Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Membuat Opor Ayam Campur Tempe Kentang yang Enak

Dipos pada March 1, 2022

Opor Ayam Campur Tempe Kentang

Hi Mommy, yuk praktek untuk buat Opor Ayam Campur Tempe Kentang yang mudah Dijamin tidak bakalan repot membuatnya. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Biasanya Opor Ayam Campur Tempe Kentang yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Biasanya setiap masakan akan ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi cita rasa dari Opor Ayam Campur Tempe Kentang, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Lakukanlah hal gampang dalam penyajian Opor Ayam Campur Tempe Kentang bisa dirumah atau rumah keluarga, karena lebih menguasai situasi penyajian dan dapat lebih maksimal.

Bahan-bahan dibawah akan sangat pas untuk porsi penyajian Opor Ayam Campur Tempe Kentang adalah 4 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Oh ya untuk tambahan saja, waktu yang dibutuhkan untuk membuat Opor Ayam Campur Tempe Kentang diperkirakan sekitar 20 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Opor Ayam Campur Tempe Kentang sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Opor Ayam Campur Tempe Kentang memakai 13 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Resep ini merupakan resep paling praktis, hasil masakan awet (bisa dihangatkan) dan resep favorit saya waktu masih tinggal di kos-kosan.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Opor Ayam Campur Tempe Kentang:

  1. 1/2 Kilogram Daging Ayam Potong
  2. 5 Siung Bawang Merah
  3. 7 Siung Bawang Putih
  4. 300 ml Santan Kental
  5. 3 butir kemiri
  6. 1 ruas jari lengkuas
  7. 2 lembar daun salam
  8. 1 batang serai
  9. 2 plastik Tempe iris dadu kecil-kecil
  10. 3 butir kentang potong dadu kecil-kecil
  11. secukupnya Garam dan penyedap rasa
  12. secukupnya cabe (jika suka pedas)
  13. secukupnya minyak goreng untuk tumis bumbu

Langkah-langkah untuk membuat Opor Ayam Campur Tempe Kentang

1
Daging ayam bersihkan dan potong-potong
Opor Ayam Campur Tempe Kentang - Step 1
2
Haluskan bawang merah, bawang putih, kemiri, cabe, garam, penyedap rasa
Opor Ayam Campur Tempe Kentang - Step 2
3
Masukkan minyak goreng, tumis bumbu halus hingga mengeluarkan bau harum, lalu masukkan santan, setelah itu masukkan daging ayam, tempe, kentang, lengkuas, daun salam dan daun serai. Tunggu hingga mendidih sekitar 20-30 menit.
Opor Ayam Campur Tempe Kentang - Step 3
4
Siap disajikan

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Opor ayam dan tahu

Opor ayam dan tahu

Resep opor ini biasa dimasak saat Lebaran. Di makan dengan ketupat ato lontong. Di jamin nagih dan mau lagii dan lagi 😊😊 Selamat memasak

3 porsi
25 menit
Terik Udang Tahu Tempe

Terik Udang Tahu Tempe

Hari minggu itu seharusnya family day. Tp si kakak lagi sibuk ikut lomba di kompleks perumahan jdi masak yang gampang aja.

3 porsi
30 menit
Opor ayam putih

Opor ayam putih

Resep ini merupakan gabungan dari resep-resep favorit saya. Pala, jinten, cengkeh dan daun jeruk memberikan cita rasa yang sangat membuat resep opor ini berbeda dari resep-resep yang lain. Kunci dari masakan ini adalah takaran garam dan gula yg tepat. Jangan memasaknya terlalu kental, matikan api sesaat sebelum kuahnya mengental karena akan mengental saat opornya dingin.

4 - 6 porsi
60 menit
OPOR AYAM merah

OPOR AYAM merah

Rasa opor ini seperti gulai tp tdk pedas.

6 porsi
60 menit
Opor ayam presto bumbu merah

Opor ayam presto bumbu merah

Bosen sama opor putih sama kuning. Kali ini mau bikin opor bumbu merah , tapi ttp gak pedes lho.. mski trlihat merah... menu yang satu ini salah satu fav keluarga kami... pokoknya lahap semua kalo lg ngopor. Apalgi si adek keluar masuk sll nyomot ayam ..di gondolin terus hehehe..

Bubur Lemu Terik Tahu (bubur nasi)

Bubur Lemu Terik Tahu (bubur nasi)

Ceritanya gigi geraham saya baru numbuh jd gusi sakit pakek banget kl buat maem, jadi bikin bubur lemu biar ga perlu ngunyah tinggal telen😊😊😊

opor ayam

opor ayam

kadang kalo ada sisa tahu goreng dikulkas aku masukin az ke opor ayam,enak jg lo...

6 porsi
40 menit
Opor Ayam Putih Simple

Opor Ayam Putih Simple

Menu lebaran kemarin, abis sholat Ied langsung makan bersama, sekalian syukuran ultah Mas (anak sulung). Tp sekeluarga doang sih yg makan2 πŸ˜€πŸ˜€. Walopun namanya opor putih tp tetep make kunyit walopun ga sebanyak opor kunibg, biar aroma apek ayam hilang, dan menambah aroma masakan...

Opor Ayam Bumbu Instan Enak (Pr_masakan bersantan)

Opor Ayam Bumbu Instan Enak (Pr_masakan bersantan)

Assalamualaikum teman teman.. Lama ini nggak nulis resep di cookpad. Ini pertama kalinya ikut posting rame-rame. Kebetulan sih sebenarnya, pas pengen masak opor ayam. Liat cookpad kok pas makanan santan temanya. Krn sy nggak pinter masak, sy pake bumbu instan yg kemasan. Kalau di daerah sy namanya bumbu mahmudah. Tp supaya tetep enak sy tambahi bumbu simpel ya biar rasanya kayak bumbu bikin sendiri. Cocok buat yg nggak bisa masak kayak saya ya bu ibu πŸ˜πŸ˜…πŸ˜†

5 porsi
60 menit
Ayam Ampal Putih / Opor Ayam

Ayam Ampal Putih / Opor Ayam

Kemarin siang si abang minta dibuatin Ayam Ampal Putih. Awalnya sempat bingung, apa itu ampal putih. Googling eh ternyata ampal putih itu Opor 😁. Okelah, let's goooooo....kita bikin Ayam Ampal Putih.

Opor Ayam Lezat

Opor Ayam Lezat

Suamiku adalah penggemar berat Ayam. Mulak dari Ayam panggang, ayam goreng, dan segala jenis masakan berbahan ayam. Tapi satu masakan ayam favoritnya adalah Opor ayam.

8 porsi
45 menit
Opor Ayam Gampang Enak

Opor Ayam Gampang Enak

Coba buat masakan dari Ayam aelain gulai dan sambal, kepikirlah Opor.

5 porsi
1 jam
Opor telor tahu

Opor telor tahu

Bosen dengan masakan itu2 aja.. nah masak ini blm kesampean dr kemarin2 ahirnya kesampean juga sekalian buat bekel suami tercinta😊😊😊

30 menit
Opor Ayam Kampung Endess 😍

Opor Ayam Kampung Endess 😍

Rencananya mau bikin Ayam Ingkung tapi ayam kampungnya terlanjur di potong2, ya sudah jadikan opor saja...

5 porsi
Opor ayam ala ibu mertuaku

Opor ayam ala ibu mertuaku

Ini resep opor ayam terenak lhoo 😁 karena ibu mertuaku jago banget masak. Masakan ini paling cocok dimakan pake sambal terasi mentah plus taburan bawang merah goreng hmmm yummy! . Mudah dan simple banget lho cara membuatnya! Tinggal cemplung" bahannya, rebus, dan Taraaa! jadi deh πŸ™Œ

6-8 porsi
Opor Ayam Tahu Telur Istimewa

Opor Ayam Tahu Telur Istimewa

Opor ini enak banget & dijamin sehat karena NO MSG ya.. Apalagi suami bilang ini enak & rasanya pas, syukurlahh.. Secara suami ini rada kritis kalo soal rasa. Kl suami blg enak, berarti memang mantapp, hahahaha.. Mama saya yg udah biasa bikin opor pun bilang kl opor buatan saya enak & bahkan minta resepnya. Bangga deh rasanya, wkwkwkwk.. Memang resep hasil recook dari mbak Ribka Arini ini the best banget, sampe bikin suami & mama saya makannya nambah-nambah.. Apalagi saya yg doyan makan, nasi sepiring gk cukup.. xixixixi.. Baby saya yg umur 1 tahun 2 bulan jg bisa makan lho.. Udah deh, langsung cuss aja resepnya yukk..

Opor ayam

Opor ayam

5porsi