Langkah Mudah untuk Menyiapkan Gulai Ayam yang Lezat

Dipos pada July 31, 2022

Gulai Ayam

Anda sedang mencari inspirasi resep Gulai Ayam yang mudah Cara membuatnya tidak terlalu susah. Usahakan relax dan santai membuatnya ya, agar rasa yang dihasilkan menjadi nikmat dan sempurna. Padahal Gulai Ayam yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Beberapa faktur yang bisa mempengaruhi rasa dari Gulai Ayam, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Gulai Ayam di dapur dan menggunakan peralatan yang baik untuk penyajian.

Ga mesti ikut bahan-bahannya, boleh kok ditambah variasinya sesuai selera untuk resep Gulai Ayam oleh krasi mommy. Dengan bahan-bahan yang simpel, masakan ini mungkin akan menambah kehangatan dan kenikmatan dirumah. Anda mungkin bisa mengidangkan Gulai Ayam memakai 19 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut adalah langkah-langkah membuatnya.

Lagi kepengen makan gulai ayam tapi sebetulnya gak suka dg masakan yg pakai santan kental. Jadi saya masak gulai ini dg santan encer, bisa juga diganti fiber creme. Bahan-bahan dan cara memasaknya mudah. Oh iya saya sedang gak punya bawang merah jadi pakai bawang bombay karena nyari bawang merah sedang susah di sini. Yuk diintip resepnya!

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Gulai Ayam:

  1. 8 potong ayam
  2. Bahan bumbu rendaman ayam:
  3. 1 sdt garam
  4. 1 sdt kunyit bubuk
  5. 1 sdm air perasan jeruk (saya pakai perasan lemon botolan)
  6. Bumbu yg dihaluskan:
  7. 7 siung bawang merah (saya pakai 1/2 siung bawang bombay)
  8. 3 siung bawang putih
  9. 20 buah cabe merah keriting (pedasnya selera)
  10. 2 buah kemiri sangrai
  11. 1/2 sdt jahe bubuk
  12. 1/2 sdt kunyit bubuk (kalau suka kuning bisa ditambah)
  13. 1 sdt lengkuas/laos bubuk
  14. 1 batang sereh potong 4 bagian dan geprek
  15. 3 lembar daun jeruk, iris jadi 3 tiap daun
  16. secukupnya Garam
  17. secukupnya Gula pasir (saya pakai seujung sendok)
  18. 250-300 ml santan cair (sesuaikan dg banyaknya ayam)
  19. 200 ml air

Langkah-langkah untuk membuat Gulai Ayam

1
Bumbui potongan-potongan ayam dg kunyit bubuk, garam, dan air perasan jeruk. Diamkan selama 30 menit. Sisihkan.
2
Haluskan bumbu yg akan digunakan hingga benar-benar halus.
3
Siapkan wajan, tumis bumbu halua dengan minyak sedikit. Saya memilih menumis tanpa minyak karena ketika dimasak ayam dan santannya akan mengeluarkan minyak.
4
Setelah bumbu harum dan terlihat matang, masukkan sereh, daun jeruk, dan tambahkan air. Aduk rata hingga air sedikit menyusut. Kemudian tambahkan santan encer. Masak kembali hingga agak menyusut sedikit saja. Masukkan garam dan gula. Aduk rata.
5
Masukkan ayam yg sudah dibumbui kemudian aduk sebentar dan tutup wajan. Masak hingga ayam empuk kurang lebih 1 jam. Tips kalau ayamnya keras sebelum dimasak sebaiknya direbus terlebih dahulu hingga setengah matang.
6
Setelah ayam empuk, kuah gulai menyusut, serta minyak dalam ayam dan santan keluar kemudian koreksi rasa.
Gulai Ayam - Step 6
7
Sajikan dengan nasi hangat dan sayur pilihan Anda. Hihihi. Selamat mencoba! :)
Gulai Ayam - Step 7

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Gulai Ayam

Gulai Ayam

Hayo siapa yang kangen masakan rumah? Semoga resep ini bisa mengobati rindu anak rantau :)

Gulai Ayam Gori

Gulai Ayam Gori

Menu favorite suami dan anak-anak, apalagi kalau makannya ditambah dengan krupuk hmmmmm tambah mak nyuzzzz kata mereka....so sabtu kemarin 13.06.2020 pagi aku bikin gule ayam kucampur gori buat sarapan pagi hari.....

5- 7 porsi
25 menit
Gulai ayam mix kacang panjang

Gulai ayam mix kacang panjang

Lihat ada bumbu gulai di minimarket, cuss coba buat, ternyata enak, cepat & mudah. Ibu muda sperti saya yg msh tahap belajar memasak, langsung pede donk menyajikan masakannya. Hayoo buibu dicoba ya, dijamin nagih.

Gulai ayam kampung

Gulai ayam kampung

gulai ayam kampung

60 menit
Gulai Ayam

Gulai Ayam

#BikinRamadhanBerkesan# Bikin ayam gulai ini karena bingung ayam mau diapain yah karena tiap hari menunya ayaaamm mulu sampe bosen,yg di goreng lah yg di tepungin dll,Ahirnya kepikir kenapa gk buat gulai ajah yah,ya udh yok ikutin cara saya bijin gulai ayam

Gulai Ayam

Gulai Ayam

Sesekali pengen makan yg bersantan, jadilah gulai ayam ala saya dijamin endull banget, suami sampai nambah 3x 😁

Bahan A :
Gulai Ayam

Gulai Ayam

Beberapa hari lalu liat acara tv masakan bersantan warna merah kok jadi kepengeeeeeen gitu, kebetulan dapet oleh - oleh daging ayam, cus deh bikin gulai ayam.

Gulai Ayam Kampung

Gulai Ayam Kampung

Suami pengen gulai ayam kampung, jadi sebagai istri harus dengan sigap membuatkan permintaan suami hehehe

10Porsi
1jam
Gulai ayam

Gulai ayam

Slmt pagi🌹 Bekel ngantorku hari ini recook resepnya @Dapur Mayang @Rini Herlina Trmksh Mayang πŸ˜πŸ€—πŸ€— #BanggaKirimRecook Slmt beraktivitas Jaga kesehatan πŸ’– #cookpadcommunity_jakarta

2 porsi
40 menit
Gulai ayam magic com #BikinRamadanBerkesan

Gulai ayam magic com #BikinRamadanBerkesan

Saya biasa masak ini jaman kuliah dulu trus dimakan bareng2 temen kos,jadi resep ini saya dedikasikan kusus buat anak2 kos di seluruh penjuru nusantara hehehehe 😊😊😊😊 #BikinRamadanBerkesan

Gulai Ayam Mandailing

Gulai Ayam Mandailing

Resep dari seorang kakak berdarah minang yang bersuamikan orang mandailing. Sekalian ikutan program #BancakanOnlineBarengCookpad biar dapet videomasak 🀩

5 Orang
2 Jam
Gulai Ayam sederhana

Gulai Ayam sederhana

Bumil kepengen masak yg cepet karena lg telerπŸ€­πŸ˜… jd masak ini aja.

2 porsi
Gulai Ayam

Gulai Ayam

2-3 porsi
Gulai Ayam

Gulai Ayam

#WeekendChallenge Semoga bisa Bermanfaat.

#189 Gulai ayam pedas

#189 Gulai ayam pedas

Kemarin beli ayam dan dagingnya sebagian udah dimasak, hari ini ada teman yg sms nanya tentang bumbu gulai kambing. Malah saya jadi kepingin masak gulai juga akhirnya bikin dech gulai ayam pedas yang hem...yummy. #PejuangGoldenApron2

5 porsi
MPASI: Gulai Ayam Kentang Brokoli

MPASI: Gulai Ayam Kentang Brokoli

Menu makanan pendamping ASI anakku Abdulloh. Usianya sekarang 6 bulan 15 hari. Resep terinspirasi dari dr. Ratih @menjadiibu dan Abdulloh sukaaa sekali Maasyaa Alloh. Mulai sekarang Ibun akan mencoba kalau masak mpasi sekalian masak untuk sekeluarga. Bumbu untuk mpasi kan hanya diparut karena butuhnya sedikiiiit sekali. Sisa yang belum terparut bisa diulek untuk bumbu masakan keluarga dan tinggal ditambah jumlah bumbu-bumbunya sesuai selera. Sisa santan juga untuk masak sekalian, jadi deh gulai untuk ayahnya juga. Untuk Ayah dan Ibun tinggal cemplungin telur ceplok dan sisa kentang. Alhamdulillah... Ohya, ini belum lengkap menu 4 bintang. Tambahannya tempe goreng yang dibumbui ketumbar dan bawang putih hmmmm... Tips brokoli biar tetap ijo royo-royo: blansir sebentar sebelum dicampurkan ke masakan. Rebus 3 menit dalam air mendidih, angkat, celupkan pada air dingin bertabur es batu selama 2 menit, angkat.

3 porsi
30 menit