Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Membuat Opor Ayam dan Kentang yang Bikin Ngiler

Dipos pada February 20, 2022

Opor Ayam dan Kentang

Hi Mommy, yuk praktek untuk buat Opor Ayam dan Kentang yang lezat Proses dan cara membuatnya pasti simple dan menyenangkan. Harap diperhatikan langkah-langkanya dan waktu pembuatannya agar rasa yang dihasilkan sempurna. Padahal Opor Ayam dan Kentang yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi kulitas dari Opor Ayam dan Kentang, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Lakukanlah hal gampang dalam penyajian Opor Ayam dan Kentang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Kira-kira porsi penyajian Opor Ayam dan Kentang biasanya untuk 1 porsi 5 orang. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Opor Ayam dan Kentang sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Opor Ayam dan Kentang memakai 7 jenis bahan dan 8 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Buat yg lagi mls makan nasi, Sebagai pengganti nasi jadi si opor ditambahin kentang nan kaya karbohidrat

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Opor Ayam dan Kentang:

  1. 5 bagian paha ayam kecil (potong sesuai selera)
  2. 2 buah kentang besar
  3. 100 gram bumbu giling jadi untuk opor
  4. 1 pcs rempah 5 sekawan (kayu manis, buah pala, cengkeh, dll)
  5. 200 ml santan murni
  6. secukupnya Garam
  7. secukupnya Gula

Langkah-langkah untuk membuat Opor Ayam dan Kentang

1
Bersihkan ayam dan potong menjadi beberapa bagian kecil
Opor Ayam dan Kentang - Step 1
2
Goreng ayam sekitar 2 menit saja agar tekstur ayam tidak hancur saat dimasak opor lalu tiriskan
Opor Ayam dan Kentang - Step 2
3
Panaskan minyak goreng secukupnya dan tumis bumbu giling opor hingga harum dan aroma mentah nya hilang.
4
Masukkan kentang yg sudah dipotong dadu lalu disusul dengan ayam.
Opor Ayam dan Kentang - Step 4
5
Setelah bumbu merata lalu masukkan santan dan air. Aduk perlahan agar santan tidak menggumpal.
Opor Ayam dan Kentang - Step 5
6
Apabila sudah agak mendidih masukkan rempah 5 sekawan. Terus mengaduk dan koreksi rasa.
7
Sajikan opor didalam mangkuk. Bisa disantap tanpa nasi karena sudah ada kentang sebagai sumber karbohidrat dan pengenyang.
8
Selamat mencoba. Salam dauntlessXfood

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Opor Ayam Bumbu Kuning

Opor Ayam Bumbu Kuning

Hasil recook dari bunda Sriwidi 👍. Baru pertama kali buat dan sukses💪. Thank you so much bunda Sriwidi 😘

Opor ayam

Opor ayam

4 porsi
Opor telur daun singkong

Opor telur daun singkong

Day 20 #Bikinramadhanberkesan Punya daun singkong yg sudah di rebus dlm kulkas.bingung mau dimasak apa dan di campur apa.lihat masih pny telur ayam.yasud di bumbu opor aja dicampur telur rebus.buat berbuka puasa,nanti tinggal masak yg buat sahurnya. Kebetulan anak"suka daun singkong yg di masak opor#Bikinramadhanberkesan

Opor ayam kuah kuning

Opor ayam kuah kuning

Sabtu pagi ini masak yg gampang aja opor kuah kuning anak2 juga bisa makan karna gak.pedas sama sekali😊

Opor Ayam

Opor Ayam

Bismillahirrahmanirrahim Edisi kepengen lontong opor 😂 Lontongnya beli, opornya bikin aja. Lebih banyak dapetnya lebih sedikit cost nya wkwk Yuk moms check it out

7 porsi
35 menit
Opor Kering Oma

Opor Kering Oma

Ini resep Fav banget dari Ibu Saya yang biasa dipanggil Oma sama Anak2 dan Cucu2nya. Sedap,gurih tapi gak eneg.. Berhubung di daerah Aku setiap 15 Ramkadhan ada tradisi yg namanya Qunutan dimana khasnya adalah Ketupat dan opor ayam,cuzz deh cobain dr skrg buat buka puasa... Rasanya kayak lebaraaaaaaaaaaaaaaaaaaaan😍😍😍😍

4 porsi
1jam
Opor ayam

Opor ayam

Gak terlalu kental

Opor Ayam #BikinRamadhanBerkesan

Opor Ayam #BikinRamadhanBerkesan

Beberapa hari lalu aku baru aja mudik kerumah. Pas waktu sampe rumah mama udah ready mau masak buat buka, dan mama request aku yg masak bikin opor ayam. Yaa itung itung trial buat nanti lebaran yaa 😂 hehe. Begitu jadi udah mepet banget buka dan kebetulan aku ada temen yg kerumah jadi gak sempet fotoin dulu hasil masakannya. Waktu udah beres makan, bener-bener baru inget dan cuman tinggal 1 potong ayam dan kuahnya yg tinggal dikit yaa alhasil fotonya cuman gini aja, but alhamdulillah semua orang suka sama masakanku terutama papaku yg agak rewel kalo urusan masakan wkwk. So, dari pada banyak cerita cobain deh bikin opor ayam ala aku ini buat inspirasi masak lebaran nanti hehe Jangan luoa share recook kalian yaa Hope you enjoy ❤️

Lontong dengan opor ayam kampung

Lontong dengan opor ayam kampung

Lagi pingin banget makan lontong, tapi di sini tidak ada lontong yg enak, ada yg jual tapi lembek. Sekaliny ada yang enak, mesti ke pasar dulu, keburu gak kepingin nanti. Akhirnya aku bikin sendiri.

Opor Ayam & Pepaya Muda

Opor Ayam & Pepaya Muda

Makanan favorit suami kalau pulang kampung. Dimasakin bu mertua opor ayam dicampur dengan pepaya muda yang masih hijau. Nah ini berhubung pepayanya cuma ada 2 potong, saya tambahkan kentang didalamnya.

5 porsi
Opor ayam tanpa santan

Opor ayam tanpa santan

Recook dari resep mba Lita Maya.. Agak sedikit dirubah krn kurang suka dengan tahu. Kenapa memilih resep ini? Karena tidak memakai santan,ya semakin bertambah usia semakin ingin mengurangi konsumsi santan. :-)