Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Menyiapkan Ayam Opor (side dishes sego liwet) yang Lezat

Dipos pada March 3, 2022

Ayam Opor (side dishes sego liwet)

Anda sedang mencari inspirasi resep Ayam Opor (side dishes sego liwet) yang unik? Cara membuatnya sedikit repot. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Ayam Opor (side dishes sego liwet) yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi kulitas dari Ayam Opor (side dishes sego liwet), antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Ayam Opor (side dishes sego liwet) bisa dirumah atau rumah keluarga, karena lebih menguasai situasi penyajian dan dapat lebih maksimal.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Ayam Opor (side dishes sego liwet) biasanya untuk banyak porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Ayam Opor (side dishes sego liwet) sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Ayam Opor (side dishes sego liwet) memakai 17 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Untuk melengkapi sego liwet, saya membuat ayam opor. Sebenarnya bumbunya adalah bumbu ayam ingkung, tapi krn saya pakai ayam kampung, sepertinya sulit buat bikin ingkung, ini saja bikin opor bumbu ingkung ini butuh waktu lebih dari 2 jam. Tapi worth to wait kok. Hasilnya enak.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Ayam Opor (side dishes sego liwet):

  1. 1 ekor ayam potong 12 bagian
  2. bumbu halus:
  3. 8 butir bawang merah
  4. 3 siung bawang putih
  5. 4 butir kemiri
  6. 1 ruas jari kunyit (kupas)
  7. 1 sendok makan ketumbar
  8. 15 butir merica
  9. bumbu lain:
  10. 4 lembar daun salam
  11. 3 lembar daun jeruk
  12. 2 ruas jari lengkuas (memarkan)
  13. 1 ruas jari jahe (memarkan)
  14. 2 serai (memarkan)
  15. gula jawa
  16. garam
  17. 2 bungkus sun kara kecil warna hijau

Langkah-langkah untuk membuat Ayam Opor (side dishes sego liwet)

1
Rebus dulu ayam kampung sampe mendidih saja, jangan sampai matang.
2
Sambil merebus ayam, haluskan semua bumbu halus. Jangan lupa kemirinya disangrai dulu hingga ada bagian kecokelatan.
3
Masukkan semua bumbu dan ayam kedalam panci presto (biar lebih cepat), jangan masukkan santannya dulu. Masak pada api sedang.
Ayam Opor (side dishes sego liwet) - Step 3
4
Tunggu hingga empuk. Saya perlu waktu 25 menit dari mulai keluar suara berdesis. Waktu tergantung "kesehatan" panci presto dan besarnya api.
5
Masukkan santan dan aduk merata. Masukkan bumbu2 ekstra seperti gula pasir dan garam. Koreksi rasanya.
6
Tunggu hingga kuah kental dan ayam sudah terasa santannya. Saya butuh sekitar 15 hingga 20 menit, dan sempat saya tambahkan air.
7
Kalau sudah cantik seperi gambar disamping, sajikan sebagai lauk sego liwet atau nasi biasa juga tidak apa-apa.
Ayam Opor (side dishes sego liwet) - Step 7

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Daging Ayam Bumbu Terik

Daging Ayam Bumbu Terik

Salah satu masakan favorit keluarga.

6 porsi
45 menit
Terik Telur Ceplok+Tahu

Terik Telur Ceplok+Tahu

Biasanya kalau masak terik, telurnya direbus. Masaknya jd agak lama, harus ngrebus & ngupas telur. Kali ini sy pgn yg cepet. Jadilah masak terik dg telur diceplok, lebih cepat & praktis. Kadang sy tambahkan wortel supaya ada sayurnya.

5 porsi
20 menit
Opor ayam tahu bumbu kuning

Opor ayam tahu bumbu kuning

7 porsi
45 menit
Opor Ayam

Opor Ayam

Judulnya siih opor ayam. Tapi isinya lebih rame, ada tahu, wortel sama telur. Ini karena saya lagi pengen masak praktis, pakek bumbu jadi opor ๐Ÿ˜† Tapi d tambahin bumbunya biar makin mantap.

5-6 porsi
20 menit
OPOR AYAM

OPOR AYAM

Ahaa... Lebaran tinggal sehari lagi... untung sebelum mbak pulkam udah nyetok bahan bahan hidangan menu lebaran... Saat matang aroma harum dari santan dan bumbunya saat menggoda hehehe... yuk buat.... ^^

6 porsi
60 menit
Terik Telur & Tempe

Terik Telur & Tempe

Masak terik telur dan tempe sebagai menu pendamping urap kenikir.

3 porsi
30 menit
Opor ayam bumbu rempah lengkap

Opor ayam bumbu rempah lengkap

Ini resep dari ibu ku tercinta...aku dari gadis bahkan dari SMP sudah hobby masak...namun setiap kali masak suka lupa bumbu nya...namun setelah menikah ntah kenapa sekali saja di beri tahu langsung nyerap dah tu resep :D untuk opor ayam ini aku pake resep dari ibu ku, beliau berpesan selagi bisa masak dan sehat. Masak lah buat suami, jangan biar kan suami mebikmati makanan luar yang bukan kita masak...tapi kebukti, suami ku gak suka jajan diluar. Karena sudah kenyang suguhan makanan dan cemilan yang istri nya buat kali yaa :D

5 porsi
90 menit
Opor tahu telur kentang

Opor tahu telur kentang

Ini edisi malas masak jadi buat menu yang bisa di jadikan lauk sekaligus jadi sayur #olahan kelapa

3 porsi
20 menit
opor telur

opor telur

Simple.. Bisa diganti ayam atau ikan, jadi seorang ibu hrs puter otak agar lauk tdk monoton, ini jadi bumbu dasar setiap masakan ku..

6 orang
40 menit
Opor ayam

Opor ayam

Bosen makan ayam goreng terus, jadilah eksperimen opor ayam. Padahal biasanya masak opor kalau lebaran aja

Opor Ayam

Opor Ayam

Biasanya ga mau repot tinggal cari bumbu instan, tapi kali ini aku ngulek sendiri bumbunya ๐Ÿ˜ Btw yang difoto atas ini hanya sebagiannya aja, tapi dari 1/2 ekor ayam aku bisa dapat 7 potong ayam ๐Ÿ˜‰

5-6 Porsi
Opor ayam susu gurih

Opor ayam susu gurih

opor ayam perdana tanpa santan berhubung idul adha biasanya suka ada opor ayam nih ๐Ÿ˜‹

Opor Ayam Tahu Telur Istimewa

Opor Ayam Tahu Telur Istimewa

Opor ini enak banget & dijamin sehat karena NO MSG ya.. Apalagi suami bilang ini enak & rasanya pas, syukurlahh.. Secara suami ini rada kritis kalo soal rasa. Kl suami blg enak, berarti memang mantapp, hahahaha.. Mama saya yg udah biasa bikin opor pun bilang kl opor buatan saya enak & bahkan minta resepnya. Bangga deh rasanya, wkwkwkwk.. Memang resep hasil recook dari mbak Ribka Arini ini the best banget, sampe bikin suami & mama saya makannya nambah-nambah.. Apalagi saya yg doyan makan, nasi sepiring gk cukup.. xixixixi.. Baby saya yg umur 1 tahun 2 bulan jg bisa makan lho.. Udah deh, langsung cuss aja resepnya yukk..

Opor Ayam Kuning

Opor Ayam Kuning

๐Ÿ’›๐Ÿ’›๐Ÿ’›sebenernya suka banget masak,suami saya suka makan,tapi karena saya sibuk terus tiap hari ke pasar hunting bahan,anak-anak dan paksu sering banget makan masakan beli mateng๐Ÿ˜œ๐Ÿ˜œ๐Ÿ˜œ maklum deh ga punya art atau suster. semua di handle sendiri,mulai dr bebenah, ngurus rumah,anak, paksu,orderan,packing,shipping,mau masak kadang pinggang udh berasa mau patah jd ambil simple beli mateng๐Ÿ˜‚ nah,krn besok mau lebaran nih ceritanya saya masak opor ayam telor,Rizqi sm Rafli seneng banget klo dimasakin opor telor. kebetulan paksu ga suka pedes (samsek ga doyan cabe) jadi saya ga pernah masak yang pedes-pedes. ini dampingannya sama rendang aja,rendangnya jg rendang telor๐Ÿ™ˆ๐Ÿ™ˆ๐Ÿ™ˆsemoga ga bisulan (daging mahal banget๐Ÿ˜ฉ) .

6 porsi
60 menit
Opor Ayam Telur Tahu

Opor Ayam Telur Tahu

pertama kali masak opor mumpung lg lebaran, biasanya ibu yg suka masak tp krn kali ini lebaran tampa ibu jd deh harus masak sendiri. . .

4 porsi
45 menit