Bagaimana Menyiapkan Gulai Ikan dan Kacang Panjang yang Bisa Manjain Lidah

Dipos pada May 24, 2022

Gulai Ikan dan Kacang Panjang

Hari ini saya akan berbagi resep Gulai Ikan dan Kacang Panjang yang unik? Cara membuatnya tidak terlalu susah. Pengerjaan harus hati-hati dan perlahan agar rasanya nikmat. Pada umumnya Gulai Ikan dan Kacang Panjang yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Beberapa faktur yang bisa mempengaruhi rasa dari Gulai Ikan dan Kacang Panjang, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Gulai Ikan dan Kacang Panjang sebaiknya di rumah sendiri terlebih dahulu agar lebih percaya diri dan yakin.

Kira-kira porsi penyajian Gulai Ikan dan Kacang Panjang biasanya untuk 4 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Sebelum saya lupa, kira-kira waktu penyiapan Gulai Ikan dan Kacang Panjang diperkirakan sekitar 1 menit.

Mommy boleh saja menambahkan variasi Gulai Ikan dan Kacang Panjang dengan kreasi dan ide kreative kamu sendiri. Bahan-bahan sederhana yang mudah ditemukan, hidangan ini pastinya akan sangat nikmat jika dinikmati bersama keluarga. Anda mungkin bisa mengidangkan Gulai Ikan dan Kacang Panjang memakai 14 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut adalah langkah-langkah membuatnya.

Resep ini fresh from di oven. Setelah selesai dimasak langsung di upload di Cookpad πŸ˜„πŸ˜„πŸ˜„

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Gulai Ikan dan Kacang Panjang:

  1. 4 ekor ikan berukuran sedang,potong 2
  2. sesuai selera Kacang panjang banyaknya
  3. 750 ml santan atau sesuaikan apakah ingin kuah banyak atau tidak
  4. 4 lembar daun jeruk
  5. 2 lembar daun salam
  6. 2 cm lengkuas dikeprek
  7. perasan air jeruk nipis
  8. Bumbu dihaluskan
  9. 5 butir bawang merah
  10. 3 butir bawang putih
  11. 5 butir kemiri
  12. 2 cm kunyit
  13. 2 ruas jari jahe
  14. sesuai selera cabai

Langkah-langkah untuk membuat Gulai Ikan dan Kacang Panjang

1
Rendam ikan dengan perasan air jeruk nipis bersama garam kurang lebih 15menit.
2
Setelah direndam, goreng ikan setengah matang saja.
3
Panaskan minyak untuk menumis bumbu halus. Setelah minyak panas masukkan bumbu halus lalu masukkan daun jeruk, daun salam, lengkuas.
4
Setelah bumbu harum, masukkan kacang panjang. Tumis sebentar.
5
Lalu masukkan santan kemudian ikan. Masak sampai bumbu meresap. Beri garam dan gula sesuai selera. Sebelum diangkat beri perasan air jeruk. Selesai. πŸ˜„

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Gulai kepala kakap (tanpa santan)

Gulai kepala kakap (tanpa santan)

Beberapa kali dapet kepala kakap dan seringnya dimasak gulai. Agak sedikit bosen sama bumbu santannya, jadi resep agak dimodifikasi supaya terasa lebih ringan saat dimakan untuk berbuka puasa.

Gule lele plus2

Gule lele plus2

Goreng lele kebanyakan..#yaaah insting emak2,kirain bocah2 pada makan dirumah,ternyata masih pada nginep dirumah nenek πŸ€”

4 porsi
Gulai kakap pedas

Gulai kakap pedas

Pedas itu hobby saya,sirip kakap di masak gulai pedas...wuah air liur....heem yummi

Gulai ikan tongkol

Gulai ikan tongkol

Tips agar santan tidak pecah meski dicampur daun singkong adalah,rebus terlebih dahulu setelah agak lunak, angkat tiriskan jgn disiram air dingin.

Gulai Ikan Tongkol 🐟

Gulai Ikan Tongkol 🐟

31.10.2017 #GulaiIkanTongkol #Basidoncek #CookpadCommunity_Sumbar #MasakanMinangHeni Mungkin di antara para bunda ada yang belum mengerti cara memilih ikan yang segar ini aku bagikan tipsnya yang sumbernya aku dapat dari Tabloidnova.com semoga bermanfaat😊 TIPS MEMILIH IKAN SEGAR,FILLET & BEKU Memilih ikan segarπŸ‘‡ 1.insang berwarna merah 2.mata penuh agak menonjol & bersinar 3.kulit mengkilat, kencang & melekat dengan daging 4.bila di tekan langsung kembali ke bentuk semula 5.sisik mengkilat 6.perut tidak bengkak/kempis 7.ikan bau lumpur bukan berarti tidak segar bisa jadi karena dari daerah berlumpur Memilih ikan filletπŸ‘‡ 1.bentuk potongannya padat 2.daging mengkilat 3.bila di tekan kembali ke bentuk semula 4.tidak bau amis menyengat/busuk 5.daging melekat kuat pada tulangnya 6.warna tidak kecoklatan/ kekuningan 7.daging tidak kering Memilih ikan bekuπŸ‘‡ 1.daging harus betul-betul beku & di kemas dengan baik 2.daging segar,padat & mengkilat 3.tidak kering akibat rusak karena pendinginan 4.ikan beku yang telah di cairkan harus seger di masak jangan di bekukan kembali karena akan mengurangi mutu Di sini aku hanya menggunakan daging ekornya aja bagian depannya untuk kucing🐹 kesayangan akuπŸ˜„

Gulai Ikan Lele Asap

Gulai Ikan Lele Asap

Critanya...punya ikan lele kabut asap..oleh2 teta nya mika dari pekanbaru..tadinya mau bikin mangut, tapi kbeneran pas lagi blogwalking..nemu resep gulai ikan salai nya mba’ elsaelwin..menarik ..langsung buat ..alhamdulillah..sayaaaa sukaaa ..sayaaa sukaaa 😁

Gulai Patin Buncis (Sumatera Barat)

Gulai Patin Buncis (Sumatera Barat)

Klo ngomongin masakan khas padang, pasti ga jauh2 sama gulai.. Krn ak asli sumatera jg, ga asing bagi lidahku untuk masakan2 padang.. Dengan keterbatasan bahan di kulkas, hr ini aku coba buat Gulai Ikan Patin dan Buncis. Apalagi pas banget lg ada kontes #ikanjanganditawar dan #pekan_padang.. #pekaninspirasi #berburucelemekemas #resolusi2019 #pekan_padang #cookpadcommunity_balikpapan #ikanjanganditawar Note : *untuk bumbu ak pake paprika jg. biar kuah ttp merah tp ga pedas..

Gulai lemak ikan tenggiri

Gulai lemak ikan tenggiri

Saat males belanja ke pasar, di kulkas cuma ada stock ikan tenggiri yg lumayan besar. Saatnya eksekusi yang simpel dan mudah saja. Saya memakai 1/2 saja, biar gak bersisa.....

Gulai Kepala Ikan

Gulai Kepala Ikan

#15resepterbaruku

Kakap Gulai Kuning Yana / Pangek Masin Kakap

Kakap Gulai Kuning Yana / Pangek Masin Kakap

Penilaian : πŸ’›πŸ’›πŸ’›πŸ’›πŸ’› Segar kecut manis pedas nano" rasanya. πŸ‘€. Ceritanya kemarin beli Gulai kakap d salah satu Ampera Padang.. rasanya hmmm kecewa... Akhirnya berinisiatif masak setelah ke pasar ketemu ikan kakap yg segerrr... Taaarraaa jd deh. Ternyata kata bapak negara namanya "Pangek Masin" ha-ha-ha. Selamat mencoba.

4-5 porsi
Gulai ikan kembung

Gulai ikan kembung

Si Kaka request ikan kuning (maksudnya gulai ikan)..tadi di warung sayuran gada ikan Salem,adanya kembung.wes lah gpp,yg penting masak..😁

10 porsi
+/- 45 menit
Ikan Gulai kuning

Ikan Gulai kuning

Anak anak akan suka karna tidak pedas , dan orang dewasa akan suka karna ada rasa pedas dari rawit

30 menit
Gulai lele

Gulai lele

Hamizan lagi bosen sama lele yg digoreng..akhirnya iseng2 coba lele digulai..eh doyan banget dia..hihihi..

3 porsi
45 menit
Gulai tuna kacang panjang praktis

Gulai tuna kacang panjang praktis

Berhubung barusan pindah dan belum ada blender jadi masaknya yang pake bumbu rajang aja atau bumbu instant yang bawa dari Indonesia. Pake merk BMM karena ini banyak beredar di jatim. Awalnya mo pake bumbu lodeh, tapi sayang karena lodeh sering dipake selain buat lodeh juga bisa buat semur. Jadi pake bumbu soto aja tinggal tambah bumbu lain yang diinginkan. Saya udah ga tambah gula garam lagi karena udah pas. Punya tuna di freezer dan kacang panjang jadi dimasak bareng aja biar ga musti masak sayur lagiπŸ˜„ #5resepterbaruku

Gulai Ikan Patin

Gulai Ikan Patin

Kemarin gak sengaja beli ikan patin di supermarket.. Suami pengen dimasakin kayak resto2 padang gitu.. Laahh ya sudahlah browsing2 n modif2 dapet resep ini..

35β€’ Gulai labu kuning ikan teri

35β€’ Gulai labu kuning ikan teri

Masakan khas sumatera yg bikin rindu kampung halaman. kita coba bikin yuk.. 😊

20 menit