Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Membuat Opor ayam yang Enak Banget

Dipos pada March 3, 2022

Opor ayam

Penasaran dengan rasa yang diwarung tempo hari, yuk kita berkreasi membuat Opor ayam yang gampang Cara membuatnya sedikit repot. jangan terburu-buru ya, kalau salah proses dan bahan rasanya nanti tidak enak. Biasanya Opor ayam yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Opor ayam, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Opor ayam bisa dirumah atau rumah keluarga, karena lebih menguasai situasi penyajian dan dapat lebih maksimal.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Opor ayam sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Opor ayam memakai 17 jenis bahan dan 2 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Kangen lebaran

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Opor ayam:

  1. 1/2 kg ayam (kasih jeruk nipis dan garam 15 menit kemudian cuci)
  2. 1/2 butir kelapa parut (1gelas santan cair, 1 santan kental)
  3. 2 batang sere
  4. 1 ruas jari lengkuas geprek (lengkuas gede)
  5. 1 ruas jari jahe greprek
  6. 3 lembar daun salam
  7. 3 lembar daun jeruk
  8. 4 siung bawang merah iris goreng buat taburan
  9. bumbu halus
  10. 5 siung bwng putih
  11. 7 siung bwng merah
  12. 1 ruas jari kunyit
  13. 4 butir kemiri sangrai
  14. 1/2 sdk teh jinten sangrai
  15. 1/2 sdk teh ketumbar sangrai
  16. Sedikit merica bubuk
  17. secukupnya Garam

Langkah-langkah untuk membuat Opor ayam

1
Tumis semua bumbu halus sereh lengkuas jahe daun salam daun jeruk
2
Setelah tercium aromanya masukan ayam sambil tumis masukan santan cair sampai ayam empuk kemudian masukkan santan kental tunggu smpai mendidih.koreksi rasa.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

OPOR Ayam Kampung

OPOR Ayam Kampung

Dapat ayam kampung 1 ekor

Opor telur ceplok

Opor telur ceplok

Ini permintaan paksu....

Opor kepiting

Opor kepiting

Menghabiskan stock kepiting, sebelum telurnya menetas 😄😄

Opor Sayap Ayam

Opor Sayap Ayam

Ini opor yang biasa aq masak sehari-hari di rumah, isinya pasti ada 3 macam... Ayam, telur dan tahu... Resep opor ini ga pake kunyit samasekali, tp warna kuahnya pasti jadi kuning, itu karena tahu yang aq pake tahu kuning... Jadi kuahnya kelunturan dari tahu he...he... Untuk telur biasanya aq pake telur ayam, karena di kulkas ada stok telur puyuh yang nganggur udah hampir seminggu, daripada keburu busuk di pake ajaa...😊

Opor Ayam Kuning

Opor Ayam Kuning

opor ini saya buat untuk makan siang kemarin.

3 porsi
60 menit
MPAsi 11bln Opor ayam mini

MPAsi 11bln Opor ayam mini

Simple tapi enak 😋👌

Opor ayam telur

Opor ayam telur

Hari ini kepengen makan opor.. ini resep dari mamah dan pasti jadi andalan setiap lebaran, teman lontong sayur

Opor ayam simple

Opor ayam simple

Berawal dari coba2 ee ternyata anak suka sekali sama opor nya hehehe

Opor Ayam Kuah Susu

Opor Ayam Kuah Susu

Lagi2 eksperimen sukses...No bawang putih (lupa beli) sementara anak sudah manggil2 minta makan...jadilah opor tanpa bw.putih... Kenapa pake susu? Biar tambah creamy ajaaa😉

8 porsi
45 menit
Opor ayam

Opor ayam

Rasanya gurih, dimakan sama sambel dan kerupuk udang. Cuma sayang ga bikin ketupat/lontong. Jd pake nasi aja. Dan si bocil juga doyan,itu yg penting.

4 porsi
45 menit
Opor ayam bumbu rempah lengkap

Opor ayam bumbu rempah lengkap

Ini resep dari ibu ku tercinta...aku dari gadis bahkan dari SMP sudah hobby masak...namun setiap kali masak suka lupa bumbu nya...namun setelah menikah ntah kenapa sekali saja di beri tahu langsung nyerap dah tu resep :D untuk opor ayam ini aku pake resep dari ibu ku, beliau berpesan selagi bisa masak dan sehat. Masak lah buat suami, jangan biar kan suami mebikmati makanan luar yang bukan kita masak...tapi kebukti, suami ku gak suka jajan diluar. Karena sudah kenyang suguhan makanan dan cemilan yang istri nya buat kali yaa :D

5 porsi
90 menit
Opor Telur Tahu Tempe

Opor Telur Tahu Tempe

Coba kreasi lain dari opor... requestnya suami sih... :D

4 porsi
15 menit
Opor ayam kuning

Opor ayam kuning

Setiap hari ngintipin cookpadnya mba fitri sasmaya, maklum engga bs masak tp pikirannya kok mau coba masakan ini dan itu, sedangkan disini gak ada yg jual. Akhirnya percobaan x ini jatohlah ke opor ayam yg resepnya aku pake punya mba fit tp aku sesuain sama bahan2 yg aku punya, soale engga punya kunyit dan serai yg fresh, eh sama engga punya lengkuas jg deh hehehe. Thank mba fit, rasanya tetep enak walaupun ada 1 bahan yg gak aku pake.

3 porsi
60 menit
Opor ayam telur

Opor ayam telur

Tadinya males masak tapi buka kulkas liat ada ayam dan tahu minta dimasak yaudahlah dieksekusi deh kepikiran bikin opor ayam kesukaan suami 😁

Kicik/terik daging sapi resep mertua

Kicik/terik daging sapi resep mertua

Ini resep turun temurun dari mertua..masakan khas yg slalu ada di setiap hari raya dan semua kelg sudah pasti menanti masakan ini untuk segera disantap..lbh nendang kalo makan nya sambil nyolek sambal goreng bawang tomat...boleh aja loh kalo mau nyoba..ga bakalan nyesel deh.

Opor bebek

Opor bebek

Buka puasa dapat nya bebek di opor aja