Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Menyiapkan Opor ayam yang Anti Gagal

Dipos pada February 19, 2022

Opor ayam

Hari ini saya akan berbagi resep Opor ayam yang mudah Dijamin tidak bakalan repot membuatnya. Usahakan relax dan santai membuatnya ya, agar rasa yang dihasilkan menjadi nikmat dan sempurna. Padahal Opor ayam yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Opor ayam, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Opor ayam ada baiknya dilakukan ditempat yang bersih dan higienis.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Opor ayam sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Opor ayam memakai 19 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Cuma punya stock ayam dan kentang..buat yg simple saja.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Opor ayam:

  1. 1/4 kg ayam
  2. 2 buah kentang uk.besar
  3. 2 sachects Santan instans
  4. Sereh geprek
  5. Lengkuas
  6. Daun salam
  7. Daun jeruk
  8. Kaldu jamur non msg
  9. Merica
  10. Bunga lawang (boleh skip)
  11. Kayu manis
  12. Secukupnya garam
  13. Secukupnya minyak goreng
  14. Secukupnya air
  15. Bumbu halus :
  16. 7 siun bw.merah
  17. 5 siung bw.putih
  18. 5 buah kemiri
  19. 1/2 sdt ketumbar bubuk

Langkah-langkah untuk membuat Opor ayam

1
Cuci bersih ayam,lalu goreng sampai matang (untuk step ini boleh diskip ya moms, ini karena saya gabisa makan olahan ayam kuah tanpa digoreng dulu)😊
Opor ayam - Step 1
2
Blender bumbu halus, masukan bahan lainnya (daun salam,bunga lawang,kayu manis,lengkuas)hanya masak kali inj saya tidak pakai sereh dan daun jeruk, stock habis. Tumis sampai matang dan harum, masukan kaldu jamur.
Opor ayam - Step 2
3
Kemudian masukan santan yg sudah dicampur air, tuang kewajan sambil trs diaduk. Setelah mendidih, masukan kentang baru kemudian ayam gorengnya.
Opor ayam - Step 3
4
Tambah air jika dirasa kuahnya kurang, beri garam dan merica..tunggu sampai matang mendidih. Koreksi rasa, jika suda pas, angkat dan sajikan.
Opor ayam - Step 4
5
Selamat mencoba😊😊
Opor ayam - Step 5

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Opor ayam endes

Opor ayam endes

Edisi kangeen bgt masakan indo yg satu ini dengan rasanya yg khas.. Yuukk dicoba

45menit
Opor ayam gurih 😊

Opor ayam gurih 😊

Request nya suami minta di masakin opor, bumbu copy resep bunda Pawon bu Adit πŸ˜‰

Opor Ayam

Opor Ayam

Entah emang resepnya kayak gini apa ibuk aja yang bikin resep sendiri. Yang pasti menu ini enak.

Opor Ayam Khas Semarangan

Opor Ayam Khas Semarangan

Jadi gatau kenapa lagi pengen makan opor versi yg dijual embah embah buat sarapan pagi yang sering kita jumpai di semarang. Kota kelahiran saya 😊. Di semarang itu, kalo pagi2 suka ada yg jual sarapan berbagai menu jawa, semisal bubur nasi disiram kuah opor encer lauknya ada tahu tempe ayam telur. Trus ada sambel goreng krecek pake kacang tolo, ada sambel tumpang, juga ada berbagai macam bubur manis dan jajanan pasar seperti lupis, cenil, getuk, gatot dll. Sarapan kayak gtu kadang ngangenin, mungkin efek akhir taun ya waktunya liburan pulang ke kampung halaman wkwkwk. Pas saya cari2 resep opor yg saya mau, alhamdulillah ketemu di blog nya bunda diah didi. Selamat mencoba!

Opor ayam tahu kuah kuning

Opor ayam tahu kuah kuning

Opor ini temennya sm sambal terong bakar td

Opor telur dan tahu

Opor telur dan tahu

Opor sederhana kesukaan anak

Bubur Terik Tahu Telur

Bubur Terik Tahu Telur

2 orang
60 menit
Opor Ayam plus Telur Praktis #BikinRamadhanBerkesan

Opor Ayam plus Telur Praktis #BikinRamadhanBerkesan

Prepare Buat Lebaran Besok biar makin berkesan 😍

Opor ayam pedas sederhana

Opor ayam pedas sederhana

Gara-gara kesiangan jadi buru-buru masak karena ngejar waktu, akhrinya bikin opor yang simple tanpa mengacuhkan rasa dan juga rasa pedasnya.

50 menit
Terik Telur

Terik Telur

Seminggu an ini kebayang-bayang sama terik. Udah luamaaa banget ga makan ini, entah brapa taun πŸ˜„ lebay.... makanan ini waktu masi SD hampir tiap hari buat sarapan. Dulu di deket rumah ada yg jual makanan jadi, bbrp macam gt. Rame bgt kalo pagi, biasa yg beli buat sarapan anak2 yg mau sekolah. Kmrn kepikiran mau bikin terik ini sama sambal goreng tholo (kacang merah yg kecil itu). Tapi sy udah hunting di pasar sm swalayan di sini ga nemu ☹. Ya udahlah yg satu itu sy pending dl, agak kecewa sih krn sampe udah mastiin bumbunya ke mami sy πŸ˜…. Ini dimakan pake bubur juga enak lho, malah dulu kl sy makan emng pake bubur 😊. Terik ini bisa pake kunyit bisa ga, kata mami sy kalo pake kunyit sekilas kliatan kaya opor. Tapi td sy pikir biar ga kliatan pucat, jd dikasi kunyit dikit. Telur nya bisa jg diganti tahu, tempe ato campur semuanya enak jg πŸ˜€

Opor ayam simple#BikinRamadhanBerkesan2

Opor ayam simple#BikinRamadhanBerkesan2

Ini simple ya...walo bumbu nya seadanya tapi ini makanan favorite drumah selain ditemani nasi hangat,sambal juga emping....ini cocok juga menu berbuka/sahur ya.....

Opor Ayam Kampung (Simple)

Opor Ayam Kampung (Simple)

Opor Ayam Kampung Homemade. Monggo dicoba dan di recook.. Happy Cooking πŸ€— #ayam #opor #chicken #ayamkampung

5 porsi
20 menit
Opor kuning ayam kampung

Opor kuning ayam kampung

#bikinramadanberkesan

Opor Ayam Becek

Opor Ayam Becek

Kenapa becek? Entahlah saya juga tidak tahu. Kata mbah, kalau opor ayam dikasih daun kedondong itu namanya sayur becek. Day 22 #BikinRamadanBerkesan

Opor Ayam Simple dan Enak

Opor Ayam Simple dan Enak

(20) #BikinRamadanBerkesan Masakan khas yang hampir selalu ada di rayaπŸ˜‹ Resepnya simple dan rasanya enak. Suami dan anak ku suka pake banget.

45 menit