Langkah Mudah untuk Membuat Gulai Ikan Kakap yang Bikin Ngiler

Dipos pada May 16, 2022

Gulai Ikan Kakap

Sore-sore begini enaknya membuat Gulai Ikan Kakap yang lezat Proses dan cara membuatnya pasti simple dan menyenangkan. jangan terburu-buru ya, kalau salah proses dan bahan rasanya nanti tidak enak. Biasanya Gulai Ikan Kakap yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Biasanya setiap masakan akan ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi cita rasa dari Gulai Ikan Kakap, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Lakukanlah hal gampang dalam penyajian Gulai Ikan Kakap di dapur dan menggunakan peralatan yang baik untuk penyajian.

Kalau mau lebih kreative boleh kok dibuat variasi Gulai Ikan Kakap sendiri di rumah. Meskipun tidak menggunakan bahan premium, masakan ini mungkin akan menambah kehangatan dan kenikmatan dirumah. Mommy bisa menyajikan Gulai Ikan Kakap memakai 21 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Gulai kakap ini saya pakai resep Gulai Ikan dari Instagramnya Dhilasina. Gulai Ikan enaknya dimakan sama sambal ijo dan lalap daun singkong.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Gulai Ikan Kakap:

  1. 1/2 kg ikan, beri garam dan jeruk nipis
  2. 1 sct (65 ml) santan kental instan/kara
  3. 650 ml air
  4. 1 lbr daun kunyit, potong
  5. 3 lbr daun jeruk, buang tulang
  6. 2 lbr daun salam
  7. 2 btg sereh, geprek
  8. 1 bh asam kandis
  9. 3 cm lengkuas, geprek
  10. 1 sdm gula merah, sisir
  11. secukupnya Garam
  12. 3 sdm minyak untuk menumis bumbu
  13. Bumbu yang di haluskan
  14. 5 butir bawang merah
  15. 2 siung bawang putih
  16. 5 bh cabe keriting
  17. 3 butir kemiri
  18. 3 cm jahe
  19. 2 cm kunyit
  20. 1/2 sdm ketumbar
  21. 1/2 sdt merica

Langkah-langkah untuk membuat Gulai Ikan Kakap

1
Tumis bumbu halus bersama daun kunyit, daun jeruk, daun salam, sereh lengkuas dan asam kandis hingga harum dan matang
2
Masukkan ikan aduk rata
3
Masukkan air biarkan hingga mendidih lalu masukkan santan.
4
Tambahkan garam dan gula. Koreksi rasa. Aduk dengan cara seperti menimba air agar santan tidak pecah.
5
Masak hingga kuah mengental.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Gulai Patin Buncis

Gulai Patin Buncis

Karena buncis adalah sayur favorit kami jd banyak masakan kami yg dicampur buncis 😄

4 porsi
30 menit
Gulai dorang asap

Gulai dorang asap

Ikan asap adalah menu masakan favorit suami saya :) So, let's go to make it.

2 porsi
30 menit
Gulai Ikan Gabus

Gulai Ikan Gabus

Dapat ikan gabus dari temen suami yg mancing. Yg namanya ikan gabus yg aslinya saya baru tahu . Selama ini taunya cuma ikan gabus asin yg sdh dipotong2. Aku bikin saja gulai ikan gabus dilengkapi dg tahu biar jd banyak hehe.. yuk dicoba.

Gulai nangka ikan rebus

Gulai nangka ikan rebus

Ini salah satu menu harian paling sering aku masak, selain karna orang dirumah suka , menu ini simpel dan ekonomis untk menu akhir bulan 😘 ikan rebus harganya 6000/ons + nangka 3000 bumbu bumbuan 1000an lah ya . untuk santannya gratis karna punya pohon sendiri mau masak tinggal parut kelapanya .

Gulai pare isi tongkol

Gulai pare isi tongkol

Pare dimasak seperti ini sangat enak bahkan sangat berkurang rasa pahitnya....rasa gurih dari ikan tongkol dan santan mengimbangi rasa pahit pare...terjadi perpaduan yg istimewa...sangat nikmat....hahaha

Gulai Kari Kepala Ikan

Gulai Kari Kepala Ikan

Salahsatu menu favorit suami. Hari ini beliau sengaja ke pasar, spesial request minta dibikinin ini buat buka puasa.

Gulai Kuning Kepala Ikan

Gulai Kuning Kepala Ikan

Menu siang ini pedas, gurih dan segarnya kuah dari potongan asam belimbing wuluh 😍

Gulai ikan gabus campur kacang panjang &labu kuning

Gulai ikan gabus campur kacang panjang &labu kuning

#berburucelemekemas #resolusi2019 #cookpadcommunity #cookpadcommunity_pekanbaru #komunitaspaders Setor pr dihari terakhir minggu ke 7 🙏🙏 ... maaf ya min.. sibuk banget minggu ini..cuma sempat buat gulai ini..😂..

Tongkol Gulai Aceh (Keumamah)

Tongkol Gulai Aceh (Keumamah)

Source: @dhilasina Sebenarnya daun kari & asam sunti tidak dapat diganti kalau mau rasa yang otentik, karena masakan aceh itu khas banget wangi & rasa bumbunya. Tapi tidak ada rotan, akarpun jadi 😅,,, asam sunti saya ganti belimbing wuluh segar (atau bisa juga 2 sdm air asam jawa kental) , cabai hijau keriting saya ganti cabai rawit hijau, sedangkan daun kari saya skip karena tidak ada. Sumber: Wikipedia Asam sunti adalah bumbu dapur dari Aceh yang dibuat dari belimbing wuluh yang dikeringkan dan diberi garam, lalu dijemur di terik matahari berkali-kali sehingga kering dan dapat disimpan lama. Biasanya, asam sunti digunakan untuk memasak makanan khas Aceh seperti masam keu'eueng, kari, dan juga untuk asam atau sambal. Sumber: Wikipedia Salam koja (Murraya koenigii syn. Chalcas koenigi) atau daun kari adalah tumbuhan yang daunnya (dinamakan sama) dipakai sebagai penyedap kari. Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai curry leaves. Daun ini dipakai sebagai bumbu di Aceh. Bentuk daun ini agak sama dengan daun salam, cuma ukurannya lebih kecil dan baunya lebih tajam dari daun salam. Bunga dari tumbuhan ini berbau harum dengan buah berbentuk bulir berwarna ungu. Asal tumbuhan ini adalah India dan Srilanka. Tumbuhan ini tidak ditanam secara massal, tetapi merupakan tumbuhan yang biasa terdapat pada kebun di bagian selatan India dan Malaysia. #Pekan_Aceh #3weekschallenge #PesenanOjol #BikinSendiri #BerburuCelemekEmas #Resolusi2019 #CookpadCommunity_Bogor

Gulai Ikan Tongkol

Gulai Ikan Tongkol

Sumber: Opie Bun

6 porsi
45 menit
Gulai Ikan Nila ala Keke

Gulai Ikan Nila ala Keke

Mama ngebbm suruh masak buat maksi liat di kulkas ada ikan nila bingung mau diapain. Eh ada santan juga jadi kepikiran masak gulai aja jadinya hihii

Gulai kepala ikan nila gurih

Gulai kepala ikan nila gurih

Ada banyak kepala nila dalam freezer, dibikin yg enak mantabz, pokoknya makan mau nya tambah truz

Gulai ikan gabus

Gulai ikan gabus

Senangnya ke pasar kalo lagi musim ikan gabus kayak gini, dari yg ukuran kecil sampe yg raksasa ada, saya ambil yg paling besar 1 ekor beratnya 1,3 kg (pernah dpt yg 1,6kg) jika tak ada, gabus ukuran kecilpun bisa, nggak harus 1kg lebih..bumbu2 tinggal dikonversikan sesuai ikan yg ada

Gulai Ikan Kerapu - Easy (tak sesulit memotretnya)

Gulai Ikan Kerapu - Easy (tak sesulit memotretnya)

Berhubung lagi banyak stok santan, daripada mubazir, habis buat bubur ayam dibuatlah menu maksi ini 😅