Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Membuat Rendang Ayam Kacang Merah yang Bisa Manjain Lidah

Dipos pada February 25, 2020

Rendang Ayam Kacang Merah

Hari ini saya akan berbagi resep Rendang Ayam Kacang Merah yang unik? Dijamin tidak bakalan repot membuatnya. Usahakan relax dan santai membuatnya ya, agar rasa yang dihasilkan menjadi nikmat dan sempurna. Pada umumnya Rendang Ayam Kacang Merah yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi kulitas dari Rendang Ayam Kacang Merah, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Lakukanlah hal gampang dalam penyajian Rendang Ayam Kacang Merah enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Rendang Ayam Kacang Merah kira-kira 6 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Jangan lupa ya, kira-kira waktu penyiapan Rendang Ayam Kacang Merah diperkirakan sekitar 1 - 2 jam.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Rendang Ayam Kacang Merah sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Rendang Ayam Kacang Merah memakai 18 jenis bahan dan 9 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Resep dari @zakia ❤️

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Rendang Ayam Kacang Merah:

  1. 1 ekor ayam. Potong dan cuci bersih
  2. 1 liter santan kental (dari 2 butir kelapa)
  3. 250 gr kacang merah (Sesuai selera, kalau gak pakek juga oke)
  4. 🌿Bahan halus
  5. 12 bh bawang merah
  6. 8 bh bawang putih
  7. 10 bh cabe merah (kalau mau pedes ditambah lagi)
  8. 1/4 sdt cabe bubuk
  9. 1/2 sdt kunyit bubuk
  10. 1/2 ruas jari lengkuas
  11. 1/2 ruas jari jahe
  12. 🌿Bahan utuh
  13. 3 lbr daun salam
  14. 1 lbr daun kunyit
  15. 2 bh serai (1 digeprek dan 1 di cincang halus)
  16. 3 lbr daun jeruk
  17. 1 bh pala di geprek (boleh pakek boleh gak)
  18. Secukupnya gula merah, asam jawa dan garam

Langkah-langkah untuk membuat Rendang Ayam Kacang Merah

1
Cuci bersih ayam dan tambahkan garam.
2
Rebus kacang merah setengah masak.
3
Haluskan bumbu dan tumis bumbu halus dan segala jenis daunnya dengan api kecil hingga wangi.
4
Masukan ayam dan santan cair dan gula merah, aduk hingga mendidih. (Aduk nya harus ekstra hati2, beda dg daging sapi, ayam lebih mudah hancur)
5
Tambahkan santan kental. Masukkan kacang merah, gula merah, pala dan air asam.
Rendang Ayam Kacang Merah - Step 5
6
Aduk hingga mengental, tambahkan garam dan aduk hingga keluar minyaknya.
7
Cicipi rasa dan matikan api sesuai kering nya selera rendangnya.
Rendang Ayam Kacang Merah - Step 7
8
Nb: Bagi yg mau ayam nya tidak terlalu lunak, ayamnya bisa di goreng terlebih dahulu. Goreng setengah matang.
9
😊

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Rendang ayam

Rendang ayam

Iseng pengen nyoba bkin rendang.. Awalny mw ng mix bumbu sendiri pas sampe pasar taunya ad yg jual jd y uda ya beli jadi aja biar ga ribet 😂 dsini saya pakeny daging ayam bukan sapi n ga pake santan.. Cm air kaldu rebusan ayam aja.. Dan saya jg ga tambah garam lagi.. Selamat mencoba ya.. Tanpa santan dan garam tambahan pun rasa tetep juara!

Rendang Ayam Rumahan

Rendang Ayam Rumahan

Rendang kali ini adalah rendang ayam. Bumbu sama aja dengan yang daging, cuma kalo ayam masaknya enak lebih cepet. Entah kenapa tiap kali bikin rendang, ga pernah bisa sampe hitam gitu warnanya. Kayak yang di rumah makan Padang. Paling sampe coklat tua aja. Nanti kl udah sering di angetin, baru deh bisa hitam. Apa memang begitu ya? Resep dari Mama.

Rendang Daging #selasabisa

Rendang Daging #selasabisa

#BikinRamadanBerkesan

4 porsi
Rendang Mudo Asli Padang (Bukittinggi)

Rendang Mudo Asli Padang (Bukittinggi)

Kali ini saya bikin ga terlalu kering bun namanya rendang muda ( agak basah ) karena lebih suka yg begini .. Kalo mau lebih hitam tinggal d masak kurleb 40 menit lagi dg api benar2 kecil sangat 😊😊 Tetap dengan resep simple ya bun

Rendang ayam tempe

Rendang ayam tempe

siang2 bumil laper, iseng2 liat IG, nemu resep rendang ayam nya mb @dellasuzura, cuus eksekusi bahan2 seadanya yg dikulkas ☺ pake resepnya 1/4 dari aslinya, soalnya ayam dikulkas cuma dikit 😊 plus q modifikasi sama bahan2 seadanya.. tetep maknyuuus dah ☺😊

Rendang Magelang #KitaBerbagi

Rendang Magelang #KitaBerbagi

Rasanya maknyus...,ditemani nasi putih hangat...hemmm

2 jam
Rendang daging khas padang

Rendang daging khas padang

Menu wajib idul fitri 😉

2 jam
Rendang daging simpel

Rendang daging simpel

Baru pertama kalinya dapat daging qurban dan selama awal nikah dan bingung mau di masak apa 🙈 bismillah buka youtube langsung eksekusi.. Dan hasil nya lumayan membanggakan untuk pemula 😊 karena tiap lebaran pasti lari nya makan di rumah orang tua 😂

Rendang Bebek

Rendang Bebek

Ceritanya sih mau buatin makanan khas hari raya untuk suami yg adalah orang minang. Jadi deh bikin rendang itik dengan resep dari Ibu Mertua tercinta.

4 Jam
Rendang Ayam Nendang

Rendang Ayam Nendang

mmm..... ayam....ayam...dan ayam lagi hheee kali ini bumbu2nya sangat simple yaa #abaikan foto yang masih berantkan

#109. Rendang Jengkol Kentang

#109. Rendang Jengkol Kentang

Resep ke 109 Jengkol adalah makanan yg bau yg tdk semua org menyukainya,, tapi taukah anda jika jengkol memiliki segudang manfaat,, Jengkol bisa diolah dgn cara apapun oke oke aja. Kali ini sy coba rendang jengkol kentang ala kadarnya, mudah & enak,, nggak perlu ribet. Hasilnya nggak ngecewakan tuh 😃😃 enak juga 👌👌

Rendang Daging Kentang

Rendang Daging Kentang

Dulu pas kuliah sering dibawain rendang sama temen yang dari Padang, isinya daging sama kentang. Tapi yang jadi favorit itu kentangnya, enak banget dimakan sama bumbu rendang. Ini coba-coba buat tapi versi saya, walaupun rasanya nggak sama kaya yang asli Padang (kata temen rempahnya cuma dijual disana), tapi sukses bikin nasi di magic com habis. Enak !

3-4 porsi
60 menit
Rendang Daging USA

Rendang Daging USA

Kalau di sini saya pakai daging yg namanya rump roast yang masih punya lemak di serat dan pinggirannya. Mungkin di Indonesia namanya tanjung. Karena jenis daging Sapi disini mudah di masak dan tidak keras.

Rendang hati,ampela& kentang😁

Rendang hati,ampela& kentang😁

Ceritanya mau masak balado tapi cabe merah nya gak ada😂 ,yg ada bumbu rendang ya sudah kita masak yg bumbunya ada saja coba2 eh ternyata rasanya enak juga bun😁,buatnya gampang gak ribet, yuk simak bun

Rendang jengkol

Rendang jengkol

Kebetulan di beliin jengkol sama adik ipar nya ibu mertua... Mikir enak nya di masak apa... Yasudah lah di masak rendang aja awet sekian hari karena saya sendiri yang doyan makan jengkol. Pak suami mah anti banget sama jengkol

1 porsi