Bagaimana Membuat Gulai Daun Singkong Ikan Asin yang Bisa Manjain Lidah

Dipos pada May 20, 2022

Gulai Daun Singkong Ikan Asin

Bagaimana membuat Gulai Daun Singkong Ikan Asin yang unik? Cara membuatnya tidak terlalu susah. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Pada umumnya Gulai Daun Singkong Ikan Asin yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Biasanya setiap masakan akan ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi cita rasa dari Gulai Daun Singkong Ikan Asin, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Jangan terlalu repot dalam penyajian Gulai Daun Singkong Ikan Asin di dapur dan menggunakan peralatan yang baik untuk penyajian.

Bahan-bahan dibawah akan sangat pas untuk porsi penyajian Gulai Daun Singkong Ikan Asin biasanya untuk 5 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Jangan sampai lupa ya, perkiraan waktu untuk memasak Gulai Daun Singkong Ikan Asin diperkirakan sekitar 45 menit.

Ga mesti ikut bahan-bahannya, boleh kok ditambah variasinya sesuai selera untuk resep Gulai Daun Singkong Ikan Asin oleh krasi mommy. Cukup dengan bahan yang sederhana, kreasi masakan ini cukup enak dan bisa menyenangkan lidah dan hati. Mommy bisa menyajikan Gulai Daun Singkong Ikan Asin memakai 15 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut adalah langkah-langkah membuatnya.

Source: xanderskitchen

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Gulai Daun Singkong Ikan Asin:

  1. 3 ikat daun singkong
  2. 4 ekor ikan asin (klothok)
  3. 1 sachet santan kara kecil
  4. secukupnya air
  5. sejempol lengkuas (digeprek)
  6. 2 lembar daun salam
  7. 1 batang serai (digeprek)
  8. secukupnya garam dan gula
  9. 🔹Bumbu Yang Dihaluskan:
  10. 8 butir bawang merah
  11. 4 siung bawang putih
  12. sejempol kunyit
  13. 1 sdt udang rebon
  14. 3 buah cabe keriting
  15. 10 butir cabe rawit (sesuai selera)

Langkah-langkah untuk membuat Gulai Daun Singkong Ikan Asin

1
Rebus daun singkong (pilih bagian yang muda) hingga lunak, peras air, tiriskan lalu diiris-iris agar tidak terlalu panjang dan mudah saat mau dimakan
2
Rendam ikan asin di larutan air garam sekitar 15 menit (agar ikan asin tidak terlalu asin), buang airnya, cuci bersih, tiap ekor potong menjadi 3 bagian, kemudian di goreng, tiriskan
3
Tumis bumbu halus ditambah daun salam, serai, lengkuas hingga harum dan layu
4
Masukkan daun singkong, tumis hingga bumbu merata, tuang santan dan air
5
Tambahkan gula dan garam (garam sedikit saja karena sudah ada ikan asin, biar gak keasinan), masukkan ikan asin aduk hingga merata dan bumbu meresap, serta air menyusut. Angkat dan sajikan dengan nasi hangat

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Gulai ikan belli

Gulai ikan belli

Hujan hujan kepingin yang seger anget2..secara saat ini gue baru program diet sehat coz IMT ku di warna coklat alias kelebihan BB, puji Tuhan 3 hari turun 1 kg. Jus buah sayur pagi dan sore, siang makan nasi 5 sendok disarankan protein dari ikan dan makan sayur yang buanyak.... Semangat hidup sehat guys..

8 pirsi
15 menit
Gulai Padang Kakap Merah

Gulai Padang Kakap Merah

Ngobatin homesick sama makanan indo

Gulai ikan mata besar pubi

Gulai ikan mata besar pubi

Masakan yang berkuah khususnya santan selalu enak untuk dinikmati oleh para pecinta kuliner. Menikmati makan bersantan kita selalu ingat masakan khas daerah Sumatera khususnya Padang. Nah saya juga mau buat gulai Ikan Mata Besar Pubi (Pucuk Ubi). Kombinasi ini lengkap lauk dan sayur langsung. Jadi nggak perlu repot lagi masak sayur, yang pasti efisiensi waktu jadi terjaga. Berikut resepnya...

Gulai ikan asap

Gulai ikan asap

Ceritany lg ngidam pngen ikan asap... Akhirnya bru dkirim dri palembang ke cikarang

Gulai Ikan Mas🐠🍲🐠

Gulai Ikan Mas🐠🍲🐠

Maafkeun fotonya berantakan foto krburu laper hihihi. Ini resep dpet dari tetanggaku yg baik hati. Sengaja saya share di cookpad untuk dokumen pribadi saya supaya kalau lagi gak inget bumbunya tinggal buka cookpad. Dan.... Pertama kali disuruh cobain langsung cocok ahh sukakk!! Gurih dari santan dan asam dari belimbing wuluh nyatuuu.. Seddepp seddep gimana gitu bikin ketagihan. Tips. Santannya jangan banyak2 yah.. Biar gak enek. Boleh memakai ikan apa saja kayak bandeng, patin, mujair, mas, de el el. Terimakasih resepnya tetanggaku *kiss *hug . Happy recipe :)

Gulai ikan tongkol

Gulai ikan tongkol

Tips agar santan tidak pecah meski dicampur daun singkong adalah,rebus terlebih dahulu setelah agak lunak, angkat tiriskan jgn disiram air dingin.

Gulai ikan kacang panjang

Gulai ikan kacang panjang

Sudah lama gak masak kacang panjang.. #5resepterbaruku

Gulai ikan laut / gule layang

Gulai ikan laut / gule layang

Ikan di resep ini saya pakai ikan layang. Bisa diganti pakai ikan apa aja.

15 menit
Gulai ikan

Gulai ikan

Ini gulai ikan rasanya beneran endes bingits. Sy jadi tau bedanya asam jawa, asam kandis dan asam gelugur. Selama ini yang saya tau cuma asam jawa. Resep asli dari mba @xanderskitchen Pakai asam gelugur tapi saya punyanya asam jawa.

Gulai ikan nila kemangi

Gulai ikan nila kemangi

Ceritanya dikasih ikan hasil mancing di telaga sarangan. Kebetulan saudara rumahnya di sarangan. Langsung eksekusi. Dan alhamdulillah langsung ludess. Anti gagal pokoknya

Gulai ikan ala mama khairil

Gulai ikan ala mama khairil

Gulai ikan kacang panjang