Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Menyiapkan Ayam Betutu Bali Lengkap ala Chef Juna Rorimpandey yang Enak

Dipos pada October 11, 2019

Ayam Betutu Bali Lengkap ala Chef Juna Rorimpandey

Sore-sore begini enaknya membuat Ayam Betutu Bali Lengkap ala Chef Juna Rorimpandey yang unik? Cara membuatnya sedikit repot. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Ayam Betutu Bali Lengkap ala Chef Juna Rorimpandey yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Beberapa faktur yang bisa mempengaruhi rasa dari Ayam Betutu Bali Lengkap ala Chef Juna Rorimpandey, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Ayam Betutu Bali Lengkap ala Chef Juna Rorimpandey di dapur dan menggunakan peralatan yang baik untuk penyajian.

Kira-kira porsi penyajian Ayam Betutu Bali Lengkap ala Chef Juna Rorimpandey kira-kira 4-5 orang. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Sekedar tambahan, kira-kira waktu penyiapan Ayam Betutu Bali Lengkap ala Chef Juna Rorimpandey diperkirakan sekitar 1 jam 30 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Ayam Betutu Bali Lengkap ala Chef Juna Rorimpandey sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Ayam Betutu Bali Lengkap ala Chef Juna Rorimpandey memakai 64 jenis bahan dan 14 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Ayam Betutu Bali Lengkap ala Chef Juna Rorimpandey:

  1. 1 ekor ayam kampung
  2. 1 sendok teh air perasan jeruk nipis
  3. 1 sendok teh garam
  4. 1/4 sendok teh merica bubuk putih
  5. 1 sendok makan minyak kelapa
  6. air minum sekitar 2 liter atau secukupnya untuk mengcover ayam
  7. 2 batang serai, putihnya, memarkan
  8. 2 lembar daun salam, remas
  9. 1/2 sendok teh gula merah
  10. Bahan Pelengkap
  11. 200 gram kacang tanah dengan kulit, digoreng matang
  12. bawang goreng (merah)
  13. jeruk nipis
  14. minyak untuk menggoreng
  15. daun pisang
  16. Bahan Bumbu Betutu
  17. 12 cabai merah keriting
  18. 7 cabai rawit merah
  19. 2 cabai rawit hijau
  20. 12 siung bawang merah
  21. 8 siung bawang putih
  22. 2 kemiri, sangrai
  23. 4 cm jahe kupas
  24. 5 cm lengkuas kupas
  25. 2 cm kunyit kupas bakar
  26. 2 cm kencur kupas
  27. 2 batang serai, iris tipis tipis
  28. 1 sendok teh terasi, bakar
  29. 2 lembar daun jeruk purut, hilangkan tulang
  30. Bahan Bumbu Wangen
  31. 1/2 sendok teh ketumbar bubuk
  32. 1/4 sendok teh jintan bubuk
  33. 1/4 sendok teh pala bubuk
  34. 1/8 sendok teh cengkeh bubuk
  35. Bahan Plecing Kangkung
  36. Kangkung (sesuai porsi)
  37. Kacang tanah dengan kulit, goreng
  38. 1 sendok makan air jeruk limau
  39. Bahan Bumbu Halus Plecing Kangkung
  40. 1 buah tomat segar (kurang lebih 200 gram)
  41. 4 cabai merah keriting
  42. 10 cabai rawit merah
  43. 1 1/2 sendok teh terasi, bakar
  44. 1 sendok teh garam
  45. 1/2 sendok teh merica bubuk putih
  46. 1/2 sendok makan gula merah
  47. Bahan Sambal Matah
  48. 15 siung bawang merah, iris iris bulat tipis
  49. 7 buah cabai rawit merah, iris iris tipis diagonal
  50. 3 batang serai, geprak dan iris iris tipis sekali hanya bagian putihnya saja
  51. 3 daun jeruk purut, hilangkan batangnya, iris tipis tipis
  52. 1 senodk teh terasi, bakar, hancurkan
  53. 1 sendok teh garam
  54. 5 sendok makan minyak kelapa
  55. 3 sendok makan air jeruk nipis
  56. Bahan Sambal Mbe
  57. 3 sendok makan minyak goreng
  58. 6 siung bawang merah, diiris
  59. 3 siung bawang putih, diiris
  60. 12 cabai rawit merah, diiris
  61. 1 sendok teh terasi, dibakar, haluskan
  62. 1/4 sendok teh gula pasir
  63. 1/2 sendok teh garam
  64. 1 jeruk limau

Langkah-langkah untuk membuat Ayam Betutu Bali Lengkap ala Chef Juna Rorimpandey

1
Sangrai ketumbar, jintan, pala, dan cengkeh (bumbu wangen). Campur merata, lalu sisihkan 3/4 sendoh teh untuk digunakan. Cincang kasar lalu tumbuk kasar bumbu betutu, jangan terlalu halus.
2
Potong dan sisihkan kepala dan ceker ayam (silahkan jika kepala & cekernya mau dimasak juga setelah dipotong). Lalu belah ayam kampung menjadi 2 bagian.
3
Lumuri air perasan jeruk, lalu taburi garam dan merica bubuk putih, diamkan 5 menit. Campur bumbu betutu dengan minyak kelapa dengan merata. Lalu lumuri ayam kampung dengan campuran ini (bumbu betutu) hingga merata.
4
Taburi semua sisi dengan 3/4 sendok teh bubuk campuran ketumbar, jintan, pala, dan cengkeh (bumbu wangen).
5
Masukkan ayam kedalam panci dengan 2 batang serai, 2 daun salam, dan air hingga menutupi ayam kampung sampai benar-benar tenggelam.
6
Masak dengan api besar hingga mendidih, lalu kecilkan apinya, masukkan gula merah dan aduk merata. Masak hingga ayam matang (bolak-balik beberapa kali dan kuah menyusut).
7
Tiriskan ayam kampungsesuai prosedur. Sisihkan kuah dan bumbu untuk nanti ikut disajikan.
8
Cara menyajikan, bisa dengan alas daun pisang dahulu, tuangkan kuah secukupnya dan rempah kasarnya, baru letakkan ayam kampung lalu taburi kacang tanah goreng dan bawang goreng. Sajikan dengan jeruk nipis dan 2 jenis sambal.
9
Kemudian membuat plecing kangkung. Rebus kangkung dengan air secukupnya hingga matang. Blender kasar / uleg semua bahan bumbu halus, kemudian tumis sejenak hingga harum.
10
Beri perassan air jeruk limau, aduk merata. Tuangkan keatas kangkung yang sudah ditata dan taburkan kacang merah.
11
Kemudia membuat sambal matah. Aduk merata bawang merah, cabai rawit, serai, dan daun jeruk purut didalam mangkok. Lalu aduk terasi kedalamnya. Masukkan garam, aduk.
12
Panaskan minyak kelapa, lalu tuang kedalamnya, aduk. Lalu aduk kedalamnya air jeruk nipis.
13
Kemudian membuat sambal mbe. Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum, masukkan cabai rawit merah. Aduk. Masak hingga bawang matang tapi tidak gosong kering.
14
Masukkan terasi, gula dan garam. Aduk merata. Angkat dan tambahkan air jeruk nipis. Aduk rata.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bubur ayam khas cianjur

Bubur ayam khas cianjur

Lagi kangen bubur buatan amangΒ² pas sekolah dulu jadi.... cus yu kita bikin

Sayur Lodeh

Sayur Lodeh

masakan simple akhir bulan.. ditemani ikan goreng ikan asin sepat, tempe dan sambal.. mantul.... menambah nafsu makan... nasi.. mana nasi ?? #PejuangGoldenApron3 #Mingguke-47 #CookpadCommunity_Bogor

Tahu Acar Khas Solo

Tahu Acar Khas Solo

Tahu Acar ini memang salah satu makanan khas dari Solo. Rasamya seger, perpaduan antara manis, asin, asam dan pedas. Lebih nikmat memang kuahnya pedas, tapi karena aku punya Gerd, jadi cabe rawitnya tidak diulek, utuhin aja. Isian dari Tahu Acar itu ada tahu, tempe, kol/kubis, kecambah mie dan acar mentimun. Hampir sama dengan Tahu Kupat Solo sih, bedanya hanya di bakwan, ketupat dan kuahnya yang agak kental. Tapi blm pernah nyobain juga sihh .. tp sudah ngepoin resepnya duluan. Hehee Buka kumpulan resep Tahu Acar, tertarik nyobain resepnya mba Fany @dapurmamiko daan hasilnya enak, bikin nagih. Penasaran dengan rasanya ? Yuuk cobain .. jangan sampe ketagihan yaaa πŸ˜„ #KopiJos_TahuIstimewa #KopiJos #PekanCooksnap #CookpadCommunity_Yogyakarta #SelaluIstimewa #dapursandra_tahu

Karedok

Karedok

Menu buka puasa kali ini apaan Cookpaders? Kalau saya lagi pengen yang ijo-ijo segerrr ini nih...πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚ salah satu variasi salad nya orang Indonesia 😘😘 kalau biasanya saya bikin pecel (karena saya domisili di Madiun yang memang terkenal dengan pecelnya yaa, mau pagi atau malam menu pecel ya ok sajaπŸ˜‚πŸ˜‚) kali ini saya pengen bikin karedok, masih dengan olahan bumbu kacang yaa...ayoo...yang lagi pengen bikin yukkk...πŸ€—πŸ€—πŸ€— #CookpadCommunity_Surabaya #olahanbumbukacang #sayuranhijau

3 orang
30 menit
Tahu isi sohun sayur

Tahu isi sohun sayur

Takjil buka puasa kemarin,Alhamdulillah rasanya enakπŸ€—

Lodeh Putih Prona

Lodeh Putih Prona

Kenapa Prona? Karena isinya protein nabati semua πŸ˜„ Ceritanya ngabisin stok bahan di kulkas. Yang ada itu. Bingung juga dibikin apa. Lalu kepikiran mau yang kuah2. Kalau dibikin sop juga kayaknya aneh. Jadi ya dibikin lodeh aja. Kalau lodeh biasanya pedes, saya nggak pake cabe biar si kecil bisa makan juga. Ternyata nikmat sekali untuk sajian buka puasa, pas... 😍 Sekaligus resep ini menjadi resep penutup di kegiatan Rakit ~ "Rame-rame Kita Kreatif kelas Obat Herbal dari Dapur Sendiri". Rasanya kegiatan ini begitu singkat, tapi alkhamdulillah... banyak sekali ilmu yang bisa saya dapatkan. Semoga kedepannya, cookpad bisa menyelenggaran kegiatan lain yang lebih keren dan memberi edukasi pada kami pejuang dapur. Tak cuma sekedar memasak, tp juga banyak pelajaran didapat. Terimakasih cookpad ❀ Semoga resep ini menginspirasi. Happy cooking cookpaders 😘 #PosbarGembira #Rakit_HerbalDariDapur #CookpadCommunity_Surabaya

Tumini Rujak Manis Surabaya

Tumini Rujak Manis Surabaya

Siang-siang rasanya passs klo ngerujak, apalagi rujak manis nya Surabaya. Selalu bikin kangen dan segarnya bikin 🀀🀀 Rujak manis Surabaya ini ada yg bilang aahh sama kok dengan rujak buah pada umumnya, eeiitsss... tapi bagi yang sudah pernah ngerasain rujak manisnya Surabaya pasti deh bilang iya bedaaa πŸ˜… kaannn ... Klo belom nyoba belom tau dimana bedanya 😁 Rujak manis ini yang beda karena pake kacang dan petis, ciri khasnya Surabaya ..pasti ada petisnya πŸ‘Œ itu " koentji " 🀩 belum lagi ada tambahan tahu goreng nya πŸ€” lahh itu juga yang bikin beda 😍 Wajib nih dicoba buat yang lagi ngidam atau emang lagi pengen rujakan, bisa bangettt...bisa juga dibuat tumpengan untuk acara semacam birthday party gitu kayak acaranya #Kopijos #KopijosSpesial_Tumini #Kopijos #SelaluIstimewa #CookpadCommunity_Yogyakarta

4 orang
154. Sayur Asem Segar

154. Sayur Asem Segar

Sayur super ekonomis, beli 5 rb bisa buat 2 kali makan untuk berdua. #CookpadCommunity_Yogyakarta

Pecel terong santan

Pecel terong santan

Ini pecel terong g ky biasanya, pecel yg ini pk air santan nyemek gt.. trus gurih dr ikan teri gorengnya krn kl ibu yg masak suka bgt dikasih teri goreng gitu. #cookpadcommunity_sumbar #CookpadCommunity_surabaya #sumandan_maulataruang #jelajahnusantara #kulinersurabaya #MasakanKhassurabaya #Masakankhasjombang

Peyek kacang gurih renyah

Peyek kacang gurih renyah

Akibat bosan di rumah aja..akhirnya buat cemilan yg gak bikin bosan😊😊😊

45 menit
Sayur Asam Sunda

Sayur Asam Sunda

Pertama kali makan sayur asam sunda pas lg liburan ke provinsi tetangga di ajak teman makan diluar tepat nya di saung sunda rasa nya waktu itu enak banget asem segar dan sedikit ada pedas nya jg pas pulang ke rumah lgsg nyoba bikin rasa nya hampir mendekati akhirnya jd ketagihan ehh pas ketemu jodoh urang sunda jadi lh harus bisa jg masak masakan sunda jg bikin yukk yg asem segar utk menu berbuka nanti #PejuangGoldenApron3 #CookpadCommunity_Kalsel #CookpadCommunity_Borneo #KampoengRamadan #BamasakBaimbai #KURMA_KreasiDapurRamadan

1 panci
1 jam
Gulai Kepala Kakap Merah ala Minang

Gulai Kepala Kakap Merah ala Minang

Gegara makan kepala ikan kakap merah ini suatu siang di RM padang yang baru buka, sepiring harganya lumayan, sayangnya porsi-nya 'penasaran'.. alias kurang banyak (haha!) sementara suami suka banget..Jadi kepikiran untuk belajar bikin sendiri. Hasilnya? Kata sang food critique yang 'difficult to please' ituh, "enak". Alhamdulillah, lolos uji verifikasi πŸ˜‹πŸ˜†πŸ€£

2-3 orang
2 Jam
Gado2 simpel

Gado2 simpel

10 orang
2 jam
Tahu Gecot Banyumasan

Tahu Gecot Banyumasan

#CookSnap #MasakItuSaya #SlaluIstimemewa #OlahanTahu #Tahu #TahuAcarSolo #PekanCooksnap #PekanRumpi #Kopijos #KopiJos_TAHUISTIMEWA #CoboyDolan #CoboyDolanNangSumbar #CoboyWani #Coboy_Cooksnap #CoboyWani #CookpadCommunity_Yogyakarta #CookpadCommunity_Surabaya #CookpadIndonesia #CookpadCommunity_id Source : Diyah_Ummusa @diyah_ummusa Sekali dayung 2 3 pulau terlampaui pas banget deh. Setelah acara sharing2 tahu kemarin di #KopiJos aku belajar banyak dari teman2 dan ada salah satu menu tahu yang sangat unik dan baru tau aku namanya yaitu tahu "Gecot " makanan khas dari daerah Purwokerto banyumas. Dan langsung tranding banget nih menu di teman2 KopiJos. Gecot di Banyumas artinya " Gagean Gencot " yang artinya keburu lapar πŸ˜‚πŸ˜‚alias keluwen dalam bahasa Jawa. Ternyata pas banget dengan acara dolan di coboy yang ngajak jalan2 virtual ke sumbar sana. Resepnya mba @diyah_ummusa dari sana Langsung cooksnap tahu gecot ternyata emang uenaaak dan sehat banget sensasi rasanya pedes, manis, gurih dan bumbu kacangnya " nylekamin " banget kata orang banyumas . πŸ˜‹ Proses bikinnya sangat simple dan cepet banget menurutku jadi ndak sampe kelaparan karena nungguin πŸ˜‚ yang bikin lama karena di racik per piring jadi tiap racikan piring rasanya berbeda2sesuai selera masing2 Terimakasih Coboy dan Kopijos buat jalan2 dan sharingnya aku jadi blusukan kemana2 dan jadi tau tentang beraneka ragam kuliner nusantara. Terima kasih mba Diyah resepnya menginspirasi sekali πŸ₯°πŸ˜πŸ₯°πŸ‘πŸ‘πŸ™πŸΌ

Sayur Lodeh Pete πŸ₯°

Sayur Lodeh Pete πŸ₯°

#PejuangGoldenApron3

Nasi Goreng campur2

Nasi Goreng campur2

Hari Minggu adalah hari bersih2 rumah… sesudah kita Ibadah Online.. ga banyak waktu, jadi masak yg gampang dan simple juga cepet… masak+persiapan 30 menit kelar.

3 porsi
30 menit
Lontong Sayur

Lontong Sayur

Lama gak makan lontong sayur,biasa makan lontong sayur sehabis pulang dari pasar samaΒ² mama,karena sudah jauh dari mama,jadi gak prnh lg kepasar bareng,apalagi makan lontong sayur di tmpt langgganan.hari ini kangen kpgn makan lontong sayur serba pedas 🀣🀣 kyk perut kuat aja mkn pds.. Berhubung gak ada cabe merah besar,jadi saya pakai cabe kering yang baru di beli,fresh msih merah merona cabenya..biasakan dah rada memudar warnanya,tapi ini bgs bgt cabenya,saya pakai 2 buah aja,itu juga dah standar pedasnya,bagi saya ya..😁 jdi gak prlu criΒ² cabe lg kalau mau mkn,udh 1 paket. Monggo kalau gak pya cabe kering,pakai cabe besar merah jg gpp,tergantung selera,saya buat juga tergantung stok yg ada drmh. Enak ya makan lontong sayur,pas banget lontongnya padet enak,wangi daun pisangnya..wes 1 paket deh enaknya,kenyangnya,nikmatnya..🀣🀣🀣 Pada ngeri lht merah merona kuahnya,tp sejujurnya gak pedas kok..syg vidionya rusak gak bs di upload..😭 tapi di jamin enak rasanyaπŸ‘πŸ˜Š #Cookpad #CookpadIndonesia #CookpadCommunity #CookpadCommunity_BORNEO #CookpadCommunity_KALBAR

Pepes wader sungai

Pepes wader sungai

Wader Sungai memang enak gurih disbanding wader laut.. Kita biasanya masak wader penyet.. Tapi kadang pengin juga di pepes.. Dengan syarat wader harus digoreng dulu rasanya Akan gurih dan kriuk. Kalau di pepes mentah tanpa digoreng dulu Akan lembek dan terasa duri dan kepalanya,,jafi Akan terasa ngeres di lidah.. #PejuangGoldenApron3

6 porsi
Sroto / Soto Ayam Sokaraja

Sroto / Soto Ayam Sokaraja

Setiap mudik ke rumah Ibu yang di Purwokerto pasti selalu mampir ke soto ayam yang ada di jalan bank. Ciri khas dari soto ini menggunakan sambal kacang dan menggunakan kerupuk merah sama kerupuk mie. Dan juga menggunakan ketupat untuk pengganti nasi. Yang saya buat kali ini tidak menggunakan ketupat. Untuk sambal kacangnya juga saya hanya menggunakan sedikit cabai rawit merah karena kebetulan stok di rumah lagi habis 🀭🀭 Resep aslinya bisa liat link di bawah ya. https://cookpad.com/id/resep/13695839-sroto-soto-ayam-sokaraja?invite_token=BmKsCfqZfuF8X7Nopt7r7k4s&shared_at=1620134399 Source : Dapur Airin #CookpadCommunity_Depok #PejuangGoldenApron3 #KampoengRamadan