Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Menyiapkan opor ayam yang Bikin Ngiler

Dipos pada March 4, 2022

opor ayam

Penasaran dengan rasa yang diwarung tempo hari, yuk kita berkreasi membuat opor ayam yang pasti lezat Dijamin tidak bakalan repot membuatnya. jangan terburu-buru ya, kalau salah proses dan bahan rasanya nanti tidak enak. Padahal opor ayam yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi kulitas dari opor ayam, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian opor ayam ada baiknya dilakukan ditempat yang bersih dan higienis.

Bahan-bahan dibawah akan sangat pas untuk porsi penyajian opor ayam biasanya untuk 5 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Sebagai perhatian, perkiraan waktu untuk memasak opor ayam diperkirakan sekitar 45 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan opor ayam sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat opor ayam memakai 15 jenis bahan dan 2 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

masaknya paling enak kalo ayamny muda.masakny gak usah lama2

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat opor ayam:

  1. 1 ekor ayam.potong 12
  2. 500 ml santan
  3. 2 lbr daun salam
  4. 2 btg serai
  5. 2 sdm minyak goreng
  6. 2 sdm air asem jawa
  7. haluskan:
  8. 6 butir bawang merah
  9. 2 siung bawang putih
  10. 1/2 sdt ketumbar
  11. 2 butir kemiri
  12. 2 cm kunyit
  13. 1 sdm gula pasir
  14. 2 bks royco
  15. 1 sdt terasi

Langkah-langkah untuk membuat opor ayam

1
tumis bumbu halus,daun salam, serai sampai harum
2
masukkan ayam. aduk sampai berubah warna. tuang santan. masalah sampai mendidih dan bumbu meresap

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Opor ayam penuh lemak #ketowarriors

Opor ayam penuh lemak #ketowarriors

Pejuang diet keto pasti seneng ni

Opor Ayam Tahu Telur Istimewa

Opor Ayam Tahu Telur Istimewa

Opor ini enak banget & dijamin sehat karena NO MSG ya.. Apalagi suami bilang ini enak & rasanya pas, syukurlahh.. Secara suami ini rada kritis kalo soal rasa. Kl suami blg enak, berarti memang mantapp, hahahaha.. Mama saya yg udah biasa bikin opor pun bilang kl opor buatan saya enak & bahkan minta resepnya. Bangga deh rasanya, wkwkwkwk.. Memang resep hasil recook dari mbak Ribka Arini ini the best banget, sampe bikin suami & mama saya makannya nambah-nambah.. Apalagi saya yg doyan makan, nasi sepiring gk cukup.. xixixixi.. Baby saya yg umur 1 tahun 2 bulan jg bisa makan lho.. Udah deh, langsung cuss aja resepnya yukk..

Opor ayam simple

Opor ayam simple

Berawal dari coba2 ee ternyata anak suka sekali sama opor nya hehehe

Lontong opor

Lontong opor

latepost😂😂

Opor Ayam Nanas

Opor Ayam Nanas

Opor ayam paling enak dimakan dg nasi, ketupat atau lontong. Kalau saya masaknya pakai nanas, jadi rasa kuah opor nya segar. Tidak enek. Khas palembang spt itu, apalagi dihidangkan dg sambal nanas. Maknyoosss... tambah lagi dong

OPOR Ayam Kampung

OPOR Ayam Kampung

Dapat ayam kampung 1 ekor

Opor Telur Tahu Tempe

Opor Telur Tahu Tempe

Coba kreasi lain dari opor... requestnya suami sih... :D

4 porsi
15 menit
Opor ayam dan tahu

Opor ayam dan tahu

#SiapRamadan #SiManis

#5) Opor ayam kampung#bikinramadanberkesan

#5) Opor ayam kampung#bikinramadanberkesan

Lumayan dikasih tetangga ayam kampung 1 ekor kalau digoreng udh biasa ,dibuat opor kayanya enak yuk bunda kita masak opor ayam kampung buat menu buka puasa #bikinramadanberkesan

Lontong Opor

Lontong Opor

Habis pulang kampung. Belum move on dari menu lebaran. Yaudah bikin opor lagi aja deh. Yuk intip resepnya bund..

60 menit
Opor Ayam 'resep warisan Mama'

Opor Ayam 'resep warisan Mama'

Banyak resep2 warisan dari almh. mama saya yang sempat saya catat dan saya simpan dalam 'buku pusaka' saya😃....Jadi pas mau masak ala masakan mama, saya tinggal buka buku, baca resep, trus masak deh...Skarang jaman sdh canggih, salah satunya ada Cookpad tmpat menyimpan resep paling praktis dan mudah, satu2 resep warisan mama mau sy simpan di sini aja...moga2 bisa diwariskan jg buat anak cucu kelak, amien...Salah satunya resep 'opor ayam' ini....

4 porsi
45 menit
Opor Ayam Pedas

Opor Ayam Pedas

pedas bisa di sesuaikan, jika suka tambahkan cabai lebih banyak...

Opor Ayam Kuning

Opor Ayam Kuning

💛💛💛sebenernya suka banget masak,suami saya suka makan,tapi karena saya sibuk terus tiap hari ke pasar hunting bahan,anak-anak dan paksu sering banget makan masakan beli mateng😜😜😜 maklum deh ga punya art atau suster. semua di handle sendiri,mulai dr bebenah, ngurus rumah,anak, paksu,orderan,packing,shipping,mau masak kadang pinggang udh berasa mau patah jd ambil simple beli mateng😂 nah,krn besok mau lebaran nih ceritanya saya masak opor ayam telor,Rizqi sm Rafli seneng banget klo dimasakin opor telor. kebetulan paksu ga suka pedes (samsek ga doyan cabe) jadi saya ga pernah masak yang pedes-pedes. ini dampingannya sama rendang aja,rendangnya jg rendang telor🙈🙈🙈semoga ga bisulan (daging mahal banget😩) .

6 porsi
60 menit
Opor ikan patin

Opor ikan patin

Udah lama gak makan opor ikan patin hmm akhirnya kecapai jga ...