Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Menyiapkan Opor ayam tahu tempe sederhana yang Enak

Dipos pada February 18, 2022

Opor ayam tahu tempe sederhana

Anda sedang mencari inspirasi resep Opor ayam tahu tempe sederhana yang unik? Proses dan cara membuatnya pasti simple dan menyenangkan. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Pada umumnya Opor ayam tahu tempe sederhana yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Biasanya setiap masakan akan ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi cita rasa dari Opor ayam tahu tempe sederhana, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Jangan terlalu repot dalam penyajian Opor ayam tahu tempe sederhana di dapur dan menggunakan peralatan yang baik untuk penyajian.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Opor ayam tahu tempe sederhana adalah untuk 5 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Opor ayam tahu tempe sederhana sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Opor ayam tahu tempe sederhana memakai 17 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Opor ayam tahu tempe sederhana:

  1. 1/4 ayam saya potong jadi 12 bagian
  2. 6 buah tahu kuning kecil
  3. 1/2 tempe sy bagi jadi 6 potong
  4. 1 buah kentang sy potong 4 bagian
  5. 400 ml air + 1 bungkus kara
  6. 4 lembar daun salam
  7. 2 buah serai
  8. secukupnya minyak goreng
  9. penyedap rasa
  10. 3 sdm gula pasir
  11. untuk bumbu yang dihaluskan
  12. 5 siung bawang merah
  13. 5 siung bawang putih
  14. 6 buah cabe
  15. 3 buah kunyit
  16. sejumbut ketumbar
  17. 1 sdt lada

Langkah-langkah untuk membuat Opor ayam tahu tempe sederhana

1
Cuci ayam sampai bersih
2
Haluskan bumbu,,lalu tumis bumbu sampai harum,masukan salam dan serainya,baru masukan ayam aduk sebentar baru kasih air,sesudah mendih baru kasih kara,gula dan penyedap rasa
3
Opor ayam tahu tempe sederhana - Step 3
4
Opor ayam tahu tempe nya siap disantap untuk buka puasa 😊
Opor ayam tahu tempe sederhana - Step 4

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Opor ayam lari...πŸ˜‚

Opor ayam lari...πŸ˜‚

Alih alih mau bikin opor ayam buat si kecil .. ehh abang abang tukang ayam potongnya larii aja ...ketingalan dech aku jd aja d ganti tahu m sayuran ..

36 porsi
Terik Sapi

Terik Sapi

Dapet daging kurban, bingung mau diapain ? Bikin aja terik sapi..πŸ˜ŠπŸ˜‰ gampang bgt kok..😊 dijamin endes banget..aku bikin satu mangkok aja gak banyak-banyak..

Gule / opor ayam

Gule / opor ayam

Ga bisa bedain mana gule mana opor karna bumbunya kaya nya sama aja πŸ˜‚ yg penting suami suka dan lahap makannya 😘 disini saya pake sayuran biar seimbang gizi nya karna suami juga suka sayur . Boleh diganti pakai tahu atau tidak sama sekali.

6 porsi
45 menit
Opor Ceker Kampung Telor Tahu + Sambel Goreng Ati

Opor Ceker Kampung Telor Tahu + Sambel Goreng Ati

Di sini saya kasih resepnya opor ya. Soalnya utk sambel goreng atinya saya pakai bumbu instant πŸ˜‚ Bumbu opor yang saya pakai ini versi simpelnya aja dan nggak seribet kalo mbah yang masak. Tapi mbah sudah almarhum dan saya nggak sempet nanyain resep lengkapnya 😣 Tapi percayalah ini tetep enak dan tetep rasa opor. Soalnya kalo opor itu pasti pake jinten. Pokok kalo ada jintennya, pasti lodehnya jadi opor πŸ˜„πŸ˜„πŸ˜„

Opor ayam kuning

Opor ayam kuning

Ini dah lma bikin nya pas selametan bwt antar2 ke tetangga..rasanya wow bangt

4 porsi
1jm
Opor ayam nanas (khas palembang)

Opor ayam nanas (khas palembang)

Opor yang bener2 sesuai dengan apa yang ada di bayangan😊, bener2 mantab (Source:: Nova rilandari)

3 porsi
45 menit
Opor ayam

Opor ayam

35 menit
Terik Telur

Terik Telur

Seminggu an ini kebayang-bayang sama terik. Udah luamaaa banget ga makan ini, entah brapa taun πŸ˜„ lebay.... makanan ini waktu masi SD hampir tiap hari buat sarapan. Dulu di deket rumah ada yg jual makanan jadi, bbrp macam gt. Rame bgt kalo pagi, biasa yg beli buat sarapan anak2 yg mau sekolah. Kmrn kepikiran mau bikin terik ini sama sambal goreng tholo (kacang merah yg kecil itu). Tapi sy udah hunting di pasar sm swalayan di sini ga nemu ☹. Ya udahlah yg satu itu sy pending dl, agak kecewa sih krn sampe udah mastiin bumbunya ke mami sy πŸ˜…. Ini dimakan pake bubur juga enak lho, malah dulu kl sy makan emng pake bubur 😊. Terik ini bisa pake kunyit bisa ga, kata mami sy kalo pake kunyit sekilas kliatan kaya opor. Tapi td sy pikir biar ga kliatan pucat, jd dikasi kunyit dikit. Telur nya bisa jg diganti tahu, tempe ato campur semuanya enak jg πŸ˜€

Opor ayam kampung

Opor ayam kampung

Resep by mami ku

Opor ayam

Opor ayam

Lebaran belum lengkap tanpa opor ayam

Opor ayam kuning tanpa santan

Opor ayam kuning tanpa santan

Keluarga sy suka makan ayam opor kuning tp utk menjaga kesehatan dan supaya ga cepet basi bila dijadikan bekal suami ke kantor maka sy sering memasak tanpa santan. Rasanya tetap sedap apalagi dimakan dg lontong. Krn sy masak ayamnya bersama dg hati dan ampela sehingga hasilnya agak butek. Kalau mau warna opor yg lebih terang, hati dan ampelanya bisa di rebus terlebih dahulu. Selamat mencoba :)

Opor ayam sederhana

Opor ayam sederhana

Menu lebaran saat masih anak2..

Opor Ayam

Opor Ayam

4 porsi