Cara Gampang Menyiapkan Gulai Kepala Ikan yang Bisa Manjain Lidah

Dipos pada May 25, 2023

Gulai Kepala Ikan

Bagaimana membuat Gulai Kepala Ikan yang simple Dijamin ga bakalan terlalu repot untuk membuatnya. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Umumnya Gulai Kepala Ikan yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Kemungkinan ada beberapa sebab yang biasanya bisa mempengaruki kenikmatan dari Gulai Kepala Ikan, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Gulai Kepala Ikan ada baiknya dilakukan ditempat yang bersih dan higienis.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Gulai Kepala Ikan sekitar 3 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Gulai Kepala Ikan sendiri di rumah. Dengan bahan-bahan yang simpel, hidangan ini jika disajikan hanyat akan menambah segar dan nikmat serta memberikan kesehatan. Anda bisa membuat Gulai Kepala Ikan memakai 15 jenis bahan dan 2 langkah pembuatan. Begini cara pembuatannya.

Daging nya bisa digoreng dan dibumbui macam2, tapi kepala nya cocok banget dibuat gulai... πŸ˜‹

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Gulai Kepala Ikan:

  1. 3 kepala ikan besar (Kakap/Kuwe) di belah 2
  2. 2 bungkus santan kemasan @60ml
  3. 3 sdm minyak
  4. 400 ml air (sesuai selera)
  5. Lengkuas, sereh, daun salam (secukupnya)
  6. 2 buah tomat
  7. 10 buah cabe rawit (utuh)
  8. Gula, Garam, Kaldu bubuk
  9. => Bumbu halus :
  10. 5 siung bawang merah
  11. 3 siung bawang putih
  12. 3 buah kemiri
  13. 1/2 sdt merica
  14. 1 sdt ketumbar
  15. secukupnya Kunyit

Langkah-langkah untuk membuat Gulai Kepala Ikan

1
Bersihkan kepala ikan, belah menjadi 2 bagian, sisihkan.
2
Tumis bumbu halus hingga matang, masukan air, salam/sereh/lengkuas, masukan kepala ikan, tomat, cabe rawit, bumbu penyedap (garam, gula, kaldu bubuk) dan masukan santan, cek rasa. Masak hingga matang, tambahkan air bila diperlukan.
Gulai Kepala Ikan - Step 2

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

MPASI 11+ Gulai ikan kembung

MPASI 11+ Gulai ikan kembung

MPASI 4* 11+, karbohidrat -> nasi

Gulai Kepala Kakap

Gulai Kepala Kakap

Masak Express karena nyampe rumah ud jam 11.30. Almost jam makan.. Untung banget punya chopper mito🀭.. Bikin bumbu jd gampang banget.. Kalau yang belum punya.. wajib bangeett. . Buat bakso pake mito juga oke bangeettt loh...

2 porsi
Gulai Cumi Gendud Instan

Gulai Cumi Gendud Instan

Lebih sedap bila pakai bumbu gulai sendiri.. tp karena mau praktisnya kali ini saya buat pake bumbu gulai instan dan santan instan juga.. mohon maap buibu yang ga suka instan2 bisa pake bumbu beneran aja hehehe..

3 orang
30 menit
Gulai Paru sapi campur kentang

Gulai Paru sapi campur kentang

Paru sapi kesukaan suami #kuraskulkas#berburucelemekemas

Sayur pepaya Gulai nikmat

Sayur pepaya Gulai nikmat

Sayur pepaya gulai kuning nikmat pakai tetelan sapi, cocok buat kuah lontong jg nih....suami sampai nambah2...mirip seperti labu cuma ini rasanya nikmat bgt deh pokoknya.

8 porsi
30 menit
Gulai Ikan kacang panjang (gulai ikan padang)

Gulai Ikan kacang panjang (gulai ikan padang)

Anak rantau yang rindu makanan emak #cooking #gulai #ikan #kacangpanjang #fun #masak #enak

Gulai kentang tahu telur puyuh

Gulai kentang tahu telur puyuh

We can cooking

5 porsi
Gulai Ikan Patin

Gulai Ikan Patin

requestan papah hilya minta masakin yg berkuah

4 porsi
Gulai pakis vs udang

Gulai pakis vs udang

Biasa gulai ini buat sayur lontong/ketupat kalo dipadang,tapi kali ini karna ngak ada sayur yg lain,pengen nya yg berkuah"jadi buat sayur pas buka puasa #Cookpadcommunity_payakumbuh

Gulai salai ikan patin dan daun ubi

Gulai salai ikan patin dan daun ubi

Ini pakai ikan patin asap ya bun

Gule Kacang Ijo

Gule Kacang Ijo

#SiapRamadan Source ☞ Jihan Mustofa Sungkar Ini masakan recook punya "Jihan Mustofa Sungkar". Baca judulnya agak aneh tp aku hrs nyoba krn Kacang Ijo makanan kesukaan anakku. Resep asli kuahnya tdk memakai daging, tp di resep ini saya kreasikan dgn kuah kaldu ayam. Lalu saya tambahin daun salam biar wangi. Ohya ada cerita lucu, dlm resep ditulis 'seiris pala' & aku bingung gimana pala bisa diiris ya, krn setauku pala itu keras, trus tanya paksu, oleh dia dipukul pake 'muntu' & pecahlah pala itu, dr situ kmi tau klo bagian pala itu dlmnya yg dimasak, ketawalah kami berdua πŸ˜πŸ˜‚πŸ˜ƒ Maklum br kali ini masak dg bahan bernama 'pala' πŸ‘Œ Yg mau recook kreasiku monggo... #arisanrecookcookpadersjawabali #arisanrecook #arisanrecookclover #cookingwithhearteatingwithlove #tidaksekedarmemasak #clovercookinglover #cookpadcommunity_palembang #komunitaspaders #cookpad_paders #cookpadindonesia #cookpadcommunity #BagikanInspirasimu #MasakItuSaya

3 porsi