Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Membuat Ayam Ampal Putih / Opor Ayam yang Bikin Ngiler

Dipos pada March 2, 2022

Ayam Ampal Putih / Opor Ayam

Sore-sore begini enaknya membuat Ayam Ampal Putih / Opor Ayam yang gampang Cara membuatnya sedikit repot. Pengerjaan harus hati-hati dan perlahan agar rasanya nikmat. Umumnya Ayam Ampal Putih / Opor Ayam yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Beberapa faktur yang bisa mempengaruhi rasa dari Ayam Ampal Putih / Opor Ayam, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Ayam Ampal Putih / Opor Ayam enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Ayam Ampal Putih / Opor Ayam sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Ayam Ampal Putih / Opor Ayam memakai 13 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Kemarin siang si abang minta dibuatin Ayam Ampal Putih. Awalnya sempat bingung, apa itu ampal putih. Googling eh ternyata ampal putih itu Opor 😁. Okelah, let's goooooo....kita bikin Ayam Ampal Putih.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Ayam Ampal Putih / Opor Ayam:

  1. 5 potong ayam (paha dan sayap)
  2. 3 bh bawang merah
  3. 2 siung bawang putih
  4. 1,5 bh kemiri
  5. 1 sdt marica
  6. 1/2 sdt ketumbar
  7. 2 cm jahe, geprek
  8. 2 cm lengkuas, geprek
  9. 1 bh sereh, iris halus
  10. 100 ml santan kental
  11. 1 lembar daun jeruk
  12. 1 lembar daun salam
  13. secukupnya Garam

Langkah-langkah untuk membuat Ayam Ampal Putih / Opor Ayam

1
Rebus ayam dan jahe sampai empuk.
2
Haluskan bawang merah, bawang putih, kemiri, marica, ketumbar.
3
Tumis bumbu halus sanpai harum, tambahkan daun jeruk, daun salam, lengkuas dan sereh. Masukkan ayam, aduk hingga bumbu tercampur.
4
Tambahkan santan kental. Aduk rata. Tambahkan kaldu dari rebusan ayam, masukkan garam.
5
Masak sampai bumbu meresap. Taburkan bawang goreng.
6
Sajikan ❤

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Opor ayam

Opor ayam

Lg kepengen opor ayam nyoba nyari resep di cookpad dan di recook hasilnya endess

Opor Ayam Gurih Simple

Opor Ayam Gurih Simple

Trial sebelum menghadapi lebaran. Meskipun simple, hasilnya luarrr biasa

4 porsi
60 menit
OPOR AYAM SEDERHANA.... MAKIN DICYNK....

OPOR AYAM SEDERHANA.... MAKIN DICYNK....

opor kesukaan suamie wajib dibikin makin dicynk... hehe...

4 porsi
30 menit
Buryam Konnyaku with Opor Ayam ala KETO

Buryam Konnyaku with Opor Ayam ala KETO

Sudah 5 bulan menjalani polmak Ketofastosis low carb low sugar. Manfaat kesehatannya bny dan bonus turun BB pastinyaaa. Uda lama ga makan buryam dan tiba2 muncul rindu di dada eaaaa. Alhasil krn konnyaku pesanan sdh dtg maka segera eksekusi buryam. Konnyaku sendiri terbuat dr umbi iles2 low carb low kalori...produk asli Indonesia namun org Indonesia blm bny yg tahu krn produk ini lbh bny di eksport ke Jepang. So, ga heran kl susah carinya. Ini sy lgs pesan dr distributor 4 dus sekaligus bersama mie shirataki. Disini sy hny share cara mengolah konnyaku..utk resep opor sdh bny berseliweran.

30 menit
Opor ayam

Opor ayam

Kangen sama keluarga besar... Setiap hari raya (lebaran) keluarga besar selalu masak opor ayam.. Terus makan bareng deh sama keluarga dan saudara saudara... Sekarang karna lagi jauh sama keluarga Cuma bisa makan opor ayam sambil ngebanyangi ada semua keluarga disini...

7 orang
Opor Ayam Kampung

Opor Ayam Kampung

Waktu lebaran bikin juga opor ayam kampung cuma bumbu putih, kalo ini aku buat bumbu kuning. Sama aja sih tinggal pake kunyit aja kalo mau kuning.

4 porsi
60 menit
Sayur Tempe & Tahu Kuah Opor Kuning

Sayur Tempe & Tahu Kuah Opor Kuning

Assalamu'alaikum sahabat cookpad, udah lumayan lama nih gak share resep masakan....hehehe...kali ini saya coba membuat tempe tahu dimasak sayur opor kuning....beuhhhh wangi dan rasanya gak kalah sma opor ayam...😊

4 porsi
30 menit
Opor Kutai

Opor Kutai

30 Menit
Terik daging sapi campur tahu

Terik daging sapi campur tahu

Kangen masakan Ibu menu jadul

15 porsi
120 menit
Opor ayam

Opor ayam

Tidak ada kisah spesial sih, emang udah niat bikin opor ayam... Heheh

Opor Ayam Kuning

Opor Ayam Kuning

12 porsi
25 menit
Opor Ayam Kuning (wangi opornya nampol)

Opor Ayam Kuning (wangi opornya nampol)

Hari raya iduk fitri tinggal menghitung hari, opor selalu jadi andalan keluarga saya utk teman makan ketupat, terutama tahun ini lebaran pertama saya bersama suami 😘 😆

6 porsi
60 menit
Opor ayam (pelengkap Sego liwet)

Opor ayam (pelengkap Sego liwet)

Opor ayam bisa disajikan dengan lontong atau nasi putih/nasi liwet. Kali ini saya buat utk teman nasi liwet, biar lebih sedap dan legit.

8 - 10 porsi
30 menit
Terik Daging Gurih

Terik Daging Gurih

Pengen bikin olahan daging yang anak juga bisa ikutan makanz ga pedes tapi nyamii,,akhirnya diputuskan bikin terik daging gurih ini

5 porsi
20 menit
Opor pisang plus Sambel Pisang

Opor pisang plus Sambel Pisang

Hari ini tema masakannya adalah pisang, semua saya masak menggunakan pisang yang sederhana dan murah dengan menggunakan bumbu yang ada saja, sederhana tapi rasanya juara dech. Silahkan dicoba.

3 porsi
55 menit
Opor Ayam dan Tahu

Opor Ayam dan Tahu

Salah satu makanan kesukaan anakku...

Opor Sayap Ayam

Opor Sayap Ayam

Ini opor yang biasa aq masak sehari-hari di rumah, isinya pasti ada 3 macam... Ayam, telur dan tahu... Resep opor ini ga pake kunyit samasekali, tp warna kuahnya pasti jadi kuning, itu karena tahu yang aq pake tahu kuning... Jadi kuahnya kelunturan dari tahu he...he... Untuk telur biasanya aq pake telur ayam, karena di kulkas ada stok telur puyuh yang nganggur udah hampir seminggu, daripada keburu busuk di pake ajaa...😊

Opor ayam bumbu merah

Opor ayam bumbu merah

Ceritany mama bro sma papa bro lagi kpengen makan opor hari ini.tapi berhubung si ayam ny cuma ada 4 potong di kulkas akhir ny tak tambahin tahu sama tempe aja deh,,biar ga kesepian si ayam ny hihi.. si papbro kan ga suka santan alhasil si santan di ganti deh pake susu cair..yaa..bisain ajalah yaa,^^ toh hasil ny ga kalah enak.gurih" gemanaaaa gituu!! ^^ cekidot..