Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Menyiapkan Opor ayam kuning yang Sempurna

Dipos pada February 27, 2022

Opor ayam kuning

Hari ini saya akan berbagi resep Opor ayam kuning yang lezat Dijamin tidak bakalan repot membuatnya. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Pada umumnya Opor ayam kuning yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Biasanya setiap masakan akan ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi cita rasa dari Opor ayam kuning, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Jangan terlalu repot dalam penyajian Opor ayam kuning enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Opor ayam kuning sekitar 3-4 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Perlu diingat, waktu yang diperlukan dalam memasak Opor ayam kuning diperkirakan sekitar 60 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Opor ayam kuning sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Opor ayam kuning memakai 18 jenis bahan dan 8 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

bangun subuh2 kepingin makan opor ayam ^^ mumpung si bayik kecil belum bangun, muterin jalan sama ayah nya nyariin bahan2 diwarung sayur naik motor (maklum ngga ada pasar tradisional dkt sini). Alhamdulillah pas balik rumah bayik masih bobo pules :D

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Opor ayam kuning:

  1. 1/2 ekor ayam
  2. 1 1/2 santan kara segitiga (kira2 total 85 ml)
  3. bawang merah goreng untuk taburan
  4. air matang
  5. minyak untuk menumis
  6. #bumbu haluskan#
  7. 2 cm kunyit
  8. 2 cm jahe
  9. 5 btr kemiri
  10. 3 siung bawang putih
  11. 6 siung bawang merah
  12. 1 sdm ketumbar
  13. secukupnya garam
  14. #tambahan menumis bumbu halus#
  15. 1 bh lengkuas, geprek
  16. 1 btg serai, geprek
  17. 2 bh daun salam
  18. sejumput gula pasir

Langkah-langkah untuk membuat Opor ayam kuning

1
Cuci bersih ayam, kalau saya dengan cara saya cuci air keran 2x, saya taburkan garam kemudian remas 1x, cuci air matang lagi, taburkan garam dan jeruk nipis 1x, bilas air keran, terakhir siramkan air mendidih
2
Haluskan bumbu halus dengan ulekan :D semangat buibu!
3
Geprek lengkuas & sereh pada bumbu yg telah diulek
4
Panas kan wajan & minyak untuk menumis, lalu tumis bumbu halus sampai harum, tambahkan lengkuas sereh dan daun salam
5
Tambahkan ayam yang telah di cuci bersih tadi dan tambahkan air matang, aduk2 sampai mendidih dan ayam empuk
6
Tambahkan santan kental nya, kemudian aduk kembali sampai mendidih dan air santan agak menyusut
7
Koreksi rasa, bisa tambahkan vetsin sedikit saja seujung sendok teh jika suka, atau tambahkan gula dan garam
8
Taburkan sedikit bawang merah goreng ketika sudah matang & hidangkan hangat2 dengan ditaburi bawang merah goreng :)

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Terik Ayam

Terik Ayam

Lagi bingung bikin makanan apa yang si anak juga suka dan semua suka. Walhasil tercetuslah makanan ini, simpel dan gampang. Enak pula, gurih manis. Tinggal tambah bikin sambel dah ..

5 porsi
Opor ayam kampung

Opor ayam kampung

Udah lamaaaaaa bgt ga pernah update cookpad, habis rasa rasanya aku kehilangan selera buat foto masakannya apalagi tiap step stepnya. Maafkann yaa. Ini sebagai pengobat rindu cookpad aku persembahkan opor ayam yang jadi makanan kesukaan aku dari kecil. Makan opor ga harus pas lebaran aja kan. Kalau masak ayam kampung pengennya di kuah kuah. Kata suamiku ini enak tapi kataku kok enakan buatan mamaku ya. Masakan mama ternikmat didunia πŸ’‹πŸ‘

Opor tempe&telor tanpa santanπŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ˜˜πŸ˜˜

Opor tempe&telor tanpa santanπŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ˜˜πŸ˜˜

Kebanyakan opor ya ayam,tp ini malah tempeπŸ˜€πŸ˜€..jangan salah, krna tempe adalah lauk pokok di klrg saya,terutama untuk sy sendiri,krna sy kurang suka ayam &anak2 paling suka telor..jd dari pada pusing bikin aja opor tempe&telor..πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€

Opor ayam + tempe

Opor ayam + tempe

Sebenernya udh pernah coba masak ini dan aku share di cookpad tp ini resepnya lebih mantep dari yg dulu, share ulang ya πŸ˜‚ resep asli dari ibu tercinta selamat mencoba πŸ˜„πŸ‘πŸ»

2 porsi
Terik Daging Sapi Tahu Telor langsung Enakk :D resep Keluarga

Terik Daging Sapi Tahu Telor langsung Enakk :D resep Keluarga

Terik Sapii,masakan yang oma sering kirim ke aku+adik2.. uenak pwol.. dlu aku sering mengira pasti susah bangett bikinnya,lha wong enakke ky gni??hahahah.. Ternyata nda sesulit yg dbayangkan..beneran!^.^ worth it lah pkoknya.. Biasa oma bkinin teman si Terik yaitu Sambal terasi mentah..sm kerupuk udang..maknyuss bangett.. Resep terik ini rata2 kalo orang Semarang ampir2 sama bumbu2nya...kalo luar pulau/kota mungkin bisa beda dkit variasinya.pasti smua sm2 enakk.. Cuss resepnya;)

4 porsi
60 menit
Lontong opor

Lontong opor

latepostπŸ˜‚πŸ˜‚

Opor ayam tahu telur

Opor ayam tahu telur

Mam pake lontong/ nasi liwet...enak buat campuran nasi gudeg n nasi ayam khas semarang

4 porsi
50 menit
Opor Ayam Kampung Plus Telor

Opor Ayam Kampung Plus Telor

Dah lama pengen masak opor... baru skrg kesampean.

Cara membuat opor ayam&tahu mudah,praktis dan nikmat

Cara membuat opor ayam&tahu mudah,praktis dan nikmat

Cara-cara membuat opor ayam+ tahu kuning praktis,mudah dan nikmat

Terik tahu

Terik tahu

5 porsi
30 menit
Ayam bakar opor geprek

Ayam bakar opor geprek

Masak opor ayam besokannya masih ada dan kuahnya asat,, yasudah di bakar aja ayamnya lalu di geprek

Opor Ayam

Opor Ayam

Opor ayam makanan kesukaan keluarga kami. Terutama di hari raya lebaran, menu ini adalah menu favorit. Gurih dan tidak pedas, sehingga anak anak pun bisa ikut menikmati..

5 porsi
30 menit
Terik tahu (tahu kuning)

Terik tahu (tahu kuning)

Setiap daerah mungkin punya nama yg berbeda. Ada yg bilang sayur terik ada jg yg bilang sayur kuning. Biasanya isinya tahu+ tempe. Semacam opor jg klo opor pke suiran ayam/telor. Cuss langsung resep aja

3 porsi
Opor Ayam πŸ”πŸ”πŸ”

Opor Ayam πŸ”πŸ”πŸ”

Udah lama gak makan opor ayam... Jadi kangen dan ini juga karna tiap blanja k. Tukang sayur Sayurnya itu2 aja... Pas ngliat ayam jadi kpikiran bikin opor aja... Karna D. Semur/goreng rasanya masih bosan dan terlalu mainstreamπŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€

5 porsi
Opor kuning jantung pisang

Opor kuning jantung pisang

Dapat jantung pisang kepok dari teman, hmmm.. Langsung deh bikin sayur, kt anak2 enak kaya makan opor ayam😊😊

Opor Ayam Kombinasi Istimewa

Opor Ayam Kombinasi Istimewa

Kebetulan hari minggu lalu ada arisan teman-teman kantor suami saya i rumah kami. Salah satu peserta arisan request dibikinkan opor ayam. Saya pesan ayam kampung 2 ekor. Niatan sih yang seekor untuk bikin opor, yang satunya lagi untuk ayam kecombrang dan asem-asem tulang ayam. Pada kenyataannya, karena ketiga anak saya antusias sekali, saya putuskan untuk menambah porsi ayam ke dalam opor menjadi satu setengah ayam untuk bikin opor, sisanya baru untuk masakan lain. Opor saya ini merupakan kreasi saya dengan menggabungkan metode memasak opor khas Sunggingan yang saya lihat di televisi serta bumbu yang saya otak-atik agar menjadi opor yang super gurih namun tidak bikin eneg. Dengan menimbang kebiasaan anak saya yang nomor dua yang sering menolak makan daging serta ada tamu arisan yang cenderung vegetarian, saya pun menambahkan telor puyuh dan kentang dalam opor saya ini. Dan hasilnya, luar biasa enak dan ayam kampungnya empuk sekali. Opornya sudah habis separuh dimakan anak-anak saya bahkan sebelum arisan dimulai. Akhirnya saya harus membeli ayam lagi untuk ditambahkan ke dalam opor saya untuk keperluan arisan.

15 porsi
180 menit
Terik daging sapi campur tahu

Terik daging sapi campur tahu

Kangen masakan Ibu menu jadul

15 porsi
120 menit