Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Menyiapkan Opor Ayam enak yang Anti Gagal

Dipos pada February 28, 2022

Opor Ayam enak

Hari ini saya akan berbagi resep Opor Ayam enak yang mudah Cara membuatnya tidak terlalu susah. Harap diperhatikan langkah-langkanya dan waktu pembuatannya agar rasa yang dihasilkan sempurna. Padahal Opor Ayam enak yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Beberapa faktur yang bisa mempengaruhi rasa dari Opor Ayam enak, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Jangan terlalu repot dalam penyajian Opor Ayam enak di dapur dan menggunakan peralatan yang baik untuk penyajian.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Opor Ayam enak sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Opor Ayam enak memakai 15 jenis bahan dan 1 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Makan opor ngga harus lebaran aja kaan? Udah bosen sama ayam goreng? Ngga ada salahnya masak ayamnya di opor aja..gampang kok!

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Opor Ayam enak:

  1. 400 gr ayam, (lebih enak ayam kampung), potong jadi 6 bagian,cuci bersih, sisihkan
  2. 60 ml santan (biar tidak terlalu kental)
  3. 1 batang serai, geprek
  4. 2 cm lengkuas, geprek
  5. 1 cm jahe, geprek,
  6. 1 lembar daun salam
  7. 2 lembar daun jeruk
  8. secukupnya garam dan gula
  9. secukupnya air
  10. bumbu halus:
  11. 1 siung bawang putih
  12. 3 siung bawang merah
  13. 1 cm kunyit
  14. 1 sdt ketumbar
  15. 4 butir kemiri yg sudah disangray

Langkah-langkah untuk membuat Opor Ayam enak

1
Tumis bumbu halus bersama serai, lengkuas, Jane, daun salam daun jeruk sampai harum, tambahkan garam, gula, santan dan air, Masukkan ayam, masak sampai matang..

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Sambal Soto/Opor Simple

Sambal Soto/Opor Simple

mau buat soto hari ini kudu sambel harus ada biar makin maknyoss..

Gulai opor Daun Kelor Pedas

Gulai opor Daun Kelor Pedas

Pengen masak sesuatu yang beda menggunakan daun kelor, akhirnya saya buat dech resep ini berharap perpaduan rasanya tetap nikmat walau dengan bahan yang tak biasa di pakai untuk jenis masakan ini.

3 porsi
Opor ayam

Opor ayam

60 menit
Opor manuk

Opor manuk

Penasaran yang namanya opor,dapat resep dari tetangga bener" bikin nagih lagi....belum keluar dari kuali lansung difoto..xixiixix

Opor Ayam

Opor Ayam

Menu masakan siang ini... Dimasak dengan hati dan cinta Alhmdulillah nikmat...🤤

12 potong
Opor ayam

Opor ayam

Rasanya gurih, dimakan sama sambel dan kerupuk udang. Cuma sayang ga bikin ketupat/lontong. Jd pake nasi aja. Dan si bocil juga doyan,itu yg penting.

4 porsi
45 menit
Opor Ayam Putih Simple

Opor Ayam Putih Simple

Menu lebaran kemarin, abis sholat Ied langsung makan bersama, sekalian syukuran ultah Mas (anak sulung). Tp sekeluarga doang sih yg makan2 😀😀. Walopun namanya opor putih tp tetep make kunyit walopun ga sebanyak opor kunibg, biar aroma apek ayam hilang, dan menambah aroma masakan...

Terik daging telur tahu

Terik daging telur tahu

Resep jaduls, dulu mbah uti sering banget masakin terik. Tiba2 kangen almarhumah Jadilah masak ini😋😋

Terik Telor Tahu Endesss

Terik Telor Tahu Endesss

Suami minta terik.. tapi mau nya dengan resep ibu mertua.. ya sudah cusss lah.. endesss nyaaa.. bikin nambah nasi... 😂😂

10 orang
45 menit
Opor Kijing Delicious👌

Opor Kijing Delicious👌

#Pulang kerja suami bawa kijing laut😜 Pak.. ini bawa biar dimasak istri, yeey Ibu² tukang buruh penggemar suamiku, baik gpp yg penting jangan genit ya Buu😉

Opor Kuning ala Ibu Fatwah Bahalwan (recook)

Opor Kuning ala Ibu Fatwah Bahalwan (recook)

Alhamdulillah,akhirnya pecah telor juga...bisa upload resep,meskipun recook.ga pernah sempet mau moto2 hasil makanan,diburu banyak kerempongan lain,hihiii..rada2 memaksa hari ini,moto jg seadanya krn blm secanggih suhu2 masak disini.. Masak opor kuning ala ibu fatmah bahalwan NCC tapi ttp disesuaikan dg yang ada di dlm kulkas ya *citra emak irit hrs ttp dipertahankan..hihiii.. ada juga yg bahannya diskip krn ga ada kayak jinten.tp don't worry,ttp enak kok.yg pasti kl lbh lengkap,pasti lebih enak.. Opor kuning ini kuahnya banyak,seger..cocok disajikan ketika hari raya dan lebih gurih jika menggunakan ayam kampung yang segar habis dipotong..*kata bu fatmah ini..hihiii

5 porsi
45 menit
Opor Telur

Opor Telur

Resep yang praktis dan bahannya selalu ada di kulkas..happy cooking 😊

4 porsi
30 menit
Opor Ikan Telang & Kulit Sapi

Opor Ikan Telang & Kulit Sapi

Awalnya saya ingin masak opor ikan telang saja, tapi kata paman sayur ada kulit sapi murah bisa dicampurin. Akhirnya, saya coba dan enak banget. Itu aja sih.

Ayam panggang bumbu opor

Ayam panggang bumbu opor

Poto yg sudah dipanggang malah gak ada, keburu diserbu pasukan, alhamdulillah paa lg diungkep sempet cekrek5. Sempet diprotes bapake krn daging ayamnya lunak banget tp krn setelah makan gk ada yg nyangkut di gigi ... protes dibatalkan 😎. Hasil akhir ayam panggang agak 'basah'.

Opor ayam santan bumbu kuning

Opor ayam santan bumbu kuning

niat awalnya sih sebenernya lagi mau masak soto kuning bogor,, tapi misua lagi kepengen opor ayam santan bumbu kuning.. alhasil jadilah opor ini... ;)