Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Membuat Kari Daging Sapi Dengan Roti Canai dan Acar Bawang yang Bisa Manjain Lidah

Dipos pada February 18, 2017

Kari Daging Sapi Dengan Roti Canai dan Acar Bawang

Sore-sore begini enaknya membuat Kari Daging Sapi Dengan Roti Canai dan Acar Bawang yang praktis Cara membuatnya tidak terlalu susah. Pengerjaan harus hati-hati dan perlahan agar rasanya nikmat. Pada umumnya Kari Daging Sapi Dengan Roti Canai dan Acar Bawang yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Kari Daging Sapi Dengan Roti Canai dan Acar Bawang, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Kari Daging Sapi Dengan Roti Canai dan Acar Bawang sebaiknya di rumah sendiri terlebih dahulu agar lebih percaya diri dan yakin.

Kira-kira porsi penyajian Kari Daging Sapi Dengan Roti Canai dan Acar Bawang sekitar 3-4 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Sekedar tambahan, kira-kira waktu penyiapan Kari Daging Sapi Dengan Roti Canai dan Acar Bawang diperkirakan sekitar 1 jam.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Kari Daging Sapi Dengan Roti Canai dan Acar Bawang sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Kari Daging Sapi Dengan Roti Canai dan Acar Bawang memakai 27 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Idul Adha tahun ini tentu tidak semeriah tahun sebelumnya, ketika pandemi di tanah air yang sedang tinggi-tingginya disaat ini. Namun dibalik keterbatasan dan suasana berkabung diseluruh negri, alhamdulillah masih bisa merayakan Idul Adha 1442 H, dengan Kari daging sapi untuk menemani roti canai/roti maryam/roti prata, yang sudah dibuat sebelumnya. Kari daging sapi ini terbuat dari daging sapi kiriman dari mesjid dekat rumah. Daging sapi segarnya dicuci bersih, lalu di rebus setengah empuk dengan garam, kemudian dipotong kotak kecil, dengan maksud agar dagingnya mudah empuk dan bumbu kari yang kaya rempah juga lebih meresap ke dalam daging. Sedang cara memotong daging yang baik adalah melintang seratnya. Apakah memotong serat daging yang salah bisa mempengaruhi hasil jadi karinya? Ya karena cara memotong daging yang salah, sejajar serat, akan membuat daging menjadi alot, keras dan bumbu tidak akan meresap baik kedalam daging. Singkat kata, semangkuk kari sapi hangat yang enak ditemani dengan roti canai lembut sedikit garing serta jangan lupa, acar bawangnya yang bikin pas dan segar. Sehat selalu ya teman Cookpad semua dan semoga segera selesai pandemi ini dari negari kita tercinta, dan kemudian kembali membangun dan mengejar ketertinggalan. Amin.... #OlahanDagingKurban #PosbarIDAMAN #PatunganResep #KampungIdaman #BerbagiBahagia #PPKMBarengCookpad #IDAMANMamah #Cookpad #CookpadIndonesia #MasakItuSaya #IdulAdha #IdulAdha2021 #CookpadCommunity_Solo

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Kari Daging Sapi Dengan Roti Canai dan Acar Bawang:

  1. 600 gr daging sapi
  2. 400 ml santan kental dr 1butir kelapa
  3. 700 ml santan encer
  4. secukupnya minyak goreng untuk menumis
  5. Bumbu rempah
  6. 1 batang kecil kayumanis
  7. 2 buah kapulaga
  8. 1 buah bunga lawang/pekak
  9. 4 biji cengkeh
  10. 10 lbr daun kari (skip diganti daun jeruk)
  11. 2 btg sereh
  12. 1 sdm bumbu kari siap pakai
  13. Bumbu halus
  14. 8 buah cable merah keriting
  15. 4 buah cabe merah kering (skip)
  16. 3 siung bawang putih
  17. 6 siung bawang merah
  18. 3 buah kemiri sangrai
  19. seruas kunyit
  20. 2 cm jahe
  21. Acar bawang
  22. 3 siung bawang merah, iris
  23. 10 buah cabe rawit hijau, utuh
  24. 3-4 tetes cuka makan
  25. Seujung sdt garam
  26. 1/2 sdt gula
  27. 3-4 sdt air hangat

Langkah-langkah untuk membuat Kari Daging Sapi Dengan Roti Canai dan Acar Bawang

1
Kari daging sapi: Bersihkan daging (sdh dipotong melintang serat ukuran besar).
Kari Daging Sapi Dengan Roti Canai dan Acar Bawang - Step 1
2
Rebus daging lebih dahulu di air mendidih dengan sedikit cengkeh, kayu manis dan garam sampai setengah empuk, lalu angkat daging dan potong kotak kecil, sisihkan juga lemaknya..
Kari Daging Sapi Dengan Roti Canai dan Acar Bawang - Step 2
Kari Daging Sapi Dengan Roti Canai dan Acar Bawang - Step 2
3
Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum, lalu masukan bahan rempah halus (saya sudah menghaluskan bumbu rempah kec sereh dan daun kari, tidak perlu dimasukan semua ya, karena lebih harum jika di haluskan). Masukan jg sereh dan tumis hg harum.
Kari Daging Sapi Dengan Roti Canai dan Acar Bawang - Step 3
Kari Daging Sapi Dengan Roti Canai dan Acar Bawang - Step 3
Kari Daging Sapi Dengan Roti Canai dan Acar Bawang - Step 3
4
Masukkan bumbu tumis, daun jeruk, santan encer, kaldu rebusan daging, kedalam rebusan daging sapi, masak hingga mendidih dan daging empuk dan kuah mengental, lalu tambahkan santan kental, beri gula garam secukupnya. Koreksi rasanya. Angkat.
Kari Daging Sapi Dengan Roti Canai dan Acar Bawang - Step 4
Kari Daging Sapi Dengan Roti Canai dan Acar Bawang - Step 4
Kari Daging Sapi Dengan Roti Canai dan Acar Bawang - Step 4
5
Roti canai, lihat lampiran resep.
Kari Daging Sapi Dengan Roti Canai dan Acar Bawang - Step 5
Kari Daging Sapi Dengan Roti Canai dan Acar Bawang - Step 5
Kari Daging Sapi Dengan Roti Canai dan Acar Bawang - Step 5
6
Acar bawang: campur semua bahan Jadi satu, koreksi rasa manis, asin, asamnya, sajikan sbg pelengkap roti jala.
Kari Daging Sapi Dengan Roti Canai dan Acar Bawang - Step 6
Kari Daging Sapi Dengan Roti Canai dan Acar Bawang - Step 6
Kari Daging Sapi Dengan Roti Canai dan Acar Bawang - Step 6
7
Sajikan kari daging sapi hangat, roti canai dan acar bawang, selamat mencoba.
Kari Daging Sapi Dengan Roti Canai dan Acar Bawang - Step 7

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Sate Kambing

Sate Kambing

Semangcook Beres resep, bersama kampung idaman mamah Cookpad, mengolah daging qurban, Anny semalam bakar2 daging kambing Lo...Sate dgn resep mbk @RachmawatiRDewi enak sekali trimakasih resepnya... Terimakasih juga buat mas Eko yg sudah berbagi ilmu di Semangcook semoga selalu berkah ya... #kampungidaman #semangcook_hokya #Semangcook_BerbagiBahagia #CookpadCommunity_semarang

Rica Daging Sapi Pedas Manis

Rica Daging Sapi Pedas Manis

Masih dalam rangka idul adha 🤭🤭🤭 yuk masak daging sapi lagi yukk

2orang
45 -60 menit
Lempeng Gulung Pendamping Kari||Malay Roll Pancake

Lempeng Gulung Pendamping Kari||Malay Roll Pancake

Sebentar lagi hari raya Iedul Adha, berarti hari raya kurban dimana biasanya kita akan kebgian daging kurban selai berkurban sendiri tentunya. Seru kaliii mah kalau di kampung. Sayang disini anteng-anteng baee... Tapi gapapa lah, daging kurban tak ada, pendamping nya harus ada donk. Seperti Lempeng gulung ini, biasa di makan dengan kari yang kebetulan saya masak Kari Ayam, cocoklah dinikmati bersama. Cukkk yukkk mari di Cooksnap ~~~ Secondo le sue origini viene dalla Malesia come compagno quando si mangia curry. ma ora se ne trovano molti anche in Indonesia. Proviamo la ricetta facile. Source: DapurYuni https://cookpad.com/id/resep/13475882-lempeng-kari?ref=you_tab_saved Modified: Carolina #PPKM #PosbarIDAMAN #CookpadCommunity_Surabaya #CookpadIndonesia #CookpadItalia #LempengGulungPendampingKari #MalayRollPancake #DapurYuni #Carolina

10roll
Acar Nanas Seger

Acar Nanas Seger

#KampungIdaman #PPKM #Cookapdcommuniry_Kalsel Acar nanas seger ini dapat dijadikan sebagai pendamping masakan serba daging pada saat idul adha nanti.

Manisan Kolang Kaling Sirup Leci

Manisan Kolang Kaling Sirup Leci

Pas banget kewarung ada kolang kaling, muda2 lagi (cirinya bening dan transparan). Udah dari habis lebaran baru nemu lagi. Kebetulan masih ada sisa sirup Marjan rasa Leci (warna sirupnya ijo ya, bukan putih). Tinggal saya tambahkan sedikit pasta pandan supaya warna ijonya ga pucat. Enak dan seger, rasanya asem manis . . #manisankolangkaling #olahankolangkaling #CookpadCommunity_Bandung #cocomba #authorsbandunghebring #ResepHadleny

1kg
Krawu Daging khas Gresik

Krawu Daging khas Gresik

Berhubung idul adha bnyk daging d rmh dan bngung ngelolany mnding tk buat krawu aj.ini mkanan khas d daerahqw lho.....

10 org
30 menit
Gulai Pangek Masin Ikan Patin Khas Padang

Gulai Pangek Masin Ikan Patin Khas Padang

Source : @becksz23 Becksz’s Kitchen Semarak Clover sabtu ini ditentukan temanya oleh mbak Tri Puji Lestari. Berhubung beliau alergi terhadap ikan Laut maka kali ini temanya kuliner dari ikan tawar. Sempat bingung mau buat apa… karena menurutku memang ikan air tawar terbatas macamnya.. Sempat ingin memasak Bandeng.. ternyata dia hidup di air payau.. akhirnya pilih patin. Dan pengen banget patinnya ku gulai ala-ala resto Padang. Akhirnya nyari di akun CP nya mbak Whennie @becksz23 yang asli gadih minang. Kangennya sama uni satu ini.. so kukirim cooksnap nyaa ya uni.. ini enaak banget . Sempat bertanya juga kenapa judul resepnya panjang banget. Apa yang membedakan dengan gulai lain. Ternyata karena bumbu halusnya memakai cabe hijau, lalu maskan ini tidka memakai kemiri. Itulah yang menjadi khas gulai pangek masin. Thank you.. dan semoga mbak Tri berkenan. Menu ini juga bisa dijadikan menu pendamping Idul Adha loh.. kalau bosan dengan daging. Atau semangkuk nasi dengan lauk rendang dan kuah gulai pangek masin ini… sangat luar biasa enaaknyaa… #NawarinIkan #Semarak_NawarinIkan #CloverCookingLovers #TidakSekedarMemasak #CookingWithHeartEatingWithLove #PosbarIdaman #ColamMatos #Colam_MenyambutQurban #Colam_MenuPendampingQurban #CookpadCommunity_Malang

1 jam an
Telur Gabus Keju (Stik Keju)

Telur Gabus Keju (Stik Keju)

Cemilan lebaran ini sih. Dulu kalau ibuku bilangnya cendol keju. Sekarang suka bingung mau nyemil apa yang gurih2an gitu. Yaudah bikin ini aja deh buat ngisi toples.

Gulai Ayam Pedas ala bumbu Desaku

Gulai Ayam Pedas ala bumbu Desaku

Jumat, 16 Juli 2021/#467 Masih terintimidasi resep di kemasan bumbu Desaku... Simpel, bumbu gulai cuma dirajang, rasa jelas enaaak.. Ya iyalah resepnya sdh diuji chef rudy juga..Ngikutin resep asli dong, yg diubah hanya pemakaian jeruk nipis, hanya memakai separo saja.. Btw jadi serasa makan soto santan gitu ya segerr ada jeruk nipisnya..Dan jd unik, makan gulai dg ranjau pedas dari potongan cabe. Cocok juga utk teman makan lontong/ketupat pas hari raya Adha. Bisa jadi IDAMAN klo kata mamah cookpad.. Idul Adha Aman Bersama Mamah.. Memang deh Mamah keren klo bikin tema. #Alhamdulillah_Ala_Kulli_Hal #CookpadCommunity_Sumbar #CookpadComunityIndonesia #Cookpad_id #Basidoncek #KampungIdaman

5 orang
35 menit
Gule Kambing

Gule Kambing

Kegiatan Coboy ( Community Surabaya) minggu ini adalah COBOY DOLAN. Meski dimasa pandemi kita tetap bisa saking bersilahturahmi, anjangsana ke kota lain secara virtual sekaligus merayakan hari Raya Idul Adha bersama sahabat CoComtang, dengan tujuan mempererat keakrabab lintas komunitas melalui Cooksnap resep, kali ini dengan tema resep makanan "Khas Idul Adha Dari Regional Tangerang". Dan Cooksnap saya jatuh ke pemilik resep mba @ika_ummuazzam, salam kenal ya mba semoga selalu sehat bersama keluarga tercinta. Kenapa saya pilih resep ini kebetulan setiap Idul Adha dapat daging Qurban jadi menu ini selalu ada, hidangan ini sangat lezat meski hanya dengan sepiring nasi hangat, sambal, kecap dan sedikit perasan jeruk nipis makin mantap #CoboyDolan #CoboyDolanNangCocomtang #CoboyDolan_Cocomtang #CoboyWani #Coboy_Cooksnap #CookpadCommunity_Surabaya #KampungIdaman #CookpadCommunity_Tangerang #OlahanDagingKurban #IDAMANMamah #MasakItuSaya #PPKMBarengCookpad #Iduladha2021 #IdulAdha #Cookpad #CookpadIndonesia #tyasyodha #tyas_yodha #ResepIduladha #GuleKambing

10 porsi
90 menitb
Nasi Briyani Kambing / Biryani Lamb

Nasi Briyani Kambing / Biryani Lamb

Masih dalam suasana Idul Adha nih 😁😁 #OlahanDagingKurban Punya tulangan paha kambing, punya stok bumbu Biryani instan dan bahan-bahan yg diperlukan juga simpel. Sebenernya cara memasaknya juga udah tertera di belakang kemasan bumbu instant nya, tapi gapapa deh saya share di sini yaa 🙏🏻🙏🏻🙏🏻

4-6orang
Sambal goreng kentang

Sambal goreng kentang

Ini menu lebaran haji kemarin yaa, hehe Untuk bumbu nya ditakar pake perasaan ya bund, biar tetep mantul 😍

4 orang
1 jam
Semur Paru

Semur Paru

Jadi ceritanya hari sebelum idul adha beberapa bagian wilayah Bogor gempar🤪 air pam mati sampe sehari semalam yg mengakibatkan drmh mama ga bisa masak utk lebaran🤪 akhirnya mama aku ungsiin kermh ku beserta bahan2 masakan utk idul adha...hasilnyaaaa aku yg biasa pling terima beres jdi terjun ke dapur bikin 4 menu idul adha sampe tengah malem 🤣🤪 kk ku saking blank nya ga ada air jdi menyerahkan semua ke aku trserah mo bikin apah🤪 krena psti semaleman dia sibuk jg angkut air dr tetangga utk bikin ketupat 🤪 Salah satu menu nya semur paru ini yg aku contek dari resep mba @diahlutfi 🤗🙏 #CookpadCommunity_Bogor

Orem Orem Batu

Orem Orem Batu

Halo Lur ! Mungkin beberapa ada yang bingung ya : "Kok judulnya Orem Orem Batu ? Emangnya pake Batu ya ?" Hehe nggak kok , bahannya bukan pakai batu, soalnya saya ga bisa debus 🤭 Batu itu nama salah satu kota di Jawa Timur. Dan Orem Orem ini merupakan salah satu masakan khas dari Kota Batu. Nah sebagai orang Jawa Timur asli (tepatnya Arek Suroboyo), saya familiar sama masakan ini (ya Surabaya sama Batu kan ga jauh ya Lur) Dulu waktu masih tinggal di Surabaya, kalo tetangga ada hajatan, atau saling kirim makanan waktu "Lebaran Ketupat" di bulan Syawal, biasanya ada menu ini. Saya suka banget menu ini, tapi saya ga tau nama menunya (waktu itu) haha. Yang saya ingat cuma rasanya. Sampai ketika.. pas saya scroll resep di beranda Cookpad.. ga sengaja lihat resep Mbak Tyas Yodha. Waktu saya tengok foto menunya, saya telaah bahannya 🧐 (jiahh wkwk), lah kok kayak familiar yaak. "Oh iyaak ini kan menu hajatan waktu saya tinggal di Surabaya dulu.. ternyata Orem Orem tohh namanya", begitu gumam saya wkwk Yasudah tanpa pikir panjang, saya Cooksnap aja resep beliau. Itung itung nostalgia zaman di Surabaya yaa Lur 😄 karena memang rasanya enak & unik. Menurut info dari Mbak Tyas, masakan ini punya kembarannya di Malang, iya namanya juga Orem Orem, cuma bedanya yang khas Malang ada tauge + kecapnya yaa Lur Resep asli di link berikut : https://cookpad.com/id/resep/15045517-orem-orem-khas-kota-batu?invite_token=9zMaGaMGCRcwxJBiUEroCHca&shared_at=1625933250

± 6 porsi
± 45 menit
Es Timun Selasih

Es Timun Selasih

Source: Dapur Marin Borneo Bismillah Es timun pas banget nemenin menu roti jala kari ayam.. buat lebaran idul adha tapi hari ini jd menu berbuka puasa dulu 🤭 Tambahkan hashtag: #RecookBubuhanKaltim #BubuhanKaltim_DapurMarin #KulaEtamCoCoK #Cookpadcommunity_Kaltim #Cookpadcommunity_samarinda

2 orang
30 menit
Nasi Bukhari

Nasi Bukhari

Sumber: NAHID FADAQ Bismillah... Menjelang Idhul Adha, Mamah Cookpad buat seseruan dengan #PosbarIDAMAN temanya adalah Masakan Pendamping Menu Idhul Adha. Kebetulan PakSu penggemar masakan Timur Tengah menu favoritnya selain nasi briani dan nasi kebuli adalah nasi bukhari Kebetulan untuk nasi bukhari ini saya belum pernah membuatnya. Kali ini cooksnap nasi bukharee mba @cook_4590776 Resepnya mantab, nasi bukharinya enak nggak kalah lho sama yang diresto 😋🥰 #PPKM #KAMPUNGIDAMAN #ColamMatos #Colam_MenyambutQurban #Colam_MenuPendampingQurban #CookpadCommunity_Malang #CookpadCommunity_blitar #CookpadCommunityIndonesia

Perkedel Singkong

Perkedel Singkong

Pengen perkedel, tapi cuma punya stok singkong rebus. Yaudah eksekusi aja, rasa mirip juga dengan perkedel kentang. Untuk tepungnya bisa diganti terigu dengan dibumbui garam dan kaldu ya Bisa jadi pendamping makan sup daging/iga nih lebaran nanti #PosbarIDAMAN

Tongseng daging

Tongseng daging

Ngabisin daging kurban. Karena masih lumayan bnyak

Gepuk daging sapi

Gepuk daging sapi

Bingun sama daging kurban, akhirnya iseng bikin gepuk aja.

5 orang
I jam
Sate Maranggi (kambing)

Sate Maranggi (kambing)

Belum move on nih ceritanya dari perdagingan 🤭 daging kurban kemarin ga tau diapain aja 😂 sipaksu minta di sate, kemarin ga mau ribet marinasinya, biasanya sama kecap, bawang merah, dan jeruk aja, tp embeknya ini agak bau apek ya...jadi saya marinasi ala2 sate maranggi, alhamdulillah baunya hilang dan rasanya enak 😁 saya marinasi ada 3 hari, begitu dicampur bumbu 1 jam saya masukan freezer karna paksu masih diluar kota, baru pulang langsung panggang di grill pan aja, matang sempurna dan ga alot 🤗 #BerapiManjuhu #CookpadCommunity_Lamongan #SateEnak #SateMaranggi

30 menit