Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Membuat Traditional Omani Qabuli/Omani Pilau (versi daging) yang Enak Banget

Dipos pada February 8, 2017

Traditional Omani Qabuli/Omani Pilau (versi daging)

Penasaran dengan rasa yang diwarung tempo hari, yuk kita berkreasi membuat Traditional Omani Qabuli/Omani Pilau (versi daging) yang gampang Cara membuatnya tidak terlalu susah. Pengerjaan harus hati-hati dan perlahan agar rasanya nikmat. Umumnya Traditional Omani Qabuli/Omani Pilau (versi daging) yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Kemungkinan ada beberapa sebab yang biasanya bisa mempengaruki kenikmatan dari Traditional Omani Qabuli/Omani Pilau (versi daging), mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Traditional Omani Qabuli/Omani Pilau (versi daging) ada baiknya dilakukan ditempat yang bersih dan higienis.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Traditional Omani Qabuli/Omani Pilau (versi daging) sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Traditional Omani Qabuli/Omani Pilau (versi daging) memakai 22 jenis bahan dan 19 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Selamat hari raya Idhul Adha sobat cookpader khususnya bagi yg merayakan, semoga kita selalu senantiasa bersyukur ya walaupun terkadang hidup kita campur aduk seperti rempah,semoga saja selalu berakhir harum dan nikmat seperti nasi Qabuli,Briyani,Kabsah,dan lainnya hihihi ๐Ÿ˜ƒ (Alhamdulillah ala khulu hal๐Ÿคฒ๐Ÿฅฐ) Lebaran tersepi kali ini,karena disini gak hanya #PPKM tapi malahan full lockdown 24 jam selama 4 hari,jdi memang 4 hari gak ada sama sekali kegiatan,akses jalan dan toko pun tutup total.๐Ÿ˜Œ. Jadi walaupun dirumah saja tetaplah merayakan lebaran dengan menu utama secara traditional di Oman. Biasanya memang di hari lebaran pertama disini, menu nya adalah Qabuli/pilau. Ini beda ya sama nasi kebuli nya versi Indonesia dan juga beda lagi dgn nasi Kapli nya Saudi/Yemeni. Untuk resep nasi Kapli pernah saya share diresep sebelumnya juga. #posbarIDAMAN #OlahanDagingKurban

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Traditional Omani Qabuli/Omani Pilau (versi daging):

  1. ๐Ÿฅฉ A.) Bahan Utama:
  2. 500 gram beras (bisa pakai basmati/ beras biasa)
  3. 1 kg daging (jenis daging silahkan sesuaikan selera)
  4. 2 buah kentang (belah masing masing jadi 4 atau 2 bagian)
  5. 4 sdm minyak samin
  6. 150 gram bawang merah (potong tebal)
  7. Air kaldu bekas merebus daging (sesuaikan kebutuhan)
  8. Garam (sesuaikan kebutuhan dan selera)
  9. Penyedap(sesuaikan selera dan kebutuhan)
  10. Bawang goreng (untuk pelengkap)
  11. 1 sdm Qabuli bizar/Qabuli masala (cara bikin udah ada,cek๐Ÿ‘‰
  12. ๐Ÿง„B.) Bahan bumbu yg dihaluskan:
  13. 10 siung bawang putih
  14. 1 jempol jahe
  15. ๐ŸŒถ C.) Bahan Rempah utuh Qabuli:
  16. 2 sdm jintan butir/utuh (cumin)
  17. 1 sdm adas manis (fennel seeds)
  18. 1 sdm merica butir
  19. 2 batang kayu manis (cinnamon)
  20. 2 lembar daun salam (Bay leaf)
  21. 7 butir kapulaga (hijau,putih,Jawa sama aja asal jgn yg hitam)
  22. 6 butir cengkeh

Langkah-langkah untuk membuat Traditional Omani Qabuli/Omani Pilau (versi daging)

1
NOTE: **Untuk wangi dan gurih yg maksimal gunakan minyak samin ya,karena ini merupakan salah satu ciri khas dari rasa nasi ini,tapi jika tidak punya,bisa pakai mentega dengan kualitas yg bagus. **jika menggunakan basmati,brown rice,red rice,wild rice atau jenis beras pera lainnya rendam dulu 1.jam. Tapi kalau pakai beras biasa yg mudah lembek cukup rendam 15 menit saja.
2
Rempah utuh yg harus ada dan menjadi ciri khas Omani Qabuli
Traditional Omani Qabuli/Omani Pilau (versi daging) - Step 2
3
Dan ini untuk rempah khas Omani Qabuli bizar/Qabuli masala/Pilau masala. Untuk resep silahkan klik lampiran berikut ๐Ÿ‘‰
Traditional Omani Qabuli/Omani Pilau (versi daging) - Step 3
4
Potong daging sesuai selera lalu rebus hingga empuk. Air kaldu bekas merebus daging jangan dibuang ya, karena akan kita gunakan untuk memasak nasinya. CATATAN: ** Saat merebus daging,biasanya saya bumbui dengan beberapa butir kapulaga+1 jempol jahe digeprek+3 butir cengkeh+garam agar tidak bau amis.
Traditional Omani Qabuli/Omani Pilau (versi daging) - Step 4
5
Siapkan panci lain, panaskan minyak samin. Masukkan potongan bawang merah dan juga bumbu halus tumis hingga harum.
Traditional Omani Qabuli/Omani Pilau (versi daging) - Step 5
6
Lanjut masukkan semua rempah utuhnya dan tumis kembali hingga harum. (Gunakan selalu api kecil agar tdk cepat gosong)
Traditional Omani Qabuli/Omani Pilau (versi daging) - Step 6
7
Setelah itu masukkan potongan kentang aduk rata. Lalu masukkan Qabuli bizar aduk beberapa saat, Masukkan air kaldu bekas merebus daging tadi,tambahkan juga garam dan penyedap,lalu lanjut masak biarkan hingga mendidih. Setelah mendidih tutup pancinya dan biarkan masak hingga kentang jadi SETENGAH EMPUK saja, bukan over empuk loh ya, karena nanti masih kita masak dgn nasi,biar tekstur kentang pas tidak lembek saat matang.
Traditional Omani Qabuli/Omani Pilau (versi daging) - Step 7
8
Setelah kentang setengah empuk, sekarang masukkan daging yg sudah direbus tadi dan juga beras yg sudah direndam tadi, disini setelah saya masukkan beras ternyata kuah kaldu kurang, jadi saya tambahkan air lagi.
Traditional Omani Qabuli/Omani Pilau (versi daging) - Step 8
9
Tambahan airnya,untuk beras yg saya pakai ini takaran air 2.cm dari permukaan beras ya. Jadi sebaiknya kenali beras yg dipakai masing masing.
Traditional Omani Qabuli/Omani Pilau (versi daging) - Step 9
10
Lanjut lagi biarkan masak terus dengan API BESAR,juga cek rasa kuah pastikan sudah pas asin dan gurihnya. masak terus hingga mendidih dan semua kuah surut terserap kedalam beras. Saat proses ini,panci tidak perlu ditutup ya. Dan disini saya juga tambahkan beberapa butir cabe merah bulat kering, jadi silahkan sesuai selera
Traditional Omani Qabuli/Omani Pilau (versi daging) - Step 10
11
Setelah semua kuah surut dan terserap kedalam beras seperti ini. Segera kecilkan api yg terkecil dan tutup rapat pancinya.
Traditional Omani Qabuli/Omani Pilau (versi daging) - Step 11
12
Pada bagian bwh panci,alasi dgn penyangga atau perantaraan agar tidak cepet gosong. Dan Lanjut biarkan masak dgn api terkecil,panci tertutup rapat. hingga nasi tanak,sekitar 30 menit. NOTE: Jika tidak terbiasa menanak nasi dgn cara seperti ini. Bisa dengan cara dikukus ya,jadi setelah semua kuah terserap kedalam nasi, matikan kompor, lalu pindah nasi kedalam kukusan dan lanjutkan seperti mengukus nasi pada umumnya.
Traditional Omani Qabuli/Omani Pilau (versi daging) - Step 12
13
Setelah 30 menit, matikan api kompor, biarkan beberapa saat atau sekitar 5 menitan dulu ya jangan lngsung dibuka, agar uap turun dan nasi pulen tidak keras. Jika sudah uap turun,buka pancinya dan aduk pelan rata. Pindahkan dalam piring saji dan taburi dengan bawang goreng.
Traditional Omani Qabuli/Omani Pilau (versi daging) - Step 13
14
Jadi deh.. Menu traditional ala Oman dihari lebaran pertama, siap sudah.
Traditional Omani Qabuli/Omani Pilau (versi daging) - Step 14
15
Sajikan dengan salad/lalapan/katcumbari dan juga shattah/sambal nasi arab untuk resep sambalnya silahkan cek lampiran ๐Ÿ‘‰
Traditional Omani Qabuli/Omani Pilau (versi daging) - Step 15
16
Untuk resep katchumbari silahkan cek lampiran๐Ÿ‘‰
Traditional Omani Qabuli/Omani Pilau (versi daging) - Step 16
17
Untuk resep nasi Kapli traditional Saudia/Yemeni silahkan cek lampiran๐Ÿ‘‰
Traditional Omani Qabuli/Omani Pilau (versi daging) - Step 17
18
Selamat mencoba semoga bermanfaat โค๐ŸŒน
19
Untuk resep Omani Qabuli versi ayam. Silahkan cek lampiran resep๐Ÿ‘‰
Traditional Omani Qabuli/Omani Pilau (versi daging) - Step 19

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bistik Daging Sapi

Bistik Daging Sapi

Masih suasana lebaran Idul Adha dan masih ada stok daging beberapa kilo dikulkas. Mau dibikin apa saya pun bingung karna belum pernah masak daging kemaren baru nyoba masak rawon Alhamdulillah berhasil walau pakai bumbu iris sajo๐Ÿคญ.. Kata suami kayaknya enak kalo dibikin bistik yaudah kita bikin bistik saja karna saya bisanya cuman bikin bumbu bistik ๐Ÿ˜‚ ๐Ÿ˜… Tips : agar daging cepat empuk bisa pake metode (5.30.7) Air mendidih masukin dagingnya rebus 5 menit, trus matikan api, panci posisi tertutup. Diamkan 30 menit, trus rebus lgi selama 7 menit, matikan api, diamkan lgi. Dijamin empuk. Baru masukkan dagingnya kebumbu bistik masak 30 menit biar bumbu meresap..

4 orang
Bakso sapi

Bakso sapi

Alhamdulilah masih dipertemukan dengan idul adha dengan keadaan sehat wal afiat, kali ini wahyu coba masak bakso kasar favorit suami nih.. rasanya mantuulll lho..g kalah enak sama bakso solo๐Ÿคญ๐Ÿ˜‚

Gabin Tape sederhana cuma 5 bahan ๐Ÿ˜

Gabin Tape sederhana cuma 5 bahan ๐Ÿ˜

Lebaran ada sanak saudara yg silaturahim ke rumah dan bawa banyak gabin ^tawar^ kalau dimakan gitu aja pasti anak2 kurang suka. Nah, dibikin cemilan ini deh akhirnya. Alhamdulillah laris maniiissssss....

10 porsi
30 menit
Bistik lidah sapi

Bistik lidah sapi

alhamdulillah dapet lidah sapi waktu kurban kemarin..eksekusi deh langsung..maaf ya gambarnya kurang estetik..nanti penyajiannya sesuai selera ya..bisa ditambah dengan sayuran favorit dan kentang goreng..

10 porsi
Kuah bakso

Kuah bakso

Stok bakso dari pas lebaran, rencana mau bikin pas lebaran, eh blm terealisasi. Baru kebikin kmrn pas ada klrg nginep, enak makan bareng2. Baksonya ini beli jadi, homemade mbak yg kerja disebelah rumah.

10 porsi
45 menit
Beef teriyaki

Beef teriyaki

Alhamdulilla banyak yg kirim daging sapi daging kerumah ๐Ÿ˜… kali ini aku masak beef teriyaki yg paling d sukai orang orang d rumah.. Dan gapernah bosen sama menu satu ini.. Mudah mudahann bisa jadi inspirasi buat kalian untuk masak menu ini d hari raya idul adha yaaa... ๐Ÿฅฐ #OlahanDagingQurban

1 jam 20menit
Sambal Buncis

Sambal Buncis

Assalamualaikum Cookpaders.. Walaupun lebaran hajinya sudah lewat, tapi masih seperti suasana lebaran , karena habis magrib tadi masih terdengar takbiran dari mesjid belakang rumah dan di depan rumah . Kemarin buat pelengkap makan ketupat saya bikin sambal buncis, sebenarnya sering bikin tapi karena suasana sebelum lebaran itu selalu heboh di dapur ๐Ÿ˜€๐Ÿ˜‚, jd sesi jepret jepretnya selalu kelewatan. Seperti kmren pun lewat lagi buat fotoin langkahnya , maafken ya ๐Ÿ™๐Ÿ˜ Sumber resepnya : @desfita_rozzen #IdulAdhaWongKito #ResepWongKito #KampungIdaman #PekanPosbar #WongKitoGalo #Cookpadcommunity_Palembang #MAKANANKHASPALEMBANG

5 porsi
45 menit
145. Dadar Telur Ayam Kol

145. Dadar Telur Ayam Kol

Yang buat soto ayam pas lebaran, ada yang ayam suwirnya bersisa kayak saya gak yaaa? Untuk memanfaatkan ayam suwir yang bersisa ini, saya buat jadi dadar telur yang enaak๐Ÿ˜ Seperti biasa yaa, resep berhasil saat hidangan ludes dilahap orang rumah...hehe๐Ÿฅฐ Untum kali ini saya menikmatinya dengan taburan bawang goreng dan kecap pedas๐Ÿ˜ #KampungIdaman #Cookpadcommunity_Kaltim #KulaEtamCoCoK #Cookpadcommunity_Bontang #PosbarIdaman #DiBuangSayang

Sate Padang Congor Sapi (Tanpa tusuk sate)

Sate Padang Congor Sapi (Tanpa tusuk sate)

Biasanya sate padang cenderung menggunakan jeroan sapi atau lidah sapi. Karena dapet daging qurban pas congor sapi atau mulut sapi, jadi bingung mau dmasak spa. Ya sudah kreasi buat sate padang nya dengan congor sapi dan tanpa tusuk biar ndak ribet. #cookpadcommunity_semarang#ResepBagiPemula#KampungIdaman#iduladha#OlahanDagingKurban#PosbarIDAMAN

Sop konro ala saya

Sop konro ala saya

Lebaran idul adha tahun ini kebagian iga sapi yg panjang panjang ... kepikiran lah bikin sop konro makassar ... ehh setelah jadi hasilnya enak jugaa ......... MARKISAK (MARi KIta maSAK)

3-5 org
Pizza homemade (Thin)

Pizza homemade (Thin)

Sumber resep : mba nanda Saya bikin aps lebaran idul Adha kemren๐Ÿ˜„ lagi mager nulis resep๐Ÿ˜ kebanyakan makan daging๐Ÿคฃ #cookpadcommunity_borneo #kampungcocok

Siomay ala-ala

Siomay ala-ala

karena sambal kacang sisa lebaran masih banyak, ada kentang, kol dan telur puyuh juga alhasil pengen buat siomay sendiri, biar ga mubadzir bahan makanan, jadilah siomay ala2 ๐Ÿ˜

5 orang
1 jam
SUP Daging sipii mooo

SUP Daging sipii mooo

Bingung masak daging dari kurban mau dimasak apa dan dengan bumbu seadanya

Saus bolognese

Saus bolognese

Stok daging kurban masih banyak di freezer, bingung mau diapain, berhubung suami suka sarapan spageti bolognese, yaudah langsung dieksekusi aja...

30 menit
Mie Goreng

Mie Goreng

Musim sibuk nggak sempat ke pasar, masak apa adanya isi kulkas dan persediaan tinggal mie telur. Memang salah satu belanja bulanan kemaren mie telur, berharap ada waktu untuk memasak mie goreng. Rasanya jarang banget membuat miegor. Cari-cari campurannya di kulkas, ada pentol sapi menganggur, sisa daging kurban kemaren, habisi aja, lanjut otw dapur he he ๐Ÿ’ช๐Ÿ’ชedisi cuci gudang. #KurasKulkas #BamasakBaimbai #CookpadCommunity_Kalsel #CookpadCommunity_id_Borneo

7 porsi
2 jam
Kue Jongkong Khas Bangka

Kue Jongkong Khas Bangka

Assalamualaikum... lebaran udah lewat nih tapi silaturahmi lewat Cooksnap belum berakhir donk ya... hari ini bikin cemilan sore enak dari mami @Alodia_Kitchen leader team lokas kalimantan selatan makasih mam anak suka banget yukkk kita keroyokan Cooksnap #CookpadCommunity_kalsel #CookSnap_Kalsel #CookpadCommunity_Kalsel #CookpadCommunity_Borneo

16 cup
Kurang lebih 1 jam
Selat solo

Selat solo

Steak dikenal sebagai makanan ala Western. Di Indonesia ada juga steak dan tak kalah nikmat. Namanya Selat solo atau bisa disebut bistik Jawa. Kalau steak ala Western dimasak dengan dipanggang. Kalau yang ini tak jauh nikmat dimasak dengan aneka rempah rempah yang mencirikan khas budaya Indonesia. Dan tak jauh kalah nikmat nya dilengkapi dengan aneka sayuran. Bisa juga jadi menu dikala hari raya , seger seger gitu. #steak #selatsolo #cookpadcommunity_solo #cookpadcommunity_bali #cookpadindonesia #cookpad

Rendang daging sapi

Rendang daging sapi

Bismillah.. Masih ada stok daging lebihan dr lebaran idul adha kemarin, kebetulan lg pengen banget makan rendang, maksudnya sih biar besokannya gk usah masak lg krn capek dan rendang ini termasuk lauk yg awet dan gk cepat basi, rempahnya banyakkkk tp rasanya sdh pasti endeussss ya ๐Ÿคค๐Ÿ˜”๐Ÿ˜‹๐Ÿ˜, yuk ah ke resep ๐Ÿ‘‡๐Ÿป

3 jam
Sayur marak (masakan Arab)

Sayur marak (masakan Arab)

Masakan ini wajib ada di hari raya atau acara spesial biasanya seperti pernikahan atau perkumpulan keluarga (orang Arab)

5-8 porsi
1 jam 45 menit
Bakso Daging Sapi Kenyal

Bakso Daging Sapi Kenyal

Kirain gak bakal dapat jatah daging kurban. Eh alhamdulillah siang-siang dikabarin kakak disuruh ngambil dirumahnya, lagi ada banyak soalnya beliau habis kurban. Yeayyy langsung lah kepikiran bakso. Seumur-umur belum pernah buat tapi sering lihat ibu buat karena dulu sempat jualan bakso. Resep ini aku dapat dari chanel youtubenya Dhasilfa Raditya dan tentunya resep ibu juga hihihihi. Sumpah ini kenyal banget lho! Enak~