Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Menyiapkan Opor Ayam Sehat yang Sempurna

Dipos pada January 14, 2022

Opor Ayam Sehat

Hari ini saya akan berbagi resep Opor Ayam Sehat yang simple Dijamin ga bakalan terlalu repot untuk membuatnya. Harap diperhatikan langkah-langkanya dan waktu pembuatannya agar rasa yang dihasilkan sempurna. Umumnya Opor Ayam Sehat yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Kemungkinan ada beberapa sebab yang biasanya bisa mempengaruki kenikmatan dari Opor Ayam Sehat, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Lakukanlah hal gampang dalam penyajian Opor Ayam Sehat sebaiknya di rumah sendiri terlebih dahulu agar lebih percaya diri dan yakin.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Opor Ayam Sehat yaitu 4-6 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Jangan lupa ya, kira-kira waktu penyiapan Opor Ayam Sehat diperkirakan sekitar 45 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Opor Ayam Sehat sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Opor Ayam Sehat memakai 29 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Menjelang lebaran, saya merindukan seporsi opor ayam. Tapi bukanlah hal yang mudah mengingat adanya kolesterol yang membayang-bayangi acap kali makan makanan yang bersantan sampai akhirnya saya punya trik untuk bisa makan opor tanpa perlu khawatir dan tetap enak. Silakan disimak resep dibawah semoga bisa menginspirasi. Hiraukan saja foto yang ala kadarnya karena saya lupa foto saat selesai memasak.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Opor Ayam Sehat:

  1. 1 ekor ayam broiler probiotik segar potongan disesuaikan saja dengan kebutuhan
  2. 1 sdm garam himalaya
  3. 2 sdm cuka apel
  4. 500 ml santan kental (parut sendiri dengan tangan bersih dan air matang)
  5. 500 ml air
  6. 2 sdm minyak goreng
  7. 1 sdm kunyit bubuk
  8. 1 sdm pala bubuk
  9. 1 sdm kayu manis bubuk
  10. 5 lembar daun jeruk
  11. 5 lembar daun salam
  12. 2 cm lengkuas geprek
  13. 2 batang serai geprek
  14. 3 buah kembang lawang
  15. 5 butir kapulaga
  16. 5 butir cengkeh
  17. 2 sdm gula merah organik javara sisir halus
  18. 2 sdm air asam jawa
  19. secukupnya garam himalaya
  20. secukupnya kaldu jamur
  21. Bumbu halus
  22. 1 sdm ketumbar sangrai
  23. 5 butir kemiri sangrai
  24. 1 sdt merica hitam
  25. 6 siung bawang merah
  26. 4 siung bawang putih
  27. 2 cm jahe
  28. 1/2 sdt jintan
  29. 5 buah cabe merah keriting tanpa biji

Langkah-langkah untuk membuat Opor Ayam Sehat

1
Cuci bersih ayam kemudian marinasi dengan air cuka apel dan garam himalaya sambil dipijit perlahan. Rendam selama 5-10 menit kemudian bilas ayam dengan air bersih dan tiriskan.
2
Panaskan minyak goreng masukan kunyit bubuk aduk sekitar 1-2 menit masukan bumbu halus, pala bubuk, kayu manis bubuk, daun salam, daun jeruk, kembang lawang, cengkeh, kapulaga, lengkuas dan serai tumis hingga layu dan harum.
3
Tambahkan ayam yang sudah dibersihkan, air asam jawa dan gula jawa. Aduk-aduk hingga rata tambahkan air. Masak hingga ayam matang. Jangan lupa tambahkan garam dan kaldu jamur sesuai selera.
4
Kemudian kecilkan api sampai ke level terendah. Ini kunci supaya opor tidak menimbulkan kolesterol adalah jangan mendidihkan santan. Masukan santan aduk perlahan. Pastikan kelapa diparut dalam keadaan bersih menggunakan air matang sehingga saat memasak tidak perlu sampai mendidih. Masak opor hanya sampai panci panas, jangan sampai mendidih ya. Matikan kompor dan opor siap disajikan dengan bawang goreng.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Opor Ayam rumahan

Opor Ayam rumahan

Gak harus nunggu lebaran atau hari istimewa untuk bisa makan opor, sehari hari pun bisa donk...pake bumbu yang simple2 aja udh enak kok..😁. Untuk maksi anak2 bikin ini aja..

Terik Telur Hati Ampela

Terik Telur Hati Ampela

Cucok meong sekali inih.. Lagi bikin lauk kesukaan pangeran, eh ngliat surat cintanya mamah masak yang santen santen darii #CABEKU sumatra..okelah marii kiita #bamasakjosantan , ini pangeran lahap banget makan pakai ini.. Karna mungkin rasanya manis yah..

Opor ayam kuning

Opor ayam kuning

Karena hari ini masak tempe dan tahu bacem.. trus bingung lauk pendamping nya apa, akhirnya masak ini, pas di makan.. persatuan yg pas kalo Menurut saya.. hehe

Opor ayam kuning

Opor ayam kuning

Kesukaan anak-anak 😊

23. Opor Nangka

23. Opor Nangka

Ini ceritanya pas suami belanja ke pasar ada sayur nangka cantik. Duh, bikin ngiler aja. Enak kali ya dimasak. Yaudah deh, cus dipinang paksu. Maunya dimasak yang nggak pedas. Biar si kecil juga bisa ikut makan. Baiklahhh... akhirnya kami masak bumbu opor.

Opor sayur + Telur bebek Mpasi 11m+

Opor sayur + Telur bebek Mpasi 11m+

Anindira suka banget

untuk 3x makan
Opor Ayam

Opor Ayam

Ini menu favorit anak-anak saat lebaran ( Idhul Fitri maupun Idhul Adha) tiba , opor ayam yg berkuah putih. Sekaligus setor resep buat #BancakanOnlineBarengCookpad biar bisa ikutan #onlineclas. #CookpadCommunity_Bandung #PejuangGoldenApron3 #BancakanOnlineBarengCookpad #Onlineclass

Opor Ayam Indofood

Opor Ayam Indofood

ini menu munggahan tapi telat posting hihi

6 porsi
45 menit
Opor Telur Tahu

Opor Telur Tahu

Opor ayam sudah pasti enaaakk....Telur dan Tahupun ngga kalah sedapnya kalau dimasaknya sama dengan bumbu opor ayam. Recook dari resep "Opor Ayam Bunda Ei" Alhamdulillah ....enaakk....cocok. Hatur nuhun bunda resepnya 🙏🥰. Untuk bahan utamanya saya ganti dengan telur dan tahu aja, seadanya stok di kulkas hari itu. Bumbu ada sedikit yang saya tambah dan banyaknya sudah saya sesuaikan dengan bahan yang dimasak. Yuks semuaa .....kita simak langsung bahan dan langkah nya 🤗.. #BertumbuhBersamaCookpad #CookpadCommunity #CookpadCommunity_Bandung #MenuHarianSederhana_OporTelurTahu #KreasiDapurSaya

6 orang
1 jam
Ayam ingkung (opor)

Ayam ingkung (opor)

Ini salah satu temennya nasi liwet solo 😁. Kl ga pake ini, ga afdhol..🤭. #keeppositive #Keepsafeandhealthy #CookpadIndonesia #CookpadCommunity_id #CookpadCommunity_Bekasi

Opor Ayam No Tumis

Opor Ayam No Tumis

Lihat IG seliweran opor ayam, pengen beli tapi lagi keadaan covid, bikin aja liat resep ci xanders

5 orang
1 jam
Opor ayam putih

Opor ayam putih

Makanan kesukaan krucil.. Paling enak di makan pakai lontong / ketupat.. Bikin nya juga mudah yaa bunbun.. Yukss dibikin.. #PejuangGoldenApron3 #mingguke6 #090720

3 orang
Opor Ayam Tahu

Opor Ayam Tahu

Melanjutkan kemarin waktu masak ungkep ayam, sebagian dimasak menu lain, dan sebagian dimasak opor ayam. Karena si kecil tidak suka pedas dan suka ada kuahnya.. kali ini bumbunya juga dari ungkep ayam.. kuahnya juga dari ungkep ayam. simak aja ya Bun.. #happymom #dapurku #kreasibunda

6 porsi
Opor ayam

Opor ayam

Ceritanya pengen buat lontong opor, tapi buat lontong nya sendiri belom bener. Jd nya makan pake nasi saja. #Cookpadcommunity_Bandung

Opor telur tahu

Opor telur tahu

Sumber: Nining Sari_3R

Creamy chicken opor

Creamy chicken opor

Kamis: 7/05/2020, #Ramadhan3GDiRumahAja. #MinimalesTapiMenyehatKan. #MasakAsyik. #GenkGadoGado. #PejuangGoldenApron2. #Minggu_Ke32. #Cookpad_Id. #CookpadComuty_Jateng. Yg nmanya ayam slalu mjadi andalan lauk ny anak lanang. Krn lgi mnjln kn ibadah puasa jg, sngja nih emak ny slalu bikin menu yg mnjadi kesukaan anak lanang, nmu resep pas bli fiber cream. Biasa ny klau msak opor pke santan. Kli ini nyobain resep dr fiber crem, yuummyy dah pokok nya😋

Opor Ayam Kuah Kuning

Opor Ayam Kuah Kuning

Selamat berpuasa teman temanku ...