Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Membuat Opor Ayam Tahu yang Menggugah Selera

Dipos pada February 28, 2022

Opor Ayam Tahu

Ada ide oke hari ini, kita akan membuat Opor Ayam Tahu yang simple Dijamin tidak bakalan repot membuatnya. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Umumnya Opor Ayam Tahu yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi kulitas dari Opor Ayam Tahu, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Jangan terlalu repot dalam penyajian Opor Ayam Tahu bisa dirumah atau rumah keluarga, karena lebih menguasai situasi penyajian dan dapat lebih maksimal.

Kira-kira porsi penyajian Opor Ayam Tahu yaitu 6 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Sebagai perhatian, waktu yang diperlukan dalam memasak Opor Ayam Tahu diperkirakan sekitar 30 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Opor Ayam Tahu sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Opor Ayam Tahu memakai 19 jenis bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Masak masak sama mertuaaa

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Opor Ayam Tahu:

  1. 1/2 kg ayam
  2. 4 buah tahu putih
  3. bumbu halus:
  4. 8 siung bawang merah
  5. 6 siung bawang putih
  6. 1 ruas jari kunyit
  7. 3 buah kemiri
  8. secukupnya merica
  9. secukupnya ketumbar
  10. 1 buah cabe besar
  11. 10 buah cabe keriting
  12. 2 buah cabe rawit
  13. 1/4 bgks santan
  14. bahan non uleg:
  15. 1 cm laos
  16. 1 cm jahe
  17. 1 lembar daun jeruk
  18. 1 lembar daun salam
  19. sesuai selera bawang goreng

Langkah-langkah untuk membuat Opor Ayam Tahu

1
Haluskan bumbu halus
Opor Ayam Tahu - Step 1
2
Tumis bumbu sampai harum,berikan santan cair tunggu hingga mendidih lalu masukan ayam dan tahu yang sudah digoreng terlebih dulu biarkan hingga meresap
3
Terahir masukan santan kental bawang goreng dan garam penyedap gula. Tes ras

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Opor tahu telur

Opor tahu telur

dimakan pas tanggal tuir hehe, paling pas emanggg irit sekalii cuma pake tahu telur tapi berasa pake ayam hehe. rasanya juga lbh ringan drpd opor khas lebaran resep source : diah didi

6 porsi
Opor Ayam

Opor Ayam

Bismillah ummah.... Berhubung saya lagi pengen banget makan opor bebek jadilah masak opor...Tapi karnA disini nyari bebek susah jadinya pake daging ayam. Sebenarnya kalo untuk opor saya pribadi lebih suka pake bebek karnA dagingnya bisa lumer lengket2 empuk dimulut. Tapi gpp lah pakai daging ayam juga lumayan.. silakan dicoba ya ummah..

6 porsi
60 menit
Terik tempe

Terik tempe

Tempe mulu yaa wkwk gpp adanya di kulkas, sbnrnya isinya bisa divariasi misal ditambah tahu.. Daging juga enak. Terik sm opor hampir sama ya bumbunya cmn kalo terik biasanya manis (eyang aku sih bikinnya gitu) trs ga pake kunyit. Resepnya gabungan dari eyang sm ibu yg sedikit disesuaikan sama bahan yg ada di rmh. Semoga menginspirasi ya, mudah kok bikinnya. πŸ˜πŸ‘πŸ»

2 porsi
20 menit
Opor Ayam dan Telur Tanpa Santan

Opor Ayam dan Telur Tanpa Santan

Menu ini selalu menjadi salah pilihan keluarga untuk menu khas Indonesia. Sejak aku dan anakku menjalani diet low carbo dan ketika ingin tetap makan opor yang enak.. Aku tetap memasaknya tanpa santan tapi diganti dengan krim pengganti santan. Inspirasi resep ini adalah dari Youtube FiberCreme.yang aku modifikasi dari resep warisan Ibu. Aku tambah telur karena ini juga kesukaan Si Sulung. Teman Opor Ayam dan telur ini sebagai menu utama adalah sambal trasi dan lalapan sayur rebus.. Namun saat Lebaran tiba menu ini bisa menjadi sajian istimewa di Hari Raya, bisa disajikan sendiri atau menjadi lauk bagi sajian lontong sayur. Yuuk mari kita coba dan nikmati Opor sehat resep warisan Ibu.. #KualiEmak #KampoengRamadan #PekanPosbarSayurLebaran #CookpadCommunity_Jakarta #PejuangGoldenApron3

6 orang
1 jam
Opor yummy ala Dapoer Genafa

Opor yummy ala Dapoer Genafa

Dulu aq paling males yang namanya bikin opor,, Heumm denger nama menu nya aja aq udah kebayang ribet nya seperti apa 😒😒. Tapiiii sekarang Stan Stan sayur sudah menyedia kan Kelapa sekalian diperes, jadi satu langkah dipermudah...sejak itu sering bikin opor yummy sendiri. Yuk ahh cuss langsung ekskusi.

8-10 porsi
20 menit
Mpasi 10 bulan kuah opor dan nasi tim tahu sawi hijau

Mpasi 10 bulan kuah opor dan nasi tim tahu sawi hijau

Ceritanya si anak lagi bosen menu bubur kasar dengan toping keju, akhirnya browsing di Cookpad. Recook lah bumbu opor mpasi

2 porsi nastim
Opor ayam

Opor ayam

3 porsi
Opor ayam+tahu+telur puyuh

Opor ayam+tahu+telur puyuh

Kurang seru kayaknya kalo cuma ayam aja tambah tahu sama telur puyuh biar rame hehee...

Terik bandeng

Terik bandeng

Source : just try and taste

Terik Ati Tempe

Terik Ati Tempe

Makanan masa kecill... dulu sering dibikinin nenek ini, kalo udah makan pake ini bisa nambah berkali2 hihihi... Aku pake hati sapi, boleh ganti hati ayam, atau cuma pake tahu tempe aja enak kok... Kalo pake tahu, tahunya digoreng setengah mateng dulu ya..untuk tempenya nggak usah digoreng dulu. Langsung masukin aja.

Opor Ayam simple

Opor Ayam simple

Ini opor pertma, Waktu itu aku pergi ke rumah temen, terus di suguhin makan sama ayam putih gt aku pertma gtau namanya apa ya tpi sumpah enak banget πŸ‘Œ jdi aku suka, terus kepo tanya aja lgsung kmrin msk apa dah gt dksi tau pasak opor ayam 🐣 lgsung deh mnta resepnya coz serius enak bnget gurih pula tanpa micin emg tmnku gsuka micin proses msknya selalu sehat. Lgsung aja opor ayam pertama yg ku msk

5 porsi
Opor Pala Ayam + Tempe

Opor Pala Ayam + Tempe

Beli pala ayam 8rb dapet 10 buah kepala ayam niatnya pengen dimasak kecap tapi ko liat kulkas ada tempe 1 papan + ada santan bubuk ditoples yang kemaren dipake cuma 1 sdm buat campuran getuk, ya wis lah tak opor wae secara kemarin 12042018 harus ngambil rapot bayangan disekolah mas kinza harus masak yang ga makan waktu πŸ˜…πŸ˜…. Menu simple dan cara pengolahannya ga butuh waktu lama, kebetulan juga suami paling suka bagian kepala klo makan ayam. Untuk tempe boleh digoreng boleh tidak ya, sesuai selera aja dan untuk kepala ayam juga boleh utuh boleh dipotong2 ya. Untuk bumbu opor pala ayam + tempe ini hampir sama ya ma opor tahu tempe yang pernah saya share juga.

Opor Kuning

Opor Kuning

8 porsi
30 menit
Opor ayam

Opor ayam

Hari ini masak opor ayam pas banget sama cuaca hari ini hujan2 cantikπŸ˜‰πŸ˜Š

4 porsi
Opor ayam ibu

Opor ayam ibu

Resepnya dari ibu ... dan klo kangen rumah selalu masak ini ...

6 porsi
30 menit