Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Menyiapkan Bubur Randang Banjar yang Lezat Sekali

Dipos pada March 1, 2020

Bubur Randang Banjar

Menu praktis dan gampang yaitu membuat Bubur Randang Banjar yang gampang Cara membuatnya tidak terlalu susah. Harap diperhatikan langkah-langkanya dan waktu pembuatannya agar rasa yang dihasilkan sempurna. Umumnya Bubur Randang Banjar yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Biasanya setiap masakan akan ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi cita rasa dari Bubur Randang Banjar, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Jangan terlalu repot dalam penyajian Bubur Randang Banjar sebaiknya di rumah sendiri terlebih dahulu agar lebih percaya diri dan yakin.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Bubur Randang Banjar sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Bubur Randang Banjar memakai 6 jenis bahan dan 9 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bubur randang, salah satu makanan penutup khas banjar yang rasanya manis serta gurih. Makanan jadul satu ini memang sudah langka di pasaran, tidak seperti dulu yang bahkan dijajakan pada sekolah dasar sebagai jajanan istirahat siang. Makanan masa kecil yang dengannya pasti ada cerita. Membuat suasana kumpul berbuka puasa menjadi lebih gembira. #BikinRamadanBerkesan

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bubur Randang Banjar:

  1. 250 gr Bubur randang/sagu
  2. 100-200 gr gula aren tergantung selera
  3. 200 ml Santan
  4. Secukupnya garam
  5. Secukupnya gula pasir
  6. Daun pandan

Langkah-langkah untuk membuat Bubur Randang Banjar

1
Cuci bersih bubur randang
Bubur Randang Banjar - Step 1
2
Potong gula aren kemudian didihkan bersama 150ml air biasa sampai cair, kemudian sisihkan
3
Panaskan santan, tambahkan sedikit garam dan daun pandan, masak dengan api kecil sampai sedikit mendidih. Aduk terus agar tidak pecah, kemudian sisihkan. (Boleh dimasukan satu sendok teh maizena yang telah dicairkan agar kental, tapi kali ini saya gak pake)
4
Didihkan air 600ml, kemudian tambahkan bubur randang, aduk dan biarkan sampai mengental. Kemudian masukan gula aren yang telah dicairkan tadi.
5
Kemudian masukan sedikit garam dan gula pasir sebagai penyeimbang rasa.
6
Masak bubur randang hingga berwarna bening kemerahan seluruhnya dan mengental dengan baik.
Bubur Randang Banjar - Step 6
7
Matikan kompor, biarkan bubur randang dingin dengan suhu ruang.
8
Jika sudah dingin, sajikan ke dalam piring/gelas dan tambahkan kuah santan sebagai toping.
9
Cocok dimakan sebagai dessert bersama keluarga.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Rendang jengkol

Rendang jengkol

Kmrin beli jengkol sekilo krn ga mau ribet saya rebus smua . setengah saya goreng dn saya bumbuin. setengah lg saya simpan di kulkas biar bsk klo mau msk jengkol tinggal di olah aja.eh hr ni jengkol yg di bumbuin udh ludes nasi jg ludes.pdhl msk nasiny sudah saya tambh ttp ludes krn da jengkol.klo ada jengkol smngt mkn ny.hahaha awas kbauan.xixi akhirnya mlm ni ko pngen ngolah jengkol lg krn liat resep mba ekasari7117.jd dh rendang jengkol ini.br pertama x jengkol di rendang lumayan jd da variasi mskn jengkol ga cuma di bumbuin,di pecak,di kecapin, di semur tp bs direndang jg.tp krn da bbrp bahan yg ga ada jd ada bbrp bahan yg sy ga pake dn da jg yg sy tmbhin. Y klo mau msk sesuai selera aja ya...resep orng sebagai referensi...mau di ikutin semua boleh mau nambahin dn kurangin jg boleh intinya sesuai selera saja....penentuny anda sendiri....selamat berkreasi.

Rendang daging ala padang

Rendang daging ala padang

Mau pergi liburan keluarga, mau bikin buat bekal liburan yg dgn 1 lauk aj udh nikmat..hehehe

Rendang sapi

Rendang sapi

dapat jatah dr masjid deket rumah daging sapi,akirnya sebagian dimasak rendang yg ga pedes biar si bos cilik ikut makan.

Rendang Jengkol Super Pwedas 😁

Rendang Jengkol Super Pwedas 😁

Berawal dr khasiat Jengkol yg konon katanya luar biasa, ber-eksperimen krn penasaran dg aromanya yg dahsyat 😂 hingga bbrp kali masak si-aroma tdk ikut serta, Alhamdulillah... ini dia resepnya 😜 semoga berkenan 🙏

Spagetti rendang udang

Spagetti rendang udang

Dah lm gak mkn spagetti,mumpung d rumah da bumbu rendang instan n udang jadilah makanan western ktemu eastern ni 😂 happy trying good people

3 porsi
30 menit
Lapis daging rasa rendang

Lapis daging rasa rendang

Terus terang saya kurang mengenal ya aneka masakan.ini resep saya dan favorit suami .yang penting suami cinta masakan dan makanan rumah hehe...masakan pas di lidah orang pribumi Indonesia #rabubaru #FestivalResepAsia #Indonesia #Dagingsapi #Cookpadcommunity

Rendang Bebek

Rendang Bebek

Ceritanya sih mau buatin makanan khas hari raya untuk suami yg adalah orang minang. Jadi deh bikin rendang itik dengan resep dari Ibu Mertua tercinta.

4 Jam
Rendang Ayam & Telur

Rendang Ayam & Telur

Pengennya bikin rendang daging, tapi blm belanja, bahan yg ada di kulkas cm ayam 4 potong dan telur bejibun, akhirnya bahan utama aku ganti ayam dan telur aja jadinya. Dimakan pas winter gini pake nasi ngepul..enaaakk.. Bumbu2nya pake feeling aja ya, sesuaikan dg jumlah bahan.

Rendang

Rendang

Gak bisa mudik ke medan karena lagi hamil muda, jadinya masak rendang buat ngobatin kangen rumah. Resep dari papaku yang pinter bgt masak. Alhamdulillah suami dan teman2 suka hihihi

1 keluarga
3-4 jam
Rendang Daging Sapi

Rendang Daging Sapi

Weekend yang kerajinan, hari Sabtu bikin Paru Ungkep, hari Minggu bikin Rendang daging sapi 😍

Kerang dara bumbu rendang praktis dan mudah

Kerang dara bumbu rendang praktis dan mudah

Pas mau belanja bahan masakan hari ini ketemu tukang sayur keliling lewat. Nikmat Tuhan yang mana lagi engkau dustakan? Tanya ada lauk apa sisa ikan ama kerang. Belom pernah nih masak kerang. Cobain ah, pulang ubek cookpad. Karena pengen bumbu yang beda dari biasa saya akhinya pilih di rendang. Liat resel aslinya bisa di akun 'Puji Astutiek' . Kalo ini udah disesuain sama stok bumbu di rumah. Karna sesungguhnya masak jangan bikin ribet. Yang penting mah enak bisa diterima lidah yang makan. Minimal lidah yang masaknya ya😄 hasilnya terlalu kuning ya. Soalnya saya ngupas kunyit 1 ruas saya masukin semua. Dari resep asli 1 cm aja. Dan cave keritingnya harusnya 10 saya cuma 6, soalnya gak ada lagi. Tapi ini hasilnya gak ngecewain kok. Tetep yummi😉

2 porsi
Rendang daging (#prRamadhan_masakbesar)

Rendang daging (#prRamadhan_masakbesar)

03/05/2018. #BikinRamadanBerkesan #23. Rendang,makanan khas Padang yg sudah diakui dunia sebagai makanan paling lezat. Dan ini salahsatu sajian lebaran khas masyarakat Indonesia. Sy recook rendangnya dari mba Susie Agung,termasuk simple karena ngak terlalu bnyk rempah & ngak pake kelapa parut sangrai,tp tetep lezat 👍.

Kalio Ayam (Rendang Basah) mix Daun Mangkokan

Kalio Ayam (Rendang Basah) mix Daun Mangkokan

Ada yang pernah buat Kalio Ayam atau Rendang Basah ala orang sumatera kaya saya ? Buat sahur dihari pertama juga ok loch ?

Rendang #bikinRamadhanberkesan #selasaBisa #day7

Rendang #bikinRamadhanberkesan #selasaBisa #day7

Kebiasaan keluarga kami saat di awal puasa mesti ada rendang. Lalu diakhiri dengan rendang juga saat lebaran 😄 bedanya rendang lebaran khusus dibuat oleh mama mertua yang jago banget bikinnya 😙 Saya biasa minta tukang daging untuk potong dagingnya supaya ukurannya sama. Pernah potong sendiri hasilnya ada yang besar ada yang kecil hingga hancur saat matang 😜 Resep saya tidak pedas karena anak anak ikut makan semua. Bisa disesuaikan yah kalau mau pedas.

Rendang ceker

Rendang ceker

Mengobati rindu gudeg ceker jogja

#kitaberbagi Rendang mantapz dan tips supaya daging empuk

#kitaberbagi Rendang mantapz dan tips supaya daging empuk

Bapak mertua suka rendang..tp daging harus empuk krn giginya tingg8al dua... Ahahaha...jadi kaya lagu burung kakatua..idul adha ini aku masak lagi lo..dan bumbu semua uda aku sesuaikan yg kurang2,,dan cat nanas yg buat aku empukin daging tu nanas muda...yg ijo lo bukan yg kuning kulitnya..asli deh parut trus balurin 10 menit aja da empuk lo dagingnya..ga perlu pake air. Stlh itu bilas biar ga asem..kalo buat daging kambing jd g bau kambing bgt jg..😊

10 orang
Rendang daging padang

Rendang daging padang

Males buat bumbu rendang jd beli bumbu giling yg dr pasar.