Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Membuat Opor Daun Singkong yang Lezat Sekali

Dipos pada February 28, 2022

Opor Daun Singkong

Hi Mommy, yuk praktek untuk buat Opor Daun Singkong yang praktis Proses dan cara membuatnya pasti simple dan menyenangkan. Usahakan relax dan santai membuatnya ya, agar rasa yang dihasilkan menjadi nikmat dan sempurna. Umumnya Opor Daun Singkong yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Kemungkinan ada beberapa sebab yang biasanya bisa mempengaruki kenikmatan dari Opor Daun Singkong, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Jangan terlalu repot dalam penyajian Opor Daun Singkong enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Opor Daun Singkong sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Opor Daun Singkong memakai 11 jenis bahan dan 10 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Setelah menikah mau tidak mau harus bisa masak. Alhamdulillah sedikit demi sedikit mulai bisa memasak enak. Dan gizi keluargaku insyaAllah terjamin karena tidak pakai bahan pengawet/bahan kimia dan tidak jajan diluar. Ini postingan pertama di cookpad. Suami request opor daun singkong. Alhamdulillah suami suka😍. Semoga bisa menambah inspirasi menu harian bunda-bunda disini.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Opor Daun Singkong:

  1. Seikat daun singkong
  2. ukuran kecil Santan kara
  3. 2 lembar daun salam
  4. 2 cm lengkuas
  5. 3 siung bawang putih
  6. 4 siung bawang merah
  7. 1 bawang bombay
  8. 3 cabai rawit (sesuai selera)
  9. 3 cabai merah besar
  10. Sedikit ketumbar
  11. Sedikit merica

Langkah-langkah untuk membuat Opor Daun Singkong

1
Daun singkong dipisahkan dari tangkainya dan cuci bersih.
2
Santan kara diencerkan dengan air sampai volume 500 ml.
3
Lengkuas, bawang putih, bawang merah, cabai rawit, ketumbar dan merica dihaluskan.
4
Cabai merah besar diiris kasar (tidak dihaluskan).
5
Tumis bawang bombay sampai layu, lalu masukkan bumbu halus, daun salam, dan cabai merah besar yang diiris kasar.
6
Tuang santan dan masukkan daun singkong. Rebus sampai mendidih.
7
Tambahkan gula dan garam sesuai selera. (Saya tidak memakai MSG).
8
Siap dihidangkan.
9
Lauknya bisa ditambah ikan pindang goreng dan kerupuk.
10
Selamat mencoba.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Ayam panggang bumbu Opor

Ayam panggang bumbu Opor

Biasanya masak ayam seperti ini pakai resep ala Mama he he kali ini cobain dari resepnya kumpulan resep prima rasa. Ayamnya dipanggang bentar lalu dimasak dengan bumbu opornya. Jadi deh bikin menu hari libur .... enak sedapπŸ˜‹ ayo coba

6 porsi
60 menit
Opor ayam segala ada

Opor ayam segala ada

Lagi pengen makan opor.. Mari..

5 porsi
30 menit
Opor Ayam Kombinasi Istimewa

Opor Ayam Kombinasi Istimewa

Kebetulan hari minggu lalu ada arisan teman-teman kantor suami saya i rumah kami. Salah satu peserta arisan request dibikinkan opor ayam. Saya pesan ayam kampung 2 ekor. Niatan sih yang seekor untuk bikin opor, yang satunya lagi untuk ayam kecombrang dan asem-asem tulang ayam. Pada kenyataannya, karena ketiga anak saya antusias sekali, saya putuskan untuk menambah porsi ayam ke dalam opor menjadi satu setengah ayam untuk bikin opor, sisanya baru untuk masakan lain. Opor saya ini merupakan kreasi saya dengan menggabungkan metode memasak opor khas Sunggingan yang saya lihat di televisi serta bumbu yang saya otak-atik agar menjadi opor yang super gurih namun tidak bikin eneg. Dengan menimbang kebiasaan anak saya yang nomor dua yang sering menolak makan daging serta ada tamu arisan yang cenderung vegetarian, saya pun menambahkan telor puyuh dan kentang dalam opor saya ini. Dan hasilnya, luar biasa enak dan ayam kampungnya empuk sekali. Opornya sudah habis separuh dimakan anak-anak saya bahkan sebelum arisan dimulai. Akhirnya saya harus membeli ayam lagi untuk ditambahkan ke dalam opor saya untuk keperluan arisan.

15 porsi
180 menit
OPOR AYAM

OPOR AYAM

Ahaa... Lebaran tinggal sehari lagi... untung sebelum mbak pulkam udah nyetok bahan bahan hidangan menu lebaran... Saat matang aroma harum dari santan dan bumbunya saat menggoda hehehe... yuk buat.... ^^

6 porsi
60 menit
Opor ayam

Opor ayam

Lg kepengen opor ayam nyoba nyari resep di cookpad dan di recook hasilnya endess

Terik Tahu Tempe Telur

Terik Tahu Tempe Telur

Salah satu masakan favorite keluarga. Dari saya kecil sering banget dimasakin ini :)

3 porsi
20 menit
Opor Ayam Endesss

Opor Ayam Endesss

Suamiku itu gagg pernah memuji.. merayu.. jadi kalo sampai dia buka suara.. itu anugerah... πŸ˜‚πŸ˜‚ Seperti hari ini.. aku masak opor.. dia bilang " mah dari pertama kamu masak sampai detik ini.. baru ini yang paling enak.. tanpa cacat" hahahahayy.. lebay gw bilang.. tapi yaudalah.. yg penting tiap hari masakanku laris manis tanjung kimpul πŸ˜ƒπŸ˜ƒ

10 porsi
60 menit
Opor Ayam Campur Tempe Kentang

Opor Ayam Campur Tempe Kentang

Resep ini merupakan resep paling praktis, hasil masakan awet (bisa dihangatkan) dan resep favorit saya waktu masih tinggal di kos-kosan.

4 porsi
20 menit
Opor Ayam

Opor Ayam

Please .... Ini Permintaan si bungsu... Tapi bumbu ini , adalah resep almh ibunda tercinta , yg katanya "pake kan adas manis dikit ya nak...." ( Selalu inget) πŸ’•πŸ’—πŸ’•

15 menit
Opor Ayam

Opor Ayam

6 porsi
45 menit
Opor Tahu Telur

Opor Tahu Telur

Ceritanya saya lagi kepengen banget makan opor ayam nih, karena jujur sejak ibu saya gerah (baca: sakit), beliau enggak pernah lagi masak opor ayam kalau Lebaran tiba 😒 Padahal masakan apapun kalau yang masak ibu pasti selalu enak, karena dimasak dengan cinta, bener kan bunda? 😊 Untuk mengobati rasa kangen saya pada opor buatan ibu, saya cari resep dari website MasakApaYa.com dan lihat ada resep opor tahu telur. Kenapa enggak pake ayam, karena sebelumnya sudah masak ayam, jadi kali ini opornya pakai tahu dan telur saja, biar beda.. Resep saya modifikasi sedikit ya..

Opor ayam

Opor ayam

Di setiap lebaran keluarga kecil saya pasti selalu identik dengan rendang dan opor. Tapi tahun ini saya skip membuat rendang karena durasi memasaknya cukup lama, h3. Kali ini saya sharing cara membuat opor ayamnya saja ya. Mencoba dengan resep mba Endang http://www.justtryandtaste.com/2013/04/opor-ayam-la-my-mom-best-ever-opor-ayam.html#more yang ternyata rasanya mirip sekali dengan masakan almarhumah mama tercinta. Kekuatan masakan Ibu memang selalu di hati.

8 porsi
90 menit
Opor Ayam Tahu

Opor Ayam Tahu

Masak masak sama mertuaaa

6 porsi
30 menit
Opor ayam minim santan πŸ˜‰simple

Opor ayam minim santan πŸ˜‰simple

Gegara anjuran bidan,, "puasa2 jgn byk makan santan yaa bu,," jadi deh opor pake kacang untuk lebih kental πŸ˜… karna msh "mabuk" bau masakan tetep demi anak2 pake bumbu jadi aja, simple kan?