Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Membuat Opor Ayam #pr2_masakanbersantan yang Bisa Manjain Lidah

Dipos pada February 26, 2022

Opor Ayam #pr2_masakanbersantan

Menu praktis dan gampang yaitu membuat Opor Ayam #pr2_masakanbersantan yang lezat Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Usahakan relax dan santai membuatnya ya, agar rasa yang dihasilkan menjadi nikmat dan sempurna. Biasanya Opor Ayam #pr2_masakanbersantan yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Biasanya setiap masakan akan ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi cita rasa dari Opor Ayam #pr2_masakanbersantan, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Jangan terlalu repot dalam penyajian Opor Ayam #pr2_masakanbersantan ada baiknya dilakukan ditempat yang bersih dan higienis.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Opor Ayam #pr2_masakanbersantan sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Opor Ayam #pr2_masakanbersantan memakai 18 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Setor untuk posting rameΒ² ,alhamdulillah ga absen 😊😊 opor ayam ini aku tambah wortel dan kentang ,soalnya si kecil kurang suka kalo cm makan ayam aja ,masaknya jg memang aku lamain ,biar si ayam bisa uempukk ,jd ga kena cuek si kecil jg *bikin slilit gigi soalnya πŸ˜…πŸ˜… yuuu cuss...

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Opor Ayam #pr2_masakanbersantan:

  1. 2 bagian dada ayam (sesuai selera)
  2. 1 buah wortel,iris
  3. 1 buah kentang,iris
  4. 65 ml santan (sebungkus kara)
  5. 2 lembar daun salam
  6. 3 lembar daun jeruk
  7. 1 batang sereh,geprek
  8. Secukupnya garam dan gula pasir
  9. Bumbu Halus :
  10. 8 siung bawang merah
  11. 4 siung bawang putih
  12. 2 cm kunyit
  13. 1 cm jahe
  14. 2 butir kemiri
  15. 1 sdt ketumbar bubuk
  16. 1/4 sdt jinten
  17. Taburan :
  18. sesuai selera Bawang merah goreng

Langkah-langkah untuk membuat Opor Ayam #pr2_masakanbersantan

1
Cuci bersih daging ayam,potong sesuai selera, sisihkan.
2
Tumis bumbu halus,masukan daun salam,daun jeruk,sereh,tumis hingga harum. Kemudian masukan ayam,aduk rata sampe ayam dan bumbu tercampur rata. Tunggu hingga ayam berubah warna,kemudian masukkan air agak banyak sampe ayam tenggelam,masukkan garam dan gula pasir, tunggu sampe air nyusut hampir habes (jangan sampe asat banget yaa).
3
Kemudian masukkan air kembali,tunggu hingga mendidih,masukkan irisan wortel dan kentang sampe setangah matang. Lalu masukkan santan,sesekali di aduk yaa agar santan tidak pecah. Test rasa. Jika sudah di rasa sudah matang dan pas,matikan api,taburi bawang merah goreng.
4
Sajikan bersama nasi hangat,kerupuk,dan sambal (sayang sekali,aku tak bikin sambalnya 😒)
Opor Ayam #pr2_masakanbersantan - Step 4
5
Fresh from wajan,masih kemebull πŸ˜‚ sedap sedap sedap πŸ˜‹πŸ˜‹
Opor Ayam #pr2_masakanbersantan - Step 5

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

OPOR AYAM ala Tegal      [Warung Lesehan Banyumili]

OPOR AYAM ala Tegal [Warung Lesehan Banyumili]

Awal saya melihat tampilan masakannya, saya langsung menyebut ini Garang Asem. Tapi sang pemilik resep mengatakan ini Opor Ayam, begitu di daerah Tegal disebut. Jadi tergelitik untuk mencoba memasaknya. Terimakasih bocoran resepnya ya :-) cc. Wr. Lesehan Banyumili, Saibun, Ciracas

4 porsi
60 menit
Terik Daging

Terik Daging

4 porsi
45 menit
Ayam Opor (side dishes sego liwet)

Ayam Opor (side dishes sego liwet)

Untuk melengkapi sego liwet, saya membuat ayam opor. Sebenarnya bumbunya adalah bumbu ayam ingkung, tapi krn saya pakai ayam kampung, sepertinya sulit buat bikin ingkung, ini saja bikin opor bumbu ingkung ini butuh waktu lebih dari 2 jam. Tapi worth to wait kok. Hasilnya enak.

banyak porsi
Opor Ayam Kampung

Opor Ayam Kampung

Opor ayam resep ibuku

Opor Telur Simple

Opor Telur Simple

10 porsi
30 menit
Opor Ayam Enak Gampang

Opor Ayam Enak Gampang

Seperti biasa resep yang saya share adalah resep yang sepertinya ribet tapi sebenarnya gampang banget.. daaaan enak! πŸ˜‹ selamat mencoba!

Opor Macaroni tanpa santan for Kids

Opor Macaroni tanpa santan for Kids

Anak saya berumur 2 tahun 3 bulan baru sembuh dari demamnya. Lalu saya kepikiran untuk membuat dia semangat makan, karena biasalah anak-anak kalau sakit pasti males banget untuk makan. Lalu saya searching-searching deh di internet bahan makanan yang aman untuk balita. Kepikiran deh untuk buat kreasi dari macaroni (karena terbuat dari gandum, bukan terigu 😊). Jadi deh. Opor makaroni tanpa santan, di ganti sama susu formulanya sikecil. Rasanyanya gurih manis. Si kecilpun lahap makannya.

2 porsi
30 menit
Opor Sayap Ayam Nyumiii

Opor Sayap Ayam Nyumiii

Putri kesayanganku suka banget dengan bagian sayap ayam, daripada diolah goreng/ayam cripsi jadi aku buatin opor, alhasil putri suka bangettt smpe makan pun mau nambah. Alhamdulillah....😍😘

2 porsi
60 menit
Opor Ayam Upgrade Bumbu Instan

Opor Ayam Upgrade Bumbu Instan

Bumbu instan lebih enak bila kita tambahkan bumbu lagi. Bagi saya yang senang masak praktis dan baru bisa masak juga, menambahkan bumbu selain bumbu instan bikin masakan jadi lebih enak dan seperti masak sendiri. Oke, ini demi apa saya bikin sampai 10 porsi? Yak, ceritanya saya bikin makan siang untuk anak-anak pegawai suamiku di kantor.

10 orang
Opor Kuning

Opor Kuning

8 porsi
30 menit
Terik Daging Sapi, Tahu, Telur

Terik Daging Sapi, Tahu, Telur

Setelah sekian lama ada di daftar cookmark, baru kesampaian dieksekusi πŸ˜…. Beda di metode masak. Saya pakai pressure cooker supaya lebih cepat empuk dagingnya. Jadi santan masuk terakhir. thank u ci tintin cantik, ini endeus bingiiiit πŸ‘ŒπŸ‘

Opor ayam telur puyuh

Opor ayam telur puyuh

Nemu ayam sama telur di kulkas πŸ€” yasudah di bikin opor aja..

Opor ayam seadanya

Opor ayam seadanya

Memanfaatkan bumbu yg tersisa d kulkasπŸ˜‚πŸ˜

2 porsi
Opor Ayam Simple Ga Pake Ribet

Opor Ayam Simple Ga Pake Ribet

Ada kakak sama keponakan mau main ke rumah. Langsung kepikiran deh bikin opor buat keponakan mungilku. Alhamdulillah pada suka ^^

5 porsi
45 menit
Opor ayam kuning

Opor ayam kuning

Anak saya suka makan ayam telor dengan kuah seperti ini .gurih dan sedikit manis dg banyak rempah

4 porsi
120 menit
Opor ayam nangka

Opor ayam nangka

Menyambut hari raya idul fitri, suami minta d buatkan opor ayam campur nangka muda. Seperti di kampung halaman kami, pekalongan. sebagai obat rindu kami yg tak bisa pulang kampung..

8 porsi
60 menit
opor ayam anti gagal

opor ayam anti gagal

berhubung suamiku orang jawa .. jd ngasuka tuh kalo lebaran dikasih lontong padang , katanya kepedesan .. wal hasil aku harus belajar buat opor sendiri .. resep ini didapat dr tetangga depan rumah .. arab jawa .. hmm this opor is very yummy, i think.. just try it! bisa buat kuah lontong , bisa juga jd pelengkap nasi gudeg

4 porsi
60 menit
MPASI 11m+ Bubur Terik

MPASI 11m+ Bubur Terik

Di daerah asal saya, bubur terik menjadi menu sarapan pagi anak2, termasuk waktu saya kecil dulu. Sayurnya biasanya kol atau sawi putih, tapi karena adanya stok jamur kancing saja, yaa sutra lah.. yang penting habis hanya dalam waktu 15 menit..

1 porsi
25 menit