Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Membuat Opor Ayam yang Enak Banget

Dipos pada March 3, 2022

Opor Ayam

Ada ide oke hari ini, kita akan membuat Opor Ayam yang mudah Dijamin ga bakalan terlalu repot untuk membuatnya. jangan terburu-buru ya, kalau salah proses dan bahan rasanya nanti tidak enak. Biasanya Opor Ayam yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Opor Ayam, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Opor Ayam sebaiknya di rumah sendiri terlebih dahulu agar lebih percaya diri dan yakin.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Opor Ayam sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Opor Ayam memakai 21 jenis bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Assalaamu'alaykum warahmatullaah wabarakaatuh ummahaat~ Bikin opor ayam yukkk 😍 ud mulai kangen suasana lebaran hehe opor ayam ini ummu modif dr resep mbak @jennynovembria dan mbak @xanderskitchen ya umm~ Note 1. Kreasikan isian opor dg kentang, tahu, tempe, telur, dll untuk hasil yg lebih banyak. Jd bisa kasih tetangga deh πŸ€— in syaa Allaah 2. Ayam bisa lsg di masak atau di goreng terlebih dahulu ya umm Foto nyusul ya umm in syaa Allaah 🀭 opor nya masih on going di kompor Note 1. Biarkan kuah opor mendidih beberapa kali sebelum dimasukkan ayam. Kuah akan semakin enak, dan bumbu akan semakin padu bila banyak mendidih. Sekaligus utk menghilangkan bau langu dan rasa getir dari kemiri&kunyit. Cara lain, sangrai kemiri&bakar kunyit sebelum di olah. 2. Menurut selera ummu, opor ini lebih enak kalau kepekatan kuah santannya sedang cenderung encer. Karena taste nya jd lebih light dan segar. Ummu biasa bikin masakan berkuah gini kuahnya banyaaak biar bisa banjir banjir di piring 🀭 kalau biasa buat kuah sedikit. Takaran santan instannya bs dirubah sesuai selera ya ummahat. Bismillaah OPOR AYAM by @qiyamskitchen

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Opor Ayam:

  1. 1/2 kg ayam, potong sop
  2. 1/2 kg kentang, potong kotak
  3. 1 saset santan instan
  4. Bumbu Halus
  5. 50 gr bawang merah
  6. 30 gr bawang putih
  7. 10 gr jahe
  8. 10 gr lengkuas
  9. 15 gr kunyit
  10. 10 gr kemiri
  11. 1/2 sdt kayu manis
  12. 1 sdt ketumbar
  13. 1 sdt jintan
  14. 1 gr pala bubuk
  15. 1/4 sdt merica bubuk
  16. 1 sdm gula pasir
  17. 1 sdm masako ayam
  18. Bumbu Cemplung
  19. 2 batang sereh, geprek
  20. 4 lembar daun salam
  21. 3 lembar daun jeruk

Langkah-langkah untuk membuat Opor Ayam

1
Dalam panci, masukkan santan+air secukupnya, bumbu halus, dan bumbu cemplung. Masak hingga mendidih beberapa kali. Sering di aduk agar santan tidak pecah.
2
Kecilkan api. Masukkan ayam. Tutup. Masak hingga ayam empuk. Sering diaduk.
3
Masukkan kentang. Masak hingga kentang lunak. Koreksi rasa. Angkat. Sajikan dg taburan bawang goreng.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Opor ayam

Opor ayam

6 porsi
15 menit
Opor Ayam Kampung

Opor Ayam Kampung

Akhirnya bisa posting, maklum jadi ibu baru, sibuk ngurus si kecil... Mumpung masih dikampung, pengen banget makan ayam kampung, kalau di Bekasi ayam kampung mahal.. Ayamnya motong sendiri pula...

Opor ayam ala dewi tryana

Opor ayam ala dewi tryana

6 porsi
45 menit
Ayam panggang bumbu Opor

Ayam panggang bumbu Opor

Biasanya masak ayam seperti ini pakai resep ala Mama he he kali ini cobain dari resepnya kumpulan resep prima rasa. Ayamnya dipanggang bentar lalu dimasak dengan bumbu opornya. Jadi deh bikin menu hari libur .... enak sedapπŸ˜‹ ayo coba

6 porsi
60 menit
Opor Ayam Simple Enak

Opor Ayam Simple Enak

First time masak aneh-aneh sendiri. Hasil recook, walaupun bumbunya banyak yg dikurangin ehee

2-3 porsi
Opor Ayam 🐣

Opor Ayam 🐣

Ini masakan kesukaan si kecil, jd sering bgt bikin ini 😁

Opor Daging Elk

Opor Daging Elk

Ukuran dibawah hanya kira-kira saja yak! :)

Opor ayam bumbu rempah

Opor ayam bumbu rempah

Ini berbeda dari opor putih. Rasanya lebih berasa rempahnya. Sedep... Saya tambahin tahu buat tambah2 karena banyak orang sedangkan ayam cm 1/2 kg

6 porsi
45 menit
Terik Ayam

Terik Ayam

Best Regard : Icha Annastasia

Opor dadakan

Opor dadakan

Pengen masakin suami dan mama tercinta tapi pake bahan yg ada aja, mumpung telor lagi banyak langsung kepikiran bikin opor aja :)

5 porsi
30 menit
Opor Ayam Goreng

Opor Ayam Goreng

Sebenernya ini menu agak bingung sih karena pagi mau ke pasar kesiangan. Di kulkas ada ayam sisa br diungkep bentar aja blm dibumbuin. Mau digoreng krispi takutnya hambar bumbunya g masuk sampai dalem. Jadinya digoreng tp diungkep bumbu dulu deh. Bumbunya jg agak meraba-raba trus kata Ibu 'kok km kyk mau bikin opor? hmm.. tp kurang lengkap bumbunya' Aku pikir yaudahlah ya, yg penting mateng dan layak dimakan apapun namanya.

Opor bebek

Opor bebek

Buka puasa dapat nya bebek di opor aja

Opor Ayam Telor

Opor Ayam Telor

Bapak seneng banget kalo dimasakin opor resep dari ibuk.. cepet abisnya kalo masak opor. jd seneng juga nih yg masakin :)

Opor Ayam

Opor Ayam

Resep ini asalnya dari mama saya/neneknya Umar...Umar doyan banget makan Opor Ayam yang rasa begini. Gak pakai penyedap rasa tapi rasanya dah haucek + wangi. Bikinnya set. Ekor doang karna yang doyan cuma saya dan Umar...Ayahnya pecinta Ayam goreng garis keras...no kuah2 πŸ™ˆ Kalau saya, makannya pakai nasi anget + kecap + sambel bawang. Ntap dah 😁 (tambah bw. Goreng dikit jg boleee)

6 porsi
Opor Tahu Telur

Opor Tahu Telur

Baru pertama kali nyoba bikin opor. Enak banget...resepnya pas buat pemula.

MPASI 1+: Opor Daging Susu UHT

MPASI 1+: Opor Daging Susu UHT

Mulai bingung bikinin maem buat Mbak kecil. Yang pasti harus berkuah, karena kalo seret, langsung hoek. Cobain bikin opor aja tapi santannya diganti UHT. Alhamdulillah tandas! πŸŽ‰

20 menit
Opor ayam & tempe

Opor ayam & tempe

Udh sering buat opor ayam tp ni yg paliiing mantaaaf seger kuahnya kental, harumnya jg nampool bgt kemana" hehe krn pke kelapa asli jd nambah gurih klo resep yg sblumnya versi simple tp rasa tetap okelahπŸ˜† bahan serba ganjil krn Allah SWT suka yg ganjil" πŸ˜πŸ˜™ #yg suka pedas bs ditambah cabenya yah

Ayam Opor (side dishes sego liwet)

Ayam Opor (side dishes sego liwet)

Untuk melengkapi sego liwet, saya membuat ayam opor. Sebenarnya bumbunya adalah bumbu ayam ingkung, tapi krn saya pakai ayam kampung, sepertinya sulit buat bikin ingkung, ini saja bikin opor bumbu ingkung ini butuh waktu lebih dari 2 jam. Tapi worth to wait kok. Hasilnya enak.

banyak porsi