Bagaimana Membuat Gulai Labu Siam yang Bikin Ngiler

Dipos pada February 20, 2023

Gulai Labu Siam

Sore-sore begini enaknya membuat Gulai Labu Siam yang unik? Dijamin ga bakalan terlalu repot untuk membuatnya. Pengerjaan harus hati-hati dan perlahan agar rasanya nikmat. Pada umumnya Gulai Labu Siam yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi kulitas dari Gulai Labu Siam, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Gulai Labu Siam enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Bahan-bahan dibawah akan sangat pas untuk porsi penyajian Gulai Labu Siam adalah 8 orang. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Oh ya untuk tambahan saja, biasanya waktu yang dibutuhkan untuk memuat Gulai Labu Siam diperkirakan sekitar 25menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Gulai Labu Siam dengan kreasi dan ide kreative kamu sendiri. Dengan bahan-bahan yang simpel, hidangan ini jika disajikan hanyat akan menambah segar dan nikmat serta memberikan kesehatan. Mommy bisa menyajikan Gulai Labu Siam memakai 16 jenis bahan dan 8 langkah pembuatan. Berikut adalah langkah-langkah membuatnya.

Karena waktu lebaran ga kebagian makan sayur ini karena asik berbagi jadi lupa nyisihin buat pak suami, jadi hari ini deh bikinnya.. selamat mencoba ya..

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Gulai Labu Siam:

  1. 2 buah labu Siam besar
  2. 100 gr ikan teri medan
  3. 5 buah tahu coklat
  4. 4 buah cabe besar
  5. 10 buah cabe rawit merah (sesuai selera ya pedasnya)
  6. 5 buah bawang merah
  7. 5 buah bawang putih
  8. 3 buah kemiri sangrai
  9. 1 buah sereh
  10. 1 buah santan kara yg kecil
  11. 1 liter air putih (atau sesuai selera)
  12. 2 lembar daun salam
  13. 1 SDM garam
  14. 1 SDM kaldu jamur bubuk (bisa juga Masako atau royko)
  15. 2 SDM gula pasir
  16. 2 SDM minyak untuk menumis

Langkah-langkah untuk membuat Gulai Labu Siam

1
Kupas labu dan potong memanjang, jangan lupa untuk membuang dulu getahnya agar tidak pahit labunya..
2
Remas labu yang sudah dipotong dengan garam satu sendok makan, lalu diamkan 10 menit.
3
Cuci bersih teri dan goreng teri hingga matang,
4
Potong kotak-kotak tahu.
5
Sambil menunggu labunya, haluskan bumbunya cabe, bawang, kemiri.
6
Tumis bumbu halus dengan daun salam dan sereh, masak hingga harum dan matang.
7
Cuci labu Siam yang tadi sampai bersih, lalu masukan kedalam tumisan bumbu hingga agak layu lalu masukan tahu coklat, masukan juga air dan santan, aduk jangan sampai santan pecah ya.
Gulai Labu Siam - Step 7
8
Masukan garam dan gula, lalu cicipi (tambahkan garam atau gula sesuai rasa yang diinginkan). Setelah sesuai rasanya dan labunya matang angkat dan sajikan. Selamat mencoba..

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Gulai tahu sayur buncis

Gulai tahu sayur buncis

Request dari pak suami. Menu favorit andalan yaitu gulai tahu karena menu ini bisa masuk untuk lauk apa saja. Saya campur buncis karena saya suka makan sayur. Sebenarnya bisa campur wortel atau kacang panjang atau sayur lainnya. Tp berhubung stock di kulkas hanya ada buncis, ya saya masak yang ada saja yaa.

4 porsi
40 menit
Gulai Ikan Telor

Gulai Ikan Telor

coba bumbu instan DESAKU yg varian gulai..

Gulai Daun Singkong

Gulai Daun Singkong

Daun singkong yg dimasak pakai bumbu gulai kambing, endeus banget ini. Daun singkong nya cari di kebun sendiri hehehe sangat mudah. Resep ini dari ibuku. Dulu pernah pas SMA bawa bekal ini ke sekolah dan temenku juga suka, enak banget katanya. Bisa dicoba, mantapp. Semoga bermanfaat πŸ€—

Kuah pliek u / gulai pliek u

Kuah pliek u / gulai pliek u

Gulai ini salah satu masakan khas Aceh. Kebetulan bahannya g semua ada, jadi memanfaatkan bahan yg ada dirumah saja.

45 menit
Gulai kikil ala2

Gulai kikil ala2

Suami sangat suka makan kikil. Tiap kali beli makanan Padang pasti pilih gulai kikil. Saya jd terinspirasi utk memcoba memasak sendiri. Disebut ala2 karena ada 1 bahan yg hrsnya ada tp ga punya, asam kandis. 😌 Tp kata suami enak. 😍 Resep adaptasi dari Yasmin Kitchen. #PejuangGoldenApron2 #cookpadcommunity #cookpadcommunity_bandung #gulaikikil

Kepala Kakap gulai padang

Kepala Kakap gulai padang

Ingin makan kakap di warung Padang, kali ini saya membuat sendiri, rasanya enak sekali.#PejuangGoldenApron3

1 porsi
30 menit
Gulai Iga Sapi cepat dan praktis

Gulai Iga Sapi cepat dan praktis

Masih edisi buka puasa ngabisin stok iga di kulkas πŸ˜…

3-4porsi
50 menit
Gulai tahu dan kacang panjang

Gulai tahu dan kacang panjang

dapet sharing resep dr temen pas coba bikin rasanya enak, anak ku lahap bgt makan nya.

3 porsi
45 menit
Gulai ikan mas ala2

Gulai ikan mas ala2

Cerita nya pengen makan gulai ikan mas padang yg di sebrang rs persahabatan,, tapii klo makan itu sendirian ndk tegel sma emak mertua yg ndk boleh makan makanan tinggi kolesterol.. Akhirnya belanjalah ke pasar,, trus masak yg ala2 ajj..

Gulai Daun Singkong

Gulai Daun Singkong

2-4 porsi
40-50 menit
Gulai pakis

Gulai pakis

5 porsi
60 menit
Gulai Kepala Ikan Tongkol

Gulai Kepala Ikan Tongkol

Tadi ke pasar, ngelihat kepala ikan tongkol kok seger seger banget ya ☺️, kebetulan ukuran nya juga besar besar, jadi beli lah... Secara agak susah yang model begini 😁.. Kebetulan si datuk suka banget.. Jadi kita kemon #PejuangGoldenApron3 #CookpadIndonesia #CookpadCommunity_Jakarta #Minggu_7 #Bunda_Lia #olahanikan

Gulai Daun Singkong

Gulai Daun Singkong

Daun Singkong salah satu makanan pokok semua bagiannya bisa dibuat makanan salah satu saya bikin gulai daun singkong ditempat saya namanya pucuak ubiπŸ˜€ ini saya beli sama kang sayur 1 ikat aja harganya 5 rbuan..cukup murahlah. .sekalian buat kreasi menu2 makanan biar gak bosan hehe yuk disimak aja lansung #PejuangGoldenApron3 #dirumahaja

Gulai Tanjung (Gulai Kikil Kaki Sapi)

Gulai Tanjung (Gulai Kikil Kaki Sapi)

Source : Havira Bee Kikil sapi emang paling cocok dimasak gulai Tanjung ini, mantap rasanya. Resepnya mbak Havira ini mantap pas rasanya dilidah kami, makasih mbak resepnya.πŸ‘Œ Tetapi ada beberapa bumbu yang saya rubah menyesuaikan dengan bumbu yang ada dan juga saya tambahkan nangka muda. 😊 #PejuangGoldenApron3 #ResepFebie #GulaiFebie

Gulai Kapalo Ikan Uni Mar

Gulai Kapalo Ikan Uni Mar

Masakan kesukaan ibu, bapak, suami, kakak2 saya sendiri malah ga suka

5 orang
30 menit
Gulai Kambing

Gulai Kambing

Pengen nyobain resep baru dari gulai kambing, menu wajib pas hari raya Idul Adha seperti hari ini... Inspirasi resep dari youtubenya kang Gerry Girianza, uniknya rempah yang biasa kasar, sama kang gerry dihalusin... itu yang bikin makin enak!! makanya saya simpen di cookpad biar bisa dibikin lagi. Bumbunya nampak banyak ya, tapi percayalah dengan manajemen waktu yang baik, nggak ribet kok... Saya sesuaikan takaran dan beberapa bahan tergantung isi kulkas n bumbu yang ada didapur, juga saya tambahkan penulisan in English biar mudah nyari bumbu buat yang domisilinya LN hihihi... Selamat mencoba! #ResepCitra9

4 orang (2x makan)
2-3 jam (include rebus daging)