Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Membuat Opor Telur Tahu yang Lezat

Dipos pada March 3, 2022

Opor Telur Tahu

Hari ini saya akan berbagi resep Opor Telur Tahu yang pasti lezat Cara membuatnya tidak terlalu susah. Usahakan relax dan santai membuatnya ya, agar rasa yang dihasilkan menjadi nikmat dan sempurna. Umumnya Opor Telur Tahu yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Kemungkinan ada beberapa sebab yang biasanya bisa mempengaruki kenikmatan dari Opor Telur Tahu, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Lakukanlah hal gampang dalam penyajian Opor Telur Tahu di dapur dan menggunakan peralatan yang baik untuk penyajian.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Opor Telur Tahu sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Opor Telur Tahu memakai 19 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Uda lamaa banget pengen masak opor, dan aahirnya kejadian meski mulai dari opor Telur Tahu dl ntar meningkat ke bahan2 lain, doain yah! Secara keluarga besar saya Aceh tulen, meski ada adik nenek yg menikah dg orang jawa yg tinggal di jkt tapi ga pernah tuch masak opor kalo lg ngumpul keluarga besar. Saya makan opor kalo lagi dinas kerja ke jkt dan skrg uda satu tahunan ga k jkt jadinya pengen makan opor, sekarang bisa masak sendiri, nyontek postingan mba dian, dian_kitchen di akun cookpadnya, makasih cookpad utk semua kemudahan ini. Bumbu opornya sedikit saya modifikasi (maaf kalo jdnya di luar pakem), supaya lebih kaya rasa dan hasilnya opor Telur Tahu yg enak bnget, wangii, satu rumah sukaa! Wkt lg proses, anak saya dtg ke dapur dan tanya masak apa sich ma, kok wangi bnget! Ayuk masak biar tahu spt apa enaknya...!!πŸ˜‚πŸ˜‚

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Opor Telur Tahu:

  1. 7 butir telur rebus, kupas goreng sbntar (tdk goreng boleh jg)
  2. 4 potong tahu putih UK kecil, potong2 goreng sampai berkulit
  3. 3 lbr daun salam
  4. 5 lbr daun jeruk (resep asli 3)
  5. 1 cm lengkuas, memarkan (resep asli 3 cm)
  6. secukupnya gula (saya 1/2 sdt)
  7. secukupnya garam (saya 2 sdt)/sesuaikan selera
  8. 600 ml santan sedang
  9. 2 sdm minyak utk menumis
  10. Bumbu halus :
  11. 6 siung bawang merah
  12. 3 siung bawang putih
  13. 1 cm jahe
  14. 1/2 cm lengkuas (tambahan sy, resep asli tdk pake)
  15. 3 butir kemiri
  16. 10 bh cabe rawit (campur merah &ijo)-- resep asli tdk pake
  17. 1 cm kunyit (resep asli tdk pake)
  18. pelengkap :
  19. secukupnya bawang goreng

Langkah-langkah untuk membuat Opor Telur Tahu

1
Panaskan minyak goreng, tumis bumbu halus, sere, lengkuas dan daun salam sampe harum.
Opor Telur Tahu - Step 1
2
Siapkan bumbu dan bahan lain, haluskan bumbu.
Opor Telur Tahu - Step 2
3
Masukkan santan, biarkan santan mendidih kemudian masukkan telur (telurnya saya goreng sbntar saja), aduk2 kemudian masukkan garam (sedikit demi sedikit jika sdh cukup hentikan pemberian garam) dan gula.
Opor Telur Tahu - Step 3
4
Masak sampai santan mengental, masukkan tahu, aduk rata. Cicipi dan koreksi rasa, jika sudap pas matikan kompor. Angkat.
Opor Telur Tahu - Step 4
5
Sajikan dg taburan bawang goreng didampingi nasi hangat dan sayur pilihan, enaak banget, wangii, gurih, ada manis2nya tapi ga bikin eneg. Rekomended...!!
Opor Telur Tahu - Step 5

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Ayam Ampal Putih / Opor Ayam

Ayam Ampal Putih / Opor Ayam

Kemarin siang si abang minta dibuatin Ayam Ampal Putih. Awalnya sempat bingung, apa itu ampal putih. Googling eh ternyata ampal putih itu Opor 😁. Okelah, let's goooooo....kita bikin Ayam Ampal Putih.

Ayam opor jawa

Ayam opor jawa

Ceritanya lagi pengin masak yang gurih2 tp tetep basah, dimakanya pakai nasi putih hangat. Opor ini sengaja kuahnya biar meresap ke daging ayamnya agar saat di makan ayamnya saja tetap enak.

Opor Ikan Kakap

Opor Ikan Kakap

40 menit
Opor Ayam

Opor Ayam

Ada ayam dan santan dikulkas, jadi dech bikin opor....

8 porsi
45 menit
Opor ayam minim santan πŸ˜‰simple

Opor ayam minim santan πŸ˜‰simple

Gegara anjuran bidan,, "puasa2 jgn byk makan santan yaa bu,," jadi deh opor pake kacang untuk lebih kental πŸ˜… karna msh "mabuk" bau masakan tetep demi anak2 pake bumbu jadi aja, simple kan?

Opor Kuning Ayam Tahu

Opor Kuning Ayam Tahu

Lagi pengen ngopor buat makan siang. Sempet kesiangan belanjanya, untung bahan-bahannya masih ada di mamang sayur 😁 Langsung waelah resepnya πŸ˜†

Opor Ayam Telur Tahu

Opor Ayam Telur Tahu

pertama kali masak opor mumpung lg lebaran, biasanya ibu yg suka masak tp krn kali ini lebaran tampa ibu jd deh harus masak sendiri. . .

4 porsi
45 menit
Opor kentang ati rawit

Opor kentang ati rawit

Tadi ny berniat mau bikin sambel goreng ati, kasi santan dikit di akhr, trus dmasak kering smpe keluar minyak nya, Tragedi, nuang garam ny kbanyakan... Alhasil jd keasinan, soooo... Jadi ubah haluan msti dikasi kuah, biar asin ny jd normal... Taraaa. malah jadi bikin opor ati + kentang deh... Tp enak juga.... Bole la ini... Endesss.... Gurih2 pedas

Telur tempe opor kuah kuning #PR_RecookMasakanAwalanT

Telur tempe opor kuah kuning #PR_RecookMasakanAwalanT

Kebetulan anak sy suka banget sm opor, jadi sy buat opor aja hehehe....

Opor Kuning ala Ibu Fatwah Bahalwan (recook)

Opor Kuning ala Ibu Fatwah Bahalwan (recook)

Alhamdulillah,akhirnya pecah telor juga...bisa upload resep,meskipun recook.ga pernah sempet mau moto2 hasil makanan,diburu banyak kerempongan lain,hihiii..rada2 memaksa hari ini,moto jg seadanya krn blm secanggih suhu2 masak disini.. Masak opor kuning ala ibu fatmah bahalwan NCC tapi ttp disesuaikan dg yang ada di dlm kulkas ya *citra emak irit hrs ttp dipertahankan..hihiii.. ada juga yg bahannya diskip krn ga ada kayak jinten.tp don't worry,ttp enak kok.yg pasti kl lbh lengkap,pasti lebih enak.. Opor kuning ini kuahnya banyak,seger..cocok disajikan ketika hari raya dan lebih gurih jika menggunakan ayam kampung yang segar habis dipotong..*kata bu fatmah ini..hihiii

5 porsi
45 menit
Opor ayam

Opor ayam

2-4 org
Opor Ayam Instant Super Enak

Opor Ayam Instant Super Enak

Cerita anak kost yang ingin lebaran tp udh gapunya ibu yang biasa masakin makanan lebaran. Hokey lets go!

5 orang
1 jam
Opor ayam kuning

Opor ayam kuning

bangun subuh2 kepingin makan opor ayam ^^ mumpung si bayik kecil belum bangun, muterin jalan sama ayah nya nyariin bahan2 diwarung sayur naik motor (maklum ngga ada pasar tradisional dkt sini). Alhamdulillah pas balik rumah bayik masih bobo pules :D

3-4 porsi
60 menit
Asparagus saus Opor

Asparagus saus Opor

2 porsi
45 menit
Opor ayam enak simple tanpa bumbu dapur

Opor ayam enak simple tanpa bumbu dapur

Kesukaan anak anak....enak jg loh kalau pk lontong...

Opor Ayam Kampung

Opor Ayam Kampung

Kebetulan tukang sayur langganan nawarin ayam kampung, dan untuk opor enaknya pake ayam kampung. Maka jadilah hari itu masak opor ayam, sebenarnya enak dimakan pake lontong tapi berhubung ga ada daun pisang ya jadinya makannya pake nasi putih aja. Dengan pelengkap sambal goreng tomat dan kerupuk.

Opor ayam pedas nampol

Opor ayam pedas nampol

Cobain resep dari mbak tintin rayner ternyata enak walaupun agak pedes tapi krucil lahab banget makannya sambil bilang pedes bu tapi pedesnya enak....πŸ˜‚πŸ˜‚

5-6 porsi
Opor simpel tahu wortel

Opor simpel tahu wortel

Bingung masak apa, ini aja deh.. Kilat..