Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Membuat Sayur Ketupat yang Sempurna

Dipos pada March 10, 2022

Sayur Ketupat

Sore-sore begini enaknya membuat Sayur Ketupat yang praktis Cara membuatnya sedikit repot. jangan terburu-buru ya, kalau salah proses dan bahan rasanya nanti tidak enak. Umumnya Sayur Ketupat yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Biasanya setiap masakan akan ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi cita rasa dari Sayur Ketupat, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Sayur Ketupat di dapur dan menggunakan peralatan yang baik untuk penyajian.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Sayur Ketupat sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Sayur Ketupat memakai 20 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Setelah nikah, kalo lebaran mau ga mau bikin sayur buat ketupat, pdhal sebelum nikah belum prnah bikin sama sekali. Tp krn suami yg minta n nyuruh aku msk sndiri, yowis lah jadinya kalo idul fitri bikin sayur ketupat. Tp bru kali ini baru bs nge post. Mudah2 an bermanfaat ya moms....

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Sayur Ketupat:

  1. 1/2 kg Kacang panjang
  2. 1/4 kg Tetelan daging sapi
  3. 500 ml Santan (santan instan+air)
  4. 5 bh Petai
  5. 2 btg Daun bawang (boleh skip)
  6. Secukupnya Bawang goreng untuk taburan
  7. Bumbu halus :
  8. 250 gr Cabai merah keriting
  9. 100 gr Cabe rawit merah (boleh skip/dikurangi)
  10. 100 gr Bawang merah
  11. 50 gr Bawang putih
  12. 6 butir Kemiri
  13. 1 ruas Jahe
  14. 50-100 gr Gula merah (sisir halus)
  15. 100 gr ebi kering
  16. Bumbu lain:
  17. 3 lbr Daun salam
  18. 2 lbr Daun jeruk
  19. 2 ruas Lengkuas (geprek)
  20. 1 btg Serai (geprek)

Langkah-langkah untuk membuat Sayur Ketupat

1
Potong2 kacang panjang. Potong kecil2 tetelan. Belah 2 petai. Iris2 daun bawang. Cuci bersih semua bahan.
2
Tumis bumbu halus smp harum. Masukan daun salam, serai, daun jeruk dan lengkuas. Aduk rata.
3
Jika sudah matang dan harum, masukkan bumbu ke dalam panci yg sudah berisi air.
4
Masukkan kacang panjang dan tetelan (yg sebelumnya aku rebus dlu hingga empuk). Aduk rata. Masak hingga mendidih.
5
Masukkan santan. Tambahkan garam dan kaldu bubuk. Aduk rata. Tes rasa. Aduk sesekali agar santan tidak pecah. Masak hingga matang.
6
Sajikan dengan ketupat dan taburi bawang goreng diatasnya. Bisa jg jika sudah matang dalam panci, taburi bawang goreng.
7
Selamat menikmati... 🤗
Sayur Ketupat - Step 7

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Ketupat

Ketupat

Makan ketupat dibelah empat…Alhamdulillah… Late post lebaran kemarin. Baru sempat ditulis 🙈

Kupat Sayur Lebaran

Kupat Sayur Lebaran

Suamiku pengen banget makan kupat sayur... pas kebetulan dilanggan jual covernya kupat... sejujurnya belum pernah aku bikin kupat ataupun lontong... tapi suamiku bisa.. sekarang aku deh yang belajar buat kupat... #PejuangGoldenApron3 #TantanganDariSuamiku

8 orang
3 jam
Ketupat

Ketupat

Menu Lebaran H1

Sayur Godog Pepaya Khas Betawi (Ketupat Lebaran)

Sayur Godog Pepaya Khas Betawi (Ketupat Lebaran)

Kali ini buatnya lebih banyak, dan warnanya merah buat semangat ingin makan. Meskipun begitu sayur ini tidak pedas karena saya memakai cabai giling. #pekanposbarsayurlebaran #cookpadcommunity_Jakarta

Kupat opor sambel goreng

Kupat opor sambel goreng

lagi pengen bgt opor sambel goreng ceritanya, krn skg saya di krwg jrg bgt yang jualan dgn rasa kayak yg yg biasa ibu drmh (smg) masak. bikinlah opor sambel goreng dgn resep ibu😊 oiya opornya ga pake ayam ya..krn lg ga pny stok,hhe

5 porsi
Opor Ayam

Opor Ayam

Kali ini , saya memasak Opor Ayam untuk 4 porsi saja. Kenapa 4 porsi, ya Den? kok pelit amat sih? Anggota keluarga yang tinggal serumah hanya 4 orang, lagipula kalau makan makanan bersantan secara berlebihan tidak baik buat kesehatan, nah gitu deh alasanya. Opor ayam ini kubuat setelah terinspirasi oleh Bulan Suci Rahmadhan ini; meskipun saya seorang non Muslim. Namun, Opor Ayam merupakan salah - satu masakan nusantara yang kugemari. Maaf ya secara penampiln tak sempurna tapi kata embaku rsanya enak kok ; sudah bumbu- bumbunya sudah berasa dan ayamnya juga sudah empuk kok. Maklum ini pertama kali membuat opor ayam, lain kali pasti jauh lebih baik. Terimakasih.

4 porsi
60 menit
Ketupat Metode 5.30.7

Ketupat Metode 5.30.7

#DiRumahAja buka2 album foto ternyata banyak banget yang belum saya post. Nah ketupat ini saya bikin pas lebaran idul adha heheheh. Kebetulan sebentar lagi juga idul fitri jd pada masak ketupat donk ya. Nah kalau ibu saya masak ketupat itu lama banget sampe ngehabisin gas wkwkwk. Nah semenjak ada cookpad saya rajin ubek2 resep. Saya recook dari mba ugi. yuk langsung aja kita masak.

Ketupat Darurat dari Nasi

Ketupat Darurat dari Nasi

Mau bikin ketupat atau nasi soto tapi anak selalu ngintilin terus, akhirnya cek cp ketemu resep daruratnya mba priska koes dan langsung lah cepet" kedapur bikin (asli ini bikinnya gampang dan jadi) Source : priska koes #cookpadcommunity_Kalsel #cookpadcommunity_Borneo #RecookOfTheWeek #MasakItuSaya

Ketupat sayur ala padang

Ketupat sayur ala padang

Made by requestnya paksu yg asli org payakumbuh

8 porsi
60 menit
Bakso kupat

Bakso kupat

Kata temen2 "lebaran blm afdol tanpa ngebakso".haha quote ini yg memotivasi bwt bkn bakso sendiri.kebetulan emak jualan daging lebaran ini.ya udah sisain dikit langsung d bawa ke penggiling daging.pas masukin k tukang penggiling jgn lp blg "nda usah pke MSG ya".hehe. Jadi d resep ini ga jelasin bkn pentol bakso nya ya.tp kuah nya sm pelengkapnya.hehe Untuk resep sambel dan tahu bakso akan d post menyusul.

Ketupat Goreng Tepung

Ketupat Goreng Tepung

Masih tersisa ketupat Lebaran di rumah ? Jangan dibuang.... krn bisa kita olah jadi panganan yang enak.... Ini sebetulnya ide mbak di rumah, tapi ternyata memang enak & cocok buat menu sarapan.

Ketupat Sayur Sedap Enak

Ketupat Sayur Sedap Enak

Tiba2 pengen masak sayur kaya buat Lebaran. Nahh...lsg bikin deh lontong sayur ini. Rasanya gurih, pedes, ada manisnya, wangi ebi sama peteee hahhaha😄pokoknya jadi pengen nambah trs. Dilengkapi lauk lainnya jadi bikin ngilerrr😋 Kali ini saya bikin lonsay dgn sayuran labusiam dan kacang panjang.

45 menit
Ketupat

Ketupat

Yang penting. Ada kerja keras untuk posting resep, biarpun telat pakai banget 😊😁

Ketupat sayur

Ketupat sayur

Biasanya kalo lagi pulang ke depok pasti sarapan ini, beli di abang abang yang lewat depan rumah. Coba coba buat sendiri dengan bahan yang disesuaikan persediaan di kotak ajaib aka kulkas. Note : resep ini untuk kulep 8 porsi ya

8 porsi
Opor ayam praktis

Opor ayam praktis

Saya biasanya bikin opor ayam from scratch, santan juga bikin sendiri, sehingga prosesnya lamaaa bgt. Suatu hari karena pengen makan opor tapi males ribet, saya cobain bumbu opor indofood, ternyata lumayan juga 😁

4 porsi
20 menit
Lodeh Cecek (Pelengkap sayur buat lebaran ketupat)

Lodeh Cecek (Pelengkap sayur buat lebaran ketupat)

Tiba2 pengen banget masak ini. Teringat waktu kerja pernah di masakin ini. Enak banget dan suami suka. Alhamdulillah, jadi semangat masak lagi. Happy cooking.

Sayur ketupat (sambel godok)

Sayur ketupat (sambel godok)

#PekanPosbarSayurLebaran Resep ini warisan dari umi aku setiap lebaran pasti beliau masak ini di tambah semur daging👍

Sayur Ketupat Labu Siam

Sayur Ketupat Labu Siam

Ada bermacam sayur ketupat di hari Lebaran. Sayur labu siam merupakan jenis sayur ketupat khas Betawi yang menjadi favorit keluarga di Hari Raya. Rasanya segar dan gurih..Bisa juga untuk sayur hidangan sehari-hari.