Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Membuat Biji Salak Ubi yang Anti Gagal

Dipos pada September 24, 2018

Biji Salak Ubi

Hari ini saya akan berbagi resep Biji Salak Ubi yang praktis Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Umumnya Biji Salak Ubi yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Kemungkinan ada beberapa sebab yang biasanya bisa mempengaruki kenikmatan dari Biji Salak Ubi, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Jangan terlalu repot dalam penyajian Biji Salak Ubi enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Biji Salak Ubi sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Biji Salak Ubi memakai 10 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

#pejuangGoldenapron2

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Biji Salak Ubi:

  1. 1 /⁴ kg Ubi kuning
  2. 1 /⁴ kg gula merah
  3. 4 sdm tepung sagu Tani / tapioka
  4. 1 /² sdt garam
  5. 2 sdm sagu dg ditambahkan sedikit air u/ mengentalkan gula merah
  6. Saus santan =
  7. 1 sachet Kara cair santan instant (65ml)
  8. Air secukupnya (selera santan mau dibuat kental atau agak encer)
  9. 1/2 sdt garam
  10. 2 lembar daun pandan

Langkah-langkah untuk membuat Biji Salak Ubi

1
Cuci bersih Ubi Dan Kukus Ubi terlebih dahulu, lalu Haluskan.
Biji Salak Ubi - Step 1
Biji Salak Ubi - Step 1
2
Campur hingga rata (Ubi + sagu + garam). Bulatkan seperti kelereng.
Biji Salak Ubi - Step 2
Biji Salak Ubi - Step 2
3
Panaskan 1 liter air & gula merah, jika sudah mendidih Dan gula sudah meleleh, masukkan bola"Ubi td. Tunggu hingga bola" Ubi mengapung (menandakan bila Ubi matang), bila sudah mengapung masukkan sagu yg sudah dilarutkan dalam air Dan aduk sebentar saja supaya tidak pecah bola ubinya.
Biji Salak Ubi - Step 3
Biji Salak Ubi - Step 3
Biji Salak Ubi - Step 3
4
Saus santan = masukkan santan Dan tambahkan air (silahkan diukur), tambahkan daun pandan Dan garam. Aduk" hingga mendidih, Dan koreksi rasa.
Biji Salak Ubi - Step 4
Biji Salak Ubi - Step 4
Biji Salak Ubi - Step 4

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bubur Candil Ubi Ungu

Bubur Candil Ubi Ungu

Penasaran pengen buat bubur Candil ubi ungu.. Alhamdulillah te-realisasi.. ternyata teksturnya lembut banget.. 😋😍 Sy sengaja bwt kuah nya cukup banyak, krn si cantik pasti g mau Candil nya.. cuma mau kuah + santan.. 😊 Source by Maylia Putri

4 orang
1 jam
Sayur karuh banjar

Sayur karuh banjar

Orang kalimantan tdk asing lg dgn mskn in khususnya dibanjar pasti tau sayur in rasanya enk bnget ap lg buat mkn siang makyus deh tambh sambal terasi lg😋🤤😄 #siapbersinar #cookpadcomunitasbanjarmasintapin

45 menit
Biji salak ketan mix bubur sumsum saus santan gurih manis

Biji salak ketan mix bubur sumsum saus santan gurih manis

lagi kangen aja sama ramadhan.. menu berbuka favoritnya akauu 😍

3 porsi
1 jam
Biji salak mudah

Biji salak mudah

Ada ubi sisa bikin kolak kemarin.drpd dianggurin coba buat biji salak aja tnyt enak juga...😀

Kolak Biji Salak

Kolak Biji Salak

Entah kenapa namanya biji salak, padahal bahannya nggak pake salak 😅

15-20 porsi
Bubur candil durian

Bubur candil durian

#belajarbarengcookpad Bubur candil durian ini kudapan yang enak banget kesukaan di rumah di makan hangat hangat , ga cukup semangkuk pasti nambah lagi dan lagi

Bubur Biji Salak

Bubur Biji Salak

Gara di kasih biji salak, si kecil makan sedikit gak puas. Jadi minta biji salak lagi, akhirnya bikin sendiri, enak, murah dan banyak banget jadinya.

Bubur Candil Ubi Putih

Bubur Candil Ubi Putih

Pas banget untuk mengawali berbuka puasa sunah. Thanx resepnya Mba @lidia_lestari

Kolak biji salak

Kolak biji salak

Ngeliat ubi ungu jd keinget biji salak'y emak di kampung,n kangen jg sm kolak yg ada'y di bulan puasa y dr pd nunggu lm y bikin aja gampang jg kan😊

30 menit
Kolak biji salak ubi ungu

Kolak biji salak ubi ungu

1 porsi
15 menit
Biji Salak

Biji Salak

Camilan sehat dan murah meriah. Saya tidak pake santan. Krn memang tidak ada stock di rumah. Begini saja juga udah mantul kok. Kalo mo lebih kenyal boleh ditambahkan tepung sagu/tapioka. Di resep ini perbandingannya 300 sagu/tapioka : 1000 ubi. Boleh dicoba 400 sagu/tapioka : 1000 ubi.

Biji salak ubi ungu

Biji salak ubi ungu

Pakai ubi ungu, enaak 😍😍😍

Kolak biji salak kenyel kenyel

Kolak biji salak kenyel kenyel

Ada sisa ubi madu,sayang kalo nggak diolah.Kepingin dibuat kolak saja,tapi bukan kolak biasa,ya uda buat kolak biji salak aja.

Biji Salak

Biji Salak

menu buka puasa nih... Duh rempong yah kalo mo pulkam 😂😂 kudu ngabisin stok makanan mana waktunya mepet lagi (*_*) ini porsi sesuai dgn sisa ubi yg ada didapur (ノ´∀`*)

Kolak ubi ungu

Kolak ubi ungu

Ngabisin stok ubi ungu hee.. Tekstur ubinya kenyal tp ga kenyal banget masih serasa makan ubi aja klo mau yg kenyal dan mulus bisa ditambahkan 80 gr tepung tapioka/sagu

Kolak biji salak (ubi)

Kolak biji salak (ubi)

Pembuatan kolak ini yg k2 kali udh lama bgt yg awal sempet gagal trs minta resep dari mama trsayang di coba bikin sendiri ups berhasil deh..

Biji salak ubi ungu

Biji salak ubi ungu

Menu sarapan yg simple tapi tetep lezat dan mengenyangkan pastinya

Bubur Madura / Jaipong 🍡🥥🎃🍠

Bubur Madura / Jaipong 🍡🥥🎃🍠

bila di sajikan hangat namanya Bubur Madura, jika pakai es di sebut Es sumsum / Es Jaipong, sebutan tiap daerah berbeda beda.

10 porsi
1 jam 30 menit
Bubur Candil Ubi Jalar

Bubur Candil Ubi Jalar

Jenis ubi yang dipake sesuai selera ya bisa pake ubi ungu, orange, atau putih. Disini aku pake ubi putih. Untuk kuahnya, kekentalan sesuai selera. Santan yang aku pake juga perasan sendiri dan tidak aku masak supaya tidak menghilangkan rasa santan. Jadi aku peras pake air anget sedikit demi sedikit supaya kental lalu aku tambahin sedikit garam.

2-3 orang
Kolak Biji Salak

Kolak Biji Salak

Source : Natalia, Very Recomended. Kenyal dan Manisnya pas mantab legit enyakk💃Ini pake 1/2 resep dari aslinya, dan sedikit modifikasi. Klo ga terlalu suka manis gula nya bisa disesuaikan sesuai selera.