalau pakai pembungkus janur tapi lumayan buat menggantikan ketupat yg asli. Perbandingan beras dan air yaitu 1:3 .. Jika beras 1 cup, maka air 3 cup, dst. Karena salah baca resep, sy terlanjur bikin 1 cup beras bawaan magic com dan 2 cup air 🤦 .. Untunglah beras sy beras baru hasil panen sendiri dan super duper tdk suka air. Biasa mmg kalo beras baru, karakteristiknya lengket saat jadi nasi dan tidak bisa banyak air. Sy masak dengan takaran biasa sy masak nasi aja berasnya lembek dan menyatu. Jadi dgn takaran yg sy sebut tadi nasi saat sudah masak tekstur berasnya sudah lembek sekali bahkan atasnya masih sedikit basah saat sudah matang. Ga kebayang kalo pakai 3 cup air. Dari pengalaman diatas, intinya kenali jg karakteristik beras yg dipakai. Jangan salahkan resep jika saat praktek tdk sesuai harapan. Source: DapurVy #ResepDapurNauzalla #DapurNauzalla_Ketupat

Ketupat bungkus plastik. Metode 5.30.7

Ketupat bungkus plastik. Metode 5.30.7

Belum pernah bikin ketupat sekalipun. Lihat resep Mama Fira's Kitchen sepertinya praktis. Mari kita recook. #cookpadcommunity_bekasi

Ketupat Palas by lely

Ketupat Palas by lely

Di tanah melayu..setiap tiba musim perayaan tidak ketinggalan makanan khas ini..ketupat palas..dimakan bersama gulai atau serunding..tahun ini sy berkesempatan belajar membuat ketupat palas..caranya memang agak rumit untuk yg baru belajar..jom kita mencoba buat ketupat palas ..

40 porsi
180 menit
Ketupat Nasi Sisa

Ketupat Nasi Sisa

Punya nasi sisa semalam ? Jangan dibuang ya, sayangggg nanti nangis nasinya 😆 dibikin ketupat aja yuk, praktis dan bisa dipraktekkan saat kondisi darurat 😬 klo sudah jadi ketupat begitu, semua rebutan apalagi klo sayurnya mendukung seperti sayur lodeh, kari atau bahkan opor. Bisa banget tuh jadi andalan ...🥰

Ketupat

Ketupat

Dalam mengikuti program spesial IDAMAN MAMAH(Idhul Adha Aman Bersama)Mamah .. Untuk .dan untuk mengisi kegiatan#PPKM saya ingin menghidangkan masakan yang sering di hidangkan pada Hari Raya Idhul Adha..yuk bunda-bunda kita ramaikan#posbarIDAMAN,agar kita bisa saling memberi inspirasi resep masakan NUSANTARA

50biji
6jam
Ketupat bojong gede

Ketupat bojong gede

Pertama kali buat ketupat sendri tanpa ibu,karena tahun ini lebaran tanpa ibu🥺

Ketupat irit gas dan pakai panci

Ketupat irit gas dan pakai panci

Dulu mikirnya susah ya buat ketupat kok gagal terus? Lama yaa boros gas ? Sekarang pake trik ini lebih cepat lebih hemat ! Tips nya kalo dah 1 - 2 hari takut ketupatnya mulai berair harus msukin kulkas biar lebih awet . Selamat mencoba..

Tupat Opor Ayam

Tupat Opor Ayam

Source : Hj. Tintin Purnama Sari Lebaran tanpa opor seperti ada yang kurang di meja makan, apalagi tahun ini gak bisa mudik karena pandemi corona. Takbir berkumandang seketika langsung sedih. Tahun pertama di perantauan, orangtua pun ikut sedih biasa kumpul bareng-bareng. Semoga pandemi ini segera berakhir, yang gak mudik jadi bisa mudik. Terimakasih resep inspirasinya Bu Hj. Tintin Purnama Sari 🙏 Rindu rumah jadi terobati 🤗 Ini #HidanganLebaran keluarga saya, bagaimana dengan anda? Mohon Maaf Lahir & Bathin ya 🙏 Selamat Lebaran 🤗 #DirumahAja #KeDapurAja #MasakItuSaya #CookpadIndonesia #CookpadCommunity_id #CookpadCommunity_borneo #DutaRecookBeraksi #DutaRecookSamarinda

Ketupat Tanpa Janur Enak Simpel

Ketupat Tanpa Janur Enak Simpel

Buat yg g suka ribet tetapi hasil tetep ok

Lodeh Cecek (Pelengkap sayur buat lebaran ketupat)

Lodeh Cecek (Pelengkap sayur buat lebaran ketupat)

Tiba2 pengen banget masak ini. Teringat waktu kerja pernah di masakin ini. Enak banget dan suami suka. Alhamdulillah, jadi semangat masak lagi. Happy cooking.

Ketupat Rice Cooker

Ketupat Rice Cooker

Karna gak ada tungku yang enak buat masak lama2 dan karna sayang mo masak lama2 di kompor gas, jadi bikin ketupatnya pake rice cooker. Dan Alhamdulillah suksess.. tanpa repot2 nambah2in air terus kayak masak manual.

Ketupat Rice Cooker Legit

Ketupat Rice Cooker Legit

#deebelindacooks

2-3 orang
15 menit