Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Membuat Opor ayam yang Bikin Ngiler

Dipos pada January 23, 2022

Opor ayam

Ada ide oke hari ini, kita akan membuat Opor ayam yang gampang Cara membuatnya tidak terlalu susah. Pengerjaan harus hati-hati dan perlahan agar rasanya nikmat. Biasanya Opor ayam yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi kulitas dari Opor ayam, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Opor ayam bisa dirumah atau rumah keluarga, karena lebih menguasai situasi penyajian dan dapat lebih maksimal.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Opor ayam sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Opor ayam memakai 21 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Opor ayam:

  1. 1 kg ayam, potong2
  2. 1/2 kg kentang, kupas, potong dadu
  3. 1/2 kg telur, rebus
  4. 8 siung bawang putih
  5. 8 siung bawang merah
  6. 5 butir kemiri
  7. 2 ruas jari kunyit
  8. 1 ruas jari jahe
  9. 1 potong lengkuas
  10. 2 batang sereh
  11. 4 lembar daun salam
  12. 4 bh cengkeh
  13. 1 batang kecil kayu manis
  14. 1 sdm lada bubuk
  15. 1 ddm ketumbar bubuk
  16. 1/2 sdt bubuk pala
  17. Secukupnya garam & penyedap rasa
  18. 1 bks Racik ayam goreng
  19. Minyak goreng
  20. 3 sachet (65 ml) santan sasa
  21. secukupnya Air matang

Langkah-langkah untuk membuat Opor ayam

1
Cuci bersih ayam.. Marinasi dg bumbu racik ayam goreng, lalu goreng jgn terlalu garing.. (jika tidak mau di goreng jg bisa) bersihkan kentang, kupas telur yg sdh di rebus.. Sisihkan..
2
Haluskan bawang putih bawang merah kemiri jahe & kunyit..
3
Tumis bumbu halus dg sereh lengkuas daun salam cengkeh & kayu manis sampai harum
4
Masukan ayam goreng dan kentang terlebih dahulu.. Tambah air matang secukupnya, masak sampai kentang lembut..
5
Jika sdh lembut, masukan telur rebus, tambahkan lada, ketumbar, garam & penyedap rasa.. Saya masak tnp gula ya biar bs ikut makan, jika mau tambah gula bs kasi 1 sdt gula..
6
Terakhir masukan santan kental.. Aduk hingga meresap, test rasa.. Matikan api.. Siap di sajikan buat keluarga terkasih ❤

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Opor Ayam

Opor Ayam

Hidangan lebaran yg ga pernah absen. Dan anakku suka banget. #BancakanOnlineBarengCookpad #eBook

10 porsi
Opor Ayam Tahu Telur Spesial

Opor Ayam Tahu Telur Spesial

#WFH bingung mau bikin apa lagi 😂, sikat deh stock ayam di freezer..

10 porsi
90 menit
Opor ayam

Opor ayam

Salah 1 favorit menu keluargaku, mudah dibuatnya dan selalu habis tak bersisa😁❤️

5 Orang (10 potong ayam bagian Paha)
45 menit
Opor Ayam

Opor Ayam

Nggak lebaran rasanya kalo nggak ada opor. Walaupun nggak pulang kampung, tapi tetep wajib masak opor yakaan #pejuanggoldenapron3 #mudikonline #tiketmasukgoldenapron3 #lebarandirumahaja #cookpadcommunity_yogyakarta #selaluistimewa

Jangan terik ndeso

Jangan terik ndeso

Lebih enak lagi dimakan dengan bubur dari nasi

Opor Ayam

Opor Ayam

Weekend kemarin perdana masak yg bersantan pasca melahirkan anak kedua. Kebetulan anak pertamaku lg susah makan dam keingey dia doyan banget opor ayam dan tahu tempe. Ya udh ku jadikan aja jadi 1. Hehehehe.

Opor Ayam bumbu kuning

Opor Ayam bumbu kuning

Untuk menemani sohun gorengnya sy membuat opor ayam dr resep mba fitrisas di cookpad.. udh lama simpan tp br skrg terlaksana membuatnya.. sy suka opor yg kuahnya kental dan sedikit berkuah.. menurut sy lebih gurih dan nikmat dimakan dgn nasi hangat 😀.. makasih mba fitri resepnya.. resep asli ayamnya 1kg tp sy cm 1/2kg dgn takaran bumbu yg sama..

7 porsi
60 menit
Opor Ayam Simpel

Opor Ayam Simpel

5 porsi
30 menit
Opor Ayam Mantul

Opor Ayam Mantul

Resep ini dari mamaku dan selalu jadi andalan saya krn anak ku yang sulung doyan banget opor putih ini yg dia bilang rendang putih 😁. Ceritany klo yg coklat itu rendang daging sapi kalo yg putih ayam dia bilang rendang putih begitulah ceritanya mommy² sekalian the end...yuk now kita masak 🐔🍲

Opor ayam bumbu instant (pemalas merapat)

Opor ayam bumbu instant (pemalas merapat)

Kemarin abis beli bumbu instant SASA spesial Ramadhan, lalu Hari ini bingung masak apa taunya ada ayam doank akhirnya ya bikin aja tu opor ayam bumbu instant

4porsi
OPOR AYAM KENTANG BUMBU KUNING PEDAS Ala Miss Imas🤗🌶

OPOR AYAM KENTANG BUMBU KUNING PEDAS Ala Miss Imas🤗🌶

Kangen Ramadhan dan kangen kampunng.. akhirnya bikin aja opor ayam.. semoga kangennya sedikit terobati.. karena bentar lagi Ramadhan..

4 porsi
50 menit
Opor ayam

Opor ayam

Selamat hari raya idul fitri 1 syawal 1441 H/2020 M *Taqobbalallohu Minna Waminkum.. Taqobbal Yaa Kariim. Barakallahu fiikum* Btw lebaran tahun ini kita #Dirumahaja menikmati makanan yang sudah tersedia. #CABEKU #MudikOnline #kedapuraja

Opor ayam campur2

Opor ayam campur2

Bismillah Pengen bikin opor ayam tapi ga pake santan. Biasanya diganti sm kemiri, cm stok kemiri tgl sedikit. Jd keidean buat nyoba kasi bubuk almond aja (sekitar 2sdm kalo ga salah ✌️😅). Krn masi coba2, jd banyak bumbu yg ga ditakar. Tp rasanya enak kalo menurut saya & keluarga😁😉 disini porsinya pun utk keluarga saya, yaitu 3dewasa 2balita, utk 2x makan.

8-10porsi
+/- 1jam
Terik Ayam Manis

Terik Ayam Manis

Variasi menu Ayam, tidak pedas, cocok dengan selera suami . Inspirasi dari resep Alm Ibu saya, sudah saya sesuaikan ala saya daging sapi saya ganti daging ayam .

2-3 porsi
Opor Ayam Nasi Gurih Mpasi 10M

Opor Ayam Nasi Gurih Mpasi 10M

InsyaAllah Anti GTM

Opor Ayam Telor Puyuh Tahu

Opor Ayam Telor Puyuh Tahu

kmrin sy search resep opor, baca2, tp akhirnya tetep berkiblat pd resep dr ibu. hihi... tambahannya cuma kasi jintan aja sedikit, n utk bawang merah dirajang/iris aja, g usah d uleg. lelaahh klo nguleg bwang merah. hihi...endolitaa sesuai harapan, kyk masakan ibu..

7-8 orang
1 jam