Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Menyiapkan Opor Ayam Kampung yang Anti Gagal

Dipos pada February 27, 2022

Opor Ayam Kampung

Ada ide oke hari ini, kita akan membuat Opor Ayam Kampung yang lezat Dijamin ga bakalan terlalu repot untuk membuatnya. Harap diperhatikan langkah-langkanya dan waktu pembuatannya agar rasa yang dihasilkan sempurna. Padahal Opor Ayam Kampung yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi kulitas dari Opor Ayam Kampung, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Opor Ayam Kampung di dapur dan menggunakan peralatan yang baik untuk penyajian.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Opor Ayam Kampung sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Opor Ayam Kampung memakai 16 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Kebetulan tukang sayur langganan nawarin ayam kampung, dan untuk opor enaknya pake ayam kampung. Maka jadilah hari itu masak opor ayam, sebenarnya enak dimakan pake lontong tapi berhubung ga ada daun pisang ya jadinya makannya pake nasi putih aja. Dengan pelengkap sambal goreng tomat dan kerupuk.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Opor Ayam Kampung:

  1. 1 ekor ayam kampung potong 10
  2. 500 ml santan encer
  3. 500 ml santan sedang
  4. 2 batang daun sereh dikeprek
  5. 2 lembar daun salam
  6. 1 ruas lengkuas dikeprek
  7. Garam, gula, merica secukupnya nya
  8. Minyak untuk menumis
  9. Bumbu halus :
  10. 12 butir bawang merah
  11. 6 siung bawang putih
  12. 6 butir kemiri
  13. 1 sdm ketumbar
  14. 1 ruas jahe
  15. Sedikit kunyit
  16. Sedikit kencur

Langkah-langkah untuk membuat Opor Ayam Kampung

1
Panas kan minyak goreng, tumis bumbu halus sampai wangi dan matang. Tambahkan batang sereh, daun salam dan lengkuas.
2
Masukkan potongan ayam yang telah dicuci bersih. Aduk-aduk sampai ayam berubah warna. Beri santan encer.
3
Masak ayam dengan api kecil sampai empuk dan airnya mulai menyusut. Beri garam, gula dan merica secara bertahap. Agar bumbu meresap ke dalam ayam.
4
Ketika ayam sudaj empuk, tambahkan santan sedangnya. Aduk jangan sampai santan pecah. Koreksi rasanya.
5
Jika sudah pas, angkat dan tuangkan ke mangkok saji. Beri taburan bawang goreng

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Mpasi 6+ Bubur Opor Ayam

Mpasi 6+ Bubur Opor Ayam

2x makan
2 jam
Nasi opor bungkus telur

Nasi opor bungkus telur

Nasi putih sering ber sisa olah lagi yuk, bisa jadi bekal seru utk anak. ini dia salah satunya.

2 porsi
10 menit
Opor Tahu Telur Ayam Suwir

Opor Tahu Telur Ayam Suwir

Menu simple nan aman buat gigi yang baru di cabut..

4 porsi
60 menit
Opor ayam

Opor ayam

5porsi
Opor Ayam Kering

Opor Ayam Kering

Galau di pagi hari .. Binggung mau masak apa buat bekal suamiku Ke kantor .. Akhirnya masak opor ayam ini deh .. Alhamdulillah suami suka ... \^^/

3 porsi
30 menit
Opor Ayam Mantap

Opor Ayam Mantap

Dari nenek moyang sampe sekarang sudah jadi kewajiban kita yang merayakan Hari Lebaran untuk memasak Opor Ayam dan Sambel Goreng. Kali ini saya akan mencoba share resep memasak Opor Ayam yang simple dan lezaattt bangett... Let's do it!!!

6 porsi
40 menit
Opor ayam kuning

Opor ayam kuning

Setiap hari ngintipin cookpadnya mba fitri sasmaya, maklum engga bs masak tp pikirannya kok mau coba masakan ini dan itu, sedangkan disini gak ada yg jual. Akhirnya percobaan x ini jatohlah ke opor ayam yg resepnya aku pake punya mba fit tp aku sesuain sama bahan2 yg aku punya, soale engga punya kunyit dan serai yg fresh, eh sama engga punya lengkuas jg deh hehehe. Thank mba fit, rasanya tetep enak walaupun ada 1 bahan yg gak aku pake.

3 porsi
60 menit
Opor Manuk khas NTB

Opor Manuk khas NTB

Bismillaah.. Nyoba resepnya Tintin Rayner, setelah di eksekusi anak bungsu yg biasanya susah makan, kali ini makannya nambah, jd sy tulis disini deh utk disimpan. 07.03.17

Opor Ayam Kuah Susu

Opor Ayam Kuah Susu

Lagi2 eksperimen sukses...No bawang putih (lupa beli) sementara anak sudah manggil2 minta makan...jadilah opor tanpa bw.putih... Kenapa pake susu? Biar tambah creamy ajaaa😉

8 porsi
45 menit
Ayam suwir opor kering

Ayam suwir opor kering

Rencananya mau masak ayam sisit. Pas test rasa kok gak pas di hati. Harus puter otak biar bisa dimakan dan gak mubazir. Aha inget masakan mama, yg dikasih nama opor kering. Kurang lebih rasanya spt yg sy buat ini. Passs bgt di hati, sy sih suka bgt sama rasanya 😉😉

Terik Sapi Solo

Terik Sapi Solo

Terik Daging khas Solo cenderung kental& manis ya.. mungkin di daerah lain berbeda. Bisa juga dibilang menu jaman old, jd gak heran kalo disini pun jarang ada yg jual. Kecuali klo pas kondangan ini jd menu wajib. Karna orang jawa suka yg manis2.. tp klo sy jujur gak terlalu suka lauk pauk yg manis2. Suka masaknya doang tp yg makan orang rumah😄 Di resep ini sy pake hati sapi, kalo mau pake daging sapi yg has dalam yaa, biar empukk...

Opor Ayam

Opor Ayam

12 porsi
30 menit
Opor ayam kuning hidangan kelg

Opor ayam kuning hidangan kelg

Lauk yang digemari anak2 karena rasanya yg gurih dan empuk ayamnya

6 orang
30 menit
Terik Daging Sapi

Terik Daging Sapi

Menu ini merupakan menu favorit buat lebaran. Selain mudah, bisa dinikmati siapa saja termasuk anak kecil. Karena rasa dr terik ini cenderung manis ya.

Opor Ayam

Opor Ayam

10/04/2017, Jadi inget lebaran kalo masak ini, di makan sama lontong, sambal goreng ati, telur petis...👌

30 menit